Untuk membuat penampilan menjadi baru dan fresh, hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah mengganti model rambut. Seringkali kita merasa sayang untuk memotong rambut, karena itu merupakan hasil jerih payah dalam memanjangkannya. Namun, ada satu solusi agar bisa mengakali hal tersebut, yaitu memotongnya menjadi model rambut sebahu kekinian.

Gaya rambut sebahu merupakan model yang sudah ada sejak zaman dulu dan tetap menjadi favorit orang ketika ingin mengubah penampilannya. Jika Sedulur sedang mencari referensi untuk model rambut sebahu yang bagus, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa dicoba. 

BACA JUGA: 8 Fakta Shampo Kuda Untuk Memanjangkan rambut, Beneran?

1. Model lob layer 

model rambut kekinian
Rambut Potong

Lob layer merupakan potongan model bob namun dalam versi yang lebih panjang. Biasanya, model rambut ini memiliki ukuran yang tepat sebahu, di atas bahu, ataupun di bawah bahu. Jika Sedulur ingin memiliki gaya rambut ini? Cobalah untuk memanjangkan rambut terlebih dahulu. Kemudian, setelah panjang sebahu akan disebut dengan model Lob.

Model rambut sebahu layer ini disebut juga dengan mid-length bob atau singkatan dari long bob. Gaya rambut ini meskipun terlihat gampang tidak semua potongan rambut sebahu tersebut bisa disebut dengan lob layer. Ada beberapa aturan khusus agar bisa menjadi model ini. Sedulur bisa memilih belahan rambut yang diinginkan, bisa belah samping ataupun belah tengah. 

Model rambut yang sedang ngetrend dan kekinian belakangan ini bisa ditambahkan dimensi dalam rambut sesuai yang diinginkan bila Sedulur memiliki tipe rambut yang cenderung mudah lepek atau rambutnya tipis. Jika kurang percaya diri dengan garis rahang yang jelas pada pemilik wajah kotak, gaya rambut ini adalah pilihan yang tepat untuk menyamarkannya.

2. Wavy bob hair

model rambut kekinian
Latest-hairstyles

Potongan rambut ala bob ini sebenarnya adalah gaya yang sudah populer sejak dahulu. Tak hanya digunakan oleh pemilik rambut ikal, pemilik rambut lurus juga bisa menggunakan pencatok rambut dan curling iron berdiameter kecil untuk membuat rambut menjadi bergelombang atau keriting spiral.

Gaya rambut ini merupakan oval model rambut sebahu kekinian yang bisa membuat wajah Sedulur menjadi tampak awet muda, lho! Apalagi jika Sedulur bosan dengan tekstur rambut yang hanya lurus saja, menambah aksen gelombang bisa membuat rambut lebih bervolume. 

Gaya rambut ini ternyata juga sempat digunakan oleh bintang bernama Joy Red Velvet. Hal ini menunjukkan bahwa wavy bob hair juga cocok digunakan oleh pemilik wajah bulat karena mampu menutupi pipi dan memberi kesan tirus pada wajah. 

BACA JUGA: 10 Tips Bleaching Rambut Sendiri yang Aman dengan Caranya

3. Shaggy layered hair

model rambut kekinian
Pinterest

Selain model oval, para pemilik rambut tipis juga bisa menggunakan gaya shaggy layered hair. Agar membuat shaggy layered hair terlihat lebih bervolume, Sedulur bisa memberikan layer dan memotong menggunakan teknik segi. 

Jika Sedulur merasa memiliki rambut yang tipis dengan potongan rambut ini, gunakan catok rambut ke arah dalam agar membuat kesan rambut lebih tebal dan bervolume. Model rambut sebahu kekinian ini memang memiliki teknik guntingan yang lebih tipis dengan hasil panjang yang tidak sama satu sama lain.  

Meskipun terlihat berantakan, model rambut ini bisa memancarkan aura lebih muda karena gaya rambut ini memberikan kesan jiwa yang bebas. Jika ingin tampil lebih menawan, tambahkan sedikit gel dan styling menggunakan curling iron.

4. Gaya rambut korea see through bangs

model rambut kekinian
Zalora

Pada kalangan anak muda, gaya rambut korea see through bangs ini masih terus menjadi populer. Dengan mengatur bagian poni depan yang dibuat tipis. akan menjadikan dahi lebih terlihat. 

