Tidak semua orang yang menggunakan internet tahu akan bagaimana sejarah internet tersebut diciptakan. Ya, fakta itu memang benar adanya. Sebagian dari kita belum lahir ketika internet pertama kali dicetuskan. Atau bahkan mungkin sudah sedari kecil akrab dengan berbagai teknologi yang menyertainya.

Internet adalah lakuran (portmanteau) dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu ‘interconnected network’. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maknanya adalah ‘jaringan yang saling terhubung’. Pada sekitar tahun 1960-an, pemerintah Amerika Serikat memulai sebuah proyek komunikasi antar jaringan komputer untuk kalangan khusus saja. Barulah pada 1980-an hingga 1990-an, internet mulai dikembangkan untuk militer, akademik, swasta, dan juga komersial.

Penasaran dengan bagaimana lika-liku dari sejarah internet? Langsung simak beberapa informasi singkatnya di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Dasa Dharma Pramuka Lengkap dengan Isi dan Maknanya

Pengertian internet

sejarah internet
Depositphotos

Sebelum kita masuk ke pembahasan sejarah internet, ada baiknya kita mengawali ulasan ini dengan pengertian internet. Seperti yang telah disebutkan pada paragraf di atas, internet adalah lakuran (portmanteau) dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu ‘interconnected network’. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maknanya adalah jaringan yang saling terhubung.

Secara garis besar, internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terhubung secara global. Jaringan yang sangat besar ini terhubung dengan memanfaatkan internet protocol suite (TCP/IP). Dengan begitu, jaringan internet sejatinya merupakan sebuah jaringan di dalam jaringan, mulai dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, pemerintah, dan lain sebagainya.

Perkembangan internet tentunya tidak lepas dari majunya teknologi elektronik, nirkabel, dan juga jaringan optik. Ia dapat mengolah berbagai informasi serta data yang kompleks, seperti World Wide Web (WWW), surat elektronik, media komunikasi, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 10 Mimpi Dikejar Ular, Pertanda Apa? Ini Jawabannya!

Sejarah internet

Berikut ini adalah penjelasan sejarah internet yang dibagi berdasarkan era-era perkembangannya, mulai dari tahun 1960-an, 1970-an, 1980-an, tahun 2000, hingga era saat ini.

1. Era 1960-an

Internet Salmangundi

Apabila Sedulur menelusuri tentang sejarah internet, Sedulur akan mendapati bahwa teknologi tersebut sejatinya berasal dari Amerika Serikat. Ya, internet berawal pada tahun 1969, dan pada saat itu internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (sekarang DARPA, Defense Advanced Research Projects Agency). 

ARPA merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek yang dikembangkannya diberi nama ARPANET, singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

ARPANET memanfaatkan teknologi packet switching, dimana ia menjadi awal dari perkembangan internet yang kita ketahui sekarang. ARPANET awalnya hanya menghubungkan 4 buah komputer saja. Namun, jumlah tersebut semakin bertambah hingga pada tahun 1981, tercatat sekitar 231 terhubung melalui jaringan tersebut.

BACA JUGA: 60 Motto Hidup Bermakna yang Bisa Bangkitkan Semangat

2. Sejarah internet era 1970-an

Pinterest

Pada tahun 1971, seorang computer programmer yang mengembangkan sebuah sistem surat elektronik yang dapat dipakai sebagai sarana komunikasi melalui jaringan ARPANET. Computer programmer tersebut bernama Raymond Samuel Tomlinson.

Raymond berhasil membuat sistem berkirim pesan dengan komputer yang berbeda di dalam jaringan ARPANET. Untuk membedakan perangkat komputer yang ada, ia menggunakan simbol “@”. Dengan begitu, ia dianggap sebagai pencetus teknologi email dan pengirim email pertama di dunia.

BACA JUGA: 20 Jenis Rempah Indonesia untuk Masakan Serta Manfaatnya

3. Era 1980-an

Digital Trends

Teknologi dan ilmu pengetahuan semakin berkembang di masa ini. Robert Elliot Kahn dan Vinton Gray Cerf adalah dua orang pertama yang berhasil menemukan Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). 

Temuan keduanya tersebut merupakan pondasi dari kemajuan internet sampai di era sekarang. TCP/IP yang sering disebut sebagai internet protocol suite memungkinkan komputer untuk melakukan pertukaran data bahkan ketika komputer-komputer tersebut berada di jaringan yang berbeda.

BACA JUGA: 15 Model Rambut Sebahu Kekinian dan Stylish, Paling Hits 2022

4. Sejarah internet era 1990-an

Business Insider

Dunia internet menjadi semakin luas ketika World Wide Web (WWW) pertama kali dibuat pada 1989 dan dapat diakses oleh publik pada tahun 1991. WWW diciptakan oleh Tim Berners-Lee, seorang pakar komputer yang bekerja untuk European Organization for Nuclear Research (CERN). 

Tim mencetuskan WWW awalnya untuk sistem manajemen dokumen saja. Akan tetapi, teknologi yang dikembangkannya tersebut ternyata dapat bermanfaat untuk dunia luas melalui internet. WWW, atau yang biasa disebut dengan Web, merupakan sebuah sistem informasi yang dapat menampung berbagai informasi serta data untuk diakses melalui internet.

Untuk mencari Web tertentu, kita dapat menggunakan Uniform Resource Locator (URL) yang kemudian memunculkan halaman Web dalam format Hypertext Markup Language (HTML). Setiap data dan informasi yang ditransfer melalui internet menggunakan sistem Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Perkembangan dan penyebaran internet ke seluruh dunia

Vox

Saat ini, internet sudah tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari kita. Terlebih lagi dengan adanya media sosial, kita dapat berkomunikasi dengan siapapun, dimanapun, dan kapan saja yang kita kehendaki.

Perangkat teknologi juga semakin berkembang berkat internet. Contohnya adalah seperti pada tahun 2007, Apple memperkenalkan ponsel pintar pertamanya yang disebut dengan iPhone.

Perkembangan internet di Indonesia

Xendit

Layaknya di belahan dunia yang lain, Indonesia juga terdampak dari perkembangan internet ini. Sedulur dapat menjumpai integrasi internet dengan aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Mulai dari kegiatan jual-beli yang memanfaatkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran, pembuatan paspor, SIM, KTP, dan identitas diri lain yang menggunakan aplikasi smartphone, murid-murid sekolah yang belajar dari jarak jauh menggunakan video conference, serta aktivitas lainnya.

Nah Sedulur, di atas merupakan penjelasan singkat mengenai sejarah internet. Internet seperti yang akrab kita gunakan pada kegiatan sehari-hari ini tidak tercetus dengan begitu panjang. Ia telah melalui berbagai macam fase dan proses perkembangan sampai penggunaannya yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.

Semoga informasi di atas mengenai sejarah internet dapat menambah pengetahuan serta wawasan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.