Invoice atau faktur merupakan salah satu esensi yang penting terutama untuk orang yang bekerja di dunia bisnis. Isi dari faktur bisa berupa pernyataan tagihan yang dibuat oleh pihak pertama untuk kemudian diberikan kepada pembeli yang merupakan pihak kedua. Tak hanya itu saja, contoh invoice isinya juga dilengkapi dengan nama pembeli, nama penjual, jumlah barang, catatan, serta nominal harga yang harus dibayar oleh pembeli. 

Dalam dunia bisnis, penting untuk mengetahui bagaimana format dan isi dari tagihan yang benar dan yang harus disiapkan. Jika Sedulur merupakan seorang pebisnis pemula, maka wajib untuk mengetahui segala macam tagihan. Apabila masih bingung, berikut adalah contoh invoice pembelian, jasa, dan berbagai macam contoh surat lainnya!

BACA JUGA: Bisnis PPOB yang Modal Kecil Untung Terus, Simak Tipsnya!

1. Contoh invoice tagihan

contoh invoice
pluang

Isi dari faktur penagihan harus memuat berbagai informasi penting seperti jumlah barang yang menjadi hutang, daftar nama barang, dan total harga yang harus dibayar oleh pembeli. Akan tetapi, ada pula beberapa informasi penting yang juga harus tercantum dalam invoice penagihan, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan identitas pelanggan dari penerima tagihan
  • Mencantumkan waktu dilakukannya transaksi tersebut
  • Menyisipkan identitas dari penjual, seperti nama atau perusahaan penjual, nomor kontak, alamat perusahaan
  • Mencantumkan nomor invoice sesuai dengan tata cara yang berlaku
  • Memberikan daftar rincian barang yang sudah dibeli oleh pelanggan dengan detail seperti kuantitas barang yang dibeli, deskripsi barang, harga per satuan, diskon apabila ada, dan harga total keseluruhan dari barang yang dibeli oleh pelanggan
  • Cantumkan juga nama dari salesman yang bertugas menyampaikan penagihan bila diperlukan
  • Menambahkan informasi mengenai pajak, apabila hal tersebut ada
  • Selain itu, tambahkan pula total pajak yang harus dibayar, bersamaan dengan total keseluruhan harga barang.
  • Menyisipkan tujuan pembayaran kepada pelanggan. Tujuan tersebut bisa berupa nomor rekening bank milik perusahaan atau penjual barang
  • Apabila terdapat catatan tambahan yang belum termuat, maka catatan tersebut dapat dicantumkan di bagian bawah faktur. Catatan tersebut bisa berupa keterangan bahwa barang yang telah dibeli tersebut tidak bisa ditukarkan atau dikembalikan lagi. Bisa juga, catatan tersebut berisi ucapan terimakasih untuk pembeli karena sudah bertransaksi dengan penjual.
  • Sediakan kolom berisi tanda tangan untuk pihak penerima atau pembeli barang, sesuai dengan ketentuan faktur yang sudah disetujui
  • Supaya transaksi dapat terlihat lebih formal dan sah, maka bisa ditambahkan dengan tanda lunas berupa stempel, cap, maupun logo dari komputer pada bagian atas faktur. Hal tersebut juga bisa sebagai penanda bahwa tagihan sudah dilunasi oleh pihak terkait

2. Contoh invoice pembayaran

contoh invoice
modalrakyat

Setelah pelanggan memesan atau membeli barang ataupun jasa yang ditawarkan, maka selanjutnya adalah memberi faktur pembayaran. Seperti contoh invoice pembayaran di atas, isinya adalah nomor pemesanan, detail mengenai barang atau jasa yang dibeli, tanggal pemesanan, harga, dan juga data pelanggan yang membeli barang. Biasanya, toko juga akan menyertakan sebuah catatan berisi cara pembayaran melalui rekening yang sudah disepakati atau dipilih oleh pelanggan.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Mini Market: Segini Perkiraan Modal & Omzetnya

3. Contoh invoice penjualan

contoh invoice
bergaya

Faktur penjualan biasa disebut dengan sales invoice. Isi dari faktur ini bisa berupa bukti transaksi berupa pengeluaran penjual kepada pembeli dalam sebuah tagihan. Biasanya, tagihan penjualan ini akan dikirim ke pelanggan bersamaan dengan dikirimnya barang. 

