aplikasi pembuka situs blokir terbaik

Aplikasi pembuka situs blokir terbaik menjadi salah satu topik yang sering dicari netizen akhir-akhir ini. Fenomena tersebut tidak lain menyangkut perkara Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Singkatnya, berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 5 Tahun 2020, pemerintah Indonesia, melalui Kominfo, berhak mengatur setiap pihak penyelenggara sistem elektronik. Pengaturan tersebut dapat berwujud mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, serta menyebarkan informasi elektronik. PSE telah diterapkan sejak 20 Juli 2022 yang lalu.

Salah satu dampak signifikan dari diterapkannya aturan PSE tersebut adalah pemblokiran berbagai macam situs internet apabila penyelenggara atau pengembang situs tersebut enggan mendaftarkan diri ke PSE (memberikan sejumlah data, membolehkan akses, dll. kepada pemerintah Indonesia).

Beberapa hari menjelang diterapkannya aturan tersebut, banyak situs-situs internet terkemuka dan bermanfaat yang masih belum mendapatkan sosialisasi dari pemerintah Indonesia mengenai kebijakan PSE. Alhasil, berbagai macam layanan internet raksasa seperti Netflix, WhatsApp, PayPal, GitHub bahkan Gmail pun terancam diblokir.

Saat ini, beberapa dari penyelenggara layanan tersebut sudah mendaftarkan diri ke dalam aturan PSE. Walau ternyata masih ada juga beberapa yang belum, seperti layanan gaming Epic Games.

Berangkat dari kerumitan aturan Kominfo tersebut, beberapa aktivitas masyarakat Indonesia akhirnya pun terganggu. Salah satu cara untuk tetap dapat mengakses beberapa situs yang diblokir oleh pemerintah adalah dengan menggunakan aplikasi pembuka situs blokir terbaik atau VPN (virtual private network).

Apa saja kira-kira rekomendasi aplikasi yang dapat Sedulur pakai? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Daftar Paket Internet Telkomsel Unlimited 2022 & Harganya

Membuka situs diblokir dengan VPN

Sempat disinggung sedikit mengenai membuka situs diblokir akibat peraturan PSE dengan memanfaatkan aplikasi VPN, apa sebenarnya yang dimaksud dengan VPN?

VPN sendiri merupakan sebuah singkatan dari virtual private network, atau dalam bahasa Indonesia berarti jaringan pribadi maya. VPN memungkinkan pengguna internet untuk mengirim dan menerima data dalam jaringan internet publik, namun seolah-olah perangkat yang digunakan terhubung ke jaringan pribadi.

Ketika pengguna tersebut mengakses internet melalui aplikasi atau situs dalam jaringan pribadi, maka ia bisa tidak perlu melintasi jaringan internet publik, dimana biasanya pemerintah memasang blokir terhadap beberapa aplikasi atau situs tertentu. Maka dari itu, VPN dapat menjadi solusi aplikasi pembuka situs blokir terbaik. 

Berikut ini adalah 20 aplikasi VPN yang dapat Sedulur pilih.

BACA JUGA: 40 Tempat Wisata di Kediri, Paling Hits & Terbaru 2022

1. TunnelBear: Internet Security VPN and IP Blocker

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
Gudang SSL

Aplikasi pembuka situs blokir terbaik pertama yang akan kita bahas adalah TunnelBear: Internet Security VPN and IP Blocker. Aplikasi VPN yang berlogo beruang tersebut menjadi salah satu pilihan tepat apabila Sedulur ingin mengakses beberapa situs internet yang diblokir.

TunnelBear: Internet Security VPN and IP Blocker tersedia untuk beberapa perangkat Sedulur, mulai dari smartphone ber-OS Android, iOS, laptop dan komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, dan juga macOS.

Berdasarkan penilaian pengguna yang tersebar, baik di Google Play Store atau App Store, TunnelBear: Internet Security VPN and IP Blocker dikenal dengan kestabilan dan kecepatan akses internet yang ia tawarkan. 

