dasa dharma pramuka

Praja Muda Karana alias Pramuka mempunyai suatu tuntunan dan merupakan inti dari organisasi tersebut. Bisa dibilang jika Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka merupakan dua hal  yang dipegang teguh oleh organisasi tersebut. Dengan menjalankannya, setiap anggotanya bisa jadi manusia yang berakhlak mulia.

Pada kesempatan kali ini, yang dibahas adalah Dasa Dharma Pramuka. Dasa berarti sepuluh, sedangkan dharma artinya yakni sebuah perbuatan yang mulia atau terpuji. Sehingga kata tersebut bisa disimpulkan sebagai sepuluh tindakan terpuji yang harus dijadikan sebagai pedoman.

Dasa Dharma merupakan pedoman mulia yang perlu ditanamkan di dalam kehidupan sehari-hari para anggota Pramuka. Pokok-pokok moral yang menjadi dasar untuk menjalankan sebuah tugas juga tercantum di dalamnya. Berikut penjelasan tentang Dasa Dharma dan artinya.

BACA JUGA: Mengenal 8 Arah Mata Angin & Cara Menentukannya, Sudah Tau?

10 Dasa Dharma Pramuka

10 dasa dharma pramuka
Kwartir Nasional

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, jika Dasa Dharma Pramuka ini terdiri dari 10 pedoman mulia bagi setiap anggota Pramuka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sejak 1961 lalu, tuntutan ini telah mengalami beberapa perubahan hingga saat ini.

Sebagai anggota Pramuka, tentu menjadi sebuah kewajiban untuk menghafalkannya. Langsung saja, berikut ini isi Dasa Dharma Pramuka:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

isi dasa dharma pramuka
Kuya Hejo

Dasa Dharma yang pertama ini mempunyai maksud agar setiap anggota Pramuka bisa memiliki sifat yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, mereka juga diharapkan untuk bisa selalu menjunjung tinggi harkat dan martabatnya sebagai seorang makhluk Tuhan.

Tidak hanya itu, seorang anggota Pramuka juga harus mempunyai sikap yang toleransi terhadap agama lain. Mereka tidak boleh mencampuri urusan agama lain dan harus bisa mempersilakan untuk beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Dasa Dharma yang pertama ini memang lebih menekankan pada unsur toleransi dan saling menghargai antar umat beragama.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

tri satya dan dasa dharma pramuka
Fajarsatu

Seorang anggota Pramuka juga dituntut supaya mempunyai cinta dan kasih. Bukan hanya kepada sesama manusia, namun juga kepada makhluk hidup ciptaan Tuhan yang lain baik itu kepada bintang, tumbuhan, dan alam.

Dengan ini, maka setiap anggota Pramuka harus bisa mewujudkan lingkungan yang nyaman, aman, dan menyenangkan. Seperti yang kita tahu, mungkin hampir setiap orang bisa menjaga hubungan yang baik dengan manusia lainnya. Namun untuk hubungan dengan alam, banyak orang yang belum bisa menjaganya. Sebagai anggota Pramuka yang baik, maka kita harus bisa menjalankan dharma yang ke-2 ini.

3. Patriot yang sopan dan ksatria

dasa darma pramuka dan contohnya
KakaKiky

Dharma yang berikutnya adalah patriot yang sopan dan ksatria. Seorang anggota Pramuka harus punya sifat sopan santun dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sopan santun sendiri menjadi salah satu cara mempertahankan kesejahteraan di dalam masyarakat.

Bukan hanya itu, setiap anggota Pramuka juga wajib ikut serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. Hal ini dilakukan demi mewujudkan negara yang nyaman, aman, dan yang pasti sejahtera.

4. Patuh dan suka bermusyawarah

dasa dharma dan artinya
suarajombangonline

Setiap anggota Pramuka harus patuh pada setiap tugas yang sudah diberikan. Seorang anggota  wajib untuk menghadapi setiap perintah dan tidak boleh menolak perintah yang diberikan dengan alasan apapun.

Selain itu, pada saat mengambil keputusan, mereka juga tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Proses pengambilan keputusan tersebut harus dilakukan melalui musyawarah agar bisa mendapatkan kesepakatan terbaik bersama-sama.

