teknik dasar sepak bola

Di Indonesia, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak digemari masyarakat. Bagi Sedulur yang ingin belajar tentang sepak bola, alangkah baiknya mengetahui teknik dasar sepak bola terlebih dahulu. 

Pemain sepak bola sangat membutuhkan skill pada gerakan kaki dan juga tungkai. Olahraga sepak bola dilakukan dalam dua babak, setiap babak terdiri dari 45 menit.

Dalam setiap tim sepak bola terdiri dari 11 orang, termasuk satu orang penjaga gawang. Adapun tujuan utama permainan sepak bola ialah memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya dan berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak kebobolan.

Bagi orang-orang yang ingin bermain sepak bola, tentu teknik dasar permainan perlu untuk dikuasai dengan baik. Secara garis besar teknik dasar sepak bola dibagi menjadi sembilan.

Berikut teknik dasar sepak bola dan penjelasannya yang perlu Sedulur ketahui

BACA JUGA : Kumpulan Contoh Gurindam Berbagai Tema dan Pengertiannya

1. Teknik dribbling (menggiring bola)

teknik dasar sepak bola
Pixabay

Teknik yang pertama harus dikuasai adalah teknik menggiring bola. Teknik menggiring bola harus dikuasai oleh pemain sepak bola. Hal ini karena teknik ini merupakan teknik wajib yang harus dikuasi sebagi skill dasar. Teknik menggiring bola dilakukan dengan membawa bola menggunakan kaki menuju area pertahanan tim lawan demi bisa menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Terdapat beberapa teknik dribbling yaitu :

Speed Dribbling dan Closses Dribbling

Teknik dribbling  ini dikenal dengan teknik speed dribbling, yang mana pemain berlari, membuang bola ke depan, kemudian mengejarnya. Sedangkan slosed dribbling adalah menggiring dan mengontrol bola dengan baik.

Dribbling dengan punggung kaki

Tahapan teknik ini yaitu menggiring bola menggunakan punggung kaki yaitu yang pertama pandangan lurus ke depan, letakkan kaki pada ujung bola, kemudian dorong bola dengan menggunakan punggung kaki. Lakukan yang sama beberapa kali, setelah itu hentikan dengan telapak kaki.

Dribbling dengan kaki

Beberapa langkah dribbling dengan kaki yaitu menggiring dengan kaki bagaian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara: Pandangan lurus ke depan; Putar pergelangan kaki ke luar; Lalu mulai dorong bola dengan kaki bagian luar; Lakukan yang sama beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kaki.

Dribbling dengan kaki bagian luar

Teknik dribblin menggunakan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. Lakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Tapi, kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu ke dalam, dan dorong lah bolany

2. Teknik menendang bola (shooting)

teknik dasar sepak bola
Pixabay

Teknik yang selanjutnya harus dikuasi pemain adalah teknik menendang bola atau shooting. Teknik ini berfungsi untuk mencetak gol ke gawang lawan dan juga untuk melakukan teknik pasing. Sedulur fapat menggunakan tiga teknik tendangan yaitu menggunakan kaki luar, dengan bagian kaki dalam dan menggunakan punggung kaki.

Ketiga teknik tendangan ini juga dapat dilakukan dengan cara fokuskan pandangan pada sisi gawang mana yang jadi target, posisikan badan, taruh satu kaki kiri/kanan pada samping bola. Kemudian ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan ke arah yang ditargetkan.

3. Teknik mengoper bola (passing)

iStock

Teknik berikutnya adalah teknik dasar sepak bola passing atau mengoper bola. Teknik ini akan lebih berguna jika dibandingkan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Pemain tidak sendiri dalam bermain bola, akan tetapi memiliki 10 teman di lapangan (selain kiper) yang siap untuk membantu satu sama lain. Passing akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara passing pendek, panjang atau through pass, dan jauh, yang lebih dikenal dengan sebutan umpan lambung. Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan  dioper, kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki Sedulur sesuai jarak pemain yang akan dioper.

BACA JUGA : Kumpulan Kalimat Persuasif Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya

4. Teknik menghentikan bola

teknik dasar sepak bola
Pixabay

Setelah mempelajari 3 teknik dasar sepak bola yang sudah dijelaskan di atas, teknik selanjutnya adalah mengehntikan bola yang dioper ke pemain lain. Pemain dapat menghentikan laju bola menggunakan dada, paha maupun kaki. Menghentikan bola dengan kaki, pemain dapat menggunakan kaki luar, dalam punggung dan telapak kaki.

