hewan paling setia di dunia

Selama ini kita sering mendengar kisah tentang orang paling setia di dunia. Namun tahukah Sedulur? Ternyata ada beberapa hewan yang terkenal akan kesetiaannya kepada pasangan mereka.

Kesetiaan para hewan ini ditunjukkan lewat berbagai kebiasaan terutama berkaitan dengan cara mereka mencari pasangan hingga melakukan perkawinan. Salah satu hewan paling setia di dunia yang terkenal adalah angsa.

Hewan yang jadi simbol cinta ini disebut hanya menikah satu kali seumur hidupnya. Dikatakan bahwa mereka tidak akan mencari pasangan baru setelah pasangannya mati.

Nah, apakah Sedulur tahu apa saja hewan lain yang juga dikenal setia? Tak usah berlama-lama, yuk, simak informasi lengkap tentang hewan paling setia di dunia berikut ini.

-->

BACA JUGA: 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

1. Angsa: si hewan paling setia yang jadi lambang cinta

hewan paling setia di dunia
Freepik

Binatang paling setia di dunia yang pertama adalah angsa. Seperti yang disinggung sebelumnya, angsa telah lama menjadi lambang cinta dan hubungan romantis. Angsa sendiri juga termasuk hewan yang hidup secara berpasangan.

Hewan yang masuk dalam genus Cygnus ini memiliki kecenderungan untuk menjalin hubungan dalam jangka waktu yang lama dengan satu pasangan. Ketika masa bertelur tiba, angsa betina akan menjaga telur-telurnya dengan sesekali digantikan oleh angsa jantan.

Sisi romantis dan kesetiaan seekor angsa juga ditunjukkan ketika pasangan mereka mati. Pasalnya hewan yang identik dengan bulu berwarna putih itu diketahui tidak akan mencari pasangan baru.

2. Burung parkit

hewan paling setia di dunia
Animal Wised

Burung parkit juga dikenal sebagai hewan monogami alias hewan yang hanya memiliki seorang pasangan di sepanjang hidupnya. Burung yang banyak dipilih sebagai peliharaan ini diketahui berasal dari Australia.

Adapun burung parkit disebut dapat mengalami kesepian hingga serangan kecemasan ketika ditinggal oleh pasangannya. Oleh karena itu, burung parkit begitu setia kepada pasangannya dan bahkan tidak akan meninggalkan satu sama lain setelah keduanya saling berkenalan.

3. Burung hantu

hewan paling setia di dunia
Freepik

Hewan monogami lainnya adalah owl alias burung hantu. Binatang bernama latin Strigiformes ini disebut sangat setia kepada pasangannya, bahkan tidak terbatas hanya saat musim kawin. Dikatakan bahwa sepasang burung hantu akan secara kompak bekerja sama untuk mengasuh anak mereka.

Tak hanya setia, burung hantu juga dikenal sebagai binatang yang sangat protektif termasuk kepada anak mereka. Seorang ibu burung hantu bahkan rela mengorbankan nyawanya demi melindungi sang buah hati dari serangan predator.

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

4. Elang laut

Wallpeper Better

Meski dikenal sebagai binatang predator dalam rantai makanan, elang laut ternyata juga merupakan hewan yang setia kepada pasangannya. Adapun kesetiaan elang laut terlihat saat musim kawin tiba.

Setelah terbang jauh mengarungi lautan untuk mencari makanan, mereka akan kembali ke sarang yang menjadi tempatnya berkumpul dengan pasangannya.

5. Buaya: hewan paling setia yang jadi simbol pernikahan Betawi

hewan paling setia di dunia
Popbela

Sedulur tentu tidak asing dengan ungkapan “buaya darat” yang kerap disematkan pada laki-laki yang menduakan pasangannya. Hal itu pun membuat buaya memiliki citra sebagai simbol ketidaksetiaan. Padahal kenyataannya, buaya jantan tergolong sebagai hewan yang setia kepada pasangannya.

Buaya hewan paling setia di dunia salah satunya ditunjukkan ketika pasangannya mati. Seekor buaya jantan disebut tidak akan mencari betina lain setelah pasangannya mati dan memilih untuk menghabiskan sisa hidupnya seorang diri.

Di samping itu, buaya jantan juga akan kembali kepada betina yang sama saat musim kawin tiba. Diketahui, buaya jantan memang kerap pergi meninggalkan pasangan dan anaknya ketika tidak sedang musim kawin.

Tak hanya setia, buaya jantan juga merupakan hewan yang protektif terhadap pasangannya. Misalnya saat buaya betina sedang bertelur, ia akan berusaha melindungi pasangannya tersebut dari gangguan predator sekalipun harus mengorbankan nyawanya sendiri.

