kaldu jamur

Kaldu jamur dikenal sebagai salah satu penyedap rasa pengganti micin. Bahan masakan ini memiliki hasil rasa yang “umami”. Rasa ini merupakan salah satu dasar kelezatan makanan, selain manis, pahit, asin, dan asam. Secara ilmiah, umami mengacu pada rasa glutamat, inosinat, atau guanylate. Glutamat atau asam glutamat adalah asam amino yang umum dalam protein nabati dan hewani.

Namun, karena alasan kesehatan, biasanya Sedulur memilih menghindari micin untuk ditambahkan dalam masakan. Sebagai pengganti kini sudah ada kaldu jamur yang bisa memberikan rasa yang sama, yakni rasa gurih atau umami. Nah kali ini Aplikasi Super akan merekomendasikan kaldu jamur terbaik pengganti micin yang enak dan sehat. Yuk simak!

BACA JUGA: Produk Tepung Protein Tinggi Ini untuk Bakery dan Pastry

Manfaat kaldu jamur

Kaldu jamur
Feasting at Home

Kaldu jamur merupakan sebuah bumbu kaldu yang terbuat dari bahan dasar jamur, baik jamur tiram, shiitake, ataupun porcini. Bumbu kaldu ini seringkali digunakan sebagai produk tambahan pada berbagai masakan dan hidangan vegetarian untuk menambah cita rasa maupun memenuhi kebutuhan gizi lainnya. 

Kaldu jamur memiliki rasa gurih yang menyerupai rasa umami pada monosodium glutamat (MSG). Hal ini tentu saja menjadi solusi yang tepat untuk orang-orang yang mengurangi konsumsi MSG dalam makanannya tanpa harus khawatir pada dampak buruk yang ditimbulkan. Oleh sebab itu, banyak orang mulai menggunakan kaldu jamur sebagai pengganti penggunaan vetsin atau bumbu penyedap yang mengandung MSG. 

Tak hanya memberikan kelezatan pada setiap masakan, manfaat lain yang bisa Sedulur dapatkan dari konsumsi bumbu kaldu ini, antara lain: 

  • Mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena di dalam kaldu jamur ada beberapa zat gizi penting, seperti asam amino, protein, vitamin, hingga mineral penting yang dibutuhkan tubuh.
  • Menjadi sumber energi bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada jamur dipercaya mampu meningkatkan kualitas sel-sel otak, sehingga energi bagi tubuh akan terpenuhi. .
  • Membantu pencegahan dan pengeluaran racun yang ada pada jaringan hati. Beberapa orang bahkan mempercayai jika kaldu jamur bisa digunakan sebagai penangkal pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
  • Bumbu kaldu dari jamur juga dapat membantu seseorang untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Tips memilih kaldu jamur

Mushroom powder
Martha Stewart

Dari penjelasan manfaat di atas, pastinya Sedulur tertarik untuk mencoba bumbu kaldu dari jamur ini untuk memasak, bukan? Nah, sebelum membelinya, Sedulur harus memahami beberapa poin penting yang akan dijelaskan di bawah ini. Simak dulu, yuk! 

  1. Perhatikan bahan dasar jamur dan komposisi lainnya

Sebelum membeli bumbu ini, Sedulur perlu mengetahui bahan dasar yang digunakan. Bila dilihat dari namanya, tentu saja bumbu penyedap ini diolah dari jamur. Namun, perlu diketahui jenis jamur apa yang digunakan. Apakah jamur tiram ataupun jamur shiitake. Jika Sedulur mencari cita rasa umami yang lebih kuat, maka Sedulur bisa memilih produk yang menggunakan jamur shiitake. 

Tak hanya bahan utamanya saja, namun komposisi pendukungnya juga perlu Sedulur perhatikan. Dalam pembuatan kaldu ini, jamur akan diolah bersama dengan bahan lain, terutama garam dan gula. Bila Sedulur sedang diet garam, maka hindari produk yang menggunakan tambahan garam. Sama halnya dengan Sedulur yang menderita diabetes dan mengurangi konsumsi gula, maka sebisa mungkin Sedulur mencari produk dengan kadar gula yang rendah.  

Selain komposisi gula dan garam, Sedulur juga perlu memerhatikan bahan lainnya. Lihat semuanya dengan teliti dan pastikan tidak ada satupun bahan yang dapat memicu reaksi alergi pada setiap anggota keluarga. 

  1. Perhatikan kemasannya

Sedulur akan disuguhkan dengan berbagai kemasan dan ukuran kaldu jamur di pasaran. Untuk itu, pilih saja produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Kemasan yang digunakan juga bervariasi, seperti botol plastik dan kemasan sachet. 

