trenggiling

Trenggiling adalah spesies mamalia yang memiliki sisik di seluruh tubuhnya. Hewan ini termasuk dalam ordo Pholidota dan seringkali disebut dengan pangolin. Nama trenggiling berasal dari Bahasa Melayu yang artinya sesuatu yang berguling-guling. Hal tersebut berkaitan dengan cara mereka dalam mempertahankan diri, yakni dengan menggulung diri.

Trenggiling termasuk mamalia yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Dalam satu tahun, ada ribuan trenggiling yang ditangkap dan dibunuh untuk diambil sisiknya. Hal ini karena sisik trenggiling dipercaya berkhasiat dalam pengobatan tradisional Vietnam dan Tiongkok. Akibatnya, spesies satwa ini terancam punah karena perburuan liar besar-besaran tersebut.

Ingin tahu lebih jauh mengenai trenggiling? Simak informasi 10 fakta berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 10 Hewan Paling Setia di Dunia, Lebih Setia dari Pasanganmu!

1. Memiliki 8 spesies di Asia dan Afrika

hewan
iStock

Trenggiling berasal dari daerah yang ada di benua Asia dan Afrika. Dari 8 spesies trenggiling, 4 spesies hanya ditemukan di benua Asia dan empat lainnya di benua Afrika. Di Indonesia, Sedulur dapat menemukan mamalia bersisik ini di wilayah Jawa, Kalimantan dan Sumatera seperti wilayah Semenanjung Kampar. 

Rincian delapan spesies tersebut adalah sebagai berikut:

  • Trenggiling Sunda (Manis javanica)
  • Trenggiling Tiongkok (Manis pentadactyla)
  • Trenggiling India (Manis crassicaudata)
  • Trenggiling Filipina (Manis culionensis)
  • Trenggiling-Pohon Perut-Hitam (Phataginus tetradactyla)
  • Trenggiling-Tanah Raksasa (Smutsia gigantea)
  • Trenggiling Tanah (Smutsia temminckii)
  • Trenggiling-Pohon Perut-Putih (Phataginus tricuspis)

2. Membuat sarang di atas pohon atau di bawah tanah

trenggiling
iStock

Pangolin memiliki ciri khusus yang berbeda tiap spesies. Namun, diperkirakan panjang rata-rata tubuh mereka berada di antara 30 hingga 50 cm. Satwa ini memiliki dua habitat yang berbeda diantara spesiesnya.

 Mereka yang bersifat arboreal akan membuat sarang di atas pohon. Sementara yang lainnya akan lebih banyak tinggal di tanah dan membuat sarang di dalam tanah dengan menggalinya hingga kedalaman 3 meter.  

3. Membawa anak menggunakan ekor

Sifat trenggiling betina akan membawa anak dengan menggunakan pangkal ekornya. Anak tersebut akan selalu dibawa ketika betina sedang mencari makan karena bayi pangolin memiliki sisik yang lunak dan pucat ketika baru lahir. Bahkan, sang induk juga akan merawat bayinya di sarang hingga tiga atau empat bulan sebelum si anak dilepas untuk mencari makan sendiri.  

4. Tidak punya gigi tapi memiliki lidah sangat panjang

hewan
iStock

Trenggiling dikenal tidak memiliki gigi namun mempunyai lidah yang sangat panjang, yakni sekitar 40 cm dengan diameter 05 cm. Lidah tersebut digunakan untuk mengambil makanan di dalam tanah menggunakan air liur yang sangat lengket. Bahkan, panjang lidah mereka dapat mencapai sepertiga panjang tubuhnya.  

BACA JUGA: Mengenal Ratel Hewan Pemberani di Dunia dan Fakta Uniknya

5. Memakan hingga 70 juta semut dalam setahun

trenggiling
iStock

Trenggiling makan apa? Mendapat julukan scaly anteaters, hewan ini memiliki kemampuan untuk memakan semut dan rayap dalam jumlah yang sangat besar. Mamalia yang termasuk pemakan serangga ini mampu mendeteksi sarang semut atau rayap dengan indera penciuman yang sangat tajam.  

Secara umum, mereka akan mengonsumsi semut dan rayap dengan jumlah hingga 200.000 dalam sehari. Hal ini dapat diartikan bahwa mereka akan memakan lebih dari 70 juta semut dalam setahun. 

6. Menelan kerikil untuk mencerna semut 

Oleh karena tidak memiliki gigi, semut-semut yang sudah dimakan akan dicerna menggunakan kerikil di dalam perut. Proses pencernaan tersebut dilakukan di sebuah organ khusus yang terbungkung dengan zat keratin. 

7. Memiliki ciri khusus seperti Armadillo dan Sigung

trenggiling
iStock

Mamalia bersisik ini memiliki ciri khusus menggulung diri ketika terancam seperti yang dilakukan Armadillo. Mereka juga memiliki kelenjar di dekat anus yang bisa mengeluarkan cairan berbau untuk pertahanan diri atau penanda wilayah seperti yang dilakukan Sigung. 

8. Satu-satunya mamalia bersisik

trenggiling
iStock

Trenggiling berkembang biak dengan cara melahirkan karena termasuk hewan mamalia. Tak hanya itu, hewan ini juga menjadi satu-satunya mamalia bersisik yang ada di dunia. Sisik yang menyelimuti seluruh tubuhnya terbuat dari keratin dengan ukuran besar, tersebar secara tumpang tindih, bersifat keras, dan menyumbang hingga 20 persen bobot tubuh mereka.

BACA JUGA: Hewan Lulut, Ulat Koloni Kemunculannya Pertanda Apa?

9. Mamalia terbanyak yang dijual secara ilegal

hewan
iStock

Pangolin menjadi mamalia yang paling banyak dijual atau diperdagangkan secara ilegal di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan bahwa sisik trenggiling dapat dijadikan obat yang mujarab dan dagingnya dapat dimasak menjadi hidangan yang sangat lezat.

Di Indonesia, perdagangan trenggiling merupakan tindakan ilegal dengan dasar hukum yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 106 Tahun 2018. 

Akibat perburuan liar besar-besaran di alam, spesies mereka juga terancam punah. Kedelapan spesies mamalia ini juga sudah masuk dalam kategori IUCN Red List of Threatened Spesies yang membutuhkan perhatian konservasi. 

Berdasarkan data pada tahun 2019, ada tiga spesies Asia, yakni Manis javanica, Manis culionensis, dan Manis pentadactyla masuk dalam kategori Kritis atau Critically Endangered (CR), sedangkan Manis crassicaudata berstatus Terancam atau Endangered (EN).

Sementara itu, dua spesies Afrika, yakni Phataginus tricuspis dan Smutsia gigantea berstatus Terancam (EN), serta dua spesies lainnya masuk ke dalam kategori Rentan atau Vulnerable (VU). 

10. Memiliki hari perayaan tingkat dunia

hewan
iStock

Keberadaan mamalia ini diperingati oleh UN Environment Program (UNEP) melalui Hari Trenggiling Sedunia atau World Pangolin Day setiap hari Sabtu ketiga bulan Februari tiap tahunnya.

Peringatan tahunan ini menjadi bentuk upaya konservasi untuk memperkenalkan masyarakat global kepada pangolin dan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman eksistensi pada spesies ini.

Nah, itulah informasi mengenai fakta mamalia bersisik bernama trenggiling. Semoga informasi ini dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga hewan-hewan yang sudah terancam punah. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.