hewan lulut

Hewan lulut adalah jenis ulat koloni dengan bentuk unik yaitu seperti akar. Ramainya tentang hewan ini akibat unggahan salah satu netizen yang kemudian viral. Di halaman rumah netizen tersebut, muncul sebuah hewan unik dengan bentuk yang menyerupai akar pohon.

Ternyata hewan tersebut adalah hewan lulut, bentuk yang mirip seperti akar pohon akan membuat banyak orang tidak menyangkanya sebagai hewan, terutama jika dilihat sekilas. Lantas apa itu lulut? Konon katanya kehadirannya dikaitkan dengan sebuah pertanda?

BACA JUGA: Fungsi Batang pada Tumbuhan beserta Struktur dan Jenisnya

Apa itu hewan lulut?

Bali Post

Hewan lulut adalah ulat koloni yang bentuknya menyerupai akar pohon. Hewan ini adalah larva dari serangga agas. Nama ilmiah lulut emas adalah fungus gnat larvae yang pada dasarnya memiliki bentuk larva yang mirip dengan larva nyamuk.

Larva ini cenderung hidup di dalam tanah dan biasanya di daerah dekat perairan. Hewan ini kerap muncul ke permukaan tanah secara berkoloni menyerupai akar pohon.

Lulut memiliki empat jenis warna

Bali Otonom

Lulut tidak hanya memiliki satu warna. Larva ini ternyata dapat dikelompokkan berdasarkan warna yaitu tembaga, kuning keemasan, cokelat, dan putih.

Mereka kerap bergerombol dan dapat mencapai ratusan hingga ribuan saat muncul ke permukaan. Selain itu, hewan ini juga memiliki tujuan yang sama dan selalu mengikuti pemimpinnya. Tak jarang, larva ini muncul bergerombol menyerupai bentuk akar pohon.

Selalu muncul ketika suhu tanah berubah

hewan lulut
Nusa Bali

Lulut merupakan larva yang cukup sensitif jika habitatnya terganggu. Hewan yang hidup di tanah lembab ini otomatis akan keluar jika tanah yang mereka tempati tidak gembur atau pun basah. Jika demikian, mereka akan keluar untuk mencari tempat baru.

Kemunculan lulut di tanah bisa disebabkan pertanda bahwa kondisi tanah berubah dari kering ke basah. Namun di beberapa kepercayaan masyarakat, kemunculan lulut dikaitkan dengan beberapa pertanda.

Munculnya lulut pertanda apa?

Bali Puspanews

Hewan lulut artinya sering dikaitkan dengan beberapa pertanda, seperti yang diyakini oleh masyarakat Bali. Untuk menjawab pertanyaan kehadiran hewan lulut pertanda apa? Bagi masyarakat Bali, kehadiran hewan ini tidak bisa diabaikan. Karena jika di pekarangan Sedulur muncul hewan ini, itu artinya ada yang kosong di rumah Sedulur dan perlu dilakukan “pembersihan”.

Berbeda dengan adat istiadat Bali, bagi masyarakat Sunda, terutama yang tinggal di daerah Sumedang, percaya bahwa kemunculan hewan ini berkaitan dengan keberuntungan. Setiap pekarangan yang dilewati hewan ini akan mendapatkan rejeki yang berlimpah secara tidak terduga. Seperti usaha akan laris manis dan mengantarkan rejeki lainnya.

Oleh karena itu, masyarakat Sumedang dilarang membunuh hewan ini. Karena merupakan sebuah dosa dan bisa menghilangkan rejeki yang akan didapatkan nanti.

Perihal ini tentu saja kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing, sesuai adat istiadat dan kepercayaan yang berlaku. Karena, lulut emas menurut agama Islam sendiri tidak berarti apapun, bukan merupakan pertanda apapun. Dari dua kepercayaan dengan adat istiadat yang berbeda, juga mengalami perbedaan dalam memandang hewan lulut ini.

BACA JUGA: Spora: Pengertian, Fungsi, Jenis & Contoh Tumbuhannya

Lulut menetas dari telur

hewan lulus
Kumparan

Lulut atau fungus gnat larvae merupakan ulat yang menetas dari telur agas. Telur tersebut menetas setelah enam hari. Lulut juga akan menjadi larva selama enam hari dan bergerombol dengan ulat lainnya. Mereka akan keluar ketika habitatnya terancam atau tanah tidak lagi lembap.

Lulut dianggap sebagai hewan yang cukup menjijikkan. Melihatnya saja bisa bikin bulu kuduk berdiri karena geli. Jika terkena kulit, lulut dapat menimbulkan benjolan, gatal, bahkan kulit membengkak.

Tentu saja perlu kebijaksanaan untuk melihat fenomena hewan lulut yang muncul. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi pengetahuan bagi Sedulur, terkait ramainya fenomena hewan yang sempat viral beberapa waktu yang lalu di jagad maya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!