coban sriti

Kawasan Pegunungan Bromo Tengger Semeru yang membentang di daerah Lumajang ternyata membawa berkah. Dimana terdapat satu surga alami bernama Coban Sriti. Air terjun alam ini memiliki pesona yang begitu indah karena menjadi salah satu air terjun tertinggi di Pulau Jawa.

Bagi Sedulur yang ingin berkunjung ke Coban Sriti dan penasaran bagaimana keindahannya. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe Trawas dengan Pemandangan Indah

Mengenal Coban Sriti di Lumajang

coban sriti
Pexels/Arthouse Studio

Air Terjun Coban Sriti  adalah air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter yang berada di kota Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Sriti ini bisa dibilang sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan Indonesia. Salah satu keindahan wisata ini yaitu aliran air yang mengalir terbagi menjadi dua dengan arus yang begitu deras.

Mengingat keberadaan air terjun ini yang terletak di dalam sebuah lembah curam sehingga wisatawan harus perlu extra hati-hati dan sedikit tenaga untuk sampai di dasar air Terjun ini.

Walau begitu, perjalanan menuju dasar Air Sriti ini dijamin akan memberikan kesan yang tak terlupakan. Memang semuanya butuh pengorbanan yang ingin mendapatkan keindahan di akhirnya.

Sumber air Coban Sriti  ini berasal dari aliran anak Sungai Besukbang/Sungai Lengkong yang terkenal memiliki aliran air yang deras. Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan setelah sampai di lokasi wisata ialah menikmati air terjun yang begitu deras, namun sangat disarankan untuk tidak mencoba coba di bawah guyuran air terjun.

Bagi pecinta alam, Wisata Air Terjun Coban Sriti sangat direkomendasi untuk dikunjungi. Apalagi kenikmatan berwisatanya sudah dapat terasa sejak melakukan perjalanan menuju lokasi, dimana sensasi petualangannya begitu istimewa.

Rute Menuju Coban Sriti

Air Terjun Coban Sriti berada di alamat Jogokereng, Tamanayu, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk Akses Menuju Coban ditempuh dari dua arah, bisa dari Kabupaten Lumajang atau pun dari Kabupaten Malang.

Jika dari Kabupaten Malang sekitar 42 Km atau sekitar 1,5 jam. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, dengan konstruksi jalan yang bagus halus, berkelok, naik turun.

Sedangkan untuk Rute menuju Coban Sriti sama dengan rute menuju Air Terjun Tumpak Sewu yang dapat melewati arah Bululawang – Turen – Dampit – Ampelgading – Pronojiwo – Sidomulyo.

Dari arah sidomulyo kalian harus menuju arah Air Terjun Kapas Biru, lalu melewati Jl Coban Jumali. Tidak lama lagi kalian akan menemukan petunjuk jalan menuju Coban Sriti Lumajang.

Harga Tiket dan Jam Buka

Kamu bisa liburan dengan menyenangkan di Coban Sriti dan secara leluasa, karena objek wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Namun, sebaiknya Sedulur berkunjung pada pagi hari atau siang hari agar bisa menjelajah dengan lebih nyaman.

Sementara itu, untuk menikmati keindahan dan pesona alam Coban Sriti, Sedulur hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5,000 per orang. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau itu, Sedulur bisa bebas mengeksplorasi tempat ini.

BACA JUGA: 12 Destinasi Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Keunikan Coban Sriti

 

coban sriti
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Air terjun ini dikenal juga dengan sebutan Coban Walu, karena jika ingin sampai ke air terjunnya pengunjung perlu menyeberangi sungai sebanyak delapan kali. Dijuluki Coban Sriti, karena letaknya yang ada di kaki Gunung Kukusan Sriti. Curahan air terjunnya berasal dari aliran Sungai Glidik dan Besukbang.

Air terjun Coban Sriti berada di ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Sementara air terjunnya punya ketinggian 120 meter. Pengunjung bakal disuguhi pemandangan menyegarkan nan menenangkan selama berada di Coban Sriti, karena air terjunnya dilingkari tebing hijau dengan ketinggian 150 meter.

Tempat ini masih belum dikelola secara professional, lantaran akses menuju ke sana yang masi sulit dan adanya risiko banjir lahar dari Gunung Semeru. Kendati begitu, pengunjung masih banyak yang berdatangan untuk menikmati pesona Coban Sriti ini.

Debit air terjunnya sangat deras, makanya pengunjung sangat tak disarankan untuk berenang atau bermain air di Coban Sriti ini.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Coban Sriti di Lumajang. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur dan menjadi pedoman wisata yang bagus ya. Selamat berlibur!

Oia, supaya menikmati suasana wisata alam ini semakin nyaman, Sedulur sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan dSuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.