manfaat serai

Serai merupakan salah satu rempah-rempah dan tanaman herbal yang memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Apalagi jika serai dikonsumsi secara teratur dengan dosis yang sesuai. Maka keluhan sakit pada tubuh akan mulai mereda dan badan menjadi lebih bugar.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja manfaat serai untuk kesehatan yang bisa Sedulur dapatkan. Yuk, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Pengertian Oregano Beserta Manfaatnya Saat Dikonsumsi

1. Kaya Antioksidan

manfaat serai
GenPI

Manfaat minum air rebusan serai setiap hari yaitu dapat menjaga pasokan antioksidan yang cukup dalam tubuh. Kandungan antioksidan sereh sendiri berasal dari asam kloregenat, isoorientin, dan swertia japonica. Ketiga jenis mineral ini bisa membantu mencegah kelainan fungsi sel di dalam pembuluh darah jantung.

-->

Antioksidan juga memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Jika tidak dicegah oleh antioksidan dalam tubuh, maka Sedulur bisa dengan mudah terpapar radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel tumor hingga kanker. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi serai karena banyaknya kandungan antioksidan di dalamnya.

2. Mengobati penyakit kulit

manfaat serai
Deposit Photos

Manfaat serai dan jahe jika dijadikan sebagai minuman herbal dalam mengobati berbagai penyakit kulit. Hal ini lantaran adanya kandungan dari serai yang memiliki sifat antijamur. Bukan hanya untuk mengobati, juga akan sangat ampuh untuk mencegah penularan jamur di seluruh area kulit di dalam tubuh.

Para ahli telah melakukan penelitian bahwa minyak serai mengandung 2,5 persen yang dapat melawan jamur. Sifat antijamur ini efektif untuk mencegah berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal dan penyakit akibat serangan jamur lainnya.

3. Mengurangi diare

manfaat serai
Klinisia

Manfaat serai untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengurangi diare. Diare sering kali menjadi sebuah masalah bagi beberapa orang. Diare dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Diare bisa disembuhkan ketika mengkonsumsi obat diare.

Namun beberapa obat diare punya efek samping seperti sembelit. Untuk mencegah hal tersebut, maksudnya agar tidak menerima efek samping. Tentu disarankan untuk mengonsumsi obat yang lebih aman. Maka dari itu, bahan-bahan alami menjadi pilihan yang tepat.

Salah satunya yaitu serai, karena serai dapat menjadi obat alami mengurangi diare. Sedulur bisa membuat minuman hangat dari serai untuk mengobati diare. Sedulur juga bisa mengombinasikan serai dengan berbagai bahan lain, contohnya dengan teh atau jahe sehingga dapat memberikan manfaat lainnya yang lebih baik untuk tubuh.

4. Mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang

manfaat serai
NU Online

Minuman dari bahan serai mengandung antimikroba yang baik untuk tubuh, terutama untuk mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang. Kandungan minyak esensial dari serai dapat memiliki kemampuan untuk melawan mikroba. Hal tersebut telah diuji oleh para ahli, bahwa serai mengandung antimikroba yang dapat melawan bagian berbahaya.

Bagian tersebut adalah streptococcus mutans, bagian dari bakteri yang menjadi penyebab utama yang bertanggung jawab merusak gigi dan dapat membuat gigi berlubang. Selain itu, gigi berlubang juga bisa merambat dan menyebabkan infeksi pada bagian mulut. Semua hal tersebut dapat Sedulur cegah dengan mengonsumsi serai secara teratur.

5. Menyembuhkan peradangan

manfaat serai
Moms Money

Kandungan dari serai dapat mengurangi peradangan. Ini disebabkan oleh kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam serai yang efektif mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis bisa menyebabkan penyakit seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker.

Tentu Sedulur tidak ingin terkena penyakit kronis yang disebutkan di atas. Maka dari itu, istilah lebih baik mencegah dari pada mengobati lebih tepat untuk diterapkan. Karena jika tidak, Sedulur akan kerepotan untuk melakukan pengobatan, selain menguras tenaga tentu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk sembuh dari sebuah penyakit.

6. Mencegah mual dan sakit perut

manfaat serai
Fimela

Serai juda dapat digunakan untuk meredakan rasa mual, sakit perut, masalah pencernaan, dan tukak lambung. Serai juga menjadi bahan untuk membuat teh herbal dan suplemen untuk mengatasi mual. Produk herbal ini dibuat memakai daun serai kering dan minyak esensial untuk aromaterapi.

Sedulur dapat membuat minuman hangat yang diminum untuk meredakan sakit perut dan mual. Terutama jika mendapatkan manfaat minum air serai sebelum tidur. Para ahli melakukan penelitian terhadap serai dan menemukan fakta bahwa bahwa serai efektif melawan tukak lambung ketika diuji pada tikus.

Penelitian tersebut menemukan minyak esensial pada daun serai kering dapat melindungi lapisan perut dari kerusakan aspirin dan etanol. Pemakaian aspirin bisa menjadi penyebab tukak lambung. Dari sejumlah manfaat yang telah teruji secara ilmiah tersebut, tentu semakin meyakinkan Sedulur bahwa serai terbukti ampuh dengan segudang manfaat.

7. Meredakan sakit kepala

manfaat serai
Klik Dokter

Manfaat serai selanjutnya dapat meredakan sakit kepala atau migrain. Ini disebabkan oleh kandungan serai yaitu eugenol yang dapat meredakan sakit kepala karena memiliki fungsi yang mirip seperti aspirin. Eugenol berguna untuk mencegah trombosit darah menggumpal.

Kandungan ini bisa melepaskan hormon serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif. Bukan hanya menghilangkan sakit kepala, namun juga dapat memberikan ketenangan bagi Sedulur.

