usaha gorengan

Usaha di bidang kuliner bisa dibilang tidak akan pernah ada matinya. Tentu saja Sedulur bisa mulai berpikir untuk memanfaatkan peluang tersebut. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa coba membuka usaha gorengan yang ternyata punya omzet dan keuntungan besar.

Seperti yang telah diketahui, gorengan adalah makanan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Walaupun tidak cukup baik bagi kesehatan jika berlebihan, namun hal tersebut tidak membuat orang-orang berhenti untuk menikmatinya.

Bagi Sedulur yang mau coba membuka usaha gorengan kekinian, jangan terburu-buru. Ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Apa sajakah itu? Langsung saja simak informasi yang dijelaskan di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Buat Konektor Masker, Peluang Usaha di Masa Pandemi

1. Analisa bisnis

usaha gorengan kekinian
puncamedia

Hampir semua orang dapat menjalankan bisnis yang satu ini. Tidak perlu banyak belajar dari teori yang berbelit-belit, asalkan benar-benar paham seperti apa cara pembuatannya maka bisa langsung terjun dan mengeksekusinya. Meskipun begitu, Terdapat banyak hal yang harus disiapkan supaya usaha bisnis ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses untuk kedepannya.

2. Modal 

Modal
koinworks

Hal pertama yang harus dipersiapkan dengan matang yakni modal usaha. Pada dasarnya, hampir semua jenis usaha itu memerlukan modal. Kamu juga harus berspekulasi agar nantinya bisa mendapatkan keuntungan. Berikut ini analisa modal usaha aneka gorengan:

  • Bahan baku gorengan: Rp100.000
  • Gerobak: Rp300.000 (budget bisa disesuaikan)
  • Gas elpiji 2 tabung: Rp300.000
  • Kompor 2 tungku: Rp200.000
  • Peralatan usaha gorengan lain: Rp500.000

Perlu diingat bahwa angka tersebut hanya estimasi. Bisa saja modal yang dibutuhkan nantinya lebih banyak atau justru lebih sedikit. Namun pada intinya, modal awal untuk bisnis ini kurang lebih di angka Rp1 jutaan.

Itu adalah modal yang sangat mendasar dan Sedulur bisa menyiapkan modal lebih besar lagi jika ingin mengembangkan usaha tersebut. Sebenarnya kamu bisa mengurangi modal untuk membeli bahan baku jika bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

3. Keuntungan

keuntungan
siapbisnis

Jika diestimasi dari perhitungan di atas, perkiraan pendapatan dari usaha ini adalah Rp150.000 per hari dengan pengurangan Rp100.000 untuk biaya operasional. Untuk keuntungan bersih yang akan didapatkan tiap harinya sekitar Rp50.000. Kemudian dikalikan dalam 1 bulan maka hasil keuntungannya Rp1.500.000.

Akan tetapi, angka dari penghasilan tersebut juga tidak bisa dibilang akurat. Hal ini karena para penjual gorengan bisa memberikan jumlah maupun harga yang berbeda-beda.

Jadi bagi Sedulur yang sedang mencari penghasilan tambahan dengan pendapatan kecil-kecilan, maka bisnis yang satu ini sangat cocok. Terutama bagi ibu rumah tangga. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk mendapat tambahan uang.

Namun jika berjualan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bekasi, Karawang, atau yang lainnya, maka penghasilannya yang didapatkan bisa dari dua kali lipat lebih dari hitungan tadi. Dengan adanya banyak orang yang merantau, peluang larisnya daganganmu juga jauh lebih besar.

4. Target konsumen 

target usaha gorengan
kbknews

Bicara soal target konsumen, Sedulur tidak perlu khawatir jika usaha berjualan gorengan ini tidak laku. Seperti yang tadi sudah dikatakan, hampir semua masyarakat Indonesia itu menyukai gorengan. Jadi sangat tidak mungkin jika usaha atau bisnis tersebut tidak laku.

Bahkan jika mampu menyediakan gorengan spesial dengan harga yang bersaing, bisa saja keuntungan yang didapatkan lebih banyak berkali-kali lipat. Maka dari itu, jangan remehkan usaha yang satu ini.

5. Keunggulan usaha gorengan

Keunggulan usaha gorengan
usahaapapun

Terdapat banyak keunggulan yang akan dapatkan jika menjalani usaha atau bisnis yang satu ini. Inilah yang membuat banyaknya orang memutuskan untuk menjual gorengan. Berikut ini beberapa keunggulan yang akan Sedulur rasakan:

  • Sangat mudah dijalankan
  • Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar
  • Bahan baku yang bisa didapatkan dengan mudah
  • Jaminan gorengan yang dijual laku
  • Memperoleh pendapatan (uang) setiap hari
  • Resiko kerugian atau kebangkrutan minim

BACA JUGA: Peluang Usaha Budidaya Tanaman Obat, Bisa Di Rumah

6. Kelemahan usaha gorengan

kelemahan usaha gorengan
sindonews

Setiap usaha itu pasti ada keunggulan dan kelemahan, termasuk juga dengan usaha berjualan gorengan ini. Jika Sedulur tidak memperhatikan dengan tepat, maka tetap bisa rugi. Untuk itu, simak beberapa kelemahan yang ada di bawah ini:

  • Saingan yang banyak
  • Patokan harga yang tidak pasti
  • Memakan banyak waktu untuk membuatnya
  • Keuntungan yang bisa dibilang cukup minim
  • Jika tidak dijalankan dengan baik, maka akan bangkrut

7. Aneka resep gorengan untuk usaha

aneka resep gorengan untuk usaha
bisikanbisnis

Mungkin kamu berpikir jika jenis gorengan yang akan dijual hanyalah tempe goreng, pisang goreng, dan tahu isi seperti pada umumnya. Namun tahukan kamu jika menyediakan aneka gorengan kekinian itu akan mendatangkan keuntungan yang jauh lebih besar. Kamu bisa menambah varian gorengan yang dijual seperti berikut ini:

1. Risoles mayo

Risoles mayo merupakan salah satu gorengan kekinian yang harganya cukup mahal. Walaupun memiliki bentuk yang hampir sama, gorengan ini berbeda dengan lumpia, lho. Isian dari risoles ini lebih lengkap. Di antaranya seperti telur rebus, sosis, telur rebus, keju, dan tentunya mayones.

2. Cireng

Berikutnya ada aci digoreng alias cireng. Cireng sendiri merupakan gorengan yang terbilang cukup umum dijajakan. Jika ingin membuat cireng yang laris manis, maka harus memperbaiki resep yang digunakan. Soalnya rasa dari adonan cireng itulah yang menentukan kenikmatannya.

3. Tahu bulat

Walaupun terkesan cukup sederhana, jenis gorengan satu ini tidak akan pernah mati. Hal ini karena tahu bulat memiliki banyak sekali penggemar. Biasanya jajanan ini dijual oleh pedagang keliling. Namun tidak salahnya jika Sedulur memasukkannya dalam daftar menu.

4. Cimol

Sedulur bisa membuat inovasi menu cimol yang berbeda dari yang lain. Misalnya saja seperti cimol aneka rasa, cimola warna-warni, hingga cimol dengan isian khusus. Dengan ini, maka tidak hanya anak kecil saja yang menyukainya, melainkan para remaja bahkan orang dewasa juga akan tertarik.

5. Jamur crispy

Ide gorengan yang terakhir adalah jamur crispy. Sedulur bisa menggunakan jamur sebagai bahan utama gorengan yang unik ini. Ini adalah ide yang sangat bagus karena jamur crispy masih cukup jarang ditemui. Padahal banyak sekali yang menggemari jamur crispy.

8. Tips usaha 

tips
wigatos

Sebelum memutuskan untuk segera membuka usaha kuliner yang satu ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai kecewa dan rugi karena mengabaikan beberapa tips yang ada di bawah ini:

  • Menyiapkan modal usaha yang lebih dari cukup (sebagai dana cadangan)
  • Mencari lokasi penjualan yang strategis
  • Menggunakan peralatan memasak yang berkualitas
  • Menggunakan bahan-bahan pembuat gorengan yang berkualitas
  • Mempekerjakan sumber daya manusia yang mumpuni
  • Mengurus ijin pembukaan usaha
  • Menentukan target penjualan secara akurat
  • Menggunakan internet sebagai media promosi modern
  • Melakukan proses promosi konvensional
  • Menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan
  • Merealisasilkan kemasan yang tepat untuk gorengan
  • Melakukan pengembangan inovasi secara berkelanjutan
  • Mempertahankan atau bahkan meningkatkan mutu dan kualitas produk

9. Bagaimana jika harga bahan baku naik?

usaha gorengan yang paling laris
matahidup

Seperti yang kita ketahui, hampir semua harga bahan makanan naik akibat kenaikan harga BBM. Jika itu terjadi lalu apa yang harus dilakukan? Hal ini memang cukup sulit bagi para pengusaha, terutama di bidang kuliner. Namun tidak ada cara lain selain menaikkan harga produk gorengan yang dijual.

Tapi tidak usah khawatir, gorengan yang Sedulur jual akan tetap laku. Kembali lagi dengan minat masyarakat Indonesia akan gorengan yang sangat tinggi, mereka tidak terlalu peduli dengan kenaikan harga yang terjadi.

10. Contoh penjual gorengan sukses

penjual gorengan sukses
merdeka

Jangan pikir kehidupan dari seorang penjual gorengan begitu-begitu saja. Riyadh, seorang pebisnis gorengan asal Surabaya, kini mampu meraup keuntungan mencapai Rp120 juta per bulannya. Dulunya ia hanya berjualan gorengan di sekolah.

Seiring berjalannya waktu, ia mengembangkan bisnisnya dan membuat brand dalam skala besar sampai bisa membuka gerai di Mall di Surabaya. Bahkan saat ini, gerai gorengan Riyadh sudah menjalar di beberapa kota besar dan menjadi salah satu usaha gorengan yang paling laris di Indonesia.

Itulah pembahasan singkat mengenai usaha gorengan yang harus diketahui. Sebenarnya semua usaha itu akan menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Selain itu, keseriusan dalam menjalankannya juga sangat berpengaruh pada kesuksesan yang dihasilkan.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk membuka usaha gorengan, maka perhatikan dan pahami semua informasi yang sudah dijelaskan di atas. Bila ingin mencari penyedia bahan baku pembuat gorengan yang berkualitas dengan harga bersaing, maka bisa mendapatkannya di Aplikasi Super.