rumus simple past tense

Apakah Sedulur tahu apa itu rumus simple past tense? Secara sederhana, simple past tense merupakan salah satu aturan gramatikal dalam bahasa Inggris. Tepatnya, simple past tense ditujukan untuk menceritakan mengenai peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Seperti yang diketahui, dalam mempelajari bahasa Inggris, tenses merupakan salah satu materi dasar yang penting untuk dipahami. Setidaknya ada 16 macam tenses yang berlaku dalam tata bahasa bahasa Inggris. Pada umumnya, tenses tersebut dibagi menjadi tiga berdasarkan waktu. Pertama, ada simple present tense untuk menceritakan kejadian sekarang ini, kemudian simple past tense untuk menceritakan kejadian di masa lalu, dan simple future tense yang digunakan untuk mengungkapkan apa yang terjadi di masa depan.

Nah, pada artikel kali ini, Super akan membahas mengenai simple past tense lengkap dengan pengertian, fungsi, rumus, dan contoh-contohnya. Simak sampai habis, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Simple Present Tense: Pengertian, Rumus & Contoh Kalimatnya

Pengertian simple past tense

rumus simple past tense
Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan tentang rumus simple past tense, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu apa itu simple past tense. Telah disampaikan bahwa simple past tense merupakan salah satu jenis tenses dalam tata bahasa atau grammar bahasa Inggris. Tenses sendiri bisa didefinisikan sebagai bentuk kata kerja atau verb yang digunakan dalam suatu kalimat bahasa Inggris. Namun, kata kerja tersebut dapat berubah sesuai dengan waktu penggunaannya.

Sementara itu, simple past tense adalah kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian yang terjadi di masa lampau dan selesai atau berakhir di masa lampau juga. Dengan kata lain, tenses berupa simple past tense berfungsi untuk menceritakan kejadian di masa lampau.

Fungsi simple past tense

rumus simple past tense
Freepik

Berdasarkan uraian mengenai pengertian simple past tense di atas, dapat diketahui bahwa fungsi simple past tense adalah sebagai berikut.

  1. Menjelaskan kejadian di masa lampau atau masa lalu dengan keterangan waktu yang pasti. Contoh: I ate chicken porridge this morning (Saya makan bubur ayam tadi pagi).
  2. Menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan di masa lampau. Contoh: When I was in Senior High School, I went to school at 07.00 a.m. (Ketika duduk di bangku SMA, saya berangkat ke sekolah pukul 07.00 pagi).
  3. Menjelaskan kejadian di masa lampau dan telah selesai saat itu juga. Contoh: I was sick three days ago (Saya sakit pada tiga hari yang lalu).
  4. Menjelaskan aktivitas yang menjadi kebiasaan di masa lampau namun sudah tidak dilakukan lagi. Contoh: I used to ride a bicycle to go to school, but now my father gives me a ride (Dulu aku biasa naik sepeda ke sekolah, tapi sekarang saya diantar oleh ayah).
  5. Menjelaskan perasaan atau emosi yang terjadi di masa lampau. Contoh: My brother was so sad because his kitten is gone (Adikku sedih karena kucingnya hilang).

BACA JUGA: Phrasal Verb: Pengertian, Jenis-Jenisnya dan Contoh Kalimatnya

Rumus simple past tense

rumus simple past tense
Freepik

Secara umum, pola kalimat simple past tense dibagi menjadi dua, yaitu rumus simple past tense verbal dan nominal. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Verbal simple past tense

Freepik

Kalimat verbal simple past atau simple past verbal dicirikan dengan adanya kata kerja atau verb. Perlu digarisbawahi, bentuk kata kerja yang digunakan dalam kalimat ini adalah kata kerja bentuk lampau atau Verb 2 (biasa disingkat V2). Adapun rumus simple past tense verbal dapat dituliskan sebagai berikut.

Subject + Verb 2

Contoh simple past tense verbal bisa dilihat pada kalimat-kalimat berikut.

  • My mom and I went to the zoo yesterday (Saya dan ibu pergi ke kebun binatang kemarin).
  • I played football with my friends last week (Saya bermain bola bersama teman-temanku minggu lalu).

Perlu diketahui, rumus simple past tense verbal di atas digunakan untuk menyatakan kalimat positif. Adapun kalimat simple past tense verbal juga bisa dibuat dalam bentuk kalimat negatif dan pertanyaan. Sehingga bisa dinyatakan bahwa rumus simple past tense verbal dibagi menjadi tiga, yakni rumus simple past tense positive, negative, dan interrogative atau interogatif (pertanyaan). Berikut uraian selengkapnya.

Rumus simple past tense positif

Subject + Verb 2

Rumus simple past tense negatif

Untuk bentuk kalimat negatif, simple past tense menggunakan kata kerja atau verb bentuk pertama (Verb 1). Selain itu juga menggunakan kata ‘did’ yang merupakan bentuk lampau dari ‘do’ dan ‘does’.