8. Mengurangi kolesterol

Head Topics

Banyak penyakit kronis yang disebabkan oleh kandungan kolestrol yang tinggi dalam tubuh. Seperti penyakit jantung, stroke dan lainnya. Bagi Sedulur yang ingin terhindar dari hal tersebut, Sedulur bisa mengkonsumsi serai sebagai obat herbal untuk mengurangi kolesterol.

Para ahli menemukan bahwa dalam serai mengandung bahan yang dapat mengurangi kadar kolestrol dan membuat kolesterol dalam tumbuh menjadi seimbang.

9. Meredakan stress dan kecemasan

Indowarta

Efek dari minyak serai dapat memberikan manfaat untuk memberikan relaksasi pada tubuh untuk meredakan stress dan kecemasan. Manfaat serai satu ini dibutuhkan bagi Sedulur yang memiliki tekanan kerja yang tinggi.

Sedulur bisa membuat berbagai minuman yang terbuat dari serai yang diminum di pagi atau malam hari sebelum tidur agar dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh dan terhindari dari stress dan kecemasan.

10. Mengurangi kembung

GenPI

Minuman serai memiliki sifat diuretik, maksudnya serai bisa merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin. Selain itu, minuman teh serai bisa meningkatkan produksi urin lebih banyak dari minuman lain. Diuretik bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi kembung dan mengurangi sindrom pramenstruasi (PMS).

11. Aromaterapi mengusir nyamuk

GenPI

Manfaat serai selanjutnya bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, namun juga dapat memberikan pengaruh yang baik bagi lingkungan di rumah. Salah satunya, serai dapat digunakan sebagai aromaterapi yang efektif mengusir nyamuk. Perihal ini telah terbukti ampuh dan dilakukan secara turun-temurun di India dan Timur Tengah.

Cara menggunakan serai sebagai aromaterapi sangat mudah. Sedulur hanya perlu menumbuk beberapa batang serai, dan meletakkannya di ruangan Sedulur yang sering dihinggapi nyamuk. Jika ingin lebih memberikan efek menenangkan saat tidur, Sedulur bisa meletakkannya di kamar dan tidur Sedulur akan nyenyak serta bebas dari nyamuk.

12. Detoksifikasi

Moms Money

Sereh atau serai juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk detoksifikasi, atau sebuah proses membersihkan tubuh dari zat-zat beracun yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Bisa melalui kebiasaan makan yang kurang baik atau kandungan-kandungan buruk yang didapatkan saat beraktivitas di luar rumah.

Detoksifikasi menggunakan tanaman alami seperti serai juga sangat efektif untuk meningkatkan fungsi berbagai organ di dalam tubuh. Termasuk berfungsi untuk meningkatkan fungsi hati dan ginjal. Sedulur bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengkonsumsi manfaat serai dan jahe lalu dikonsumsi sebagai minuman herbal.

13. Mengobati insomnia

Tuturma

Sedulur sering kesulitan tidur dan masih mengalami insomnia? Jika iya, Sedulur bisa mengatasinya dengan memanfaatkan serai. Karena salah satu kandungan serai dapat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia.

Para ahli dan pakar yang terlibat dalam penelitian akan serai telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur. Menggunakan serai tentu lebih aman ketimbang menggunkana obat-obat kimiawi untuk mengatasi insomnia.

14. Mengatasi anemia

Fimela

Manfaat serai juga dapat mencegah anemia yang merupakan penyakit yang ditandai dengan tubuh yang lemas, lesu dan pucat. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah, yaitu zat yang bertanggung jawab dalam sintesa Hemoglobin.

Batang serai disebut sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi anemia karena mengandung banyak zat besi. Oleh karena itu, mengkonsumsi wedang batang ini secara teratur lebih ampuh mengatasi anemia dibandingkan dengan konsumsi obat kimia.

15. Menurunkan tekanan darah

Fimela

Sedulur menderita darah tinggi? Jangan khawatir, Sedulur bisa mengatasinya dengan menggungakan serai. Ketika serai diolah menjadi minuman herbal, serai akan mengeluarkan kandungan potasium dalam jumlah yang banyak.

Potasium ini nantinya akan memicu tubuh melakukan proses diurisis, yaitu proses penurunan tekanan darah dengan cara mengeluarkan natrium melalui urine. Sehingga masalah tekanan darah tinggi yang sering Sedulur rasakan akan hilang secara perlahan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Masker Himalaya untuk Wajah Beserta Harganya

Efek samping jika berlebihan

Namun perlu Sedulur ingat, terdapat efek samping minum rebusan serai tiap hari atau mengonsumsi serai secara berlebihan. Salah satunya yaitu dapat membuat pusing, meningkatkan rasa lapar, membuat mulut kering hingga dapat memicu alergi-alergi lainnya. Berbahaya juga bagi ibu hamil, karena terdapat efek samping yang bisa menyebabkan keguguran.

Bukannya mendapatkan manfaat sereh untuk rahim bagi ibu hamil, kandungan serai dengan dosis tinggi dapat dapat memperbanyak aliran menstruasi dan bisa saja memicu keguguran pada ibu hamil. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi serai dalam jumlah yang wajar selama kehamilan. Maka dari itu, segala hal baik jika dikonsumsi berlebihan akan tetap memberikan efek samping yang buruk.

Nah itulah tadi sejumlah manfaat serai yang bisa Sedulur rasakan untuk tubuh jika dikonsumsi secara normal dan sesuai. Jangan lupa juga untuk memperhatikan efek sampingnya. Karena hal tersebut merupakan bagian penting yang tidak bisa Sedulur abaikan. Semuanya bertujuan agar tubuh Sedulur tetap sehat dan bugar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.