Korea model rambut sebahu kekinian ini biasanya memperlihatkan poni yang terkesan lebih pendek dan bagian sampingnya terlihat memanjang. Jika Sedulur ingin mengubah tampilan rambut menjadi lebih muda, gaya rambut ini cocok untuk dicoba.

BACA JUGA: 12 Pilihan Cat Rambut yang Bagus Tidak Merusak & Tahan Lama

5. Blunt bob

model rambut kekinian
Grid.ID

Blunt bob merupakan salah satu layer model rambut sebahu kekinian yang bergaya klasik. Untuk memberikan kesan yang elegan, belah tengah rambut setelah mencatoknya dengan rapi. Gaya rambut ini cocok untuk berbagai bentuk dan tipe wajah, seperti wajah kotak, wajah bulat, serta wajah yang oval. 

Blunt bob merupakan gaya rambut bob sebahu dengan bagian bawah yang rata tanpa layering. Selain elegan, kesan yang bisa didapatkan dari gaya rambut ini adalah semakin keren dan manis. Blunt bob yang dicatok lurus dikenal juga sebagai glass hair.

Sedulur akan mendapatkan kesan edgy karena model potongan yang sharp. Model ini juga tidak membentuk wajah, karena jenis potongannya cenderung lurus dan rata pada bagian bawah. Nah, untuk pemilik rambut lurus dan tipis, cobalah untuk menciptakan volume agar rambut tidak terlihat lepek. 

6. Korean bob

model rambut kekinian
COTTONINK

Jika Sedulur pecinta drama korea atau idol korea, salah satu bentuk model rambut yang cocok untuk dicoba adalah Korean bob. Dengan memberikan trap tipis di bagian bawah atau ujung rambut, membuat tampilan Korean bob ini keren ketika di-blow

Untuk membuat tampilannya semakin “Korea”, Sedulur bisa mencoba teknik blow out keluar agar menjadi lebih bervolume. Model rambut pendek sebahu tanpa poni atau dengan poni ini memiliki kunci soft layer saat memotongnya di bagian bawah rambut.

7. Rambut sebahu ikal

model rambut kekinian
Gita Cinta

Selain Korean bob, model rambut sebahu kekinian lainnya yang bisa Sedulur coba adalah rambut sebahu ikal. Dengan mengubah rambut dengan gaya beach waves, maka tampilan rambut ini akan memiliki kesan terkena air laut. Maka dari itu, gaya ini disebut juga dengan beach waves. Untuk menata rambut menjadi bentuk ikal, gunakan pengeriting rambut khusus rambut ikal.

Tatanan ini biasanya cocok untuk wanita dengan bentuk wajah bulat atau persegi. Kesan yang didapatkan setelah menata rambut dengan gaya ini adalah menjadi tampak lebih tirus. Potongan rambut ini juga bisa menjadi solusi untuk Sedulur yang ingin rambutnya terkesan tebal. Tanpa poni atau dengan poni, gaya ini cocok untuk digunakan.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Shampo Untuk Rambut Kering Sehat Kembali

8. Model rambut oval sebahu

rambut sebahu
Hidupkita

Rambut yang memiliki gaya oval ini merupakan model rambut sebahu untuk rambut tipis. Untuk memberikan efek yang elegan dan modern, potongan ini bisa Sedulur coba. Selain membuat wajah menjadi terlihat lebih segar, potongan ini bisa membuat wajah menjadi tetap cantik dan menarik. 

Mulai dari bentuk wajah kotak, bulat, hati, sampai oval cocok untuk potongan model rambut oval sebahu ini. Karena memiliki potongan yang tidak ribet, penataan serta perawatan rambut ini menjadi lebih mudah.

9. Rambut panjang layered

rambut sebahu
Dailysia

Selain rambut panjang, potongan rambut layered bisa juga untuk dibuat pendek. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memotong bagian depan rambut dengan bentuk seperti tangga. Kemudian, bagian atas rambut akan terlihat lebih pendek serta bagian bawahnya terlihat lebih panjang.

Agar semakin cantik dan maksimal, tata model rambut sebahu kekinian ini dengan model curly. Selain terlihat semakin manis, tatanan rambut ini juga memberikan efek tebal pada rambut Sedulur.

