kalimat persuasif

Sedulur tentu sering membaca kalimat ajakan pada sebuh iklan. Kata-kata tersebut merupakan bagian dari kalimat persuasif yang sering digunakan dalam teks iklan maupun teks negosiasi.

Kalimat ini sendiri mempunyai arti sebagai kalimat yang berisi ajakan, imbauan, atau juga dapat berupa larangan yang secara halus meyakinkan pembaca untuk melakukan bahkan menjauhi seseuatu. Penasaran dengan definisi dan contohnya? Simak penjelasan di bawah ini supaya lebih paham. 

BACA JUGA : Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon Jawa dan Medis

Pengertian kalimat persuasif

pengertian
Unsplash

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat persuasif adalah salah satu teks yang bersifat membujuk secara halus untuk dapat meyakinkan seseorang yang membacanya. Maka dari itu, kalimat ini merupakan teks yang berisi ajakan, perintah,, hinga saran yang ditujukan kepada pembacanya.

-->

Sedangkan menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kalimat persuasif adalah rangkaian kata-kata yang memiliki sifat imbauan, larangan, bujukan, atau arahan kepada seseorang untuk melakukan hal-hal tertentu.

Sama halnya dengan Munirah (2015) yang dilansir pada laman digilib.unismuh.ac.id, kalimat persuasif adalah kalimat yang mengajak, membujuk, mempengaruhi para pembaca. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kalimat ini secara langsung dibuat semenarik mungkin untuk membuat pembacanya mudah memahami hingga terbujuk melakukan hal-hal tertentu.

Ciri-ciri kalimat persuasive

ciri-ciri kalimat persuasif
Unsplash

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ciri-ciri kalimat persuasif yang perlu Sedulur ketahui.

  • Kalimat persuasif berisi tentang ajakan, perintah, dan bujukan
  • Berbentuk paragraf jika digunakan sebagai pedoman ceramah, pidato, dan yang lainnya.
  • Menggunakan tanda baca seru
  • Lebih digunakan sebagai bentuk promosi
  • Kalimat persuasif berisi tentang kata ajakan seperti ayo, mari, jangan, coba, dan lain sebagainya
  • Sering kali menggunakan alasan yang cenderung subjektif
  • Mudah dimengeri oleh pembaca dengan rangkaian kata-kata yang menarik dan mudah dipahami
  • Dapat ditulis dengan irama tertentu
  • Sering disertai dengan dakta dan juga bukti untuk lebih meyakinkan pembaca
  • Bersifat menarik pembaca dan mampu dipertanggungjawabkan

BACA JUGA : Kumpulan Contoh Penutup Pidato untuk Segala Jenis Acara

Contoh kalimat persuasif

Contoh kalimat persuasif
Pixabay

Persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Ayo kita berlomba-lomba meningkatkan prestasi.

Prestasi akademik tentu baik. Namun prestasi tidak dibatasi hanya dari nilai dalam raport. Kita bisa berprestasi di bidang olahraga, kesenian, sastra, dan teknologi. Tidak perlu kecil hati karena setiap pelajar memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kelebihan kita.

Maka dari itu, ayo kembangkan prestasimu. Ikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati. Bergabung dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat menunjang prestasimu. Mari meraih masa depan dengan persaingan yang sehat.

Contoh kalimat persuasif iklan

persuasif adalah dan contohnya
Pixabay

Susu merupakan salah satu minuman dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Banyak kalsium dan protein yang terkandung pada susu dan memberikan manfaat untuk kesehatan tulan dan gigi.

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, baiknya susu dikonsumsi 2 gelas dalam sehari. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan kuat. Ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi susu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Susu Milky Moo merupakan salah satu produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Kursi Teras Minimalis yang Bikin Nyaman

Contoh teks persuasif bidang kesehatan

bidang kesehatan
Hellosehat

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi. Mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi, maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkana penyakit. Hal itu berlaku sebaliknya apabila enggan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral. Tubuh pun akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Kalimat persuasif dalam negosiasi

