Apa saja jenis rempah-rempah khas Indonesia yang membuat makanan kita nikmat dan sedap? Yuk, simak pembahasannya.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Hal tersebut yang membuat beberapa negara Eropa datang ke Indonesia, yang saat itu masih bernama Nusantara, untuk mendapatkan rempah. Rempah-rempah Indonesia merupakan hal yang tidak ditemui di Eropa.

Karena beragamnya jenis rempah rempah di Indonesia, kepulauan Nusantara pun dijuluki sebagai spicy island oleh negara-negara penjajah di Eropa. Apa saja bumbu rempah rempah khas Indonesia yang menarik perhatian negara-negara Eropa tersebut? Superapp.id akan membahas hal tersebut dalam kesempatan kali ini.

Beberapa nama bumbu masakan dan jenis bumbu dan rempah rempah di Indonesia mungkin sudah Sedulur ketahui, apa saja daftar nama rempah-rempah yang dimaksud? Yuk, langsung kita simak ulasannya dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Macam Bumbu Dapur Yang Bisa Digunakan Untuk Obat

Daftar Jenis Rempah-Rempah Indonesia yang Membuat Masakan Menjadi Nikmat!

1. Daun Salam

1. Daun Salam
tokopedia.com

Jenis rempah-rempah Indonesia yang pertama adalah daun salam. Daun salam dapat ditemukan di Indonesia biasanya dalam bentuk segar dan kering. Kedua bentuk tersebut, baik segar dan kering bisa menghasilkan aroma sedap dan wangi pada makanan ketika dimasak. Daun salam biasanya dibutuhkan dalam setiap masakan tradisional, terutama masakan berkuah seperti dalam bumbu sop, dan bumbu kari.

Daun salam dapat memberikan manfaat bagi tubuh, terutama untuk beberapa jenis penyakit, daun salah dapat mengurangi gejala diabetes dan jantung.

2. Daun Jeruk

2. Daun Jeruk
bukalapak.com

Rempah-rempah selanjutnya yang juga sering dijadikan bumbu dapur adalah daun jeruk. Daun jeruk digunakan pada setiap makanan di Indonesia agar dapat menambah cita rasa harum sekaligus segar dan juga  menghilangkan bau amis pada masakan yang menggunakan bahan seperti ikan dan juga daging.

Cara menggunakan daun jeruk sebagai bumbu dapur  sangat sederhana, kita hanya perlu merobek-robek daunnya dan masukkan ke dalam masakan yang sedang dimasak. Biasanya setiap masakan berkuah menggunakan daun jeruk untuk menimbulkan aroma yang lebih segar.

3. Daun Kunyit

3. Daun Kunyit
fimela.com

Jenis rempah-rempah selanjutnya adalah daun kunyit. Daun kunyit memiliki bentuk yang panjang dengan tekstur yang sangat lembut. Penggunaan daun kunyit sebagai bumbu dapur sama seperti penggunaan daun jeruk, yaitu dengan cara dirobek terlebih dahulu dan lalu masukan kepada masakan yang sedang diproses.

Daun kunyit dapat menghilangkan bau amis pada bahan makanan yang memiliki aroma menyengat. Menggunakan daun kunyit dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Masakan berkuah biasanya selalu menggunakan daun kunyit untuk membuat citarasa yang lebih kuat.

Baca Juga: Bumbu Nasionalis yang Menggugah Selera Lidah

4. Ketumbar

4. Ketumbar
kompas.com

Rempah-rempah dan bumbu dapur selanjutnya yaitu adalah ketumbar, biasanya ketumbar kita jumpai dalam bentuk bubuk atau biji. JIka ingin lebih efisien dan praktis digunakan, memilih ketumbar yang telah dalam bentuk bubuk. Ketumbar sangat dibutuhkan untuk makanan berkuah dan juga makanan kental yang bersantan.

Ketumbar sangat dibutuhkan untuk makanan berkuah dan juga makanan kental yang bersantan. Makanan seperti sop dan rendang biasanya menggunakan ketumbar sebagai bumbu rempahnya. Ketumbar sendiri memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh, terutama jika dimakan dalam keadaan cuaca dingin.