Fakta menarik lainnya terkait buaya adalah pada pernikahan adat Betawi kerap dihadirkan roti berbentuk buaya. Roti buaya diketahui memiliki filosofi tersendiri dalam budaya Betawi. Dikatakan bahwa sepasang roti buaya melambangkan pengantin yang menikah. Selain itu, roti buaya juga menjadi simbol melanjutkan kehidupan di mana sepasang pria dan wanita yang menikah telah siap untuk melanjutkan ke babak kehidupan yang baru.

BACA JUGA: 7 Tips Fengshui Aquarium Beserta Jenis Ikannya Agar Hoki

6. French angelfish

hewan paling setia di dunia
Sosua Beach

French angelfish atau ikan bidadari Prancis merupakan salah satu jenis ikan yang dikenal setia kepada pasangannya. Kesetiaan ikan bidadari Prancis ditunjukkan dengan komitmen mereka untuk selalu bersama dalam berbagai keadaan.

Mereka juga akan saling melindungi pasangannya dari serangan ikan lain. Sama seperti hewan-hewan setia lainnya, seekor french angelfish juga disebut memilih untuk hidup seorang diri setelah pasangannya mati.

7. Siamang

hewan paling setia di dunia
National Geographic

Binatang yang paling setia selanjutnya adalah siamang atau owa. Siamang yang merupakan kera hitam berlengan panjang disebut sebagai hewan paling setia di dunia. Tak hanya itu, binatang primata ini dikatakan juga memiliki hubungan keluarga menyerupai manusia sebagaimana yang ditemukan dari beberapa penelitian.

Adapun sebagai pasangan, siamang jantan dan siamang betina akan menghabiskan waktu untuk saling membersihkan dan bergelantungan di pohon. Oleh karenanya siamang juga dikenal sebagai hewan monogami yang banyak menghabiskan waktu bersama pasangannya.

8. Berang-berang

hewan paling setia di dunia
Kompas

Berang-berang merupakan hewan paling setia yang juga dikenal atas dedikasinya kepada keluarga. Sepasang berang-berang akan bekerja sama untuk membangun rumah mereka dan mendukung satu sama agar dapat bertahan hidup.

Tak berhenti sampai di situ, kesetiaan berang-berang juga terlihat ketika berang-berang muda mulai hidup terpisah dari orang tuanya. Meski telah membentuk keluarga atau koloninya sendiri, berang-berang muda ternyata cenderung akan tetap hidup berdekatan dengan orang tuanya.

BACA JUGA: 14 Penyebab Kucing Muntah Beserta Cara Mengatasinya

9. Rayap

Kompas

Rayap selama ini dikenal sebagai hama pengganggu yang kehadirannya sangat merugikan. Seperti yang diketahui, rayap kerap hidup di dalam perabotan kayu atau rangka penyangga atap rumah dan kemudian menggerogoti bagian dalam kayu.

Di balik kisah kurang menyenangkan soal rayap, ternyata hama satu ini dikenal sebagai hewan paling setia di dunia. Dalam sebuah koloni, ratu rayap akan kawin dengan rayap jantan dan menyimpan gamet seumur hidup sebagai ratu. Namun rayap jantan disebut akan mati. Sementara dalam koloni lainnya, ratu dan raja akan bersama-sama melahirkan seluruh koloni.

10. Serigala, hewan paling setia kepada pasangan dan manusia

Tribunnews

Serigala juga dikenal sebagai hewan paling setia di dunia, baik kepada pasangan maupun koloninya. Oleh karena itu, serigala di alam liar akan menunjukkan sikap protektif kepada pasangan, keluarga, dan kelompoknya.

Menariknya, kesetiaan seekor serigala ternyata tidak hanya ditujukan kepada sesama serigala. Sebab, serigala juga dikenal sebagai hewan paling setia kepada pemiliknya. Sejumlah sumber menyebut, serigala yang dipelihara sejak kecil akan memiliki hubungan emosional dengan manusia yang merawatnya. Hal ini membuatnya akan menunjukkan sikap protektif terhadap pemiliknya.

Demikian tadi ulasan tentang 10 hewan paling setia di dunia. Hewan-hewan di atas dilabeli sebagai hewan setia lantaran memiliki kecenderungan hanya memiliki satu pasangan alias monogami. Bahkan mereka juga rela untuk hidup seorang diri setelah pasangannya mati. Sementara itu, apakah Sedulur penasaran apa saja hewan paling tidak setia di dunia? Untuk topik tersebut akan dibahas di artikel lainnya, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.