10. Curly shag

rambut sebahu
Martha Tilaar

Gaya rambut curly shag adalah sebuah kombinasi antara bentuk rambut keriting dan model rambut kekinian yang shaggy. Gaya rambut ini diklaim oleh seorang ahli penata rambut Amber Maynard Bolt sebagai gaya yang membuat rambut mampu menahan beberapa helai rambut pada satu tempat dan membuat rambut terasa lebih lembut. Tata bentuk rambut juga akan tampak rapi selain memberikan kesan lembut.

BACA JUGA: 12 Shampo Pelurus Rambut Terbaik, Tanpa Merusak Rambut

11. Half-up half-down

rambut sebahu
Beautynesia

Jika Sedulur ingin membuat rambut dengan perpaduan yang unik, bisa mencoba gaya rambut Half-up Half-down ini. Selain unik, gaya rambut ini bisa membuat penampilan semakin terlihat modis dan modern. Kesan yang didapatkan dari potongan rambut ini adalah tampak seperti diikat.

Model rambut sebahu kekinian dari belakang ini tampak unik dan simpel. Tambahkan penjepit rambut, karet, ataupun sisir agar membuat garis rambut semakin rapi. Sedulur juga bisa menambahkan poni pada wajah agar terlihat semakin cantik.

12. Low pony

rambut sebahu
Popbela

Low pony merupakan salah satu model rambut sebahu untuk wajah bulat yang anti ribet. Gunakan catok dan tata dengan tatanan kebawah untuk mengubah tampilannya menjadi lebih bergelombang serta bervolume. Lalu, tarik dan ikat rambut Sedulur menjadi low pony. Biarkan beberapa helai rambut tetap terurai di area sekitar wajah agar semakin keren. 

13. Highlighted Angled Bob

rambut sebahu
Popbela

Model rambut sebahu kekinian selanjutnya adalah highlighted angled bob. Model klasik dengan potongan gaya rambut memanjang pada bagian depan dan pendek di bagian belakang ini memang masih digemari hingga saat ini. 

Tak hanya soal gaya potongan saja, model rambut ini juga dilengkapi dengan highlight warna cerah berupa silver. Dengan begitu, model rambut ini sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki jenis rambut tipis karena bisa menambah volume rambut. 

Selain itu, model rambut highlighted angled bob juga cocok bagi para pemilik wajah oval. Dengan perawatan yang mudah, Sedulur bisa menggunakan catokan atau roll rambut agar rambut tetap bisa rapi meskipun tidak ke salon.

BACA JUGA: 10 Shampo Penumbuh Rambut Terbaik Agar Kembali Lebat

14. Mullet hairstyle

rambut sebahu
January Girl

Selain model rambut shaggy layer sebahu dan oval layer sebahu, model rambut sebahu kekinian yang lain adalah mullet hairstyle. Variasi model rambut ini mulai banyak digunakan karena memiliki kesan yang unik. 

Model rambut dengan ciri poni jabrik dan bagian samping yang tipis memanjang seperti ekor di belakang ini tidak hanya digunakan oleh para perempuan, namun juga laki-laki. Perawatan rambut model ini juga mudah, dengan begitu Sedulur tidak perlu melakukan apapun agar modelnya tetap berbentuk. 

15. Choppy lob

rambut sebahu
Latest-hairstyles

Model rambut sebahu kekinian yang terakhir adalah choppy lob. Berbeda dengan shaggy dan oval yang cocok untuk pemilik rambut tipis, para pemilik rambut yang lebih bervolume bisa menggunakan gaya rambut choppy lob. 

Potongan rambut gaya ini akan memberi tekstur pada potongan lob yang cenderung monoton. Hal ini karena bentuk potongan rambut ini memang tidak rata untuk menciptakan tekstur atau kesan berantakan. 

Ujung potongan rambut choppy lob akan memberi kesan tidak beraturan dan sekilas akan nampak seperti potongan berlayer. Meski begitu, saat rambut bertambah panjang, tampilan akan semakin natural dan membuat leher akan terlihat lebih jenjang. 

Itu dia beberapa rekomendasi model rambut sebahu kekinian yang bisa Sedulur coba. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk selalu menggunakan vitamin rambut agar rambut selalu sehat dan kuat. Gunakan juga shampo serta kondisioner dengan ekstrak keratin di dalamnya agar protein rambut bisa terjaga, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.