wisata ponorogo

Reog, mungkin itulah yang terbesit di kepala saat mendengar kata Ponorogo. Namun selain budaya Reog yang memang mengesankan, ternyata kabupaten di Jawa Timur ini terdapat wisata yang tidak kalah mengagumkan. Bahkan ada banyak wisata Ponorogo yang wajib untuk dikunjungi, paling tidak sekali dalam seumur hidup.

Itulah yang membuat kabupaten ini layak untuk mendapat perhatian secara lebih dari para penikmat wisata Indonesia. Objek wisata Ponorogo sendiri, memang lebih mengedepankan pesona alam dengan daya tarik tersendiri yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Entah itu dari pesona, lanskap, bahkan panorama yang dihadirkan, dijamin akan membuat siapa saja merasa terpukau.

Oleh sebab itu, wisata Ponorogo bisa menjadi destinasi terbaik untuk sesi liburan yang berikutnya. Beberapa objek yang ada di bawah ini dapat menjadi rekomendasi yang asyik untuk membuat Sedulur tersihir akan keindahannya.

BACA JUGA: Wisata Banyuwangi Songgon yang Harus Dikunjungi!

-->

1. Coban Lawe

Tempat.org

Coban Lawe yang terletak di lereng Gunung Wilis, merupakan sebuah air terjun yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Selain keindahan air terjun, suasana sejuk dan pemandangan hijau di sekitarnya sungguh memikat mata.

2. Mloko Sewu

Mloko Sewu menampilkan berbagai daya tariknya, mulai dari kebun bunga matahari, pintu langit, rumah pohon, hingga lokasi untuk berfoto dengan pemandangan Telaga Ngebel dari ketinggian. Tentu saja, hal tersebut tidak boleh dilewatkan.

3. Tumpak Pare

Tumpak Pare merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak biasa di Ponorogo yang dapat dikunjungi. Dari sini, Sedulur dapat menikmati pemandangan alam yang berbukit dan hijau, serta deretan pepohonan yang istimewa di kejauhan.

4. Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan menawarkan pemandangan alam dengan nuansa hutan di sekitarnya. Terdapat juga persawahan dengan sistem terasering yang menambah keunikan air terjun ini.

5. Gunung Beruk

Pemandangan alam yang asri dan hijau memberikan daya tarik tersendiri. Bagi pecinta selfie, terdapat banyak spot swafoto menarik yang dapat menjadi pilihan. Gardu pandang yang menyenangkan juga dapat menjadi alasan untuk berkunjung ke tempat ini.

6. Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk menawarkan atmosfer alam yang alami dengan air terjun yang memiliki debit air yang deras. Selain itu, pemandangan alam hijaunya juga memukau. Selain mandi di aliran sungainya, Sedulur juga dapat melakukan aktivitas ekstrim seperti panjat tebing.

7. Puncak Pringgitan

Ketika berada di Puncak Pringgitan, dijamin Sedulur akan terpesona dengan pesona lanskap Ponorogo yang hijau. Di satu sisi, pemandangan kota Juga akan terlihat sangat spektakuler terutama pada saat malam hari.

8. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan danau alami yang terletak di kaki Gunung Wilis. Danau yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang benar-benar mengesankan dan menarik untuk dinikmati. Jadi jangan lupa untuk memasukkan objek wisata Ponorogo ini ke dalam daftar, ya!

9. Air Terjun Kokok

Nuansa alam dari lingkungan sekitarnya yang memukau, ditambah lagi dengan kontur air terjun yang bertingkat dengan air yang jernih dan sejuk, tentu saja membuat para pengunjung langsung kagum dengan keindahan alam di sekitar air terjun ini.

10. Rindu Alam Coffee

Salah satu spot wisata alam yang bisa dilakukan sambil kuliner adalah dengan berkunjung ke Rindu Alam Coffe. Lokasi ini cukup strategis dan cocok untuk Sedulur yang tidak ingin terlalu jauh bepergian keluar dari Ponorogo daerah kota. Dengan hidangan yang lengkap, Sedulur juga akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam di sekitar cafenya lho.

