Apakah membuka usaha online shop terlaris masuk dalam resolusi tahun barumu? Jika, iya kamu mungkin membutuhkan beberapa ide bisnis yang menguntungkan dan bisa bertahan lama alias bukan cuma mengikuti tren semata. Tahan lama penting terutama jika Sedulur hendak menjadikannya sumber pemasukan utama di masa depan. 

Tidak perlu berlama-lama, berikut belasan prediksi ide usaha terlaris yang bisa Sedulur coba tekuni. Mulai pelan-pelan, tidak perlu berlomba dengan orang lain, dan tetap logis, ya

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Konveksi, Perhitungan Modal dan Untungnya

1. Kerajinan tangan 

Instagram @ruth__wilde

Kerajinan tangan terbukti bisa bertahan selama pandemi. Kuncinya ada pada orisinalitas dan kualitas yang ditawarkan. Sedulur wajib memiliki selera tinggi untuk bisa membuat produk kerajinan tangan yang harganya masuk akal untuk orang Indonesia, tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan. Kerajinan tangan bisa dalam berbagai bentuk, perabot rotan misalnya, buku tulis atau agenda, tatakan gelas dari resin atau terrazzo,dan lain sebagainya. Bila memutuskan akan berbisnis di sektor ini, pastikan Sedulur benar-benar menyukai dan punya minat khusus, dengan begitu Sedulur tidak akan keberatan untuk memproduksi dan mengembangkan produk dari nol. 

2. Keramik 

usaha online shop laris
Instagram @comingsoonny

 

Keramik sebenarnya bagian dari kerajinan tangan, tetapi ia sempat jadi primadona sepanjang tahun 2020-2021. Bahkan pamornya belum redup. Kunci kesuksesan usaha ini tetap pada orisinalitas dan kualitas barang. Bahkan beberapa produsen punya formula khusus untuk meramu tanah liat yang dipakai. Dipadu dengan pemilihan warna dan corak. Desain-desain keramik pecah belah minimalis, elegan, atau bergambar unik dipercaya masih jadi barang yang lagi booming di online shop 2022. 

3. Merchandise

Instagram @fluffeish

ide jualan online modal kecil bisa dimulai dengan menjual merchandise. Modal yang kamu butuhkan adalah skill ilustrasi. Tidak harus membuat karakter baru sendiri, beberapa penjual usaha online shop terlaris justru meraup untung dengan membuat fanart. Fanart sendiri adalah ilustrasi atau interpretasi seseorang pada sebuah karya seni atau figur tertentu. Karakter yang diminati antara lain yang terinspirasi drama Korea atau kartun macam Disney dan Studio Ghibli. Dengan modal itu, Sedulur bisa membuat desain kemudian mencetaknya di berbagai medium, kain, akrilik, buku, tempat minum, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: 18 Peralatan Cafe Untuk Memulai Bisnis Coffee Shop

4. Langganan layanan streaming legal 

Pexels

Produk terlaris lain di marketplace adalah langganan layanan streaming, baik musik atau film. Kekurangannya Sedulur bakal bersaing dengan banyak orang yang menawarkan hal sama. Namun, bedakan dan bikin jadi spesial dengan menawarkan langganan yang legal. Sedulur bisa menawarkan akun sharing misalnya sehingga harganya lebih murah. Ini jauh lebih amanah dibanding penjual yang menawarkan jasa langganan dari akun curian. 

5. Produk perawatan kulit organik

Pexels

 Semenjak beberapa tahun terakhir, banyak orang yang mulai melirik produk-produk organik. Tidak hanya makanan, tetapi juga produk perawatan kulit. Tak heran banyak pengusaha sabun dan sampo organik yang berjaya di tahun 2020-2021. Selain untuk kebutuhan pribadi, produk-produk semacam itu juga sering dipilih sebagai hantaran atau kado untuk orang lain. Tentunya semua dimulai dengan belasan percobaan dan kegagalan di awal, sebab membuat sabun atau produk perawatan kulit bukan hal sepele. 

6. Pakaian yang sustainable 

usaha online shop terlaris
Instagram @hitsujibungaku

Seiring dengan merebaknya gaya hidup ramah lingkungan dan less-waste, Sedulur bisa mencoba berusaha di bidang pakaian yang sustainable. Misalnya dengan memanfaatkan kain perca untuk membuat item fesyen baru. Bisa pula menyablon kaos polos bekas yang masih bagus. Tidak hanya meraup untung, bisnis seperti ini juga jadi upaya kita mengurangi limbah tekstil. Usaha macam ini masih jarang di Indonesia, berpeluang jadi usaha online shop terlaris tahun ini, nih. 

BACA JUGA: Peluang Usaha Bisnis Sabun Homemade, Untungnya Melimpah!

7. Kursus daring 

Pexels

Bisnis tidak melulu produk fisik. Sedulur bisa menawarkan berbagai jasa. Salah satunya kursus daring. Silakan mulai dulu dengan mengumpulkan audiens dengan membuat video gratis dulu di platform media sosial. Saat mulai banyak peminat dan pengikut, buat materi yang hanya bisa diakses dengan membayar sekian dana. 

8. Buku impor  

usaha online shop terlaris
Instagram @thelostlibrary

Sedulur bisa pula mencoba bisnis-bisnis niche seperti buku impor. Indonesia memang tidak dikenal sebagai negara dengan minat baca yang tinggi. Namun, bukan berarti sama sekali tidak ada peminat buku. Kamu bisa menawarkan jastip buku-buku impor di media sosial dan pasang selisih harga yang masuk akal sebagai keuntunganmu. Tentunya jika ingin memulai bisnis macam ini, Sedulur juga harus punya minat pada literatur sehingga punya kemampuan kurasi judul yang mumpuni. 