Kaldu jamur yang dikemas menggunakan botol biasanya akan dilengkapi dengan lubang-lubang kecil pada bagian tutupnya untuk menaburkan bumbu. Oleh karena itu, kemasan ini akan membuat kontrol taburan menjadi lebih baik dan rapi. Kemasan semacam ini juga akan membuat penggunaannya lebih praktis, sebab Sedulur tidak perlu menyiapkan wadah lain lagi. 

Sementara itu, kemasan sachet akan dibagi menjadi ukuran kecil, sedang, dan besar. Kemasan sachet kecil sangat cocok untuk Sedulur yang baru ingin mencicipi kaldu jamur. Sementara untuk Sedulur yang sudah terbiasa, maka kemasan sedang akan lebih cocok. Lebih dari itu, bila Sedulur membuka usaha kuliner, maka sachet besar bisa dijadikan pilihan karena bisa dijadikan stok. 

  1. Pilih produk yang aman dan terpercaya

Langkah terakhir sebelum membeli adalah memperhatikan keamanan dan sertifikasi produk. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan produk berkualitas yang aman dan terpercaya. Sedulur bisa mengenali produk yang aman dan terpercaya dari ada tidaknya sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga terkait yang ditetapkan berdasarkan standar Kementerian Kesehatan. 

Beberapa lembaga yang memiliki tugas untuk mengawasi kualitas makanan di Indonesia, adalah BPOM, LPPOM-MUI, dan P-IRT. Bila produk yang akan Sedulur beli sudah memenuhi sertifikasi dari lembaga tersebut, maka produk ini sudah dijamin aman dan sesuai syarat yang telah ditentukan. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi merk kaldu jamur yang bisa Sedulur pilih.

1. Kaldu Jamur Totole

Kaldu jamur
Dapur Mama Badar
Totole adalah penyedap rasa dari jamur yang cukup populer. Ia terbuat dari jamur dan protein sayuran sehingga memiliki rasa gurih yang sangat enak. Keunggulan dari totole adalah tidak mengandung kolesterol. Tak hanya itu, Totole juga mengandung antioksidan dan antibakteri. Sedulur bisa memilih tiga varian kemasan, yakni kecil, sedang, dan besar. Harganya pun cukup terjangkau.

2. Royco Kaldu Rasa Jamur

Kaldu jamur
Dapur Mama Badar
Brand Royco pasti sudah sangat dikenal oleh Sedulur. Royco memang sangat dikenal sebagai merk penyedap rasa. Varian rasa yang paling dikenal ada penyedap rasa sapi dan ayam. Namun produsen Royco sepertinya mendengar kebutuhan masyarakat akan penyedap rasa yang sehat dan akhirnya mengeluarkan penyedap rasa jamur. Kaldu Royco rasa jamur tidak mengandung bahan pengawet dan penguat rasa. Jadi, Sedulur tak perlu khawatir jika ingin menambahkannya dalam masakan.

BACA JUGA: Rekomendasi Coklat Bubuk Terbaik Untuk Kue, Sudah Tahu?

3. Kaldu jamur bubuk Pawon Ibun

Kaldu jamur
BukaReview

Buat sedulur yang mengurangi konsumsi garam, kaldu dari Pawon Ibun bisa menjadi salah satu pilihan. Ia terbuat dari 100 persen jamur dan tanpa ditambah garam. Kaldu Pawon Ibun tersedia dalam bentuk botol berukuran 80 gram yang terbuat dari jamur tiram, bawang putih, dan seledri. Hal ini membuat rasa jamur alami akan semakin menggugah selera. Tak hanya untuk melezatkan masakan orang dewasa, produk ini juga bisa digunakan untuk bahan MPASI di kecil agar semakin lahap. 

4. Aidan Mushroom Stock Powder

Snack Dope

Sama seperti kaldu dari Pawon Ibun, Aidhan Mushroom Stock Powder juga dibuat dari 100 persen jamur dan tanpa bahan pengawet. Sehingga bisa disebut sebagai kaldu jamur organik. Tak hanya itu, kaldu ini juga bebas dari garam dan gula. Jadi, kaldu sudah pasti aman untuk dikonsumsi Sedulur. Meski tak banyak tambahan bahan-bahan, rasa kaldu ini tetap gurih kok.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Sereal Yang Enak & Berkualitas

5. Enatura Kaldu Alami

Line Today

Enatura dikenal sebagai produsen produk sehat dan alami. Salah satunya adalah kaldu alami yang memiliki varian rasa ayam, sapi , dan jamur. Produk ini juga telah dijamin karena telah teruji melalui uji laboratorim dan telah bersertifikat halal.