kalimat persuasif berisi tentang
Pixabay
  1. Dengan produk elektronik (setrika) kami, kamu akan memperoleh laba banyak. Jadi, Anda sanggup menyetrika pakaian apa pun dengan setrika ini. Mulai jaket, jas, hingga kaos sekalipun. Marilah jangan ragu lagi untuk membeli alat ini.
  2. Selain strategis, rumah kontrakan ini juga aman dan nyaman. Bahkan, pembayaran bisa dilakukan dengan mencicil. Dijamin usaha ibu akan maju kalau ngontrak di sini!
  3. Ayo tunggu apalagi! segera beli tiket di Tiketpedia kami. Berangkat cepat dan tidak ketinggalan
  4. Tunggu apalagi, segera dapatkan original soundtrack Dilan 1990.
  5. Dengan produk yang satu ini, Bapak meraih banyak keuntungan, lo! Selain aman dan tidak berisik, filter air ini juga sangat terjangkau!
  6. Mohon Ibu pertimbangkan lagi, lokasi rumah ini cukup strategis untuk hunian bersama keluarga. Anda hanya cukup membayarnya Rp2juta per bulan. Rumah ini juga bisa dicicil dan jangan ragu untuk hasil yang akan Anda peroleh.
  7. Ibu dapat kembali mempertimbangkan keputusan terhadap rumah ini. Letaknya strategis dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal bersama dengan keluarga. Hanya dengan membayar sebesar Rp5 juta untuk setiap bulannya, Ibu sudah bisa tinggal langsung. Pembayaran juga bisa dicicil dan tidak perlu ragu untuk kualitas bangunannya.
  8. Marilah kita tingkatkan produksi pemerahan susu sapi Anda dengan cara memberikan sapi makanan yang bergizi baik.
  9. Mohon bapak pertimbangkan lagi, lokasi ruko ini strategis untuk usaha Anda. Jadi kalau membayarnya Rp10 juta per tahun, Anda tidak akan kesulitan karena dapat dicicil dan Anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak.
  10. Ibu, ayo masih bisa turun harganya. Mau tawar berapa, mari dibicarakan dulu. Ibu tidak perlu ragu dengan kualitasnya karena pasti terjamin premium.

Contoh kalimat persuasi singkat

Contoh
Pixabay
  1. Buku Adalah Jendela Dunia. Yuk, ke Perpustakaan!
  2. Marilah Terapkan Hidup Sehat Selama Pandemi: Makan Sayur dan Buah-buahan Bergizi!
  3. Jangan Lupa Pilih Nomor 1: dari Rakyat, untuk Rakyat, Satu Indonesia!
  4. Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati. Yuk, Cek Kesehatanmu Sekarang Juga!
  5. Mari Terapkan 3M: Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak!
  6. Marilah Gotong Royong Membangun Negeri!
  7. Ayo, Buang Sampah pada Tempatnya!
  8. Butuh Dana Cepat? Yuk, Gunakan Uangtunaiku sebagai solusinya!
  9. Perubahan Dimulai dari Hal Kecil. Jika Bukan Kita, Siapa Lagi?
  10. Cari sembako? Ya di aplikasi Super! Dijamin murah dan komplit!

BACA JUGA : Resolusi adalah Bagian Perancaan Hidup, Begini Pengertiannya

Contoh kalimat persuasif dalam iklan makanan

  1. Cuma Rp10.000, kenyang sepuasnya! Yuk, datang ke BBurger!
  2. Kenikmatan tiada tara akan Anda rasakan di Mie Selasih. Kuahnya mantap, harganya ekonomis. Gak percaya? Buktikan sendiri!
  3. Apa? Belum pernah makan Ramen Cio? Duduk di sini, rasakan kenikmatannya!
  4. Kata siapa yang double selalu bikin puas? Nih, coba ukuran ekonomis. Pasti kenyang!
  5. Buruan datang ke Baso Insan, ada diskon hingga 30%!

Struktur teks persuasi

Struktur teks persuasi
pixabay

Teks persuasi mempunyai beberapa struktur. Berikut penjelasannya.

  • Pengalihan isu

Pengenalan isu merupakan pengantar yang biasanya terdapat pada bagian awal teks. Pada bagian ini berisi pengenalan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.

  • Rangkaian argumen

Pada bagain selanjutnya, terdapat rangkaian argumen yang berisi pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga terdapat data ataupun bukti untuk mendukung argumen tersebut.

  • Penyajian ajakan

Struktur yang selanjutnya adalah pernyataan ajakan yang berisi kalimat dorongan dan bujukan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu. Penyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat di dalam teks.

  • Penegasan kembali

Pada bagian penutup berisi penegasan kembali di mana penulis menyampaikan atau menegaskan ulang tentang pendapat, fakta, dan ajakan.

Demikian penjelasan tentang kalimar persuasif adalah dan contohnya. Kalimat persuasif berisi tenang ajakan, himbauan, bujukan bahkan larangan. Kalimat ini biasanya digunakan pada iklan hingga negosiasi. Contoh kata yang digunakan dalam kalimat ini yaitu coba, ayo mari dan yang lainnya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.