BACA JUGA: 15 Tempat Wisata Wonosalam Jombang Terbaru & Paling Hits

11. Gunung Bedes

wisata ponorogo
Pinterest

Gunung Bedes adalah tempat wisata alam Ponorogo yang menawarkan spot liburan dengan suasana alam yang menenangkan. Pemandangan alam yang asri dan hijau juga menambah daya tarik. Selain itu, objek wisata ini juga menghadirkan atraksi dari para monyet penghuni gunung.

12. Gunung Masjid

Dengan puncak yang berbentuk kubah, memungkinkan para pengunjung untuk menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Pemandangan ini terdiri dari hamparan karpet alami yang hijau dan udara segar yang mampu mempesona siapa pun.

13. Air Terjun Jurang Gandul

Bisa dibilang jika air terjun ini   sepenuhnya masih alami, alias belum banyak terpengaruh oleh tangan manusia. Mungkin ketinggian air terjun ini memang tergolong rendah jika dibandingkan dengan air terjuan lain. Namun, keindahan yang dihadirkan tentunya tidak kalah menarik dengan air terjun lainnya.

14. Bukit Cumbri

Tidak hanya cocok untuk menikmati keindahan Kabupaten Ponorogo dari ketinggian, objek wisata ini juga sangat ideal untuk menikmati panorama matahari terbit di pagi hari. Tidak usah khawatir, Sedulur bisa menginap di beberapa tempat yang disediakan.

15. Air Terjun Widodaren

Aliran pada Air Terjun Widodaren memiliki bentuk yang unik, yakni terbagi menjadi dua bagian. Meskipun alirannya tidak terlalu deras, namun kedalaman kolam di bawah air terjun ini mencapai 10 meter. Jadi Sedulur harus selalu berhati-hati.

16. Watu Pecah

Objek wisata Watu Pecah sangat cocok bagi para penggemar fotografi. Nama Watu Pecah yang berarti Batu Pecah dalam Bahasa Jawa sendiri, diberikan karena adanya batu berukuran besar yang memiliki retakan di bagian tengahnya.

17. Watu Semaur

Watu Semaur adalah tebing raksasa yang memiliki bentuk unik dan juga gradasi warna yang menawan. Jika dilihat secara sekilas, batu yang satu ini memang terlihat sangat mirip dengan wajah sebuah robot atau seekor burung hantu.

18. Pentas Reog Bulan Purnama

Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan Reog adalah Pentas Reog Bulan Purnama. Biasanya festival Reog diadakan pada saat perhelatan Grebeg Suro. Ya, pertunjukan Reog yang hanya dapat dinikmati pada waktu-waktu tertentu tentu saja sangat istimewa.

19. Reog Desa Carat Sumoro

Terdapat banyak pengrajin peralatan kesenian Reog di Desa Carat Sumoroto. Mereka beroperasi untuk memproduksi berbagai macam peralatan untuk pertunjukan Reog. Dan pastinya, menjadikannya sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi pada saat di Ponorogo.

20. Tubing Kali jajar

Khusus bagi para penggemar aktivitas wisata yang menantang dan memicu adrenalin, jangan lupa untuk mampir ke objek Wisata Tubing Kali Jajar. Di objek wisata ini, Sedulur dapat melakukan aktivitas tubing atau susur sungai.

BACA JUGA: 15 Objek Wisata Alam Kediri Terbaru 2023, Menakjubkan!

21. Hutan Wisata Kucur

wisata ponorogo
Terakota

Objek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan perhutanan alami yang benar-benar asri dan juga terjaga. Agar pengalaman wisatawan lebih maksimal, pihak pengelola juga telah melengkapi tempat tersebut dengan berbagai macam fasilitas pendukung.

22. Gua Maria Fatima

Gua Maria Fatima menjadi objek wisata religi Katolik yang populer di Ponorogo. Menariknya, terdapat sebuah kolam mata air bernama Sendang Waluyo Jatiningsih, yang dipercaya oleh masyarakat sekitar jika air sendang ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

23. Kedung Kenthus

Banyak yang bilang jika Kedung Kenthus adalah objek wisata unik yang sangat mirip dengan Green Canyon. Di tempat ini, para wisatawan dapat menikmati keindahan dari panorama sungai yang dikelilingi dua tebing bebatuan alam.

