ratel

Ratel adalah jenis hewan yang mungkinnamanya masih belum terlalu familiar oleh Sedulur. Di Indonesia, hewan ini juga dikenal dengan nama musang madu. Secara fisik, hewan ini memiliki bentuk yang mirip dengan musang namun dalam ukuran yang lebih besar.

Kendati memiliki fisik yang mirip dengan musang, musang madu tidak termasuk famili musang. Ratel memiliki nama latin Mellivora capensis dan dijuluki sebagai hewan pemberani di dunia. Tentu saja terdapat beberapa fakta yang membuat hewan ini mendapatkan julukan sebagai hewan pemberani.

Seperti apa saja fakta yang dimaksud? Simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Hewan Lulut, Ulat Koloni Kemunculannya Pertanda Apa?

-->

Mengenal hewan ratel

fakta unik ratel
Deposit Photos

Sebelum membahas beberapa fakta terkait musang madu ini, ada baiknya kita ketahui dan kenali dulu seperti apa musang madu itu sendiri. Penyebaran hewan ini ada di Benua Afrika, Asia Barat dan Asia Selatan. Hewan ini memiliki banyak kesamaan anatomis dengan Cerpelai.

Hewan ini dimasukkan dalam kategori hewan berisiko rendah oleh IUCN dikarenakan sebarannya yang sangat luas dan adaptasinya terhadap segala lingkungan. Hewan ini kebanyakan memakan daging dan memiliki sedikit pemangsa alami dikarenakan kulitnya yang tebal dan kemampuan bertahannya yang ganas.

Setelah mengetahui profil di atas, diharapkan Sedulur tidak lagi bertanya hewan ratel itu apa. Agar pertanyaan ratel adalah hewan apa tidak lagi mengganggu dan terjawab tuntas, kamu bisa simak beberapa fakta terkait musang madu ini.

1. Memiliki kekerabatan dengan serigala

ratel adalah hewan apa
Deposit Photos

Kendati ratel adalah hewan yang secara fisik memiliki kesamaan dengan musang. Namun faktanya, hewan ini memiliki hubungan kekerabatan dengan serigala. Dalam ilmu taksonomi, keduanya tergabung dalam sub famili Mustelidae. Mungkin ini juga bisa menjadi alasan ratel memiliki sifat ganas, sama halnya dengan serigala.

Jangan sekali-kali terkecoh dengan bentuk fisik hewan atau bahkan tumbuhan. Pasalnya, kemiripan bentuk fisik belum tentu berkaitan dengan hubungan kekerabatan dalam hewan atau tumbuhan.

2. Sistem pertahanan

cara bertahan
Quora

Fakta unik ratel selanjutnya yaitu terkait sistem pertahanan diri. Setiap hewan tentu saja memiliki cara bertahannya masing-masing, terutama untuk berlindung dari predator atau hewan yang lebih unggul darinya. Hal tersebut juga dimiliki oleh hewan satu ini.

Senjata utama yang dimilikinya adalah kuku panjang yang amat tajam. Kuku tersebut digunakannya untuk membantu saat berburu makanan, kemudian mengoyak daging mangsanya. Selain itu, hewan ini juga memiliki sistem pertahanan berupa kulit yang tebal dan elastis seperti karet. Tebal kulitnya ini diketahui bisa mencapai 5 milimeter, lebih tebal darí hewan manapun di dunia.

Dengan kulit itu, musang madu kebal dengan hampir semua serangan, baik itu gigitan singa ataupun lemparan tombak manusia. Selain itu, karena kulitnya juga ratel dapat dengan mudah melarikan diri dari cengkeraman predator, yaitu hanya dengan memelintir tubuhnya. Sebagai pertahanan terakhir, ia akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari anusnya seperti sigung sebelum akhirnya ia melarikan diri.

3. Suka merebut sarang hewan lain

merebut sarang hewan lain
Deposit Photos

Agaknya ini yang menjadi penyebab kenapa ratel dijuluki sebagai hewan paling pemberani sedunia, karena suka merebut sarang hewan lain. Selain ganas dan liar, sifat buruk ini sangat mengganggu hewan lain, apalagi manusia.

Bukannya membuat sarang sendiri, musang madu lebih suka merebut sarang hewan lain. Sarang hewan yang biasanya direbut adalah sarang musang atau tikus. Lalu menganggapnya sebagai sarang sendiri untuk beristirahat. Hewan ini juga termasuk hewan yang jorok dan tidak peduli kebersihan sarangnya sendiri.

4. Hewan yang sangat rakus

rakus
Pinterest

Hewan ini masuk kategori omnivora yang cukup rakus. Layaknya hyena, ia akan memakan apa saja yang didapatkan saat berburu, entah itu buah, tikus, bahkan ular yang berbisa pun ia makan. Ia akan terus berburu hingga perutnya terisi penuh. Namun, dari semua makanan yang ia santap, ada satu makanan yang paling ia sukai, yaítu madu.

Saat perburuannya menemukan madu, hewan ini seringkali membuntuti burung yang juga suka memakan madu secara diam-diam. Ketika burung itu menemukan madu, ia langsung menyergap semua madu tersebut tanpa membagikannya dengan burung yang telah ia buntuti tadi.

5. Tidak memiliki rasa takut

Tidak memiliki rasa takut
Deposit Photos

Bukan karena sering merebut sarang hewan lain yang membuat musang madu ini diberikan julukan sebagai hewan pemberani. Namun karena memang sifat dari hewan ini yang tidak mengenal rasa takut yang menjadi alasan utama. Kendati memiliki fisik yang kecil, hewan ini tidak sama sekali mengenal rasa takut.

Ia tak segan-segan untuk menyerang balik pemburu yang telah berani mengganggunya, baik itu manusia maupun hewan lainnya.

BACA JUGA: 16 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah & Dilindungi

6. Hewan yang romantis dengan pasangan

hewan romantis
Deposit Photos

Dibalik predikatnya yang pemberani dan sifatnya yang buruk dan jorok, ternyata hewan ini merupakan hewan yang romantis terhadap pasangannya. Terutama saat ia berburu di musim kawin, musang madu akan memilih untuk berburu bersama pasangannya dan menghabiskan waktunya hanya dengan pasangannya.

Itulah penjelasan tentang hewan ratel, hewan yang mendapatkan predikat tentang hewan paling berani sedunia. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur. Terlebih lagi untuk wawasan terkait flora dan fauna yang terdapat di dunia, terutama di Indonesia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.