Aplikasi VPN terbaik itu dapat menjaga privasi lokasi dan akses internet Sedulur. Selain itu, ia juga dapat membuat Sedulur seolah-olah mengakses internet dari tempat atau negara lain. Mengutip dari pernyataan pengembang TunnelBear: Internet Security VPN and IP Blocker, keamanan dari aplikasi VPN tersebut dipantau secara berkala dan diaudit oleh pengembangnya sendiri.

Namun, TunnelBear: Internet Security VPN and IP Blocker hanya memberikan kuota gratis sebesar 500 MB saja setiap bulannya. Apabila Sedulur berkenan untuk mendapatkan kuota lebih besar daripada itu, Sedulur diharuskan membayar per bulan.

2. VPN Mobile Legends

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
SPIN Esports

Sedulur gemar bermain game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB)? Sepertinya salah satu aplikasi pembuka situs blokir terbaik ini akan sangat cocok digunakan Sedulur. VPN Mobile Legends 1.2 adalah salah satu aplikasi VPN yang dirancang khusus untuk pemain MLBB.

VPN Mobile Legends bekerja layaknya aplikasi-aplikasi VPN lain, namun kelebihan utamanya akan ditemukan ketika Sedulur bermain Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). VPN Mobile Legends dapat membuat Sedulur berada di jaringan internet negara-negara berbeda, seperti India, Jepang, Meksiko, Italia, dan banyak lagi. Dengan begitu, Sedulur dapat memilih server negara dengan mayoritas pemain yang kurang handal, sehingga kemungkinan Sedulur untuk menang dalam setiap permainannya menjadi lebih tinggi.

Selain itu, VPN Mobile Legend 1.2 menawarkan jaringan internet yang lebih stabil ketimbang menggunakan jaringan internet yang disediakan oleh provider seluler Sedulur. Alhasil, setiap permainan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dapat berjalan lebih lancar, tanpa lag, dan menunjang pengalaman gaming Sedulur.

VPN Mobile Legends tersedia secara gratis, namun hanya untuk perangkat Android saja. Aplikasi VPN tersebut ternyata hanya dapat dijalankan untuk bermain Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), tidak terlalu efektif untuk membuka situs internet yang diblokir.

3. ExpressVPN

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
Pinterest

Mencari aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang terpercaya dan anti lelet? ExpressVPN mungkin dapat menjadi jawaban dari segala permasalahan blokir internet Sedulur. ExpressVPN dinobatkan oleh berbagai kanal-kanal berita teknologi sebagai salah satu aplikasi VPN browser anti blokir 2022 terbaik.

Pasalnya, 3.000 lebih server yang dimiliki aplikasi VPN tersebut dapat dengan efektif memberikan pengalaman berinternet yang lancar tanpa hambatan. Jumlah server yang beribu-ribu itu juga dapat membantu menjaga level kapasitas server agar memberikan kecepatan internet yang selalu optimal di setiap waktu.

ExpressVPN dapat Sedulur gunakan untuk menghindari pemblokiran situs. Ia tersedia untuk berbagai perangkat smartphone atau laptop dan komputer. Selain itu, pengguna dapat menggunakan ExpressVPN – Unlimited Secure VPN Proxy tanpa berlangganan bulanan. Namun, apabila Sedulur ingin berlangganan supaya mendapatkan seluruh fitur yang ditawarkan ExpressVPN, biayanya tergolong cukup mahal. 

4. SuperVPN Free VPN Client

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
ApksFULL

Salah satu rekomendasi aplikasi pembuka situs blokir terbaik kali ini datang dari SuperVPN Free VPN Client. Bukan hanya dapat digunakan secara gratis, SuperVPN Free VPN Client juga menawarkan berbagai macam fitur unggulan dalam satu aplikasi saja. 

SuperVPN Free VPN Client ini memberikan perlindungan privasi lokasi dan data internet dari perangkat Sedulur ketika mengakses situs-situs yang diblokir. Dengan begitu, Sedulur dapat menikmati kelancaran berinternet yang tiada duanya. User interface yang dimiliki oleh SuperVPN Free VPN Client juga sangat ramah bagi Sedulur yang awam dengan cara memakai aplikasi VPN. Tidak perlu berkutat dengan berbagai macam pengaturan, hanya dengan beberapa klik, jaringan internet Sedulur sudah dapat terlindungi dengan sempurna.

