kuliner pagi surabaya

Sedang mencari referensi kuliner pagi Surabaya untuk sarapan? Tenang, Aplikasi Super sudah menyiapkan beberapa spot makan terbaik yang bisa Sedulur kunjungi nih.

Surabaya sendiri memang menjadi kota yang tidak pernah kehabisan kekayaan kuliner. Mulai dari yang ringan sampai berat, pedas sampai manis, semuanya ada. Agar Sedulur bisa memiliki sarapan yang tepat, yuk simak rekomendasi kuliner pagi Surabaya berikut inI!

BACA JUGA: 12 Kuliner Pasar Atom Surabaya yang Enak dan Legendaris

1. Bubur Ayam Mang Endut

Ada tempat makan bubur ayam kaki lima di Surabaya. Bubur Ayam Mang Endut menjual bubur ayam menggunakan gerobak di daerah Jalan Kedungsari Nomor 43, Kedungdoro. Buka selama 24 jam.

Menu bubur ayam Jakarta yang bisa kamu coba diharga mulai dari Rp 10.000-16.000. Selain bubur ayam, kamu bisa memiliki menu pendamping seperti sate puyuh, sate usus,telur ayam kampung setengah matang dan emping.

2. Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin

Masih dengan menu nasi pecel, kamu bisa mampir ke Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin yang berada di Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Genteng. Buka dari pukul 06.00-20.00 WIB. Ada aneka menu lauk pauk yang bisa kamu pesan sebagai pendamping nasi pecel.

Ada menu empal goreng, ayam goreng, paru goreng, telur asin, otak telur, hingga sate. Harga per lauknya dihargai mulai dari Rp 3.000-15.000. Sementara itu, harga per porsi nasi pecelnya dihargari sebesar Rp 15.000.

3. Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon buka dalam dua waktu yaitu 08.00-14.00 WIB dan 17.00-20.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Pengampon II Nomor 3, Bongkaran, Pabean Cantian. Ada menu nasi empal yang disajikan dengan bumbu khas dilengkapi tempe dan tumis kacang panjang.

Harga per porsinya sekitar Rp 35.000. Selain nasi empal, ada nasi babat dengan harga yang sama. Ada juga menu bubur ayam, mie, bakwan kuah, hingga siomay kuah dengan harag mulai dari Rp 25.000.

4. Nasi Pecel Bu Joyo

Nasi Pecel Bu Joyo berlokasi di Jalan Pandegiling Nomor 318A, Wonorejo, Tegalsari. Buka dari pukul 05.50-09.00 WIB. Tempat makan di Surabaya ini sudah buka sejak 1950.

Ada seporsi menu nasi pecel yang memasak nasi dan sayurannya dengan menggunakan kayu bakar. Ada menu nasi pecel dengan aneka lauk, seperti empal dan telur asin dengan harga mulai dari Rp 12.000.

5. Warung Kuning

Warung Kuning berlokasi di Jalan Kalibokor Selatan, Baratajaya, Gubeng. Buka dari pukul 07.00-20.00 WIB. Ada aneka menu rumahan seperti sayur asem, sayur bening, oseng pepaya, lodeh manisa, lodeh nangka, lodeh terong, botok alur, hingga perkedel yang bisa kamu coba di sini. Tersedia aneka sambal seperti sambal pencet atau mangga muda, sambal bawang, dan sambal terasi.

BACA JUGA: Resep 5 Minuman Dingin Khas Surabaya Paling Menyegarkan!

6. Pecel Bu Kus

Pecel Bu Kus berlokasi di Jalan Barata Jaya XX Nomor 110, Baratajaya, Gubeng. Buka dari pukul 06.00-19.30 WIB. Masih dengan tempat makan enak di Surabaya yang buka sejak pagi hari. Kamu bisa menikmati aneka menu sarapan seperti nasi pecel, rawonan, nasi garang asem, dan nasi lodeh dengan harga mulai dari Rp 20.000 per porsinya.

7. Bubur Ayam Spensix Bang Salim

Bubur ayam merupakan salah satu menu andalan dalam sarapan. Hampir di tiap kota pasti ada penjual makanan ini, termasuk Surabaya. Di ibukota Jawa Timur ini, ada satu tempat yang menyajikan bubur ayam lezat.

