manfaat habbatussauda

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan tanaman habbatussauda, jintan hitam yang berasal dari Timur Tegah. Habbatussauda mempunyai banyak sekali manfaat. Manfaat habbatussauda pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina. Dalam jurnal medisnya yang berjudul “Canon of Medicine”, Ibnu Sina menulis, minyak biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya.

Habbatussauda merupakan salah satu tanaman yang istimewa. Hal ini tertulis di dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah saw bersabda yang artinya : “Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian.” (HR Bukhori dan Muslim).

Penasaran dengan apa saja manfaat daru jintan hitam ini, yuk simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

-->

Apa itu habbatussauda?

manfaat habbatussauda
Freepik

Habatussauda atau yang juga disebut dengan jintan hitam adalah tanaman herbal berbunga yang tumbuh secara tahunan. Tanaman ini memiliki ukuran tinggi 20-30 cm. Jintan hitam ini banyak ditemui di wilayah India, Pakistan, dan juga Timur Tengah.

Jintan hitam ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Tak hanya digunakan untuk pengobatan, jintan hitam juga banyak digunakan untuk rempah masakan. Hal ini karena jintan hitam memiliki aroma yang cukup kuat sehingga cocok untuk dijadikan penyedap berbagai macam masakan. 

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan

manfaat habbatussauda
Freepik

Berdasarkan penelitian ilmiah, dari berbagai ahli yang dilakukan di berbagai era, banyak sekali manfaat habbatussauda. Lebih jelasnya, agar mudah Sedulur pahami, berikut ini manfaat habbatussauda dalam Islam untuk kesehatan yang perlu Sedulur ketahui.:

1. Menurunkan kolesterol

manfaat habbatussauda
Freepik

Manfaat yang pertama dari jintan hitam ini adalah dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol merupakan lemak jahat yang menumpuk pada aliran darah. Apabila lemak ini semakin banyak dan menumpuk sehingga dapat menyebabkan resiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, minyak Habbatussauda dapat menurunkan kandungan lemak jahat dalam tubuh. Dikutip dari heathline.com, jintan hitam ini lebih juga efektif untuk menurunkan kolesterol dibandingkan dengan bubuk bijinya.

2. Kaya antioksidan

Freepik

Habatussauda mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Antioksidan merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit.

Tak hanya itu, senyawa ini juga mampu mencegah adanya kerusakan oksidatif pada sel. Antioksidan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, kanker dan juga penyakit jantung. Habbatussauda juga mengandung vitamin A, C, E serta beberapa vitamin B yang dapat memperkuat dayat tahan tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Freepik

Berdasarkan pada penelitian Journal of hypertension, mengkonsumsi pil ekstrak jintan hitam ini setiap hati selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki riwayat hipertensi ringan.

Penelitian tersebut mencakup 11 penelitian yang mengeksplorasi efek penurunan tekanan darah dari habbatussauda selama periode 4-12 minggu pada peserta penelitian hipertensi dan normotensi. Hasilnya adalah bahwa mengkonsumsi suplemen yang mengandung jintan hitam ternyata dapat menurunkan tekanan darah sistolis dan juga diastolic hingga mencapai 3.26/2.80 mmHg.

4. Melawan kanker

Freepik

Selain dapat membantu menetralisir radikal bebas, kandungan antioksidan dalam jintan hitam ternyata juga bermanfaat untuk melawan kanker. Senyawa yang terkandung dalam Habbatussauda, diyakini efektif melawan  beberapa jenis kanker.

Jenis-jenis kanker yang dimaksud adalah seperti kanker pankreas, paru-paru, serviks, prostat, kulit, kanker payudara, dan usus besar.

BACA JUGA : Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

5. Melawan infeksi

Freepik

Manfaat minum habbatussauda sebelum tidur yaitu dapat membantu melawan bakteri dalam tubuh. Hal ini karena habbatussauda mempunyai sifat antibakteri dan antivirus. Hal ini telah dibuktikan dari sebuah penelitian yang menunjukkan, bahwa obat herbal ini mampu membasmi virus penyebab hepatitis C, HIV, dan flu.

Habbatussauda pun terlihat dapat secara efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga dianggap mampu melawan infeksi.

6. Melembutkan rambut

Freepik

Biji jintan ternyata juga bermanfaat untuk melembutkan rambut lho. Caranya cukup mengoleskan minyak ini secara rutin ke rambut sebelum keramas.

