penutup pidato

Dalam beberapa acara, baik resmi maupun tidak resmi biasanya diisi dengan pidato dari perwakilan orang yang berkepentingan dalam acara tersebut. Salah satu bagian pidato yang penting dalam penutup pidato. Bagian penutup ini biasanya berisi rangkuman dari keseluruhan pidato secara ringkas.

Tak hanya itu, pada bagian penutup ini juga dapat diselipkan pantun agar lebih berkesan dan menarik di hati para audiens atau pendengarnya. Namun sebelum melihat lebih jauh seperti apa penutup pidato, sebaiknya Sedulur juga memahami elemen apa saja yang perlu dimasukkan kedalam pernyataan di akhir acara tersebut.

BACA JUGA : 80 Kata Kata Keren, Cocok untuk Status & Caption Sosial Media!

Elemen penutup pidato

penutup pidato
pixabay

Sebelum membuat pidato, sebaiknya terlebih dahulu mengetaui elemen-elemen yang bsa digunakan sebagai penutup pidato.

  1. Berisi permohonan maaf

Materi yang pertama adalah permohonan maaf. Dalam bagian penutup, alangkah baiknya diisi dengan permohonan maaf. Hal ini karena pidato yang disampaikan bisa jadi menyinggung perasaan orang lain, atau mungkin topik yang disampaikan kurang jelas.

  1. Berisi imbauan

Penutup pidato umumnya berisi imbauan mengajak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan topik yang sudah diampaikan sebelumnya. Selain itu, imbauan juga dapat digunakan pada penutup ceramah keagamaan.

  1. Berisi harapan

Sama halnya dengan himbauan, harapan juga dapat dipakai dalam bagian penutup pidato. Bahkan Sedulur dapat menggunakan kalimat yang berisi himbauan dan harapan secara bersamaan.

  1. Ucapan terima kasih

Ucapan terimakasih juga menjadi salah satu bagian dari elemen penutup. Hal ini menjadi lumrah dan wajib Sedulur gunakan karena ucapan terima kasih menggambarkan sang pembicara pidato mengapreasi pendengar atas atensi yang telah diberikan.

  1. Doa

Elemen selanjutnya adalah doa. Materi yang satu ini umumnya digunakan dalam banyak topik, terkhusus untuk tema keagamaan.

  1. Kesimpulan

Elemen yang terkahir adalah kesimpulan. Bagian penutup ini digunakan untuk merangkum seluruh isi pidato dengan ringkas namun mendetail. Sedulur dapat menggunakan kesimpulan dalam bentuk poin-pin atau juga menggunakan kalimat yang ringkas.

Nah penasaran bagaimana sih penutup pidato yang biasa digunakan dalam berbagai acara? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Pengertian Seni Grafis Beserta Jenis, Fungsi & Contohnya

Contoh penutup pidato formal

penutup pidato
iStock
  1. Sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan dihati para hadirin, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, kebaikan datang dari Allah Swt. dan dan kesalahan datang dari saya selaku manusia biasa yang tidak luput dari lupa, salah, dan dosa, demikian kiranya dan akhir kata saya haturkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh.”
  2. Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf jika ada salah kata yang terucap, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Akhir kata, saya ucapkan Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh.
  3. Sekian pidato dari saya, terima kasih atas perhatiannya serta waktu yang diberikan kepada saya untuk menyaampaikan sambutan di podium, jika ada kata-kata yang kurang berkenan didengar dan menyinggung satu di antara pihak, saya ucapkan mohon maaf. Penutup kata, saya sampaikan Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh.”
  4. Demikian yang ingin saya sampaikan, terima kasih kepada hadirin yang datang. Tanpa hadirin, saya hanya akan berbicara sendiri sebagai individu bukan manusia. Keberadaan hadirin sangatlah berarti.
  5. Banyak hal yang tidak berguna, dan banyak juga pembicaraan yang sama sekali tidak dapat kita jadikan sebuah inti dari perbuatan kita, dalam pidato saya yang sudah saya sampaikan kiranya, saya sebagai pembicara semoga apa-apa yang saya sampaikan untuk kita semua khususnya untuk diri saya pribadi, semoga mengandung hikmah, dan bermanfaat. Amin yaa robbal alamiin. Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh.

Penutup pidato bahasa inggris

penutup pidato
pixabay
  1. I am very grateful for the audience’s great attention to my speech. I apologize if in my speech there are delivery or words that feel inappropriate in the hearts of the audience. I wish you a good morning and hope we all have a glorious day today.

(Saya sangat berterima kasih atas perhatian para hadirin yang begitu besar terhadap pidato saya. Saya meminta maaf apabila dalam pidato saya ada penyampaian atau kata-kata yang terasa kurang pantas dalam hati para hadirin. Saya ucapkan selamat pagi dan semoga kita semua memiliki hari yang gemilang.)

  1. Finally, before I bid farewell, I hope that through my speech we can all reflect on what might happen if we do not accompany our children in their learning process. Therefore, us parents must more active in finding out all kinds of things about the world of children. Alright, I end my speech on this sunny afternoon.

(Akhir kata, sebelum saya mengucapkan salam perpisahan, saya harap melalui pidato saya kita semua dapat merenungkan apa saja yang mungkin dapat terjadi apabila kita tidak mendampingi anak-anak kita dalam proses belajar mereka. Maka dari itu, kita orang tua harus lebih aktif mencari tahu segala hal tentang dunia anak-anak. Baiklah, saya akhiri pidato saya di siang hari yang cerah ini.)

  1. All right, ladies and gentlemen and also all the students, the time has come for me to end this year’s National Education Day commemoration speech. I really hope the education in Indonesia will continue to experience significant development, so that education in Indonesia may stand on a par with other countries. Thank you, ladies and gentlemen, for your attention and good morning.

