Bisnis PPOB merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di tengah perkembangan teknologi digital yang sangat pesat saat ini. PPOB atau Payment Point Onling Bank, merupakan sebuah alternatif cara yang bisa kita lakukan untuk membayar segala keperluan secara online.

Kebutuhan seperti membayar listrik, membayar PDAM, membeli pulsa, internet dan lainnya dapat Sedulur lakukan dan jauh lebih mudah melalui PPOB. Karena kemudahannya lalu ditambah dengan perkembangan teknologi digital, bisnis PPOB menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Lantas seperti apa saja tips menjalankan usaha satu ini? Yuk, kita simak di sini!

BACA JUGA: Peluang Bisnis Mini Market: Segini Perkiraan Modal & Omzetnya

1. Menyiapkan peralatan dan saldo awal

bisnis ppob
jurnal.id

Tips dalam menjalankan bisnis PPOB yang pertama adalah tentu saja Sedulur harus menyiapkan peralatan yang menunjang jalannya bisnis. Satu set komputer atau laptop dan juga satu perangkat smartphone sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini. Sedulur juga tidak boleh melupakan koneksi internet dan saldo awal yang dibutuhkan.

-->

Printer merupakan peralatan yang dibutuhkan untuk mencetak bukti pembayaran sekaligus mencetak tagihan. Agar bisnis PPOB terpercaya, Sedulur juga harus menyiapkan koneksi internet yang kencang. Disarankan untuk memasang Wi-Fi agar kecepatan internet stabil. Jangan lupa juga untuk menyiapkan deposit untuk setiap transaksi yang dibutuhkan.

2. Lokasi yang strategis

marketpulsa

Agar peluang bisnis PPOB bisa semakin potensial, Sedulur perlu memikirkan lokasi yang strategis. Meskipun pada dasarnya bisnis ini adalah bisnis online, namun tempat yang strategis sangat diperlukan untuk Sedulur jadikan sebagai loket pembayaran. Lokasi yang strategis mempermudah pelanggan untuk menemukan tempat usaha Sedulur.

Kelebihan bisnis ini bisa dijalankan dengan secara online, membutuhkan tempat pun yang paling penting strategis, tidak memerlukan lahan yang luas. Jika Sedulur memiliki rumah yang strategis, misalnya di pinggir jalan, sebagian lahan depan rumah Sedulur bisa dijadikan tempat menjalankan bisnis ini.

Namun, bisnis ini juga bukan tanpa kelemahan. Kelemahan bisnis PPOB yaitu saingan yang banyak, ditambah saat ini aksesibilitas masyarakat untuk membayar sendiri sangat mudah. Maka dari itu, Sedulur wajib mempertimbangkan lokasi. Disarankan pilih lokasi di sekitar perumahan masyarakat yang belum akrab dengan pembayaran online.

BACA JUGA: 8 Tips Membuka Bisnis Toserba yang Sukses Bagi Pemula

3. Jalin kerja sama dengan venodr atau agen PPOB

bisnis ppob
fastpay

Tips ini bertujuan agar yang Sedulur jalankan adalah bisnis PPOB resmi. Saat ini banyak sekali pilihan vendor PPOB yang bisa Sedulur pilih untuk bekerja sama.  Namun, terlalu banyak vendor dan agen juga membuat kita kesulitan untuk menentukan mana yang harus dipilih untuk kerjasama.

Maka dari itu, Sedulur harus benar-benar memastikan kelebihan, kekurangan serta harga dari setiap vendor dan agen. Pilih vendor dan agen yang terpercaya dan memiliki aturan yang cocok dengan Sedulur. Jangan lupa juga untuk memilih vendor yang memberikan skema keuntungan yang cocok dengan Sedulur.

Namun yang terpenting adalah memilih vendor yang menyediakan layanan tertbaik untuk pelanggan, sehingga layanan yang Sedulur berikan pun dibutuhkan masyarakat, terpercaya dan membuat bisnis Sedulur menjadi andalan masyarakat.

4. Lakukan promosi

bosbiller

Salah satu cara bisnis PPOB bagi pemula adalah harus melakukan promosi. Promosi yang Sedulur lakukan bisa dengan banyak cara. Namun satu hal yang perlu dipastikan, Sedulur harus memastikan tujuan dari promosi yang dilakukan. Apakah untuk memperluas jangkauan pelanggan, atau untuk memperkenalkan bisnis Sedulur.

Namun yang pasti adalah pastikan konten atau materi promosi yang akan diberikan. Sedulur bisa menggunakan brosur, menggunakan media sosial atau dengan berbagai cara yang sesuai dengan kebutuhan kondisi masyarakat sekitar. Bagian ini juga harus serta dengan rencana bagaimana penggunaan strategi bisnis yang tepat.

