kuliner malam surabaya

Kuliner Surabaya tidak pernah ada habisnya. Bagaimana tidak? Sedulur bisa menemukan banyak makanan lezat mulai dari pagi sampai tengah malam hari. Bahkan, kuliner malam Surabaya dikenal istimewa dan menyajikan cita rasa yang tidak biasa.

Jika Sedulur sedang berlibur ke Surabaya dan mencari rekomendasi kuliner malam Kota Pahlawan, maka bisa menyimak referensi dari Aplikasi Super. Ada banyak sekali makanan malam hari Surabaya yang bisa dicoba baik bersama kerabat, pasangan maupun keluarga. Jadi kira-kira apa saja rekomendasi kuliner malam Surabaya? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: Wajib Cobain, Ini 5 Takjil Unik Nan Enak Yang Hanya Ada di Surabaya!

1.Rawon Kalkulator

Liste Ninda

Ketika datang ke Surabaya, maka wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas seperti rawon. Namun, warung rawon kadang hanya buka dipagi hari sampai sore hari. Tidak banyak yang buka pada malam hari seperti Rawon Kalkulator.

Warung rawon ini jadi salah satu pelopor tempat makan rawon malam hari. Jadi Sedulur tetap bisa menikmati kuliner malam Surabaya yang sudah sangat terkenal ini.

Untuk bisa mencicipi kelezatan Rawon Kalkulator, Sedulur cukup datang ke Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya. Di Sentra PKL, akan langsung bisa terlihat satu warung yang begitu ramai dengan ratusan orang berkunjung.

Warung Rawon Kalkulator sendiri buka dari pukul 10.00 pagi sampai 03.00 dini hari. Namun, ada cerita unik dibalik nama Rawon Kalkulator ini. Konon dari pengalaman para pembeli, penjual Rawon Kalkulator memiliki kebiasaan menghitung harga rawon dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Sedulur juga tidak akan kecewa karena rasa rawonnya sungguh sangat lezat dan sudah teruji selama 35 tahun. Jadi warung ini termasuk dalam kuliner malam Surabaya yang legendaris. Lauknya juga beragam mulai dari perkedel, tempe, telur asin, dan paru.

2. Tahu Telur Pak Jayen

GoTravelly

Kuliner malam Surabaya selanjutnya adalah Tahu Telur Pak Jayen. Hidangan ini juga menjadi salah satu makanan favorit dan ikonik di Kota Pahlawan. Apalagi Tahu Telur Pak Jayen juga sudah sangat legendaris karena berjualan sejak puluhan tahun lalu.

Bagi yang belum pernah merasakan tahu telur, makanan yang diracik sendiri oleh Pak Jayen ini memiliki rasa yang mantap. Khususnya pada bumbu tahu telur yang dibuat dengan menggunakan sambal petis sebagai campurannya.

Jika penasaran dengan Tahu Telur Pak Jayen, Sedulur bisa datang langsung ke warung mereka yang berada di Jalan Dharmahusada 112, Surabaya. Jam bukanya mulai dari 17.00 sampai 23.00 WIB Sedulur.

Kamu tidak perlu khawatir soal harga Tahu Telur Pak Jayen karena sangat bersahabat. Untuk satu porsi tahu telur Cuma dibanderol dengan harga Rp 11ribu. Sementara untuk tahu telur spesial harganya hanya Rp 18ribu. Murah meriah sekali kan!

3. Sego Sambel Mak Yeye

Pergi Kuliner

Bagi Sedulur yang sedang berwisata ke Surabaya, pasti pernah mendapatkan rekomendasi untuk mencicipi kelezatan Sego Sambel Mak Yeye. Yup, makanan pedas ini merupakan salah satu kuliner malam Surabaya yang begitu terkenal lho.

Walaupun hidangan di Sego Sambel Mak Yeye itu cukup sederhana. Tapi, Sedulur bisa merasakan kelezatan pada tiap masakan di sana. Apalagi sambalnya yang emang punya rasa pedas super nendang. Dijamin Sedulur bakal ketagihan deh!

Warung Mak Yeye juga jadi salah satu jujugan untuk bersantap pada malam hari karena buka dari jam 4 sore sampai 12 malem. Jadi untuk Sedulur yang memang sedang ingin berburu kuliner malam Surabaya, maka Sego Sambel Mak Yeye wajib masuk ke dalam daftar kunjunganmu.

4. Nasi Babat Kampung Malang

IDN Times

Surabaya terkenal dengan makanan ‘jahat’-nya. Namun, diantara sekian banyak hidangan, Nasi Babat Kampung Malang jadi salah satu rekomendasi wajib untuk merasakan kelezatan jeroan sapi. Sedulur akan mendapatkan hidangan yang penuh rempah dengan rasa yang jauh dari bikin eneg.