(Baiklah, bapak dan ibu juga para siswa sekalian, telah tiba waktunya bagi saya untuk mengakhiri pidato peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini. Saya benar-benar berharap bahwa pendidikan di Indonesia akan terus mengalami perkembangan yang signifikan, agar pendidikan di Indonesia boleh berdiri sejajar dengan negara-negara lain. Terima kasih, para hadirin, atas atensi Anda sekalian dan selamat pagi.)

  1. That’s all my speech today, I hope it can be useful for all of us. Thank you for your attention. Good morning and thank you very much.

(Sekian pidato saya hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas perhatian Anda. Selamat pagi dan terima kasih banyak.

BACA JUGA : 16 Kumpulan Puisi Tentang Alam yang Menyentuk & Bermakna

Contoh pantun penutup pidato

penutup pidato
iStock

Agar pidato lebih berkesan dan selalu diingat penonton, Sedulur dapat menyisipkan pantun yang menarik pada bagian penutupnya. Berikut kumpulan pantun yang cocok untuk mencairkan suasana di akhir pidato atau ceramah.

  • Pak Andi punya burung kenari, burung dijemur hingga siang hari. Pembicaraan berakhir sampai sini, salah dan janggal mohon maklumi.
  • Bayi merangkak di atas tanah, merangkak hingga ke belakang rumah. Semoga pidato ini menjadi berkah, untuk lentera di alam barzah.
  • Sapi disembelih berlumuran darah, potong dagingnya di hari kurban. Mohon maaf atas segala salah, juga khilaf mohon dimaafkan.
  • Jalan-jalan ke Singapura, beli rambutan serta semangka. Jangan malu untuk bertanya, sebelum kita menutup acara
  • Orang tua harus dihormati, jangan sesekali menjadi anak durhaka. Mohon maaf ceramah ini harus diakhiri, mari angkat tangan berdoa bersama.
  • Jika ada mata air di ladang, segarkan diri ayo mandi. Jika Tuhan memberkahi umur panjang, izinkan diri berceramah lagi.
  • Makkah sudah, Madinah sudah. Pulang ke kampung urusin empang. Ceramah sudah, makan sudah. Perut kenyang, pikiran lapang.
  • Mangga harum namanya kueni, sayang sedang sakit gigi. Ceramah saya sampai di sini, besok yuk ngaji lagi.

Penutup pidato perpisahan

penutup pidato
iStock
  1. Bagaimana informasi serta pengumuman di sekolah bisa tersampaikan dengan baik kepada siswa. Prestasi sekolah ini akan terwujud jika para siswanya memiliki semangat juang yang tinggi dan para guru yang selalu membimbing masa depan siswa. Raihlah mimpi setinggi langit dengan mengukir prestasi dimanapun adanya nanti.Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dihati, terimakasih atas perhatian seluruh warga sekolah yang baik budi. Wassalamualaikum. Wr. Wb.
  2. Teman-temanku yang selalu berbahagia, mungkin dalam waktu 3 tahun yang kita lalui banyak perselisihan dan pertengkaran yang terjadi antara sesama teman dan berperilaku tidak baik kepada adik kelas. Namun semua itu merupakan kenangan terindah yang bisa kita kenang kelak. Untuk adik kelas kami, lanjutkanlah perjuangan kalian dan raih prestasi sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan sekolah kita yang tercinta.
  3. Demikianlah sepatah kata yang saya sampaikan sebagai perwakilan siswa kelas 9. Selamat berpisah. Jangan berhenti disini, mari melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
  4. Segala kenangan yang kita ukir bersama di sekolah ini menjadi rangkaian cerita dalam kehidupan kami yang ditulis dengan tinta permanen yang akan menjadi pelajaran yang amat berharga dan abadi dalam perjalanan kami. Demikian sepatah kata yang saya sampaikan sebagai perwakilan siswa kelas 9 SMP Negeri 15 Bandung. Perkenankan saya untuk memohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penyampaian saya.Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
  5. Melalui acara ini, kami memohon doa dan restu sekaligus berpamitan kepada Bapak/Ibu guru agar kami bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Doakan kami agar menjadi siswa yang membanggakan orang tua, membanggakan nama sekolah dan membanggakan negara. Untuk adik-adik, teruslah tingkatkan prestasi dan banggakan nama sekolah kita tercinta. Sekian pidato yang saya sampaikan, jika ada kekurangan mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

BACA JUGA : Ikhlas Dalam Islam: Pengertian, Ciri, Tingkatan & Contohnya

Penutup pidato bahasa Arab

penutup pidato
iStock
  1. وَ بِاللهِ التَّوْفِيقِ وَ الْهِدَايَةُ. وَ الْعِلْمُ عِنْدَ الله. أستغفرالله لِي وَلَكُمْ, وَ صَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٌ.

Artinya:

“Dan hidayah serta taufik adalah dari Allah. Dan ilmu pada Allah. Saya memohon ampun kepada Allah dan untuk anda semua, dan sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad SAW.”

  1. يمكين إلى ھذا منى، إن وجدتم منى الاخطأت أرجومنكم العفو.. فا لستبق الخيرات ثم السلام عليكم ورحمةاللهوبراكته

Artinya:

“Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya. Apabila ada banyak kesalahan saya mohon maaf sebesar besarnya. Akhir kata assalamualaikum warohmatullohi wabarikatuh.”

Demikianlah kumpulan contoh penutup pidato. Sedulur dapat menyisipkan pantun agar lebih menarik dan berkesan bagi para audien. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah mendengarkan dan memperhatikan ketika Sedulur sedang berpidato.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.