Tak hanya itu, sebuah penelitian dari International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research Bangladesh tahun 2017 membuktikan bahwa pengggunaan minyak jintan hitam dapat mengurangi kerontokan hingga 76%. 

7. Melembutkan kulit

Freepik

Manfaat habbatussauda oil untuk wajah adalah dapat meningkatkan kelembutkan kulit dan hidrasi kulit. Manfaat habbatussauda untuk wanita lainnya yaitu dapat mencegah adanya jerawat serta mampu memudarkan bekasnya.

Hal ini karena jintan hitam ini mengandung asam linoleate, vitamin E, asam amini serta nutrisi lainnya yang akan membantu mencegah dan membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat. 

8. Membantu proses Penyembuhan luka

Freepik

Manfaat habbatusauda oil selanjutnya adalah dapat membantu mengurangi peradangan untuk penyembuhan luka pada kulit. Selain itu, kandungan zat pada habbatussauda juga dapat membantu menumbuhkan kolagen yang akan membuat pertumbuhan kulit baru menjadi lebih sehat

9. Mengurangi psoriasis

Freepik

Salah satu penyakit kulit yang sering diderita adalah psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik dan juga ruam merah. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah gatal dan nyeri pada area lutut, siku, punggung dan juga kulit kepala.

Jika Sedulur mengalami gejala tersebut, Sedulur dapat menggunakan minyak jintan hitam untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan. Caranya cukup mengoleskan pada area psoriasis secara berkala.

BACA JUGA : Peta Dunia Beserta Nama Negara dan Sejarahnya

10. Membunuh bakteri

manfaat habbatussauda
Freepik

Bakteri dalam tubuh bisa menimbulkan adanya infeksi, seperti infeksi telinga hingga pneumonia. Jintan hitam mengandung sifat antibakteri dan mengobati tubuh. Beberapa penelitian sudah menguji minyak Habbatussauda yang efektif untuk obat infeksi bakteri pada tubuh

11. Melindungi hati

Freepik

Hati termasuk organ yang penting dalam tubuh sebagai metabolisme, memproses nutrisi, menghilangkan racun, serta menghasilkan bahan kimia serta protein untuk tubuh. Beberapa penelitian telah menguji hewan untuk menemukan efek habbatussauda untuk penyembuhan hati.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak jintan hitam ini dipercaya dapat melindungi tikus dari kerusakan hati. Habbatussauda memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan. Tetapi penelitian ini belum dilakukan pada manusia dan bagaimana pengaruhnya pada kesehatan hati manusia.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Laptop Terbaik 2022 Beserta Harga Terbarunya

12. Baik untuk otak

Freepik

Manfaat habbatussauda untuk otak adalah dapat meningkatkan daya ingat. Dalam jintan hitam terkandung asam linolenat yang dapat merangsang sel pada syaraf otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat serta membantu seseorang menjadi lebih berkonsentrasi.

13. Memperbaiki kualitas sperma

Freepik

Manfaat habbatussauda untuk pria adalah mampu memperbaiki kualitas sperma. Hal ini berdasarkan pada Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Malaysia tahun 2014 dan diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa minyak jintan hitam meningkatkan kualitas sperma.

14. Mengobat rematik

manfaat habbatussauda
Freepik

Minyak jintan hitam dapat membantu mengobati penyakit rematik, hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Immunological Investigations. Dalam penelitian tersebut dilakukan tes pada 43 wanita dengan rematik ringan sampai sedang yang mengonsumsi kapsul minyak jintan hitam setiap hari selama satu bulan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengobatan dengan jintan hitam memberi efek pengurangan gejala arthritis (yang dinilai oleh skala rating DAS-28), tingkat penanda peradangan darah, dan jumlah sendi yang bengkak.

15. Mengontrol kadar gula darah

iStock

Kadar gula dalam tubuh yang terlalu tinggi dapat menimbulkan penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi ekstrak jintan hitam ini setiap pagi hari dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, Tentunya Sedulur  juga perlu mengontrol pola makan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari konsumsi makanan manis secara berlebihan.

Demikian rangkuman manfaat habbatussauda bagi kesehatan. Manfaat Habbatussauda untuk lambung diantaranya yaitu dapat  meredakan sakit perut atau kram pada perut. Beberapa khasiat habbatussauda yang lain adalah dapat mengobat rematik hingga dapat melembutkan kulit. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.