konter pulsa rumahan

Untuk saat ini, ada banyak pilihan usaha yang dapat dijalankan. Dari yang bermodal kecil sampai yang modalnya besar, variatif opsinya. Bagi Sedulur yang sedang menjadi bisnis yang menjanjikan, salah satu opsi yang bisa dipilih adalah membuka usaha konter pulsa rumahan.

Seperti yang telah diketahui, di era modern seperti saat ini, handphone menjadi salah satu alat yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari. Bahkan tidak jarang satu orang saja bisa memiliki lebih dari satu buah smartphone.

Kehadiran HP dengan dual SIM card menuntut pemiliknya untuk menyediakan pulsa dan kouta internet agar keduanya tetap bisa digunakan. Dengan memanfaatkan peluang ini, kamu mencoba membuka usaha konter pulsa dan kuota saja!

BACA JUGA: Memulai Bisnis Pakan Burung dan Tips Menjalankannya

1. Memulai dengan berjualan pulsa dulu

desain konter pulsa rumahan
wigatos

Langkah awal yang bisa Sedulur lakukan sebelum membuka sebuah gerai pulsa yakni dengan berjualan pulsa terlebih dahulu. Sembari menunggu proses pembukaan konter, kamu bisa berjualan tanpa lapak.

Tidak usah khawatir, untuk memulai jualan pulsa ini juga tidak memerlukan modal yang besar, kok. Hal yang perlu disiapkan hanyalah sebuah HP untuk mengisi saldo pulsa. Jika sudah, kamu bisa langsung menjual saldo pulsa tersebut.

Bisa dibilang ini adalah salah satu strategi usaha konter HP terbaik untuk mendapatkan pelanggan sebelum konter dibuka. Selain itu, hal ini juga akan membuat Sedulur bisa menguasai ilmu penjualan pulsa dengan baik, sehingga nanti tidak kebingungan saat melayani pembeli.

2. Memilih distributor pulsa yang terpercaya

supplier konter
bukuwarung

Ini adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat membuka konter pulsa. Sedulur harus bisa memilih distributor pulsa elektrik yang terpercaya dan juga berkualitas supaya bisnis ini bisa berjalan dengan lancar dan pelanggan terus bertambah.

Hindari memilih supplier konter atau pulsa yang seringkali mengalami gangguan seperti masuknya saldo pulsa telat maupun pelayanannya kurang memuaskan. Jangan sampai tergiur dengan harga murah yang ditawarkan karena di sini kredibilitas usahakmu yang dipertaruhkan.

Percuma mempunyai agen pulsa murah tapi sering lambat dalam merespon pesanan. Pulsa yang dipesan tidak masuk-masuk dan akhirnya konsumen enggan untuk membeli pulsa di tempat kamu lagi. Maka dari itu, utamakan kualitas terlebih dahulu sebelum harga yang murah.

3. Menetapkan harga jual yang sesuai

usaha pendamping konter pulsa
solusinews

Entah itu untuk usaha konter pulsa kecil maupun yang besar, Sedulur harus menetapkan harga jual yang sesuai dengan pasaran harga pulsa saat ini. Kamu juga bisa melihat dari harga kulakan dari supplier lalu hitung berapa keuntungan yang ingin akan diambil untuk setiap transaksi pembelian pulsa.

Sebaiknya, jangan menjual pulsa dengan harga yang terlalu murah. Walau bisa membuat bisnis pulsa yang dijalankan laris manis, keuntungan yang bisa diambil mungkin terlalu sedikit. Jangan sampai kamu malah merugi karena menetapkan harga yang terlalu murah.

Begitu pun juga dengan sebaliknya, jangan memasang harga terlalu mahal. Jika Sedulur melakukannya, tentu saja para pelanggan enggan membeli di tempat kamu. Maka dari itu, Tentukan harga pulsa sesuai harga pasaran saja agar usaha bisa tetap berjalan lancar.

4. Menghindari konsumen yang berutang

konsumen utang
kronologi

Keuntungan konter pulsa dan kuota ini memang lumayan menjanjikan. Namun sebaiknya, jangan biarkan ada konsumen yang berutang. Terlebih lagi jika kamu masih dalam tahap berkembang dan modal yang digunakan terbatas.

Jika balik modal  saja belum tapi sudah banyak yang berutang, bagaimana kamu akan memutar penghasilan untuk bisnis konter pulsa rumahan tersebut? Namun terkadang, ada kalanya teman atau keluarga yang minta kasbon pulsa. Tentu saja rasanya tidak tega, apalagi hubungan Sedulur dengan orang tersebut cukup dekat.

Untuk masalah seperti itu, Sedulur bisa memberi bon pulsa namun disertai dengan batas limit pembayaran. Jika sampai batas waktu yang diberikan mereka belum juga membayar, tidak perlu ragu untuk menegurnya. Pelanggan yang berhutang menjadi resiko usaha konter pulsa dan kamu harus bisa mengantisipasinya.

5. Menentukan lokasi usaha yang strategis

strategi usaha konter hp
alfa-transpluss

Sebenarnya bisnis pulsa ini pasti akan tetap laku di mana pun kamu membukanya. Itulah yang membuat konter pulsa banyak bertebaran di mana-mana, bahkan di tempat yang sepi sekalipun. Seperti yang sebelum sudah dikatakan, hampir semua orang itu membutuhkan pulsa.

Jika Sedulur ingin mendapatkan lebih banyak konsumen, tentu saja harus memilih tempat yang strategis untuk berjualan. Sebenarnya tidak ada kriteria khusus, yang penting lokasi untuk mendirikan konter tersebut ramai dan banyak orang yang berlalu lalang.