5. Serai

5. Serai
jawapos.com

Rempah-rempah selanjutnya adalah serai. serai berfungsi untuk menambah rasa dan wangi sebuah makanan. Biasanya makanan khas Bali banyak menggunakan serai sebagai bumbu utamanya. Serai terdiri dari dua jenis, yaitu serai merah dan juga serai sayur. Serai merah memiliki bentuk lebih besar dibanding serai sayur. Serai memiliki manfaat untuk pencegahan kanker, anti inflamasi, anti septik, mengobati arthritis, dan menurunkan darah tinggi.

6. Lengkuas

6. Lengkuas
kompas.com

Lengkuas merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia. Lengkuas banyak digunakan pada setiap makanan Indonesia seperti soto, rendang, kari ayam, dan juga masakan berkuah dan juga bersantan. Karena lengkuas bisa menambah rasa makanan menjadi lebih kuat lagi.

Lengkuas sendiri memiliki manfaat untuk mencegah kanker, menghentikan diare, dan meringankan gejala penyakit asma. Selain itu, jika lengkuas dihaluskan dapat digunakan sebagai obat untuk luka bakar atau luka infeksi pada kulit.

7. Kemiri

7. Kemiri
jawapos.com

Dalam penggunaannya, kemiri biasanya dibakar terlebih dahulu agar dapat mengeluarkan aroma yang kuat. Atau digoreng di atas wajan tanpa menggunakan minyak, atau biasanya proses ini oleh orang sunda disebut dengan nama disangrai. Selain untuk bumbu dapur, ekstrak minyak dari rempah-rempah satu ini bermanfaat juga untuk perawatan rambut agar menghasilkan rambut yang berkilau.

Kemiri selain sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut dan juga kecantikan. Hal ini merupakan kelebihan dari manfaat kemiri yang bisa kita manfaatkan secara maksimal.

8. Kunyit

8. Kunyit
jawapos.com

Rempah-rempah selanjutnya adalah kunyit. Makanan seperti soto, kari, dan rendang menggunakan kunyit untuk menambah rasa agar lebih kuat dan juga untuk mempercantik warna makanan. Kunyit dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit kanker, penyakit pencernaan, antibiotik dan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh.

9. Cengkeh

9. Cengkeh
halodoc.com

Cengkeh atau dalam bahasa Inggrisnya bernama cloves ini biasanya digunakan sebagai rempah-rempah dalam resep masakan untuk sop dan masakan berkuah. Cengkeh ini memiliki aroma yang kuat dan khas jika digunakan untuk makanan Indonesia. Selain sebagai bumbu dapur, karena aromanya yang wangi, cengkeh juga digunakan sebagai bahan untuk rokok yang dicampurkan dengan tembakau.

10. Jahe

10. Jahe
jawapos.com

Rempah-rempah selanjutnya adalah jahe. Ada beberapa jenis jahe yang tersedia di Indonesia, jahe biasa dan jahe merah. Jahe selain digunakan untuk bumbu dapur juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Penggunaan jahe dalam pengobatan telah dilakukan sejak dulu dalam pengobatan tradisional.

11. Pala

11. Pala
indozone.id

Pala merupakan rempah-rempah khas Indonesia. Pala juga yang membuat negara Eropa datang ke Nusantara dan kemudian menjajah Nusantara dan memonopoli perdagangan yang terjadi di Asia. Pala memiliki manfaat untuk menghangatkan badan, oleh karena itu bangsa Eropa berani mempertaruhkan nyawa pada zaman dulu untuk datang jauh-jauh ke Nusantara agar dapat tetap hangat pada musim dingin di Eropa.

12. Kapulaga

12. Kapulaga
perkebunan.litbang.pertanian.go.id

Kapulaga merupakan rempah-rempah yang memiliki bentuk seperti kuntum bunga dengan warna putih yang khas. Kapulaga biasanya dijual dalam kemasan berbentuk biji atau telah berbentuk bubuk. Untuk lebih praktis, beli kapulaga yang telah dalam bentuk bubuk.

13. Bunga Lawang

13. Bunga Lawang
kompas.com

Bunga lawang merupakan jenis rempah-rempah biasa digunakan dalam setiap masakan India atau Tiongkok. Karena masakan Indonesia banyak dipengaruhi oleh India dan Tiongkok, hal tersebut menyebabkan bunga lawang juga sering digunakan sebagai bumbu dapur di setiap makanan di Indonesia.