Nasi babat Kampung Malang juga memiliki pilihan sambel istimewa yang cocok untuk dihidangkan bersama dengan jeroan sapi pilihan Sedulur. Apalagi warung ini buka pada malam hari, sehingga bisa menjadi referensi untuk dinner bersama teman, kolega, maupun pasangan.

Lokasi Nasi Babat Kampung Malang ada di Jalan Kampung Malang Tengah I/4, Wonorejo, Tegalsari, Surabaya. Sedulur bisa datang ke sana mulai dari jam 12.00 sampai 00.00 WIB.

5. Pecel Suzanna Kertajaya

Pergi Kuliner

Pecel Suzanna Kertajaya jadi rekomendasi kuliner malam Surabaya selanjutnya. Walaupun dari segi nama saja sudah cukup menyeramkan. Tapi, Sedulur akan selalu dibuat teringat dengan kelezatan masakannya.

Namun ada cerita unik dari pemilihan nama Pecel Suzzana ini. Bukan karena ini merupakan usaha milik mendiang almarhum Suzanna, tapi karena lokasi berjualan pecel ini dekat dengan toko pakaian bayi bernama Suzanna.

Beruntungnya, penggunaan nama ini ternyata cukup cocok dengan konsep Pecel Suzanna yang memang berjualan dari pukul 02.00 dini hari hingga pukul 09.00 pagi. Jadi buat kamu yang ingin bersantap malam sembari mencari hawa-hawa seram di tengah petang, maka bisa coba datang ke Pecel Suzanna Kertajaya.

6. Bebek Tugu Pahlawan

Urbanasia

Kuliner Malam Surabaya berikutnya adalah Bebek Tugu Pahlawan.  Bebek Tugu Pahlawan berada di Jalan Tembaan 17F, Alun-alun Contong, Surabaya atau dekat Tugu Pahlawan. Kuliner kaki lima ini beroperasi pukul 17.30 hingga 22.30 WIB.

Jika mau mencicipi Bebek Tugu Pahlawan Surabaya, pengunjung harus rela antre panjang dan berdesak-desakan. Ukuran bebeknya pun besar dan empuk. Saat dimakan, dagingnya terasa gurih dan juicy.

BACA JUGA: Resep 5 Minuman Dingin Khas Surabaya Paling Menyegarkan!

7. Pecel Rawon Pucang Moro Seneng

Kuliner Malam Surabaya berikut ini adalah Nasi Pecel Rawon Pucang Moro Seneng. Apa jadinya jika nasi pecel dicampur dengan kuah rawon? Ketimbang penasaran, langsung saja cicipi Pecel Rawon Pucang yang legendaris ini.

Kuliner ini beralamat di Jalan Pucang Anom 17, Pucang Sewu, Surabaya. Buka mulai pukul 18.00 WIB hingga 03.30 WIB.

8. Nasi Goreng Warung Mak

Kuliner Malam Surabaya berikut ini adalah Nasi Goreng 5 Ribu Warung Mak. Warung Nasi Goreng Mak sangat legendaris karena menjual nasi goreng dengan harga Rp 5 ribu per porsi.

Tak hanya nasi goreng saja yang dijual Rp 5 ribu, namun mie goreng, mie hun, hingga cap cay juga bisa didapatkan dengan membayar Rp 5 ribu saja. Lokasinya di Jalan Pandegiling, sebelah Gang Tempel Sukorejo IV, RW X Surabaya. Warung itu buka pukul 15.00 hingga 03.00 WIB.

9. Penyetan Bang Ali

Kuliner Malam Surabaya berikut ini adalah Penyetan Bang Ali. Bagi para pecinta penyetan, cobalah Penyetan Bang Ali. Warung ini buka 24 jam dan berlokasi di Jalan Raya Simpang Darmo Permai Utara I/22, Lontar, Surabaya.

Pilihan menu di Penyetan Bang Ali sangat beragam dan terkenal lezat. Harganya juga sangat terjangkau.

10. Bebek Hitam Sayeki

Kuliner Malam Surabaya berikut ini adalah Bebek Hitam pak Sayeki. Jika bosan dengan menu bebek goreng biasa, cobalah bebek bumbu hitam. Sedulur bisa mencobanya di Bebek Hitam Pak Sayeki di Jalan Dharmahusada dan buka pukul 17.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Kuliner kaki lima ini terkenal kelezatannya karena bisa memilih sendiri ukuran bebeknya. Sambalnya pun dikenal sangat nampol pedasnya.

11. Bubur Ayam Mang Dudung

Pecinta bubur ayam yang tinggal di Surabaya atau sedang jalan-jalan ke kota ini wajib mencoba Bubur Ayam Mang Dudung. Kuliner malam Surabaya ini spesialis untuk orang yang begadang, karena baru buka pukul 23.00 dan beroperasi sampai subuh.

