Mungkin beberapa dari kamu dulu ketika sekolah pernah membuat tugas bahasa Inggris berupa menulis sebuah cerita atau pengalaman. Bisa tentang liburan, momen berkesan, liburan, kejadian menarik, dan seterusnya. Untuk menuliskan cerita itu, kamu menggunakan jenis teks bernama recount text.

Lalu apa sih teks recount? Bagi kamu yang belum tahu, recount text adalah sebuah tulisan atau teks menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang sudah terjadi di masa lalu. Misalnya kejadian-kejadian yang sudah kamu alami minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu, dan seterusnya.

Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu lebih jauh tentang teks recount, berikut ini pembahasannya secara lengkap mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, sampai dengan contoh teksnya. Yuk, langsung scroll sampai bawah!

BACA JUGA: Teks Persuasi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri & Contohnya

-->

1. Pengertian recount text

pexels.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, recount text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang berisi cerita suatu tindakan maupun kegiatan penulis, atau tokoh-tokoh dalam cerita tersebut di masa lampau. Tulisan ini bisa berupa pengalaman dari penulis yang diungkapkan melalui teks recount. Biasanya tujuan of recount text adalah untuk hiburan pembaca atau hanya sekadar memberikan informasi.

2. Kaidah kebahasaan recount text

pexels.com

Ketika kamu menulis teks recount, ada beberapa kaidah kebahasaan atau language features yang perlu Sedulur terapkan. Berikut beberapa di antaranya:

Menggunakan simple past tense

Karena kejadian yang diceritakan masa lampau, perlu penggunaan simple past tense. Jadi sudah seharusnya ketika kamu menulis teks recount menggunakan kaidah ini. Berikut ini adalah pola kalimat simple past tense yang bisa menjadi contoh recount text singkat:

  • Subject + Verb 2
  • Contoh: “I ran.”
  • Subject + be + Complement
  • Contoh: “It was hard.”

Menggunakan adverb of time dan adverb of sequence

Kaidah selanjutnya yang perlu kamu gunakan ketika menuliskan recount text adalah menggunakan berbagai adverb atau kata keterangan. Misalnya, keterangan waktu (adverb of time) dan kata keterangan urutan (adverb of sequence).

Berikut adalah beberapa contoh kata yang menunjukkan adverb of time:

  • Yesterday
  • Last week
  • Last month
  • An hour ago
  • A year ago

Sedangkan adverb of sequence (Keterangan Urutan) dipakai untuk menunjukkan urutan atau runtutan kejadian. Contohnya seperti di bawah ini:

  • First
  • Then
  • After that
  • At last
  • Finally

BACA JUGA: 10 Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Disertai Strukturnya

3. Ciri-ciri recount text

pexels.com

Ada tiga ciri-ciri recount text yang bisa kamu identifikasi. Ketiga ciri ini akan tercantum di dalam sebuah tulisan recount text. Berikut di antaranya:

  • Menggunakan kalimat past tense atau lampau. Contohnya seperti penggunaan verb 3 went, woke up, departed, burned, ate dan lain sebagainya.
  • Menggunakan part of speech adverb serta adverbial untuk menjelaskan waktu, tempat serta cara. Contohnya, last October, On the third day, at the park dan lainnya.
  • Menggunakan part of speech conjunction serta time connectives untuk mengurutkan peristiwa serta kejadian yang ada dalam cerita agar terbentuk satu naskah yang padu. Contohnya, and, after, the, that, before, dan lainnya.

4. Macam-macam recount text

pexels.com

Macam-macam recount text cukup beragam. Itulah kenapa kamu perlu memahami apalagi jika kamu ingin menulis jenis teks ini. Apa saja macam-macamnya?

Personal recount

Jenis ini memiliki fungsi untuk menceritakan pengalaman pribadi penulis. Personal recount merupakan jenis paling umum yang biasa digunakan untuk menulis teks recount.

Factual recount

Jenis ini berfungsi menyajikan laporan mengenai peristiwa yang terjadi berdasarkan fakta. Contohnya seperti laporan mengenai percobaan ilmu pengetahuan atau dari kepolisian.

Imaginative

Teks ini fungsinya untuk menceritakan peristiwa imajinatif. Contohnya, pengalaman penulis dalam menghayalkan sebuah cerita dari mimpinya.