Untuk menggunakan SuperVPN Free VPN Client pun Sedulur tidak perlu registrasi, tanpa batasan kuota seperti aplikasi-aplikasi VPN lain, dan juga tidak membutuhkan smartphone Android dengan spesifikasi mumpuni.

Sayangnya, aplikasi SuperVPN Free VPN Client 2.6.6 ini hanya tersedia untuk perangkat Android saja. Selain itu, kelemahan lainnya adalah pilihan lokasi server yang masih terbatas, sehingga Sedulur hanya dapat mengganti lokasi akses internet ke daerah yang itu-itu saja.

5. Windscribe

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
Google Play

Aplikasi pembuka situs blokir terbaik ini membuktikan bahwa tidak selamanya layanan gratis memberikan kualitas yang ala kadarnya. Aplikasi VPN Windscribe, dapat digunakan secara cuma-cuma, dengan kuota bulanan yang tergolong sangat besar, yaitu sekitar 10 GB per bulan.

Kemampuannya untuk selalu menyediakan layanan internet prima dan privasi yang terjaga menjadi salah satu poin menarik dari Windscribe. Hanya dengan registrasi singkat, Sedulur sudah dapat membuka situs anti blokir tanpa aplikasi yang diblokir oleh pemerintah.

Namun, beberapa hal yang perlu menjadi catatan dari penggunaan aplikasi Windscribe VPN (Android) 2.2.0.243 ini adalah tidak semua server internet dalam aplikasi VPN itu dapat digunakan, walaupun terdapat notifikasi aktif. Selain itu, Windscribe juga tidak membuat koneksi internet menjadi cepat, hanya bergantung pada kecepatan layanan internet provider seluler Sedulur saja.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Capo untuk Kesehatan Beserta Resepnya

6. Cloudflare 1.1.1.1

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
Mega Dbwap

Apabila Sedulur sudah akrab dengan istilah DNS 1.1.1.1, maka Sedulur pastinya tidak asing lagi dengan aplikasi pembuka situs blokir terbaik ini, yaitu Cloudflare 1.1.1.1. Dengan menggunakan aplikasi VPN browser tanpa blokir internet positif di Android, Sedulur tidak perlu repot-repot untuk mengatur manual DNS dari perangkat Sedulur.

Cloudflare 1.1.1.1 5.3 (versi teranyar) digadang-gadang dapat mempercepat laju internet Sedulur, tidak lupa juga memberikan privasi data dan lokasi. Mengutip dari klaim pengembangnya, Cloudflare 1.1.1.1 dapat memberikan sekitar 28% internet lebih cepat ketimbang menggunakan pengaturan DNS bawaan dari perangkat. Pun ternyata Cloudflare 1.1.1.1 dapat mencegah akses internet Sedulur disusupi oleh hacker tidak bertanggung jawab.

7. NordVPN

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
Pinterest

Pernahkah Sedulur menonton video YouTube dan menemukan iklan dari aplikasi pembuka situs blokir terbaik ini? Ya, NordVPN memang diketahui sangat getol dalam melakukan berbagai macam pemasaran. Tetapi, taktik pemasaran aplikasi tersebut tidaklah tanpa alasan.

Klaim-klaim yang diungkapkan oleh NordVPN dalam setiap iklannya ternyata benar. Sedulur dapat dengan mudah browsing internet tanpa takut terkendala situs yang diblokir. Selain itu, server-server yang tersedia pun sangat beragam. Apabila Sedulur kurang puas dengan pilihan server dan juga kuota dari NordVPN versi gratis, Sedulur dapat dengan mudah meng-upgrade langganan menjadi premium dengan membayarkan sejumlah uang tertentu setiap bulannya.

Walaupun harus sedikit merogoh kocek, tetapi kualitas serta layanan yang akan Sedulur dapat sangat setimpal, kok! Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan salah satu aplikasi VPN ini?

8. Psiphon Pro

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
Google Play

Aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang selanjutnya datang dari Psiphon Pro. Aplikasi VPN tersebut tersedia untuk perangkat ber-OS Android. Sedulur dapat dengan mudah menggunakan Psiphon for Android 255 Pro dimana saja dan kapan saja.