6. Menyewa tempat

usaha konter pulsa kecil
hipwee

Untuk mendapatkan lokasi yang strategis, tentu saja Sedulur perlu menyiapkan biaya untuk menyewa tempat. Tidak perlu khawatir, cukup dengan kios kecil saja usaha ini sudah berjalan, kok. Harga tempat yang disewa itu juga bervariasi tergantung ukuran dan lokasinya.

Akan terasa lebih ringan jika kamu bisa mendapatkan harga sewa tempat per bulan. Dengan ini, kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak modal untuk menyewa tempat usaha saja.

7. Membeli peralatan yang dibutuhkan

usaha konter pulsa dan kuota
idwebplus

Tidak hanya sewa tempat, Sedulur juga harus menyiapkan modal untuk membeli berbagai peralatan berjualan pulsa yang dibutuhkan. Beberapa diantaranya seperti meja etalase, handphone bekas, rak aksesoris, kursi, banner dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Hijab untuk Pemula & Tips Menjalankannya

8. Menjual kartu perdana dan paket internet

keuntungan konter pulsa dan kuota
jawapos

Jika hanya ingin berjualan pulsa, maka kamu tidak membutuhkan konter. Karena ingin membuka konter pulsa, tentu saja rasanya tidak lengkap jika tidak menjual kartu perdana dan voucher internet.

Akan tetapi, kartu perdana yang dijual juga jangan terlalu banyak. Hal ini karena produk tersebut mempunyai masa aktif tertentu. Jika sudah melebihi masa aktif dan belum laku, tentu saja akan terbuang sia-sia. Sedulur bisa menyediakan 5 buah kartu perdana saja untuk setiap operator.

Utamakan untuk menyediakan kartu perdana operator ternama seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis, dan Three. Saat kulakan kartu, pastikan masa aktifnya masih lama sehingga kesempatan untuk terjual juga lebih besar.

9. Melengkapi dengan aksesoris handphone

spanduk konter pulsa keren
indotelko

Usaha pendamping konter pulsa yang paling cocok, adalah dengan berjualan aksesoris handphone. Kamu bisa kulakan aksesoris HP yang menjualnya secara grosiran untuk mendapatkan harga yang murah.

Kamu juga harus memperhitungkan secara matang jika modal yang dimiliki terbatas. Perlu untuk diketahui bahwa tidak banyak konsumen yang membeli aksesoris di konter pulsa. Tentu saja mereka akan lebih memilih membeli di tempat yang memang khusus berjualan aksesoris saja.

Tidak ada salahnya jika Sedulur menyediakan aksesoris, toh ada kalanya mereka membeli aksesoris karena memang benar-benar butuh atau tidak bisa ke tempat penjual aksesoris. Toh aksesoris HP yang dijual tersebut juga tidak memiliki masa kadaluwarsa.

10. Analisa modal usaha konter pulsa

analisa modal
papua-inews

Sebenarnya perhitungan atau analisa modal membuka kios pulsa itu tidak pasti. Tergantung seperti apa model kios yang akan buka. Berikut adalah perkiraan rincian modal yang dibutuhkan untuk membuka konter pulsa:

  • Sewa tempat usaha per tahun Rp5.000.000
  • 10 Kursi pajangan kartu perdana Rp150.000
  • 4 Kursi plastik Rp200.000
  • Banner 3×1 Rp60.000
  • Dekorasi tempat Rp2.000.000
  • Handphone bekas Rp300.000
  • Isi saldo All Operator Rp2.000.000
  • Kulakan akseoris Rp500.000
  • Kulakan kartu perdana dan paket kouta internet Rp2.000.000
  • Meja etalase Rp800.000
  • Papan jual pulsa LED Rp140.000
  • SIM micro cutter Rp50.000

Dari penghitungan di atas, total modal awal yang dibutuhkan yakni Rp13.200.000. Modal tersebut bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan Sedulur.

11. Mempromosikan usaha konter pulsa

promosi
dk pulsa

Untuk mendapatkan omzet maksimal setiap bulannya, tentu saja Sedulur perlu melakukan promosi terlebih dahulu. Bisa dibilang jika cara promosi konter pulsa sebenarnya cukup mudah. Hal utama yang harus diperhatikan, tentu saja adalah desain konter pulsa rumahan itu sendiri.

Pastikan konter pulsa yang Sedulur miliki itu benar-benar terlihat seperti konter pulsa pada umumnya. Jangan lupa tambahkan spanduk konter pulsa keren dan juga lampu-lampu di malam hari, agar bisa terlihat dari jarak jauh.

12. Siap menghadapi risiko dan tantangan

risiko usaha
katadata

Setiap bisnis atau usaha itu tentu saja memiliki risiko dan tantangan yang harus dihadapi. Nah, jika Sedulur membuka konter pulsa rumahan, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi risiko dan tantangan berikut:

  • Banyaknya saingan bisnis
  • Harga pulsa yang terlalu flat
  • Masa berlaku kartu perdana dan voucher internet yang terbatas

13. Sabar dan jangan mudah menyerah

riaunews

Sebenarnya ini adalah poin yang harus dimiliki dalam menjalankan segala bisnis. Terlebih lagi untuk jualan pulsa, adanya banyak kompetitor membuat Sedulur harus benar-benar bersabar untuk mendapatkan kesuksesan dan banyak pelanggan di kemudian hari.

Itulah beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan untuk menjalankan konter pulsa rumahan. Ya, proses awal untuk membuka konter ini memang cukup berat. Kamu harus benar-benar meyakinkan para pelanggan dengan pelayanan yang diberikan.

Namun jika sudah mendapat kepercayaan dari para pelanggan, tentu saja mereka akan selalu datang ke konter kamu ketika sedang butuh pulsa, voucher, dan lain sebagainya. Jadi jangan mudah menyerah, ya!