Seperti umumnya warung bubur, tempat makannya berupa gerobak di pinggir jalan dengan meja dan kursi seadanya. Meski sederhana, tapi penggemarnya luar biasa banyak. Jadi jangan kaget bila harus mengantre di warung bubur ini.Lokasinya di Jalan Kedung Doro 107, Tegalsari, Surabaya. Kuliner ini buka mulai pukul 18.00 WIB hingga 00.00 WIB.

12. Depot Tujuh

Kuliner Malam Surabaya berikut ini adalah Depot Tujuh. Bagi Seulur yang sedang berwisata ke kawasan Ampel, cobalah mampir ke Depot Tujuh. Depot ini menyediakan menu nasi campur khas Madura dan Nasi Kebuli khas Arab.

BACA JUGA: 12 Kuliner Pasar Atom Surabaya yang Enak dan Legendaris

13. Es Krim Zangrandi

Kuliner Malam Surabaya berikut ini adalah Es Krim Zangrandi. Usai menyantap makanan berat, tutuplah dengan camilan atau dessert. Salah satunya bisa dengan es krim Zangrandi yang legendaris di Surabaya.

Zangrandi adalah sebuah resto es krim yang berada di jalan Yos Sudarso, Surabaya. Tepatnya di depan Balai Pemuda dan Alun-Alun Surabaya. Kedai ini buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

14. Seafood Genteng Besar

Kuliner Malam Surabaya berikut ini adalah Seafood Genteng Besar. Bagi Sedulur yang menyukai kuliner seafood, cobalah mampir ke warung kaki lima di sepanjang Jalan Genteng Besar. Ada beragam pilihan kuliner seafood yang tersedia di sana. Rasanya pun terkenal lezat. Warung-warung ini buka mulai pukul 17.00 WIB hingga 02.00 WIB.

15. Nasi Minyak Surabaya

Bila Sedulur membayangkan nasi minyak seperti halnya Nasi Minyak khas Palembang yang menggunakan minyak wijen dan rempah Timur Tengah sebagai bumbunya, maka itu adalah salah besar.

Nasi Minyak Surabaya merupakan sajian makanan jalanan yang memanfaatkan minyak bekas menggoreng atau minyak jelantah. Minyak tersebut biasanya digunakan untuk memasak bebek sehingga memiliki rasa yang khas dan gurih.

Campuran minyak jelantah ini disajikan bersama dengan sambal dan bumbu rempah dari bebek. Tak hanya menu bebek saja, minyak jelantah tersebut juga digunakan untuk membuat kol goreng sebagai pelengkapnya. Menu Nasi Minyak ini sendiri merupakan sajian baru yang viral beberapa waktu lalu.

Jika Sedulur tertarik, bisa langsung datang ke warung nasi minyak di daerah Jalan Mojopahit. Tenang, harganya murah meriah kok!

16. Nasi Cumi Bu Atun

Surabaya adalah kota pesisir. Wajar bila aneka menu seafood tersedia di kota ini. Salah satu menu seafood yang banyak dicari di Surabaya adalah nasi cumi. Salah satu warung paling terkenal adalah Nasi Cumi Bu Atun atau biasa disebut Nasi Cumi Waspada.

Nasi Cumi ini terletak di Jalan Waspada, di samping Pasar Atom Surabaya. Warung ini menjual menu cumi-cumi yang dimasak dengan bumbu hitam. Tak hanya itu saja, cumi hitam ini disajikan dengan telur bali, perkedel, mi goreng, dan peyek.

Rasa dari nasi cumi ini sangat lezat dan khas. Dahulu, warung ini hanya buka di atas jam 11 malam saja, tetapi kini warung yang berada di samping pusat perbelanjaan Pasar Atom ini buka 24 jam.

17. Chinesse Food Yung Ho

Ingin makan malam menu restoran, khususnya Chinese food di Surabaya? Tenang saja, semua tersedia di Surabaya. Sedulur bisa mendatangi Restoran Yung Ho di daerah Kertoarjo.

Menu favorit restoran ini adalah bubur Taiwan dan susu kedelai. Jika tidak ingin menyantap bubur, Anda bisa mencoba menu lain seperti ayam goreng, sup, dan aneka menu seafood. Ada banyak pilihan di restoran ini. Jam operasional resto ini cukup panjang yaitu dari pukul 07.00 sampai 02.00 WIB.

Nah, itu tadi deretan rekomendasi kuliner malam Surabaya yang bisa Sedulur coba. Selain memiliki makanan yang enak, warung dan tempat makan di atas memang buka pada malam hari sehingga bisa jadi opsi Sedulur ketika berjalan-jalan atau malas memasak di rumah.

Jangan lupa untuk selalu belanja kebutuhan pokok, bumbu dapur, dan keperluan rumah tangga lainnya di Aplikasi Super. Cukup download lewat PlayStore, Sedulur sudah bisa merasakan pengalaman belanja yang modern, mudah, dan murah. Jadi buruan pakai Aplikasi Super ya!