Walaupun terkesan sederhana, format yang harus ada di dalamnya harus berisi informasi detail yang akan digunakan oleh pihak pertama maupun kedua. Beberapa isi detail yang ada di dalam contoh invoice ini adalah sebagai berikut:

  • Nomor referensi atau nomor surat pemesanan yang berhubungan dengan penagihan atau faktur
  • Tujuan dari faktur, yang berisi nama, alamat, dan kontak dari pembeli yang bersangkutan
  • Tanggal terjadinya transaksi
  • Identitas dari penagih, yaitu nama, alamat, dan kontak penjual atau perusahaan
  • Detail barang yang dibeli, misalnya harga per satuan, kuantitas, dan total pembayaran yang harus dibayarkan oleh pembeli
  • Tujuan pembayaran, yang dapat berupa detail dari nomor rekening bank

4. Contoh invoice jasa perorangan

contoh invoice
gramedia

Faktur atau surat penagihan yang dibuat oleh seseorang untuk sebuah perusahaan merupakan definisi dari faktur jasa perorangan. Isi dari faktur tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang kemudian akan ditujukan kepada perusahaan. Umumnya, jenis faktur ini digunakan oleh seorang individu untuk menagih jasa atau barang yang sudah dibeli oleh sebuah perusahaan. 

Contoh invoice jasa perorangan dapat dilihat seperti gambar di atas. Untuk lebih lengkapnya, isi dari tagihan ini bisa menyertakan beberapa informasi, seperti:

  • Referensi
  • Nomor NPWP
  • Status faktur
  • Tanggal pembuatan
  • Informasi perusahaan
  • Tanggal jatuh tempo

BACA JUGA: 12 Tips Membangun Usaha Konter Pulsa Rumahan yang Sukses

5. Contoh invoice travel agent

popbela

Agen yang memberikan jasa pelayanan perjalanan lengkap dengan akomodasinya adalah travel agent. Biasanya, travel agent juga akan memberikan layanan dalam pemesanan tiket, seperti kereta, bus, bahkan pesawat dan kapal. Hal ini digunakan untuk mempermudah pelanggannya dalam mencapai destinasi wisata atau tempat yang diinginkan dan dituju.

Maka dari itu, contoh invoice untuk travel agent sangat dibutuhkan untuk mengetahui seperti apa faktur yang tepat dan detail yang akan diberikan oleh pelanggan. Isi dari tagihan tersebut bisa berisi kode booking, tanggal dan waktu pembayaran, data pemesanan, data pesanan, serta data dan total pembayaran. Adanya faktur pembayaran dalam sebuah jasa berguna untuk pelanggan ketika ingin memeriksa kembali tiket pesanan sebelum akhirnya melakukan pembayaran yang disepakati. 

6. Invoice hotel

contoh invoice
materi

Masih berkaitan dengan jasa, selanjutnya adalah contoh invoice hotel yang bisa dipahami seperti gambar di atas. Faktur tersebut sangat dibutuhkan bagi setiap hotel untuk proses transaksi. Ketika tamu hotel hendak melakukan check in, biasanya pihak hotel akan memberikan sebuah faktur pembayaran sebagai bukti sah terhadap pemesanan hotel. Setelah itu, tamu akan melakukan proses pembayaran dan dilanjutkan dengan pemberian kwitansi kepada tamu. Kwitansi tersebut adalah sebagai tanda pembayaran telah selesai dilakukan. 

BACA JUGA: Contoh, Jenis dan Cara Membuat Surat Kuasa

7. Invoice jasa transkrip

pinterest

Di masa sekarang ini, ada banyak translator yang menawarkan jasanya kepada berbagai perusahaan yang membutuhkan. Biasanya, pembayaran dari jasa ini adalah di awal secara lunas. Bisa juga, pembayaran dilakukan sebagian atau sebagai uang muka, tergantung dengan kesepakatan oleh kedua belah pihak. Ada pula beberapa translator yang menerima pembayaran pada akhir dikarenakan harus merevisi pekerjaan terlebih dahulu. Contoh invoice jasa desain seperti di atas bisa dilihat bahwa isinya adalah nomor faktur, data pemesanan, harga translate, serta beberapa deskripsi yang dibuat. Setelah selesai, faktur akan dikirimkan oleh penyedia jasa.