24. Kedung Gamping

Kedung Gamping menawarkan daya tarik utama berupa aliran air yang jernih. Selain itu, kondisi alam sekitar yang masih sangat alami dan terjaga dengan baik membuat wisatawan terpukau. Dijamin berkunjung ke wisata Ponorogo ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

25. Air Terjun Plasur

Air Terjun Plasur menghadirkan aliran air yang sangat jernih dengan kondisi alam sekitar yang segar dan juga alami. Ada banyak akar beringin di sekitar yang biasa digunakan sebagai ayunan alami. Namun perlu diingat untuk selalu berhati-hati saat berkunjung ke wisata Ponorogo ini, ya!

26. Gunung Gajah

Jika Sedulur suka dengan kegiatan camping dan trekking, maka tidak boleh melewatkan objek wisata yang satu ini. Di sini, Wisatawan dapat melakukan kegiatan trekking ringan untuk mencapai puncak bukit, kemudian berkemah di puncak.

27. Ngembang

Ngembang adalah taman wisata yang menawarkan beragam wahana permainan. Mulai dari perahu kayu hingga flying fox, bisa dijumpai di tempat ini. Bukan hanya itu saja, Sedulur juga bisa menikmati telaga mini dan deretan pepohonan trembesi yang sejuk dan meneduhkan.

28. Lembah Tanah Goyang

Lembah Tanah Goyang merupakan tempat wisata unik. Dimana objek ini memiliki daya tarik utama yakni berupa gerakan tanah yang dapat dirasakan secara langsung oleh para wisatawan yang datang di tempat tersebut.

29. Masjid Tegalsari

Salah satu masjid tertua di Indonesia, Masjid Tegalsari juga tidak boleh lupa dikunjungi. Masjid yang didirikan pada abad ke 18 ini, juga mengusung desain arsitektur yang sangat unik dan mirip dengan desain arsitektur ala Masjid Demak.

30. Kolam Beji Sirah

Ingin berkunjung ke objek wisata yang kental akan misteri, Kolam Beji Sirah bisa menjadi opsi terbaik. Menurut kabar yang beredar, kolam yang satu ini mempunyai jalur rahasia khusus yang menghubungkannya secara langsung dengan Laut Selatan.

31. Kintamani Waterpark

Di Kintamani Waterpark, para pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana permainan yang seru dan tentunya menarik. Mulai dari wahana untuk anak-anak hingga orang dewasa, semuanya telah tersedia dan bisa dinikmati di objek wisata satu ini.

32. Tirta Husada

Tirta Husada adalah sebuah kolam air panas, dimana Sedulur dapat merendam dan juga bermain bersama keluarga. Panas tersebut dihasilkan dari zat belerang alami, yang diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

33. Gua Lowo

Sesuai dengan namanya, Gua Lowo adalah gua bersejarah yang dihuni oleh banyak sekali kelelawar. Diperkirakan gua ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dan dulunya digunakan sebagai tempat tinggal manusia purba di Zaman Mesolitikum.

34. Gunung Bayangkaki

Gunung Bayangkaki mempunyai 4 puncak yang bisa ditaklukan, yakni Puncak Tuo, Puncak ljo, Puncak Gentong, serta Puncak Tumpak. Bagi yang suka dengan aktivitas mendaki, tentu saja gunung ini wajib anda masukkan dalam daftar tempat harus dikunjungi saat di Ponorogo.

35. Air Terjun Juruk Klenteng

Juruk Klenteng adalah air terjun yang menawarkan panorama alam yang sangat indah. Yang membuatnya terasa istimewa, yakni lokasinya yang berada di antara dua tebing Gunung berbatu.

36. Air Terjun Toyomerto

Walaupun jalur untuk mencapainya cukup sulit, namun semuanya akan terbayar begitu sampai di lokasi air terjun tersebut. Sedulur akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang dihiasi oleh lanskap hutan pinus dan kebun kopi yang benar-benar menawan.

37. Watu Putih

Watu putih adalah objek wisata yang menawarkan pemandangan bebatuan besar berwarna putih. Terletak di tengah hutan pinus yang cukup lebat, membuat panorama alam yang disuguhkan tampak eksotis dan juga menakjubkan jika dilihat dari atas batu putih ini.