BACA JUGA: Cara Bisnis Aquaspace Modal Tipis Omzet Berlapis, Cocok Untuk Pemula

5. Jalankan usaha dengan serius

bisnis ppob
fastpay

Jalankan usaha dengan serius merupakan kunci agar usaha yang Sedulur geluti bisa berkembang. Kuncinya Sedulur harus terus aktif memasarkan setiap layanan yang Sedulur sediakan. Jangan lupa juga untuk mengikuti setiap perkembangan terbaru dari dunia PPON, sehingga Sedulur tidak kehilangan ide untuk berinovasi. Hal ini juga dapat menarik hati pelanggan agar terus menggunakan layanan Sedulur.

6. Gunakan papan petunjuk arah

matahidup

Salah satu hal yang penting untuk dapat menarik perhatian pelanggan, terutama pelanggan baru atau pelanggan yang kebetulan lewat, yaitu menggunakan papan petunjuk arah tentang tempat bisnis Sedulur. Jangan lupa juga Sedulur harus menggunakan papan nama usaha PPOB Sedulur itu sendiri.

Tujuan dari penggunaan papan petunjuk arah atau papan bisnis adalah mengenalkan bisnis yang Sedulur jalankan. Dengan dikenal oleh orang banyak dan masyarakat luas, membuat Sedulur bisa dengan mudah menarik pelanggan.

BACA JUGA: 18 Peralatan Cafe Untuk Memulai Bisnis Coffee Shop

7. Jangan lupa melakukan pencatatan

bisnis ppob
davidkleinhandler

Cara bisnis PPOB bagi pemula yaitu dengan melakukan pencatatan. Bukan hanya dalam bisnis PPOB, namun dalam setiap jenis bisnis pencatatan sangat penting dilakukan. Setiap transaksi yang dilakukan harus jelas pencatatannya. Hal ini untuk melihat berapa transaksi yang terjadi, agar Sedulur dapat mengukur keuntungan yang didapat.

Pencatatan juga penting untuk melakukan penagihan kepada pelanggan, terutama yang memiliki masalah pembayaran. Jika ada pelanggan yang tersendat dalam melakukan pembayaran, hal tersebut juga akan berpengaruh kepada bisnis yang Sedulur jalani. Imbasnya, bisnis yang Sedulur jalani pun tidak akan maksimal.

8. Berikan pelayanan terbaik

etcheabakery

Agar bisnis Sedulur bisa masuk daftar PPOB terbaik di Indonesia, salah satu langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan. Jangan sekali-kali memilih-milih pelanggan, berikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang.

Pelayanan yang ramah adalah kunci untuk memperluas cakupan pelanggan. Selain itu, Sedulur juga perlu memikirkan vendor dan agen yang digunakan sebagai mitra bisnis PPOB. Biasanya vendor dan agen PPOB telah memiliki massa tersendiri. Dengan memilih agen dan vendor PPOB terbaik, hal tersebut juga dapat menunjang bisnis Sedulur.

Jangan lupa untuk melakukan pengelolaan dana yang baik, dari pengelolaan dana yang baik bisa Sedulur gunakan untuk mengembangkan bisnis dan membuat berbagai inovasi untuk dapat meningkatkan layanan dan juga mengembangkan bisnis yang dijalankan.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Hijab untuk Pemula & Tips Menjalankannya

9. Membuat pembukuan

bisnis ppob
sirclo

Pembukan penting dalam menjalankan setiap bisnis, terutama PPOB. Pembukuan beda dengan pencatatan. Jika pencatatan berisi setiap transaksi setiap harinya, pembukuan adalah catatan secara keseluruhan. Baik itu uang yang masuk setiap harinya, uang yang dikeluarkan dan lain sebagainya.

Pembukuan keuangan ini juga bisa sebagai indikator agar Sedulur dapat mengendalikan arus dan aliran uang yang masuk. Semakin usaha berkembang, semakin meningkat juga pengeluaran. Jumlah pemasukan dan hutang piutang perlu Sedulur catat dengan akurat. Jika Sedulur kesulitan, Sedulur bisa menfaatkan berbagai teknolog dan aplikasi untuk bagian ini.

Selain itu, agar bisnis bisnis PPOB Sedulur semakin maju dan semakin mempermudah Sedulur, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super. Selain tersedia layanan PPOB di Aplikasi Super, Sedulur tidak perlu repot melakukan pencatatan dan pembukuan. Karena setiap transaksi yang dilakukan di Aplikasi Super, akan dicatat secara otomatis, dan setiap riwayat disimpan dengan sempurna.

Sedulur bisa menggunakan riwayat tersebut sebagai basis untuk melakukan pencatatan dan pembukuan. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur. Baik kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan bisnis sekalipun.