14. Asam Jawa

14. Asam Jawa
tribunnews.com

Asam Jawa merupakan bumbu dapur dan juga rempah-rempah yang umum digunakan dalam setiap makanan yang ada di daerah pulau Jawa. Asam Jawa juga banyak tersedia di pulau Jawa, oleh karena itu terdapat nama Jawa di belakangnya. Akibat ketersediaannya yang melimpah di pulau Jawa, banyak makanan di pulau Jawa yang menggunakan asam Jawa.

15. Asam Kandis

15. Asam Kandis
wikipedia.org

Memiliki bentuk seperti buah yang telah melalui proses dikeringkan, dengan warna hitam pekat dan bentuk yang bulat dan agak gepeng. Asam kandis banyak digunakan dalam masakan tradisional yang memiliki cita rasa yang khas. Asam kandis biasa dijual dalam bentuk kering, dan mudah disimpan sampai kapanpun.

16. Kluwak

16. Kluwak
pikiran-rakyat.com

Kluwak memiliki bentuk seperti kerikil atau seperti batu. Hal ini disebabkan oleh tekstur kluwak yang sangat keras. Jika dipecahkan, kluwak memiliki lapisan daging yang berwarna hitam pekat di dalamnya. Jika dalam keadaan mentah, Kluwak mengandung racun hidrogen sianida yang berbahaya.

Oleh karena itu Kluwak harus diolah dengan baik. Biasanya kluwak sebelum digunakan harus direbus terlebih dahulu selama satu jam. Lalu simpan dalam wadah tertutup dan diamkan selama 15 hari setelah itu kluwak baru aman digunakan.

17. Kencur

17. Kencur
pasarnegeri.com

Cara menggunakan kencur sebagai bumbu dapur adalah dengan dipotong, dicincang atau diparut. Kencur memiliki bentuk yang sangat menyegarkan. Namun jika ingin lebih efisien dan praktis, bisa menggunakan kencur yang telah dalam bentuk bubuk.

Selain sebagai bumbu dapur, kencur juga telah digunakan sebagai jamu yang memiliki khasiat antibiotik untuk pengobatan radang tenggorokan. Jika mulai merasakan radang tenggorokan, bisa langsung minum kencur untuk mencegah peradangan semakin parah.

18. Jinten

18. Jinten
paprikaliving.com

Bentuk jinten yang seperti beras dan berukuran kecil, panjang dan juga memiliki berat yang ringan. Jinten mempunyai wangi yang khas dengan rasa pedas yang bisa membuat tubuh hangat, dan memberi rasa sedap pada masakan.

Makanan Indonesia yang memakai jinten yaitu kari, opor ayam, gulai. Jinten selain sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat untuk membantu dalam meredakan sakit perut dan bersifat antiseptik. Biasanya, jinten dijual dalam bentuk kering seperti atau juga dalam bentuk bubuk.

19. Kayu Manis

19. Kayu Manis
idntimes.com

Kayu Manis yang di dunia terdiri dari 2 macam. Pertama yaitu Cassia Cinnamon dan kedua Ceylon Cinnamon. Kayu manis yang umum kita jumpai di pasaran adalah kayu manis jenis Cassia Cinnamon. Kayu Manis Cassia ini  memiliki bentuk gulungan keras seperti kayu, bisa ditumbuk sampai jadi bubuk.

20. Kemukus

20. Kemukus
bukalapak.com

Daftar jenis rempah-rempah terakhir adalah kemukus. Kemukus merupakan rempah-rempah yang masih termasuk keluarga dengan tanaman sirih-sirihan. Buah dari kemukus diambil dan diolah untuk mendapatkan minyaknya. Rempah ini juga dikenal sebagai black pepper. Karena dapat membuat makanan memiliki rasa yang kuat.

Sekian daftar jenis rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur tentang jenis rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan. Sedulur wajib menyediakan rempah yang telah dijelaskan di atas. Sedulur bisa mendapatkannya dengan cara mudah.

Sedulur bisa mendapatkan semua jenis rempah di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super melalui Super Eats menjual berbagai kebutuhan dapur dengan lengkap, mulai dari sayuran, buah-buah, rempah-rempah, berbagai aneka daging dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

Sedulur bisa klik di sini untuk melihat kelengkapan barang dan kebutuhan dapur yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar bisa melakukan pemesanan dengan mudah melalui smartphone. Di tengah kecanggihan dunia digital saat ini, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk membeli segala kebutuhan. Sedulur tinggal gunakan Aplikasi Super dan belanja melalui Super Eats. Selamat mencoba!