Menghentikan bola dengan kaki

Teknik menghentikan bola dengan kaki langkah-langkahnya yaitu dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudian hentikan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola. Setelah bola datang, pastikan kamu menjaganya dari gangguan lawan.

Mengehntikan bola dengan paha

Cara menghentikan dengan paha yaitu sama seperti melakukan sama seperti cara menghentikan bola lainnya. Akan tetapi, ketika bola datang, angkat satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakkan agar bola dapat jatuh sempurna di depan.

Menghentikan bola dengan dada

kemudian untuk menghentikan dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.

5. Teknik menyundul bola (heading)

teknik dasar sepak bola
iStock

Setelah 4 teknik dasar sepak bola yang sudah dijelaskan di atas, teknik selanjutnya yang perlu dikuasai pemain bola adalah teknik menyundul bola atau heading. Teknik ini akan digunakan ketika pemain tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan, dan juga passing. Untuk dapat melakukan teknik ini, kamu perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk lompat menyambut bola. Kemudian gunakan lah dahimu untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Agar kamu bisa mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Kursi Teras Minimalis yang Bikin Nyaman

6. Teknik merebut bola (intercepting)

Okezone

Teknik dasar merebut bola atau lebih dikenal dengan intercepting Teknik ini akan kamu gunakan ketika ingin merebut bola dari kaki lawan. Untuk melakukan itu, kamu perlu membaca pergerakan lawan. Atau kamu juga bisa menghentikan laju umpan musuh. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan lawan, namun hati-hati, rebut lah bolanya, bukan kakinya. Bisa-bisa kamu kena kartu kuning, bahkan merah. Maka dari itu kamu perlu pintar dalam membaca arah bola. 6 teknik dasar sepak bola yang sudah disebutkan tadi menjadi teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain bola. 

7. Teknik menyapu bola

Detik

Terknik dasar selanjutnya adalah menyapu bola. Teknik ini digunakan untuk bertahan dari serangan tim lawan. Akan tetapi, pemain harus berhati-hati dalam melakukan teknik ini karena resikonya sangat besar. Sedulur dapat menciderai lawan dan mendapakan kartu peringatan dari wasit. Dalam melakukan teknik ini, kamu perlu timing yang tepat agar bola berhasil direbut. Untuk melakukannya, kamu perlu sesuaikan kecepatanmu dengan musuh, kemudian jatuhkan badan sembari luruskan satu kaki yang berguna untuk menahan laju bolanya.

BACA JUGA : Kumpulan Contoh Penutup Pidato untuk Segala Jenis Acara

8. Teknik lemparan ke dalam

pikiranrakyat

Teknik ini akan Sedulur gunakan ketika di tengah pertandingan terjadi out atau bola keluar dari sisi kiri dan kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu melempar bola dengan kedua tangan, dan posisikan kedua tangan dibelakang kepala. Dalam melakukan leparan ke dalam, kamu juga bisa menjinjitkan kakimu agar lemparan lebih bertenaga dan teman satu tim bisa mendapatkan bola tersebut.

9. Teknik menangkap bola (goalkeeping)

OKezone

Teknik menangkap bola ini khusus diperuntukan bagi kamu yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim. Kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat.

10. Teknik juggling bola

Teknik dasar sepak bola
Okezone

Teknik dasar sepak bola yang terakhir adalah teknik juggling bola. Teknik ini dapat kamu lakukan untuk menunjukan kelihaian kamu dalam bermain bola. Teknik ini juga bisa melatih untuk mengontrol bola, bahkan mempermainkan dan menipu musuh di lapangan. Yang perlu kamu lakukan untuk melakukan teknik ini adalah, pertama fokuskan pandangan ke arah bola, lalu tarik bola menggunakan telapak menuju ujung kaki. Ketika bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga ikut terangkat. Tetap fokus, dan usahakan bola tidak jatuh ke tanah.

5 teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai pemain bola yaitu menedang bola, menyundul bola, teknik menghentikan bola, teknik lemparan ke dalam, dan teknik passing atau mengoper bola. Permainan sepak bola sendiri merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di dunia, termasuk Indonesia. Sepak bola dimainkan selama 2×45 menit dengan 11 pemain dari masing-masing tim dan dipimpin oleh 4 orang wasit. 

Nah itulah penjelasan mengenai teknik dasar yang haus dimiliki oleh pemain sepak bola. Jika Sedulur berniat ingin menjadi pemain bola profesional, Sedulur dapat mempelajari teknik-teknik yang sudah dijelaskan di atas. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.