9. Makanan beku 

usaha online shop terlaris
Instagram @qs_frozanfood

Makanan beku masih jadi barang yang banyak diminati masyarakat. Penjual makanan beku menemukan momennya di masa pandemi 2020 lalu saat toko atau warung harus tutup karena PPKM. Secara naluriah, orang pun mulai melirik makanan beku yang bisa dikirim dalam kotak-kotak dan disimpan sampai beberapa hari dan minggu tanpa basi. Pastikan Sedulur mendaftarkannya pada BPOM agar tidak ada masalah di kemudian hari. 

10. Katering bento 

usaha online shop terlaris
Pexels

Usaha katering juga berjaya. Jasa ini diminati pegawai kantor atau orang-orang dengan jadwal sibuk yang tetap ingin makan layak dan sehat. Silakan tawarkan menu diet dengan kualitas makanan yang premium jika menyasar kalangan menengah atas. Kemas dalam bentuk bento yang menarik, rapi, dan elegan. 

BACA JUGA: 13 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu, Bisa Untung Besar!

11. Jasa transkrip 

Pexels

Kalau usaha katering perlu keterampilan masak dan melek gizi, ide bisnis online yang satu ini bisa untuk pemula. Kamu yang punya banyak waktu luang bisa menyediakan jasa transkrip wawancara untuk mahasiswa yang sedang skripsi atau mengerjakan tugas akhir lainnya. Transkrip tergolong mudah, hanya saja perlu ketekunan. 

12. Proofreading dan penerjemahan dokumen 

usaha online shop terlaris
Pexels

Untuk yang ini, Sedulur perlu skill dan jam terbang yang bagus. Bahkan untuk dokumen, seorang penerjemah harus sudah tersumpah sehingga hasil terjemahan mereka akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Belakangan makin banyak kalangan akademisi yang mempublikasikan karya mereka secara internasional, jadi peminatnya pun tak pernah sepi. Jangan lupakan pula para pemburu beasiswa luar negeri yang pasti akan mencari jasa ini. 

13. Jasa ilustrasi 

Instagram @lunaranna.x

Sempat diremehkan, ilustrasi adalah primadona di masa kini. Banyak ilustrator profesional yang dihubungi oleh perusahaan besar untuk membuat iklan dan berbagai hal lainnya. Bayarannya pun bakal meningkat sesuai dengan jam terbang dan kualitas portofolio, lho. Kalau punya skill menggambar, jangan dianggurin. Mungkin ini kesempatanmu bersinar.

BACA JUGA: 8 Tips Buka Toko Kelontong Kecil Kecilan di Rumah, Modal Kecil

14. Jasa pembuatan konten media sosial

Pexels

Sedulur juga bisa mencoba menawarkan jasa pembuatan konten media sosial, terutama dalam bentuk video. Banyak orang yang bekerja dengan membuat video-video pendek di media sosial seperti Instagram Reels dan TikTok. Lewat ketekunan mereka iklan dan perusahaan besar bisa saja jadi klienmu. Modal yang dibutuhkan adalah kreativitas tiada batas, selera humor, dan ketajaman melihat peluang. 

15. Aquascape 

Instagram @wenalendra

Aquascape atau usaha yang berkaitan dengan akuarium, baik dari peralatan perawatan dan organisme di dalamnya juga masih akan diminati di tahun 2022 hingga tak terhingga. Peminatnya tak akan dengan mudah melupakan akuarium mereka, jadi ini potensi usaha yang menjanjikan. Jangan cuma menjual ikan yang tren, bekali diri Sedulur dengan pengetahuan tentang aquascape termasuk serba-serbi tanaman air. 

16. Kebutuhan hewan peliharaan 

usaha online shop terlaris
Instagram @hosico_cat

Sama dengan aquascape, pemilik hewan peliharaan biasanya adalah orang-orang akan berkomitmen jangka panjang. Jadi, tak akan pernah habisnya mereka membutuhkan aksesoris dan kebutuhan hewan peliharaan. Bisa pakan, sampo untuk memandikan, vitamin, dan lain sebagainya. 

17. Reseller 

usaha online shop laris
Instagram @wildbird

Produk reseller terlaris sebenarnya tidak terbatas. Kamu bisa menjual jepit rambut dan scrunchies, alat tulis, pakaian anak, bahan baku, sembako dan lain sebagainya. Intinya cari apa yang benar-benar diminati alias disuka. Dengan begitu, Sedulur bakal rajin mencari tahu dan terus termotivasi untuk mengembangkan bisnis reseller tersebut. 

Itu belasan usaha online shop terlaris yang bisa Sedulur jajal di tahun 2022 ini. Pertama, lakukan dengan amanah dan jujur. Dengan begitu, usahamu bakal tahan lama dan tentunya membawa berkah untuk diri sendiri dan keluarga. Kedua, sabar dan tekun sebab hasilnya mungkin tidak akan langsung terlihat di awal-awal pembukaan toko. 

Bisnis lain yang Sedulur bisa tekuni di tahun 2022 adalah menjadi Super Agen. Super Agen menjadi peluang bisnis yang menggiurkan karena setiap orang pasti membutuhkan sembako. Sebagai Super Agen, Sedulur bisa membantu orang lain untuk mendapatkan sembako dengan mudah. Sedulur tinggal mengumpulkan pesanan sembako dari orang-orang di lingkungan Sedulur, lalu memesankan lewat Aplikasi Super.

Selain membantu warga sekitar mendapatkan sembako dengan mudah, Sedulur yang bergabung menjadi Super Agen juga berkesempatan untuk mendapatkan komisi lho. Tertarik menjadi Super Agen? Syarat dan caranya bisa dibaca di sini ya! Namun sebelumnya, jangan lupa untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super.