Selain penggunaannya yang tergolong sangat mudah, Psiphon Pro juga dikenal andal untuk digunakan membobol perlindungan dari situs yang diblokir oleh pemerintah. Nilai lebih dari Psiphon Pro juga terletak pada sisi ekonomisnya, yaitu gratis dengan kuota bandwith melimpah. Koneksinya yang sangat cepat juga tidak akan mengurangi pengalaman berselancar di internet yang nyaman. Tidak heran apabila Psiphon Pro masuk ke dalam daftar 20 rekomendasi aplikasi VPN. Bagaimana Sedulur? Tertarik untuk mencoba aplikasi VPN ini untuk membuka website anti blokir?

9. VPN Master

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
APK Pure

Aplikasi pembuka situs blokir terbaik ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Sedulur. VPN Master, salah satu aplikasi VPN yang dikenal memiliki berbagai macam fitur bermanfaat. Tersedia untuk perangkat Android, Sedulur dapat dengan mudah mengunduhnya melalui Google Play Store. 

VPN Master – buka situs yang diblokir sangat efektif saat digunakan untuk membuka bermacam-macam situs. Kelebihan lainnya adalah ia dapat digunakan secara gratis, tanpa harus menguras kuota bandwith. Server yang tersedia tergolong banyak, berkisar pada 20 negara di belahan dunia. Dengan begitu, Sedulur dapat leluasa menjelajahi berbagai macam situs yang diblokir.

Namun Sedulur patut berhati-hati, nih apabila ingin menggunakannya. Pasalnya, tidak sedikit sumber yang menjelaskan bahwa VPN Master cukup banyak mengoleksi data-data para penggunanya untuk kepentingan pribadi pengembang atau perusahaan.

10. Turbo VPN

aplikasi pembuka situs blokir terbaik
Google Play

Salah satu aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang paling populer di antara beberapa yang sudah dibahas di atas adalah Turbo VPN. Turbo VPN – Buka Situs Yang Diblokir Apps Networking Turbo VPN diklaim sangat ampuh untuk membuka berbagai macam situs yang sudah diblokir oleh pemerintah.

Terlebih lagi, Turbo VPN menyediakan server khusus untuk mengakses Netflix. Sedulur dapat dengan santai rebahan di kasur, menyalakan aplikasi VPN browser anti blokir gratis, dan menonton berbagai film-film Netflix yang belum tentu ada di server Netflix Indonesia. Kecepatan dari Turbo VPN tergolong sangat tinggi. Dapat juga digunakan dalam berbagai jaringan operator seluler, seperti melalui 5G, 4G LTE, dan bahkan 3G.

Apakah Sedulur tertarik? Sedulur dapat download Turbo VPN pada tautan berikut: turbovpn.com. Caranya, Sedulur bisa masuk Turbo VPN – Buka SitusYang Diblokir. Apps Networking Turbo VPN. Namun, sebelum menggunakan Turbo VPN, pahami terlebih dahulu jika VPN ini tidak memiliki fitur keamanan tambahan, serta jaringan yang sering kurang stabil.

BACA JUGA: 15 PC Gaming Murah Terbaik Tahun 2022 Beserta Harganya

11. Thunder VPN

Google Play

Aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang jarang digunakan orang namun ternyata mumpuni adalah Thunder VPN. Sesuai dengan tagline-nya yang mengambil esensi petir, Thunder VPN menawarkan kecepatan akses internet yang sangat cepat. 

Kecepatan tersebut didukung dengan kualitas yang stabil. Pilihan server juga tergolong banyak, sehingga dapat memberikan keleluasaan bagi Sedulur untuk berganti-ganti. Kuota? Tidak terbatas, walaupun Sedulur memilih menggunakan Thunder VPN dengan opsi gratis. Enak, ya!

12. VPN Robot

Choilieng

VPN Robot mengklaim dirinya sebagai aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang 100% gratis. Masa, sih? Coba saja sendiri kalau tidak percaya, Sedulur! Sedulur dapat dengan leluasa berinternet secara aman dan menembus berbagai macam blokir yang dibuat oleh pemerintah.