Subject + did + not + Verb 1

Rumus simple past tense interogatif

Sama halnya dengan kalimat negatif, kalimat tanya dalam simple past tense juga menggunakan kata ‘did’ dan kata kerja atau Verb bentuk pertama. Selain itu, jangan lupa memberikan tanda tanya di akhir kalimat.

Did + Subject + Verb 1 + ?

BACA JUGA: Penggunaan Was dan Were yang Benar dalam Bahasa Inggris

2. Nominal simple past tense

Freepik

Pola kalimat berikutnya adalah nominal simple past tense. Apabila kalimat verbal menggunakan verb atau kata kerja, untuk bentuk kalimat nomina menggunakan to be atau be. Adapun to be yang digunakan adalah to be bentuk lampau, yakni was dan where.

Perlu diperhatikan, was digunakan untuk subjek I, He, She, It atau bentuk singular. Sedangkan were digunakan untuk subjek You, They, We atau bentuk plural.

Adapun rumus simple past tense nominal dapat dituliskan sebagai berikut.

Subject + to be (was/were) + complement

Contoh simple past tense nominal bisa dilihat pada kalimat-kalimat berikut.

  • She was a teacher five years ago (Dia adalah seorang guru lima tahun yang lalu).
  • We were late yesterday (Kami terlambat kemarin).

Catatan: complement dapat berupa noun atau kata benda, adjective atau kata sifat, ataupun adverb atau kata keterangan.

Sementara itu, kalimat simple past tense nominal memiliki kesamaan dengan kalimat simple past tense verbal, yaitu dapat dinyatakan dalam kalimat positif, negatif, maupun pertanyaan. Berikut adalah rumus simple past tense positive, negative, dan interrogative atau interogatif (pertanyaan) selengkapnya.

Rumus simple past tense positif

Subject + to be (was/were) + complement

Contoh kalimat:

  • My brother was a teacher (Kakakku dulu adalah seorang guru).

Rumus simple past tense negatif

Pada kalimat simple past tense nominal negatif, Sedulur cukup menambahkan kata ‘not’ yang berarti ‘tidak’ setelah to be was ataupun were seperti berikut.

Subject + to be (was/were) + not + complement

Contoh kalimat:

  • My brother was not a teacher (Kakakku dulu bukan seorang guru).

Rumus simple past tense interogatif

Untuk membuat kalimat tanya dalam bentuk simple past tense nominal, Sedulur harus meletakkan to be was ataupun were di awal kalimat. Kemudian diikuti oleh subjek dan complement seperti berikut.

To be (was/were) + Subject + complement + ?

Contoh kalimat:

  • Was my brother a teacher? (Apakah dulu kakakku seorang guru?)

BACA JUGA: Recount Text: Pengertian, Struktur, Kaidah & Contoh Soalnya

Contoh kalimat simple past tense

Freepik

Setelah mengetahui teori maupun rumus-rumus simple past tense, ada baiknya Sedulur mempelajari contoh-contoh kalimatnya. Berikut adalah 20 kalimat simple past tense.

  1. I ate oatmeal this morning (Saya makan oatmeal pagi ini).
  2. I met my mother last night (Saya bertemu dengan ibuku tadi malam).
  3. My mom went to the market yesterday (Ibuku pergi ke pasar kemarin).
  4. I went to the beach every morning, when I was in Bali (Saya pergi ke pantai setiap pagi, ketika saya di Bali).
  5. I solved the puzzle yesterday (Aku menyelesaikan puzzle-nya kemarin).
  6. He won the silver medal (Dia memenangkan medali perak).
  7. You sang beautifully on the competition yesterday (Kamu menyanyi dengan indah di kompetisi kemarin).
  8. I didn’t come to your party last night (Saya tidak datang ke pertamu tadi malam).
  9. She didn’t bring her sweater last night (Dia tidak membawa sweternya tadi malam).
  10. The contest was the highlight of this week (Kontes tersebut menjadi sorotan minggu ini).
  11. You were a singer (Kamu dulu seorang penyanyi).
  12. He was not happy because of me (Dia tadi tidak senang karena saya).
  13. They were rich (Dulu mereka kaya).
  14. They were not home last night (Mereka tidak ada di rumah tadi malam).
  15. Did you do your homework? (Apakah kamu sudah mengerjakan PR-mu?)
  16. Did the nurse go to the hospital yesterday? (Apakah suster itu pergi ke rumah sakit kemarin?)
  17. Did the baby cry last night? (Apakah bayi itu menangis semalam?)
  18. Were you at Raina’s house? (Apakah kamu tadi ada di rumah Raina?)
  19. Was Gina happy to work here? (Apakah dulu Gina senang bekerja di sini?)
  20. Were you a teacher? (Apakah kamu dulu seorang guru?)

Itu dia pembahasan seputar rumus simple past tense dalam bahasa Inggris. Bisa disimpulkan bahwa kalimat dengan rumus simple past tense dibagi menjadi dua kategori yakni kalimat verbal dan kalimat nominal. Semoga artikel ini bisa membantu Sedulur untuk lebih memahami materi simple past tense, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.