Bubur Ayam Spensix adalah tempat makan itu. Di sini, kamu bisa menyantap bubur ayam dengan topping ati ampela yang lezat. Selain sarapan, bubur di tempat makan ini juga cocok dijadikan santapan di kala sore atau malam. Satu porsi bubur ayam lengkap dengan toppingnya diharga mulai dari Rp 15.000.

8. Nasi Kuning Avon

Selain bubur ayam, nasi kuning adalah makanan lainnya yang lazim dijadikan sarapan. Khusus di Surabaya, kamu bisa menyambangi Nasi Kuning Avon untuk menikmati lezatnya nasi kuning di Surabaya.

Di tempat yang sudah ada sejak 1972, nasi kuningnya betul-betul pulen dan wangi. Aromanya bisa kamu cium sesaat setelah kamu memasuki tempat sarapan ini.

Nasi kuning tersebut lantas diberi sejumlah lauk pauk, mulai dari ikan teri, kering tempe, dan ayam. Di atasnya, diberi siraman bumbu merah khas tempat sarapan ini. Kamu juga bisa tambah keripik usus sebagai pelengkapnya. Harga per porsinya mulai dari Rp 12.000-27.000 WIB.

9. Rawon Pak Pangat

Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang cocok dijadikan sarapan. Dan salah satu tempat recommended untuk menyantapnya adalah Rawon Pak Pangat.

Ada tiga varian menu rawon yang tersedia di tempat sarapan ini. Nasi Rawon Suqir, Nasi Rawon Campur, dan Nasi Rawon Krengsengan adalah ketiganya. Di antara tiga varian itu, Nasi Rawon Krengsengan merupakan rekomendasi dari kami. Varian rawon itu tercipta dari nasi putih yang diberi krengsengan dan empal yang disuwir. Setelahnya, diberi kuah rawon yang berwarna hitam pekat.

10. Buryam Bang Rossi

Buryam cocok jadi salah satu menu kuliner pagi Surabaya. Buryam merupakan kepanjangan dari bubur ayam. Sedulur bisa merasakan kelezatan bubur ayam dari Bang Rosi yang membuka warungnya di Jalan Raya Menganti Nomor 8, Jajar Tunggal, Wiyung. Buryam Bang Rossi sendiri disebut sebagai bubur ayam paling enak di Surabaya dengan ratusan orang yang datang setiap hari.

Untuk bisa mencicipi dan enikmati satu porsi menu bubur ayam, Sedulur cukup mengeluarkan uang Rp 12ribu saja. Itu sudah mendapatkan satu porsi buryam lengkap dengan suwiran ayam, cakwe, parsley, kuah, kerupuk, sambal dan taburan bawang goreng.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Kuliner Malam Surabaya Terbaik, Buka 24 Jam!

11. Nasi Kuning Ambon POKA

Masih dengan menu sarapan nasi kuning di Surabaya. Kamu bisa mampir di Nasi Kuning Ambon POKA yang berlokasi di Jalan Raya Tenggilis Mejoyo Nomor 10, Kali Rungkut. Buka dari pukul 06.00-13.00 WIB. Harga nasi kuning ditawarkan mulai dari Rp 8.000-32.000 WIB. Tentu saja, harga satu porsinya tergantung pada pilihan lauk. Lauknya ada telur, ikan, ayam, daging, hingga perkedel.

12. Bubur Candilsari

Selain menu makanan berat, kamu juga bisa mengisi perut dengan bubur manis di pagi hari. Mampir saja ke Bubur Candilsari yang berlokasi di Jalan Tenggilis Timur VII, Blok HH-2, Tenggilis Mejoyo. Buka dari pukul 06.00-18.00 WIB. Kamu bisa menikmati bubur madura yang terdiri dari bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur mutiara, santan kanil, bubur candil, dan gula jawa.

13. Lontong Mie Babah HOI

Kuliner pagi Surabaya yang menarik untuk dicoba adalah lontong mie. Dimana salah satu yang terbaik adalah Lontong Mie Babah HOI. Lontong Mie Babah HOI berada di Jalan Kapas Krampung Nomor 124 H, Ploso, Tambaksari. Buka dari pukul 07.00-15.00 WIB. Di sini, kamu bisa menikmati lontong mie yang diracik tanpa menggunakan petis udang. Rasa dan aroma udangnya didapatkan dari rebusan udang untuk membuat cita rasa masakan yang khas.

