antioksidan buah

Selain pada sayur-sayuran, Sedulur juga dapat menjadikan buah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan buah juga memiliki manfaat yang sama dengan sumber antioksidan lainnya, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Ada banyak buah berantioksidan tinggi yang dapat Sedulur konsumsi di rumah. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan berbagai jenis antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang berlebihan pada tubuh.

Nah, apa saja buah berantioksidan tinggi untuk melawan radikal bebas yang bisa Sedulur konsumsi? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan & Cara Konsumsinya

-->

Apa itu antioksidan buah

Antioksidan buah
iStock

Antioksidan merupakan suatu senyawa yang memiliki fungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Senyawa ini juga ampuh untuk memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap paparan radikal bebas yang berlebihan.

Radikal bebas dalam jumlah normal sebenarnya tidak membahayakan bagi kesehatan. Namun jika jumlahnya berlebihan, maka radikal bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, penuaan dini, dan demensia.

Tak hanya itu, paparan radikal bebas yang berlebihan juga dapat menimbulkan masalah pada kesuburan, terutama spermatogenesis. Nah, untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas tersebut, tubuh manusia membutuhkan asupan antioksidan yang cukup.

Peran antioksidan dalam melawan radikal bebas

Antioksidan buah
iStock

Telah diketahui bahwa antioksidan merupakan sifat dari berbagai senyawa yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas, baik yang terbentuk di dalam tubuh maupun yang berasal dari luar tubuh.

Radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh merupakan bahan kimia yang dihasilkan dari proses metabolisme, seperti pencernaan makanan dan penggunaan oksigen. Sementara radikal bebas yang terbentuk di luar tubuh, contohnya seperti asap kendaraan, asap rokok, paparan radiasi, logam berat, dan zat beracun seperti pestisida.

Seseorang yang lebih sering terpapar radikal bebas, maka akan membutuhkan antioksidan lebih banyak. Seperti contoh pada orang-orang yang hidup di kawasan industri. Paparan polusi berlebihan dari lingkungan tersebut dapat meningkatkan kadar radikal bebas di dalam tubuh.

Oleh karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi antioksidan secara alami, maka Sedulur harus mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi yang cukup setiap hari untuk bisa menangkal efek radikal bebas.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Nanas, Buah Bebas Lemak untuk Kesehatan

Jenis antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh

Antioksidan buah
iStock

Antioksidan terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing antioksidan tersebut memiliki cara kerja yang berbeda untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Berikut adalah beberapa jenis antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh:

  • Flavonoid, merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mendukung kinerja sel-sel tubuh, membersihkan tubuh dari radikal bebas, dan mengurangi efek zat beracun pada tubuh.
  • Likopen, merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.
  • Vitamin C, merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel serta merangsang pembentukan kolagen.
  • Vitamin E, merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Lutein dan zeaxanthin, merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel mata dan saraf, serta melindungi tubuh dari penyakit degeneratif seperti degenerasi makula dan katarak.
  • Astaxanthin, merupakan antioksidan yang memiliki kemampuan antioksidan 6000 kali lebih kuat dari vitamin C, 550 kali lebih kuat dari vitamin E, dan 800 kali lebih kuat dari Coenzyme Q10. Senyawa ini memiliki fungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi badai sitokin, mencegah penuaan kulit, serta mencegah hipertensi, penyakit kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh, yakni betakaroten, polifenol, glutathione, serta antosianin.

Porsi dalam mengonsumsi buah

iStock

Meskipun kita disarankan untuk mengonsumsi antioksidan buah setiap hari. Namun perlu diperhatikan mengenai porsi yang sesuai. Menurut saran dari American Heart Association (AHA), untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal, seseorang dapat mengonsumsi empat sampai lima porsi buah dan sayur setiap hari. 

Satu porsi buah tersebut adalah satu buah berukuran sedang atau sebesar kepalan tangan, setengah cangkir buah segar yang dipotong, atau seperempat cangkir jus buah murni. Kebutuhan buah ini bisa bervariasi, menyesuaikan kebutuhan kalori, nutrisi, dan kondisi kesehatan masing-masing.

