repeater adalah

Apakah Sedulur tahu apa itu repeater? Singkatnya, repeater adalah sebuah alat yang digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi. Repeater juga umum dikenal sebagai alat penguat sinyal internet.

Seperti yang diketahui, koneksi internet telah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang. Pasalnya, di era serba digital ini, banyak pekerjaan yang mensyaratkan adanya koneksi internet yang memadai. Oleh sebab itu, repeater merupakan alat yang memiliki manfaat besar bagi orang-orang yang membutuhkan koneksi internet.

Nah, agar Sedulur lebih paham tentang apa itu repeater, berikut ini Super telah merangkum informasi lengkap terkait repeater, termasuk fungsi, jenis, hingga kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Menghilangkan Internet Positif, Dijamin Ampuh!

Pengertian repeater

repeater adalah
Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh tentang repeater, ada baiknya Sedulur memahami pengertian dari repeater terlebih dahulu.

Secara sederhana, repeater dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai pengulang. Sementara, pengertian repeater adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menerima sinyal dan memancarkannya kembali.

Perangkat elektronik ini juga berfungsi memperkuat sinyal sehingga dapat diteruskan ke perangkat lain pada jarak yang jauh. Tak heran, repeater kerap disebut sebagai alat penguat sinyal.

Di sisi lain, dapat dipahami pula bahwa repeater berbeda dengan WiFi. Sehingga anggapan bahwa repeater adalah WiFi adalah tidak tepat karena keduanya memiliki peran yang berbeda, di mana repeater sebenarnya adalah alat bantu untuk memperkuat sinyal yang dipancarkan oleh WiFi.

BACA JUGA: 20 Aplikasi Pembuka Situs Blokir Terbaik 2022, Bebas Internetan!

Fungsi repeater

repeater adalah
Liputan 6

Dijelaskan sebelumnya, repeater merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menerima sinyal dan kemudian memancarkannya kembali. Dengan kata lain, repeater memiliki fungsi untuk memperpanjang transmisi sehingga sinyal yang dipancarkan dapat mencakup jarak yang lebih jauh.

Sementara itu, mengutip Kumparan, berikut adalah beberapa fungsi repeater yang perlu untuk Sedulur ketahui.

  • Memperluas daya jangkauan sinyal internet sehingga dapat menjangkau daerah yang lemah sinyal.
  • Memaksimalkan sinyal internet, sehingga sinyal yang diterima dapat diteruskan ke berbagai perangkat.
  • Mempercepat proses pengiriman serta penerimaan data.
  • Mengurangi atau meminimalisasi penggunaan kabel jaringan.
  • Menjadi alat pengganti alternatif untuk router yang rusak.

Jenis-jenis repeater

repeater adalah
Kumparan

Terdapat tiga jenis repeater, yaitu Optical Communications Repeater atau Pengulang Komunikasi Optik, Telephone Repeater atau Pengulang Telepon, dan Radio Repeater atau Pengulang Radio. Berikut penjelasan untuk masing-masing jenis repeater selengkapnya.

  1. Optical Communications Repeater

Jenis repeater yang pertama adalah Optical Communications Repeater atau juga dapat diartikan sebagai Pengulang Komunikasi Optik. Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk meningkatkan jangkauan sinyal pada kabel serat optik (fiber optic cable). 

  1. Telephone Repeater

Selanjutnya adalah Telephone Repeater atau Pengulang Telepon, yaitu alat yang digunakan untuk meningkatkan jangkauan sinyal telepon. Oleh karenanya, alat repeater ini dipasang pada saluran telepon karena berfungsi untuk menguatkan sinyal telepon yang melemah karena jarak yang jauh.

  1. Radio Repeater

Jenis repeater yang terakhir adalah Radio Repeater atau Pengulang Radio. Perangkat ini berfungsi untuk menguatkan sinyal radio termasuk jaringan WiFi. Umumnya sebuah radio repeater berupa alat dengan beberapa antena yang berfungsi sebagai receiver dan transmitter sinyal.

BACA JUGA: 18 Modem Internet 4G & 5G Terbaik Hingga Tercepat di Tahun 2022

Cara kerja repeater

Freepik

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, serta jenis repeater, Sedulur tentu ingin tahu bagaimana cara kerja alat tersebut. Dijelaskan sebelumnya, repeater merupakan alat yang digunakan untuk menguatkan sinyal sehingga memiliki daya jangkauan yang lebih luas. Lantas, bagaimana cara kerja repeater penguat sinyal?

