pantai gondo mayit

Mendengar nama Pantai Gondo Mayit, pasti Sedulur akan merasa merinding sedikit. Yup, objek wisata yang berada di Blitar, Jawa Timur ini memang memiliki nama yang cukup serang. Namun jangan tertipu ya, karena meski namanya ngeri, pesona alam Pantai Gondo Mayit begitu mempesona lho.

Bagi Sedulur yang sedang berencana berwisata ke Blitar dan ingin mengunjungi Pantai Gondo Mayit. Tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan kali ini ya, karena akan ada banyak informasi penting seputar Pantai Gondo Mayit mulai dari harga tiket, rute wisata, dan fasilitas yang ada di sana. Jadi langsung kamu simak aja Sedulur!

BACA JUGA: Daya Tarik Pantai Pelang Trenggalek Beserta Harga Tiketnya

Sejarah Pantai Gondo Mayit

pantai gondo mayit
Detik Travel/Erliana Riady

Pantai Gondo Mayit adalah wisata alam terbaru yang berada di pesisir selatan Blitar. Pantai sepanjang sekitar satu kilometer ini berpasir putih bersih dengan beberapa pulau karang di sekitarnya. Pantainya juga terbilang bersih karena tidak sepopuler beberapa pantai lain.

Namun, siapa sangka, dibalik keindahannya ini, Pantai Gondo Mayit memiliki beberapa sejarah dan mitos yang cukup menarik untuk dikulik. Salah satunya adalah tentang hubungan antara Raja Majapahit dengan Pantai Ratu Selatan yang sering bertemu di pantai ini.

Selain itu, ada juga mitos dan cerita rakyat yang menyebut kalau pantai ini menjadi pusat makhluk gaib berkumpul. Konon, beberapa makhluk gaib seperti pocong, kuntilanak, dan tuyul sering kali dikabarkan muncul di tempat ini.

Ada yang berpendapat bahwa makhluk-makhluk tersebut biasanya muncul pada malam hari dan sering kali mengganggu para pengunjung yang tengah berkemah di sekitar pantai. Namun, hingga saat ini, belum ada bukti konkret yang dapat memastikan keberadaan makhluk gaib di pantai ini.

BACA JUGA: Keindahan Pantai Klatak Tulungagung yang Wajib Dikunjungi!

Lokasi Pantai Gondo Mayit

pantai gondo mayit
Instagram/Wisatablitar

Pantai Pasetran Gondo Mayit ini terletak di sebelah timur Pantai Tambakrejo, Letaknya masih sama di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Untuk bisa datang ke Pantai Gondo Mayit, rute yang dilalui cukup mirip dengan Pantai Tambakrejo yang memang lebih terkenal. Sedulur cukup belok ke kiri sebelum Pantai Tambakrejo.

Kemudian ikuti jalan terus sampai anda menemukan gang ke kanan menuju Pantai Gondo Mayit. Apabila Sedulur sudah terlanjur sampai di Pantai Tambakrejo, bisa juga mencoba trekking dengan melewati satu buah bukti yang berada di sisi timur pantai.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Pantai Gondo Mayit sangat terjangkau, berikut adalah informasi terbaru tentang harga tiket dan tarif parkir:

  • Tiket retribusi: Rp10.000 per orang
  • Parkir motor: Rp2.000 per kendaraan
  • Parkir mobil: Rp5.000 kendaraan

Sementara untuk jam operasional pantai ini adalah 24 jam. Sehingga bisa mengunjungi pantai ini kapan saja. Namun, agar memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, sebaiknya Sedulur datang saat sore hari karena ada pemandangan sunset yang sangat indah di pantai ini.

BACA JUGA: 7+ Wisata Dekat Stasiun Banyuwangi, Pantai Hingga Air Terjun

Daya Tarik Wisata

Unsplash/Kevin Schmid

Nah, agar Sedulur lebih yakin untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, simak dulu beberapa daya tarik yang dihadirkan.

  • Berjalan-jalan di tepian pantai

Menurut informasi yang didapatkan dari Info Blitar, pantai ini memiliki luas yang mencakup beberapa hektare. Dengan begitu, tentu saja memungkinkan para pengunjung untuk bisa menikmati wisata berupa berjalan-jalan di area tepi pantainya.

Selagi berjalan-jalan, Sedulur juga bisa mengeksplorasi keindahan pantai serta mengabadikan berbagai momen yang menarik melalui foto dan video.

  • Berkemah di pantai

Satu hal yang sangat menarik di pantai ini, yakni Sedulur dapat berkemah di kawasan Pantai Gondo Mayit. Berkemah di pantai ini, tentu saja bisa menjadi atraksi wisata paling menarik. Hal ini karena Sedulur dapat merasakan suasana dan keindahan pantai selama 24 jam penuh.

Dengan berkemah di pantai ini, para pengunjung dapat melihat pemandangan sunset dan sunrise secara langsung. Lokasinya memang sangat strategis untuk melihatnya kedua kondisi matahari tersebut.

  • Menikmati sunset

Pemandangan matahari terbenam di pantai sering menjadi daya tarik utama karena memungkinkan kita untuk menyaksikan matahari terbenam tanpa ada halangan apapun.

Saat Sedulur duduk santai di tepi pantai, Sedulur akan melihat matahari terbenam perlahan hingga malam tiba. Kamu juga dapat mengabadikan momen ini sebagai kenangan yang indah.

Demikian tadi beberapa ulasan tentang objek wisata di Blitar, Pantai Gondo Mayit. Semoga informasi kali ini bisa membantu Sedulur yang ingin berwisata ke sana ya. Selamat berlibur!