Historical recount

Teks ini berisi mengenai sejarah. Contohnya seperti mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA: Struktur Teks Hikayat: Pengertian, Struktur, Kaidah & Contoh

5. Struktur recount text

pexels.com

Recount text struktur memiliki tiga bagian. Jika kamu sudah memahami strukturnya, tentu akan memudahkan kamu dalam menulis teks recount, terutama ketika menyusun kerangkanya. Berikut strukturnya:

  • Orientation: Berisi informasi mengenai tokoh, tempat kejadian, kapan kejadian berlangsung dan lain sebagainya. Informasi ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan atau informasi yang diperlukan oleh pembaca agar dapat memahami jalan cerita.
  • Events: Berupa cerita mengenai kejadian maupun pengalaman yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.
  • Reorientation: Berisi mengenai kesimpulan maupun rangkuman atau pengulangan informasi yang ada pada struktur orientation.

6. Language feature pada recount text

pexels.com

Secara bahasa, ada ciri khas dari penulisan recount text. Perlu kamu ketahui teks recount punya language feature yang biasanya dipakai untuk memperjelas fungsi dari recount text-nya. Berikut lima language feature pada recount text.

  • Menggunakan personal participant seperti I, my, me dan lain sebagainya.
  • Menggunakan chronological connection seperti first, then dan lain sebagainya.
  • Menggunakan linking verb seperti were, was, heard, saw dan lain sebagainya.
  • Menggunakan action verb seperti go, look, change, run dan lain sebagainya.
  • Menggunakan simple past tense.

Selain memperhatikan language feature, kamu juga perlu memerhatikan social function atau tujuan dari menulis recount text. Berikut beberapa social function dari recount text:

  • Fokus pada individual people, seperti dengan menggunakan personal participant yaitu I atau we.
  • Menggunakan kata-kata yang mengindikasikan kapan serta di mana kejadian atau peristiwa itu terjadi.
  • Menulis dengan menggunakan past tense.
  • Menggunakan action words seperti pada language feature.

BACA JUGA: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Jenis, Tujuan & Contohnya

7. Contoh recount text

pexels.com

Ada banyak jenis penulisan teks recount, seperti liburan, pengalaman pribadi, masa kecil, dan sejenisnya. Biar kamu bisa lebih memahami, berikut salah satu contoh recount text holiday yang bisa kamu pelajari.

A Trip to Tanjung Setia Beach

Last year, at the end of the year, my wife and I decided to spend our holiday at Tanjung Setia beach, which located around 234 kilometers from Bandarlampung.

When we arrived at the beach, we were surprised to see the beautiful view of the beach.  After having a quick dip in the ocean, which was really cold and windy, we realized that there were not many people there. We thought that it happened because it was too windy there during that time but we finally realized that it was Christmas holiday so almost all of tourists who are used to spending time there went back to their country.

After spending few times swimming in the beach, we bought some hot chips at the takeaway store nearby, and we rode our bikes down the beach for a while, on the hard, damp part of the sand.   The next day we visited Labuan Jukung beach. There, we were amazed to see the high wave owned by this beach. Because it was so high that no body was brave enough to surf on it that time.

The third day there, we decided to go home when we finally made it back home, we were both totally exhausted because of the trip but we were so happy to travel such an amazing beach Lampung province has.

Analisa:

  • Orientation: Paragraf pertama (Last year, at the end of the year, my wife and I …).
  • Events: Paragraf kedua dan ketiga.
  • Reorientation: Paragraf keempat (terakhir).

8. Buku-buku terkait recount text

pexels.com

Agar kamu lebih memahami mengenai teks recount, ada beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk mempelajari recount text. Contohnya seperti buku, Smart Trick Grammar, Easy Grammar For Beginner, dan Concise Grammar English.

Itulah tadi pembahasan mengenai recount text. Tentunya setelah ini Sedulur tak perlu bingung lagi dengan istilah ini kan? Sekarang kamu boleh coba nih menceritakan pengalaman masa lampau dengan recount text. Pasti akan seru menulis teks ini sambil Sedulur bisa bernostalgia. Yuk, mulai tulis dari sekarang!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!