Server VPN Robot pun juga tidak kalah dengan server-server aplikasi VPN lain, berjumlah banyak dan dapat diandalkan. Kabar baiknya lagi, tidak ada kuota bulanan apabila Sedulur menggunakan VPN Robot secara gratis.

13. Hola Free VPN Proxy

Android Ponsel

Hola Free VPN Proxy menjadi salah satu aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang akan kita bahas selanjutnya. Aplikasi VPN ini tersedia untuk browser di laptop atau komputer saja. Jadi, apabila Sedulur mencari aplikasi VPN untuk smartphone, Hola Free VPN Proxy bukanlah pilihan yang tepat.

Koneksi internet yang cepat dan stabil menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini. Walaupun begitu, Hola Free VPN Proxy masih kalah dengan aplikasi serupa karena tidak memiliki enkripsi yang menjamin 100% keamanan privasi para penggunanya.

14. Samsung Max

APK Pure

Sedulur pengguna smartphone Samsung? Aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang satu ini ternyata hanya terdapat pada smartphone Samsung saja, loh! Ya, Samsung Max menawarkan kemudahan untuk melindungi privasi dan juga mode hemat daya seluler yang tidak terdapat pada aplikasi sejenis. Menarik sekali, ya?

15. VPN Monster

APK Telecharger

Salah satu aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang dapat Sedulur coba  adalah VPN Monster. Aplikasi VPN ini diklaim gratis, dapat digunakan tanpa batas kuota. Lebih lanjut lagi, ia dapat digunakan dalam berbagai jaringan internet, mulai dari 5G, 4G LTE, dan juga 3G. Tetapi, sayangnya VPN Monster diblokir di daerah negara China karena alasan kebijakan.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horor Indonesia & Barat Terbaik 2022

16. Speedify

CyberCrew

Pernah mendengar Speedify sebagai salah satu aplikasi pembuka situs blokir terbaik? Ya, namanya memang tergolong unik dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi VPN sejenis. 

Salah satu fitur utama yang Speedify tawarkan adalah kemampuannya untuk selalu menstabilkan jaringan internet Sedulur. Tetapi, Speedify hanya mampu memberikan kuota sebanyak 5 GB per bulan saja. Apabila Sedulur menginginkan kuota lebih, maka Sedulur perlu untuk membayar biaya langganan per bulan.

17. Proxy Master

Andro-Mod

Aplikasi pembuka situs blokir terbaik lainnya adalah Proxy Master. Layaknya aplikasi VPN serupa, ia menawarkan bermacam-macam kemudahan untuk menembus situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Situs-situs tersebut mencakup website game dan juga situs streaming film yang tersebar di internet.

18. Touch VPN

Pinterest

Salah satu aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang dapat Sedulur coba  adalah Touch VPN. Aplikasi VPN ini diklaim gratis, dapat digunakan tanpa batas kuota. Lebih lanjut lagi, ia dapat digunakan dalam berbagai jaringan internet, mulai dari 5G, 4G LTE, dan juga 3G. Pilihan server pun juga bermacam-macam dan dijamin sangat aman untuk Sedulur gunakan dalam kegiatan berinternet sehari-hari.

19. atlasVPN

PCmag

atlasVPN menjadi salah satu aplikasi pembuka situs blokir terbaik yang akan kita bahas selanjutnya. Aplikasi VPN ini tersedia untuk browser di laptop atau komputer dan juga smartphone. Koneksi internet yang cepat, stabil, serta menjamin 100% keamanan privasi para penggunanya menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini.

20. Free VPN

Chrome

Seperti namanya, Free VPN, aplikasi VPN ini dijamin gratis 100% selama Sedulur menggunakannya. Kecepatan internet yang stabil, pilihan server yang bervariasi, tanpa ribet menggunakan registrasi macam-macam, apalagi yang kurang dari Free VPN, ya? Sedulur dapat mengunduhnya di Google Play Store dan juga App Store agar dapat membuka berbagai macam situs yang diblokir oleh pemerintah.

Nah Sedulur, itu dia 20 rekomendasi aplikasi pembuka situs blokir terbaik di tahun 2022. Dengan menggunakan rekomendasi di atas, Sedulur dapat dengan efektif mengakses berbagai situs yang diblokir oleh pemerintah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.