Teknologi informasi dan komunikasi atau TIK adalah salah satu hal yang sangat membantu berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari manusia. Melalui teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan dan inovasi terus bermunculan. Perkembangan dan inovasi tersebut ada di dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, politik, sosial, dan lain-lain.

Namun sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lanjut, sudahkah Sedulur benar-benar memahami pengertian TIK adalah apa? Kalau belum, yuk simak ulasan singkat di bawah ini!

BACA JUGA: 20 Buah Berantioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

Pengertian TIK adalah

tik adalah
Depositphotos

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, TIK adalah singkatan dari teknologi informasi dan komunikasi. TIK sendiri merupakan sebuah studi atau penggunaan peralatan elektronik, terutama komputer, untuk berbagai macam hal. Penggunaan tersebut dapat bertujuan untuk menyimpan informasi, menganalisis data, mendistribusikan informasi, serta mengubah data. Jenis informasi dan data tersebut juga tidak terbatas, bisa termasuk kata-kata, angka, atau gambar.

Berikut di bawah ini adalah penjelasan dari beberapa ahli mengenai pengertian TIK adalah menurut sudut pandang mereka masing-masing.

BACA JUGA: 40 Ucapan untuk Orang Sakit Agar Lekas Sembuh

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sejatinya, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tidak terdapat pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi. Tetapi, ia tetap memuat pengertian dari teknologi informasi. Teknologi informasi menurut kamus tersebut adalah penggunaan teknologi seperti komputer, elektronik, dan telekomunikasi, untuk mengolah dan mendistribusikan informasi dalam bentuk digital.

Dari pengertian itu, dapat kita simpulkan secara kasar bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan pemanfaatan teknologi untuk mengolah dan mendistribusikan informasi digital yang menunjang aspek komunikasi untuk kehidupan kita.

2. Bambang Warsita

Dalam bukunya yang berjudul Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Bambang Warsita menjelaskan bahwa teknologi informasi dan komunikasi atau TIK adalah seperti sebuah sarana dan prasarana, contohnya adalah hardware, software, dan useware

Sarana dan prasarana tersebut adalah sistem dan metode yang digunakan untuk melakukan tahapan proses, seperti memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, serta menggunakan data dengan bertanggung jawab.

BACA JUGA: 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

3. Information Technology Association of America (ITAA)

Information Technology Association of America (ITAA) merupakan sebuah kelompok dagang dan industri terkemuka untuk perusahaan teknologi informasi di Amerika. Kelompok dagang dan industri tersebut bermerger ke TechAmerica pada tahun 2009 silam.

Ia sempat menjelaskan definisi dari TIK. Menurut kelompok dagang dan industri tersebut, TIK merupakan sebuah studi (jurusan teknologi informasi dan komunikasi) yang merancang, mengimplementasikan, mengembangkan, mendukung, dan juga mengatur sebuah sistem informasi. Sistem informasi tersebut tentunya berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware dan software-nya.

4. Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer

Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer menulis sebuah buku yang berjudul Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications. Dalam buku tersebut, mereka mengulas definisi dari TIK. 

TIK merupakan suatu perkembangan teknologi dimana perkembangan tersebut merupakan integrasi dari adanya beberapa komputer sekaligus. Lebih lanjut lagi, perkembangan TIK dilakukan via komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi. Alhasil, ia mampu mampu untuk membawa berbagai data dengan efisien dan cepat.

Peran dan fungsi TIK adalah

tik adalah
Depositphotos

Telah kita ketahui bersama-sama pengertian tentang TIK. TIK adalah pemanfaatan teknologi untuk mengolah dan mendistribusikan informasi digital yang menunjang aspek komunikasi untuk kehidupan kita.

Sebagai sebuah pemanfaatan teknologi, tentunya ia memiliki beberapa peranan yang disesuaikan dengan fungsi-fungsinya. Secara garis besar, peran TIK tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu di bidang ekonomi, bidang pendidikan, dan juga bidang pemerintahan. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

1. Bidang ekonomi

Peran teknologi informasi dan komunikasi yang pertama adalah di bidang ekonomi. Dalam dunia ekonomi, teknologi informasi dan komunikasi sangat memegang erat perihal inovasi yang terjadi di dalamnya. Dari waktu ke waktu, dapat kita amati bahwa ekonomi terus berkembang dari masa ke masa berkat teknologi informasi dan komunikasi.

Contohnya adalah penggunaan internet untuk kegiatan jual beli di e-commerce. Selain itu di dalam dunia perbankan, segala urusan tentang uang menjadi lebih mudah untuk dijangkau karena ATM, aplikasi mobile banking, dan lain sebagainya.

2. Bidang pendidikan

Peran teknologi informasi dan komunikasi yang kedua adalah di bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi sangat memegang erat perihal inovasi yang terjadi di dalamnya. Dari waktu ke waktu, dapat kita amati bahwa pendidikan terus berkembang dari masa ke masa berkat teknologi informasi dan komunikasi.

Contohnya adalah perpustakaan digital. Sedulur tidak perlu lagi harus pergi ke perpustakaan, mendaftar kartu anggota, dan mencari buku favorit di tiap-tiap sudut. Perubahan dan inovasi juga datang dari buku pelajaran, dimana ia berevolusi menjadi e-book. Lalu, ada juga kelas online dimana guru dan murid tidak perlu bertemu langsung untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Pelajaran TIK adalah salah satu mata pelajaran yang memperkenalkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut kepada anak-anak.

BACA JUGA: Mengenal Katsuobushi, Sajian Jepang dari Serpihan Ikan

3. Bidang pemerintahan

Peran teknologi informasi dan komunikasi yang ketiga adalah di bidang pemerintahan. Dalam dunia pemerintahan, teknologi informasi dan komunikasi sangat memegang erat perihal inovasi yang terjadi di dalamnya. Dari waktu ke waktu, dapat kita amati bahwa pemerintahan terus berkembang dari masa ke masa berkat teknologi informasi dan komunikasi.

Contoh yang paling kentara adalah penyelenggaraan e-government. Pelayanan publik dari pemerintah dapat dilakukan dari mana saja karena internet.

Manfaat TIK adalah

tik adalah
Depositphotos

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai pengertian TIK menurut para ahli dan juga peran-perannya, pada poin pembahasan ini kita akan sedikit mengulas apa saja manfaat TIK. Jika dibagi menjadi beberapa bagian, akan kita dapati manfaat-manfaat TIK adalah sebagai berikut.

  • Menjadi media untuk bertukar informasi.
  • Menjadi sarana komunikasi.
  • Membuat pekerjaan lebih efisien dan mudah.
  • Menghemat biaya pengeluaran dalam berbagai hal.
  • Meningkatkan produktivitas.

BACA JUGA: 15 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh & Efek Sampingnya

Contoh TIK adalah

Depositphotos

Di bawah ini adalah beberapa contoh TIK yang ada di sekitar kita.

  • Komputer.
  • Internet (blog, media sosial).
  • Teknologi siaran langsung (televisi, radio).
  • Teknologi penyiaran direkam (podcast).
  • Telepon (smartphone).

Demikian pembahasan singkat mengenai TIK adalah beserta peran, manfaat, dan contohnya. Pembahasan di atas juga meliputi beberapa definisi TIK yang dipaparkan oleh para ahli. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat serta menambah pengetahuan serta wawasan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.