Kaldu jamur makin dikenal sebagai salah satu penyedap rasa pengganti micin. Penyedap rasa akan menghasilkan rasa “umami”, yang merupakan salah satu rasa dasar, selain manis, pahit, asin, dan asam. Secara ilmiah, umami mengacu pada rasa glutamat, inosinat, atau guanylate. Glutamat atau asam glutamat adalah asam amino yang umum dalam protein nabati dan hewani.

Namun, karena alasan kesehatan, biasanya Sedulur memilih menghindari micin untuk ditambahkan dalam masakan. Sebagai pengganti kini sudah ada kaldu jamur yang bisa memberikan rasa yang sama, yakni rasa gurih atau umami. Nah kali ini Aplikasi Super akan merekomendasikan kaldu jamur terbaik pengganti micin yang enak dan sehat. Yuk simak!

BACA JUGA: Produk Tepung Protein Tinggi Ini untuk Bakery dan Pastry

1. Kaldu Jamur Totole

Kaldu jamur Totole
Dapur Mama Badar

Totole adalah penyedap rasa dari jamur yang cukup populer. Ia terbuat dari jamur dan protein sayuran sehingga memiliki rasa gurih yang sangat enak. Keunggulan dari totole adalah tidak mengandung kolesterol. Tak hanya itu, Totole juga mengandung antioksidan dan antibakteri. Sedulur bisa memilih tiga varian kemasan, yakni kecil, sedang, dan besar. Harganya pun cukup terjangkau.

2. Royco Kaldu Rasa Jamur

Kaldu jamur
Dapur Mama Badar

Brand Royco pasti sudah sangat dikenal oleh Sedulur. Royco memang sangat dikenal sebagai merk penyedap rasa. Varian rasa yang paling dikenal ada penyedap rasa sapi dan ayam. Namun produsen Royco sepertinya mendengar kebutuhan masyarakat akan penyedap rasa yang sehat dan akhirnya mengeluarkan penyedap rasa jamur.

Kaldu Royco rasa jamur tidak mengandung bahan pengawet dan penguat rasa. Jadi, Sedulur tak perlu khawatir jika ingin menambahkannya dalam masakan.

BACA JUGA: Rekomendasi Coklat Bubuk Terbaik Untuk Kue, Sudah Tahu?

3. Kaldu jamur bubuk Pawon Ibun

Kaldu jamur
Shopee

Buat sedulur yang mengurangi konsumsi garam, kaldu dari Pawon Ibun bisa menjadi salah satu pilihan. Ia terbuat dari 100 persen jamur dan tanpa ditambah garam. Kaldu Pawon Ibun tersedia dalam bentuk botol berukuran 80 gram.

4. Aidan Mushroom Stock Powder

Toko Organic Bandung

Sama seperti kaldu dari Pawon Ibun, Aidhan Mushroom Stock Powder juga dibuat dari 100 persen jamur dan tanpa bahan pengawet. Sehingga bisa disebut sebagai kaldu jamur organik. Tak hanya itu, kaldu ini juga bebas dari garam dan gula. Jadi, kaldu sudah pasti aman untuk dikonsumsi Sedulur. Meski tak banyak tambahan bahan-bahan, rasa kaldu ini tetap gurih kok.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Sereal Yang Enak & Berkualitas

5. Enatura Kaldu Alami

Line Today

Enatura dikenal sebagai produsen produk sehat dan alami. Salah satunya adalah kaldu alami yang memiliki varian rasa ayam, sapi , dan jamur. Produk ini juga telah dijamin karena telah teruji melalui uji laboratorim dan telah bersertifikat halal.

BACA JUGA: Manfaat Baking Soda, Daftar Merek & Harga Terlengkap 2021

6. Maseko

Nourish Indonesia

Maseko adalah produk asli Indonesia. Nama ini merupakan singkatan dari Masak Enak Bebas Risiko. Tak hanya rasa jamur, ia juga memiliki varian rasa sapi dan ayam. Sesuai dengan namanya, Maseko dibuat dengan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk kesehatan Sedulur.

BACA JUGA: Tepung Kanji: Kenali Kegunaan & Manfaatnya untuk Kesehatan

7. Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock

Lazada

Sesuai dengan namanya, produk ini terbuat dari jamur shiitake. Jamur ini sendiri masuk dalam salah satu kategori jamur dengan harga yang cukup mahal. Bukan tanpa alasan, jamur shiitake memiliki rasa yang enak dan tekstur yang menyerupai daging. Tak heran, Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock memiliki rasa yang sangat gurih.

BACA JUGA: Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik Untuk Masak dan Kesehatan

8. Izicook Bumbu Rasa Jamur

99.co

Sama seperti Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock, Izicook Bumbu Rasa Jamur yang terbuat dari esktrak jamur shiitake dengan tambahan bumbu-bumbu pilihan. Izicook juga mudah larut dalam air panas. Ia mampu memberikan cita rasa masakan yang gurih, seperti halnya saat Sedulur menggunakan MSG. 

Nah, kini Sedulur sudah tahu kan apa saja rekomendasi kaldu jamur non msg. Tak hanya untuk orang dewasa, rekomendasi kaldu rasa jamur ini juga bisa dikonsumsi untuk anak-anak lho. Jadi sedulur tak perlu khawatir, karena selain bikin enak masakan, kaldu-kaldu ini juga sehat. Kalau stok kaldu habis, jangan lupa beli di Aplikasi Super ya!