Cara kerja sebuah repeater dalam menguatkan sinyal ternyata cukup sederhana, yakni dengan mengatur jaringan dasar dan kemudian menghubungkan ke access point atau router nirkabel yang lain. Sehingga dapat dijelaskan bahwa pertama-tama komponen dalam repeater akan menerima data sinyal dari transmitter. Data sinyal kemudian diubah frekuensinya sehingga menjadi lebih kuat saat dipancarkan. Barulah selanjutnya komponen lainnya akan memancarkan kembali data sinyal tersebut.

Kelebihan dan kekurangan repeater

IDN Times

Telah diketahui bahwa repeater merupakan alat yang dapat memancarkan kembali sinyal internet sehingga area yang dijangkau menjadi lebih jauh. Meski begitu, ternyata alat satu ini memiliki sejumlah kekurangan yang perlu untuk diketahui. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian tentang kelebihan dan kekurangan repeater sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Kelebihan:

  • Dapat menangkap sinyal dan kemudian memancarkannya kembali.
  • Memperluas jangkauan sinyal hingga ke daerah yang lemah sinyal karena adanya penghalang.

Kekurangan:

  • Kecepatan koneksi internet bisa menjadi lambat jika banyak perangkat yang tersambung.
  • Jangkauan sinyal bisa kurang optimal jika digunakan di ruangan sempit.
  • Repeater dapat membuat jaringan baru sehingga mengurangi bandwidth jaringan WiFi yang berdampak pada kecepatan jaringan internet.

BACA JUGA: Mengenal Access Point Beserta Cara Kerjanya Dalam Internet

Mengenal router

Freepik

Selain repeater, Sedulur mungkin juga pernah mendengar istilah router. Sederhananya, router adalah alat yang berperan untuk mengirimkan data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya. Dengan kata lain, router bertugas sebagai jembatan yang menyambungkan perangkat dengan jaringan internet.

Lalu, apa perbedaan repeater dan router? Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, Sedulur dapat menyimak uraian tentang perbandingan fungsi repeater dan router pada poin di bawah ini.

Perbedaan fungsi repeater dan router

Liputan 6

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa router adalah alat yang memancarkan sinyal internet ke perangkat. Router ini juga berfungsi untuk menjadi jembatan terhubungnya berbagai perangkat pada suatu jaringan.

Sementara itu, repeater atau juga disebut pengulang merupakan alat yang berfungsi untuk memancarkan kembali sinyal internet. Alat tersebut biasanya digunakan agar jangkauan sinyal internet dapat menjadi lebih luas sehingga mampu menjangkau perangkat yang jauh. Nah, sinyal yang dipancarkan kembali oleh repeater ini berasal dari router. 

Sehingga bisa disimpulkan bahwa repeater berfungsi untuk menerima sinyal dari router dan kemudian memancarkannya kembali. Oleh sebab itu, keberadaan repeater sangat bergantung pada router.

BACA JUGA: Daftar Paket Internet Unlimited Terbaru All Operator 2022

Trivia: ragam istilah tentang repeater

Freepik

Selain memahami tentang repeater, tak ada salahnya untuk mengenal berbagai hal yang berkaitan dengan istilah repeater. Berikut rangkumannya.

  • WiFi extender: adalah penguat WiFi yang dapat memperluas sinyal WiFi dari router utama ke area lain. WiFi extender kerap digunakan untuk menyebut repeater.
  • WiFi booster: juga merupakan istilah lain yang kerap digunakan untuk menyebut repeater, karena merujuk pada definisi repeater sebagai penguat sinyal WiFi.
  • Repeater guest: adalah istilah untuk menyebut tamu yang datang berulang kali ke sebuah hotel untuk menginap, tamu tersebut memiliki sisi loyalitas terhadap hotel.

Demikian tadi pembahasan tentang repeater. Telah dipaparkan pengertian, fungsi, jenis, cara kerja, hingga berbagai istilah terkait repeater. Singkatnya dapat dipahami bahwa repeater adalah alat yang digunakan untuk memancarkan kembali sinyal sehingga dapat menjangkau area yang luas. Sementara itu, contoh repeater dapat dengan mudah Sedulur temukan di sekitar terutama di tempat umum yang menyediakan WiFi. Nah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.