5. Rela menolong dan tabah

dasa darma pramuka penggalang
IDN Times

Setiap anggota Pramuka harus mempunyai sikap rela menolong kepada sesama. Hal ini dilakukan tanpa membeda-bedakan golongan, suku, maupun ras. Setiap orang diciptakan dengan hak yang sama, jadi semua orang berhak mendapat bantuan tanpa adanya perbedaan.

Setelah itu, dalam pelaksanaannya setiap anggota Pramuka juga harus siap menghadapi berbagai macam cobaan dan musibah yang datang. Seorang anggota Pramuka adalah orang yang kuat dalam menghadapi masalah dan dia juga harus bisa bersabar untuk menangani masalah tersebut.

BACA JUGA: Deklarasi Djuanda: Pengertian, Sejarah, Tokoh, & Hasilnya

6. Rajin, terampil, dan gembira

Rajin, terampil, dan gembira
SD Juara Bandung

Seorang yang menjadi anggota Pramuka wajib untuk mempunyai sikap yang rajin pada saat menjalankan sebuah tugas tertentu yang diberikan. Tidak hanya itu, setiap anggota Pramuka juga wajib untuk punya keterampilan serta kecakapan.

Tentu saja sifat yang rajin dan terampil tersebut juga harus diiringi dengan perasaan yang gembira. Gembira dalam hal ini, berarti tidak ada unsur keterpaksaan pada saat melaksanakan tugas yang diberikan. Menjalankan tugas dengan ikhlas dan perasaan gembira.

7. Hemat, cermat, dan bersahaja

Hemat, cermat, dan bersahaja
Lampung Utara

Dalam Dasa Darma Pramuka Penggalang yang ke-7, setiap anggota Pramuka harus punya sifat yang hemat, cermat, dan juga bersahaja. Maka dari itu, telah menjadi tugas seluruh anggota Pramuka agar menerapkan kebiasaan yang baik.

Kebiasaan yang baik yang dimaksud adalah kebiasaan untuk tetap hemat dan cermat. Misalnya saja saat menempatkan segala sesuatu harus sesuai dengan manfaat dan juga fungsinya. Jadi tidak ada benda atau apapun itu yang terasa sia-sia.

8. Disiplin, berani, dan setia

Disiplin, berani, dan setia
SuaraData

Sikap yang harus dimiliki oleh para anggota Pramuka yang berikutnya adalah disiplin, berani, dan juga setia. Setiap anggota Pramuka juga wajib untuk mempunyai sikap yang berani dalam menghadapi segala macam tantangan.

Keberanian tersebut tentu saja harus diiringi dengan kedisiplinan. Selain disiplin dan juga berani, anggota Pramuka juga harus selalu setia dan juga menjunjung tinggi kepanduannya. Bisa dibilang jika kesetiaan ini adalah salah satu hal yang sangat sulit untuk diterapkan oleh para anggota Pramuka.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
Kwartir Jateng

Setiap anggota Pramuka harus berani untuk bertanggung jawab atas semua perilaku dan perbuatan yang ia lakukan. Selain itu, mereka juga harus bisa dipercaya oleh siapapun, terutama dalam hal yang baik. Yang paling penting, mereka tidak pernah mengkhianati kepercayaan yang sudah diberikan.

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan
KASKUS

Dasa Dharma Pramuka yang terakhir adalah suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Ya, jadi setiap perbuatan mereka diharapkan bisa menjadi tauladan bagai masyarakat. Sehingga, setiap anggota Pramuka dapat mengendalikan perbuatan, perkataan, dan pikirannya masing-masing.

Itulah 10 Dasa Darma Pramuka dan contohnya yang perlu untuk Sedulur pahami dan juga resapi artinya. Bagi Sedulur yang merupakan anggota Pramuka, pastikan tetap laksanakan semua Dasa Dharma di atas, ya. Jangan sampai ada yang terlupakan. 

Bukan hanya untuk anggota Pramuka, namun juga setiap orang. Karena Dasa Dharma Pramuka tersebut, secara tidak langsung juga menuntun kehidupan yang lebih baik dan juga sejahtera.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!