8. Invoice rental mobil

scribd

Seperti yang telah kita ketahui, invoice contohnya sangat beragam. Salah satunya adalah faktur rental mobil yang isinya kurang lebih sama dengan yang lainnya. Seperti gambar di atas, isi dari faktur biasanya berupa nomor faktur, nama pelanggan atau penyewa, data lengkap mobil yang akan disewakan, durasi penyewaan mobil, serta jaminan. Umumnya, jaminan harus disertakan ke dalam faktur agar kedua belah pihak bisa mengetahui barang apa saja yang akan dijaminkan ketika ada suatu masalah. Faktur ini memiliki sifat sementara, jika penyewa mobil belum membayar rental secara langsung. 

BACA JUGA: Peluang Bisnis Top Up Game Modal Kecil, Kerja dari Rumah!

9. Invoice toko online (email)

mamikos

Kegiatan berbelanja melalui toko online menjadi salah satu kebutuhan wajib dan sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Seperti toko pada umumnya, pemesanan barang melalui toko online juga memerlukan faktur pembayaran. Biasanya, faktur akan dikirimkan melalui email pelanggan. Berdasarkan contoh invoice pembelian melalui toko online di atas, isinya berupa keterangan barang yang sudah dipesan, harga setiap barang, tanggal transaksi, alamat pemesan, jasa pengiriman, serta total pembayaran.

10. Invoice Down Payment (DP)

mamikos

Umumnya, pembeli tidak langsung melakukan pembayaran secara lunas jika membeli barang dalam jumlah yang besar dan banyak. Pembeli akan melunasi pembayaran ketika sudah menerima semua barang yang dipesan. Kedua pihak akan sepakat untuk melakukan pembayaran di muka atau down payment (dp) saat bertransaksi. Down payment atau uang muka pun juga memerlukan faktur sebagai bukti pembayaran yang sah. Contoh invoice down payment (dp) bisa dilihat seperti gambar di atas. 

BACA JUGA: 16+ Ide Usaha Online Shop yang Laris dan Sustainable di Tahun 2022

11. Invoice jasa hukum

paper

Contoh invoice jasa hukum seperti di atas dibuat oleh perusahaan yang membuka jasa konsultasi atau jasa hukum. Isi dari faktur ini adalah deskripsi jasa, waktu, serta harga total yang harus dibayar oleh pelanggan. 

12. Invoice tagihan proyek

scribd

Apabila Sedulur mempunyai sebuah proyek pembangunan hunian, maka faktur yang akan diberikan kepada pelanggan sangat dibutuhkan. Contoh invoice tersebut bisa berupa pelunasan maupun DP. 

BACA JUGA: Tips Membuka Usaha Gorengan, Rincian Modal & Untungnya

13. Invoice sewa alat

99co

Tak hanya sewa atau rental mobil saja, contoh invoice juga bisa dikeluarkan ketika seseorang meminjam alat dari pihak lain. Tujuan dari adanya faktur adalah sebagai bukti bahwa pihak yang meminjam bertanggung jawab atas segala kerusakan yang mungkin saja terjadi saat meminjam alat tersebut, serta melakukan pembayaran sesuai ketentuan harga yang sudah disepakati. Isi dari faktur tersebut biasanya adalah detail nama barang yang disewa, biaya sewa, serta jumlah alat yang disewa. Tak hanya itu, ada pula durasi tenggang waktu agar tidak jatuh tempo.

14. Invoice jasa konsultan

bergaya

Umumnya, contoh invoice jasa konsultan seperti di atas dibuat oleh lembaga atau perorangan yang membuka jasa konsultasi. Format yang diberikan biasanya hampir sama dengan yang lainnya, yaitu harga, tanggal, dan nomor rekening penyedia layanan.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Konveksi, Perhitungan Modal dan Untungnya

15. Invoice barang

cermati

Contoh invoice tagihan barang seperti gambar di atas pada dasarnya memiliki format yang sama dengan lainnya. Yang menjadi pembeda adalah faktur barang lebih detail karena berisi jumlah, nama, harga satuan, serta total biaya yang perlu dibayarkan. 

Demikian penjelasan mengenai contoh invoice jasa, barang, pembayaran, dan penjualan yang biasa digunakan sebuah perusahaan maupun perorangan. Penggunaan faktur sangat penting untuk pemilik usaha yang sedang berkembang. Selain menggunakan faktur tagihan, jangan lupa untuk mencatatnya ke dalam pembukuan keuangan perusahaan supaya bisa diketahui pengeluaran dan pemasukannya dengan baik. Semoga bermanfaat!