Harga per porsinya sekitar Rp 15ribu sampai Rp 20ribu. Selain lontong mie, ada aneka menu kue tiram. Ada kue tiram mini, kue tiram premium, kue tiram original, hingga kue tiram spesial cumi. Harga kue tiram dijual dengan kisaran Rp 7ribu sampai Rp 15ribu.

14 Bubur Madura Putri Ayu

Jika Sedulur bosan dengna menu bubur gurih, maka bisa mencoba bubur manis dari Madura. Bubur ini merupakan salah satu menu sarapan paling ikonik di kawasan Surabaya bagian utara dengan hidangan utama seperti bubur sagu, bubur kacang ijo, dan bubur merah.

Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi bubur madura adalah Bubur Madura Putri Ayu. Sedulur juga bisa membeli beberapa jajanan pasar di tempat makan ini. Bubur Madura Putri Ayu sendiri berlokasi di Jalan Ngagel Rejo Nomor 20, Ngagelrejo. Buka dari pukul 07.00 sampai 16.30 WIB. 

15. Warung Mbak Asih

Warung Mbak Asih menjual menu makanan enak surabaya seperti lontong ceker, lontong mie, penyetan ayam, dan penyetan lele. Spesialnya, di sini kamu bisa tambah ceker pada sajian lontong mie. Hidangan di warung Mbak Asih memang cukup sederhana, tapi Sedulur akan merasakan rasa yang istimewa dari menu-menunya untuk sarapan pagi.

Harga per porsi lontong mie warung Mbak Asih juga sangat terjangkau. Sedulur bisa merasakan kelezatan makanan yang cuma dihargai sebesar Rp 10.000 per porsinya. Murah meriah banget ‘kan!

16. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut adalah tempat sarapan legendaris yang ada di Surabaya. Tempat sarapan ini sudah ada di Kota Pahlawan sejak 1958, serta sudah punya beberapa cabang.

Dari dulu sampai sekarang, cita rasa Lontong Balap di sini tidaklah berubah. Lontong balap di sini dibuat dari potongan lontong, lentho, tahu goreng dan taburan tauge yang melimpah.

Pada bagian atas lontong lalu disiram dengan kuah, kecap dan bumbu petis. Lalu, ditaburi bawang goreng di bagian atasnya. Kamu bisa menyantapnya langsung atau bersama dengan sate kerang.

17. Sego Meduro Bu Ana

Tempat sarapan pagi ini menyediakan nasi campur khas Madura. Nasi campur di sini lazim disantap dengan beragam pilihan lauk, mulai dari cumi, babat, hingga tongkol dan daging. Selain lauk, sepiring nasi campur di sini juga dilengkapi dengan sambal pencit. Sambal berbahan dasar mangga muda yang segar sekaligus pedas.

Jika Sedulur tertarik untuk mencoba hidangan Sego Maduro Bu Ana, bisa langsung berkunjung ke kawasan Suramadu untuk singgah langsung ke warungnya.  Akses jalannya juga tidak terlalu rumit sehingga Sedulur akan sangat mudah menemukan warung ini.

18. Soto Lamongan Cak Har

Tak mesti ke Lamongan untuk merasakan sensasi sarapan dengan soto Lamongan. Di Surabaya pun kamu juga bisa melakukan hal itu. Untuk melakukannya, kamu tinggal datang ke Soto Lamongan Cak Har.

Di tempat itu, tersedia soto Lamongan dalam beragam isian. Mulai dari daging ayam hingga kulit ayam. Bagian kuahnya berwarna kuning, serta bertekstur kental. Warna dan tekstur tersebut tercipta karena adanya penggunaan kemiri dan kunyit.

Alamat warung soto ini ada di Jalan Arief Rahman Hakim, Keputih, Surabaya. Dimana Sedulur bisa datang mulai dari jam 06.00 sampai 21.00 WIB. Namun, harga soto di sini lumayan ya karena dibanderol Rp 21ribu per porsi.

Nah, itu tadi deretan rekomendasi kuliner pagi Surabaya yang cocok untuk jadi menu sarapan Sedulur. Hidangan yang disajikan juga sangat beragam, jadi Sedulur bisa memilih menu-menu yang pas seperti menu makan berat atau ringan. Jadi selamat mencoba ya Sedulur!