38. Wisata Air Gita

Wisata air Gita menyediakan banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua usia. Berbagai jenis wahana permainan yang aman serta nyaman tersedia di tempat ini. Oleh sebab itu, banyak keluarga yang berkunjung ke Gita Waterpark terutama ketika liburan atau akhir pekan.

39. Air Terjun Mimang

Untuk bisa mencapai air terjun yang satu ini, Sedulur harus melintasi setapak bebatuan sekitar 2 km. Namun di sepanjang perjalanan, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan hijau dedaunan yang sangat menawan.

40. Museum Tumenggung Jayengrono

Museum Tumenggung Jayengrono memuat informasi mengenai sejarah yang terkait dengan Jayengrono, yang sempat menjabat sebagai bupati kabupaten Ponorogo di masa lalu. Selain itu, ada pula banyak infromasi sejarah penting lainnya.

41. Air Terjun Kalimalang

wisata ponorogo
Koran

Sebuah air terjun indah yang dikelilingi oleh batu-batu besar yang memukau. Air Terjun Kali Malang juga sering dimanfaatkan oleh para penduduk sekitar untuk kebutuhan rumah tangga dan juga pengairan sawah warga sekitarnya.

42. Air Terjun Mlaten

Air Terjun Mlaten menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan alam yang masih alami dan berbeda dengan air terjun lainnya. Dimana air terjun satu ini mempunyai debit air yang kecil, namun ketinggian mencapai 30 meter.

43. Puncak Slurup

Wisata Puncak Slurup menjadi salah satu objek wisata Ponorogo yang wajib dikunjungi. Sedulur bisa berfoto selfie dengan kabut yang akan membuat hasil foto tampak menawan. Dijamin setiap orang yang melihatnya akan langsung terpukau.

44. Gardu Pandang Karangpatihan

Sama seperti sebelumnya, di Gardu Pandang Karangpatihan para pengunjung yang datang juga bisa berburu foto selfie. Tidak usah khawatir, ada beberapa spot yang sudah didukung dengan beberapa spot khusus berfoto seperti saung-saung dari kayu dan bambu.

45. Air Terjun Prejengan

Air Terjun Prejengan terletak di desa Pagerukir atau lebih tepatnya berada di dukuh Ngudal. Air terjun yang satu ini benar-benar tinggi dan akan terlihat keren jika dilihat dari bawah, lho. Namun sayangnya, biasanya air yang ada di tempat ini terkadang surut pada musim kemarau.

46. Curug Pangkal

Bagi yang suka bermain air atau mandi dengan ditemani oleh hamparan panorama alam bisa langsung datang ke Curug pangkal. Di tempat ini airnya sangat segar dan jernih. Bebatuan yang dilewati aliran air juga akan terlihat sangat jelas dan eksotis.

47. Taman Kelinci Ponorogo

Taman Kelinci Ponorogo menyajikan beberapa bangunan observasi, yang mana masing-masing mempunyai ciri khas pada desain yang digunakan. Selain itu, suasana yang ada di taman ini akan terasa semakin menarik dengan keindahan alam hijau di sekitarnya yang bisa dinikmati kapan saja.

48. Air Terjun Dewa Siwar

Air terjun Dewa Siwar merupakan salah satu tujuan wisata Ponorogo yang tergolong masih baru. Air terjun yang satu ini, mempunyai bentuk yang unik dengan beberapa tingkatan. Tentu saja Sedulur bisa hunting foto, bermain air, maupun sekadar menikmati panorama indah yang ada di sekitarnya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi objek wisata menarik yang bisa ditemukan di Kabupaten Ponorogo. Namun paling tidak, beberapa wisata Ponorogo yang sudah disebutkan di atas masuk ke dalam list tempat yang wajib dikunjungi saat rekreasi di Ponorogo.

Selain itu, perlu untuk diingatkan sekali lagi agar selalu berhati-hati pada saat berkunjung ke tempat wisata. Selain menjaga diri sendiri, pastikan Sedulur juga turut menjaga lingkungan sekitar, ya!