BACA JUGA: 20 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tips mengoptimalkan manfaat buah

Antioksidan buah
iStock

Jika Sedulur ingin mendapatkan manfaat antioksidan buah-buahan secara optimal, maka Sedulur dapat mencoba beberapa tips berikut ini.

  • Cobalah untuk mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi dengan jenis berbeda setiap hari. 
  • Selain buah, cobalah untuk banyak mengonsumsi sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan memilih protein tanpa lemak jahat.
  • Bagi para pengidap diabetes, agendakan konsultasi pada dokter terkait jenis buah yang paling tepat dan banyaknya jumlah buah yang boleh dimakan setiap hari.
  • Seimbangkan konsumsi buah dengan minum air putih yang cukup setiap hari.
  • Biasakan tidak banyak duduk atau rebahan dan rutin berolahraga setidaknya dua kali dalam seminggu.
  • Kelola stres dengan baik dan tidur yang cukup.

Tips mengonsumsi buah dengan antioksidan tinggi

Antioksidan buah
iStock

Jika Sedulur ingin mendapatkan manfaat antioksidan buah sekaligus terhindar dari kemungkinan penyakit berbahaya, maka ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Pilih buah yang tidak memiliki cacat, seperti menghindari memilih buah yang tampak memar di bagian tertentu.
  • Simpan buah ke dalam lemari es secara terpisah dari bahan lain, seperti daging mentah supaya bakteri dari daging tidak menempel.
  • Cuci tangan sebelum dan setelah mencuci buah yang akan dimakan.
  • Cuci buah di bawah air mengalir hingga bersih.
  • Kupas dan potong buah dengan menggunakan pisau dan talenan tersendiri. 

BACA JUGA: Pengertian Oregano Beserta Manfaatnya Saat Dikonsumsi

Contoh antioksidan

Antioksidan buah
iStock

Beragam sumber antioksidan dapat kita peroleh dari makanan. Berikut adalah beberapa makanan sumber antioksidan yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin:

  • Buah-buahan, seperti buah tin, apel, pir, anggur, cermai, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, sukun, stroberi, dan jagung ungu. Ada juga blueberry, ceri, alpukat, plum, semangka, jambu biji, dan delima. 
  • Sayur-sayuran, seperti tomat, kubis merah, brokoli, asparagus, dan ubi merah.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang kenari, kedelai, dan kacang almond.
  • Biji-bijian, seperti flaxseed, barley atau jelai, dan biji chia.
  • Bahan herbal, seperti coklat, teh, dan kopi serta tumbuhan herbal tertentu.
  • Beberapa jenis jamur, seperti jamur enoki.

Jenis antioksidan pada buah

Antioksidan buah
iStock

Berikut adalah beberapa jenis antioksidan yang terkandung pada buah-buahan. 

Antioksidan buah naga

Senyawa bioaktif yang memiliki potensi sebagai antioksidan pada buah naga merah, yaitu vitamin C, karotenoid, flavonoid, vitamin E, vitamin B, dan polifenol 9.

Antioksidan buah anggur

Terdapat dua jenis antioksidan yang tersimpan pada buah anggur, yakni antosianin dan proantosianin. 

Antioksidan buah tomat

Ada satu antioksidan alami pada buah tomat yang paling terkenal, yaitu bernama likopen (lycopene).

Antioksidan buah bit 

Buah bit mengandung antioksidan tinggi, yaitu senyawa betalain. 

Antioksidan buah delima 

Delima juga mengandung tinggi antioksidan, yakni flavonoid, antosianin, dan asam punisik.

Antioksidan buah stroberi 

Stroberi juga memiliki kandungan antioksidan yang dikenal dengan nama antosianin dan asam elagik. 

Nah, itulah 20 buah berantioksidan tinggi yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Jangan lupa menerapkan beberapa tips di atas untuk mendapatkan manfaat antioksidan buah yang akan Sedulur konsumsi nantinya, serta perhatikan porsi makan sehingga tidak berlebihan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.