BACA JUGA: Manfaat Baking Soda, Daftar Merek & Harga Terlengkap 2021

6. Maseko

Nourish Indonesia
Maseko adalah produk asli Indonesia. Nama ini merupakan singkatan dari Masak Enak Bebas Risiko. Tak hanya rasa jamur, ia juga memiliki varian rasa sapi dan ayam. Sesuai dengan namanya, Maseko dibuat dengan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk kesehatan Sedulur.

BACA JUGA: Tepung Kanji: Kenali Kegunaan & Manfaatnya untuk Kesehatan

7. Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock

All Moms Need
Sesuai dengan namanya, produk ini terbuat dari jamur shiitake. Jamur ini sendiri masuk dalam salah satu kategori jamur dengan harga yang cukup mahal. Bukan tanpa alasan, jamur shiitake memiliki rasa yang enak dan tekstur yang menyerupai daging. Tak heran, Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock memiliki rasa yang sangat gurih.

BACA JUGA: Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik Untuk Masak dan Kesehatan

8. Izicook Bumbu Rasa Jamur

kaldu jamur
99.co
Sama seperti Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock, Izicook Bumbu Rasa Jamur yang terbuat dari esktrak jamur shiitake dengan tambahan bumbu-bumbu pilihan. Izicook juga mudah larut dalam air panas. Ia mampu memberikan cita rasa masakan yang gurih, seperti halnya saat Sedulur menggunakan MSG. 

9. Motovegan Bumbu Penyedap Rasa dari Jamur

Orami

Pilihan kaldu jamur berikutnya adalah Motovegan Bumbu Penyedap Rasa dari Jamur. Produk ini memiliki komposisi yang sangat lengkap dan sehat. Mulai dari garam, gula, pati jagung, tepung jamur, bubuk jamur, maltodextrin, ekstrak ragi, penguat rasa (dinatrium inosinat, dinatrium guanilat, dinatrium suksinat), protein nabati terhidrolisa, dan perisa sintetik jamur.

Dari komposisi tersebut, dapat diketahui bahwa produk ini tidak mengandung MSG sesuai klaimnya. Dengan begitu, produk ini aman untuk konsumsi anak-anak, ibu hamil, bahkan hingga orang lanjut usia. Sangat multifungsi sekali, bukan?

Nah, bila Sedulur tertarik membelinya, Motovegan Penyedap Rasa Non MSG dari Jamur berukuran 5 gram ini dijual dengan harga Rp5.000-Rp7.000. Sementara itu, Motovegan Penguat Rasa dari Jamur Tanpa MSG dengan kemasan 500 gram dijual dengan harga Rp50.000.

10. Serambi Botani Kaldu Jamur Non MSG

Serambi Botani

Rekomendasi merk kaldu jamur yang terakhir adalah Serambi Botani Kaldu Jamur Non MSG. Produk ini menggunakan ekstrak jamur alami dan rempah-rempah pilihan tanpa campuran MSG. Hal ini tentu saja akan membuat aroma dan rasa asli dari bahan masakan tetap aman dan lezat.

Serambi Botani Kaldu Jamur Non MSG diproses dengan pengeringan pada oven bersuhu 60=70  °C dengan metode pengaturan kelembapan. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan tetap mampu mempertahankan warna, rasa, dan aroma rempah beserta khasiatnya.

Produk ini terbuat dari garam, gula pasir, ekstrak jamur, bawang merah, pati termodifikasi, bawang putih, merica, nucleotide, antikempal, dan kunyit. Dikemas dalam botol berukuran 80 gram, Sedulur bisa mendapatkan produk kaldu jamur ini dengan harga mulai dari Rp37.000 saja. Produk ini juga telah mendapatkan sertifikasi P-IRT sehingga aman untuk konsumsi harian.

Demikian informasi terkait manfaat, tips memilih, dan rekomendasi kaldu jamur yang bisa Sedulur jadikan sebagai referensi. Dengan pemakaian yang tepat, masakan untuk keluarga di rumah akan menjadi lebih sehat dan lezat. 

Agar semakin praktis, Sedulur bisa belanja dan kulakan berbagai macam bumbu masak di Aplikasi Super dengan mudah. Hanya dengan satu genggaman saja, Sedulur bisa membeli aneka produk kebutuhan sehari-hari. Setelah transaksi diproses, barang akan langsung diantarkan ke rumah Sedulur keesokan harinya. 

Tak hanya mudah dan cepat, Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan diskon dan cashback menarik, serta gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Tunggu apalagi? Yuk, download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga!