access point

Access point atau wireless access point adalah perangkat keras yang biasanya digunakan dalam jaringan area nirkabel untuk mengirim serta menerima data. Access point berfungsi untuk menyebarkan sinyal internet kepada perangkat lainnya melalui jaringan nirkabel atau tanpa kabel.

Nah agar lebih paham mengenai apa itu access point router dan bagaimana kerjanya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA : Pengertian Informasi Beserta Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Pengertian access point

access point
Freepik

Access point atau yang disingkat dengan AP adalah perangkat keras yang biasanya digunakan dalam jaringan area nirkabel untuk mengirim dan juga menerima data. Jadi dapat disimpulkan bahwa AP perangkat ini adalah alur akses yang menghubungkan pengguna ke pengguna lain dalam jaringan dan berfungsi sebagai titik interkoneksi WLAN dan jaringan kabel tetap.

AP akan selalu berhubungan dengan switch atau roter melalui kabel Ethernet dan kemudian akan memancarkan sinyal wifi pada suatu area dengan jangkauan terntentu. Setelah itu AP akan membagikan jaringan internet.

AP terdiri atas transceiver dan antenna yang berfungsi sebagai pusat penerima dan juga pemancar sinyal dari dan untuk client server. Access point tidak mempunyai kemampuan untuk mengatur aliran data seperti halnya router, akan tetapi AP hanya berperan untuk menghubungkan atau tidak mengkoneksikan suatu perangkat yang mencoba terhubung dengan jaringan. Jika password sudah sesuai maka perangkat dapat terhubung ke jaringan internet accsess point, Sedangkan jika tidak sesuai maka AP akan secara otomatis menolak perangkat tersebut. 

Cara kerja access point

access point
Freepik

Cara kerja AP adalah dengan menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh WiFi dengan jalur data elektronik yang dibentuk oleh Ethernet. Selain itu, AP juga melakukan pengontrollan akses, enkripsi data, toleransi kesalahan, serta manajemen jaringan.

Kemudian AP  akan mengenkripsi sandi, memeriksa kesusaian sandi pada AP dengan sandi yang diberikan perangkat. Perangkat tersebut nantinya akan diijinkan terhubung dengan jaringan jika sandi yang diberikan telah cocok. Selanjutnya access point akan berfungsi sebagai DHCP yang akan memberikan alamat IP untuk perangkat tersebut. Contonya, ketika Sedulur mencoba mengakses internet melalui jaringan wireless di sebuah café, maka sirkuit jaringan nirkabel pada perangkat mobile Sedulur akan mengkoneksikan diri dengan access point pada café tersebut.

Setelah terkoneksi dengan access point, jendela peramban atau browser yang dibuka nantinya akan menampilkan laman yang berisi permintaan untuk memasukkan kata sandi agar dapat terhubung dengan jaringan. Jika kata sandi yang dimasukkan tepat, access point akan mengijinkan anda untuk terhubung dengan jaringan. Access point akan memberikan alamat IP kepada perangkat, sehinga perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan lokal.

BACA JUGA : Arti Lauhul Mahfudz dan Sifatnya yang Disebut Dalam Al Quran

Fungsi access point

access point
Freepik

Berikut fungsi acces point yang perlu Sedulur ketahui.

  1. Sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server yang dapat memberikan address di setiap perangkat terhubung.
  2. Untuk Mengatur akses yang ada di suatu perangkat berdasarkan MAC address
  3. Untuk memberikan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP ( Wireless Application Protocol). Pengaman jaringan nirkabel dengan otentifikasi ini merupakan kunci yang diberikan untuk client pada access point. Sementara itu, WAP merupakan metode keamanan yang dibuat untuk melengkapi WEP dengan cara menambahkan decryption
  4. Sebagai penghubung jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel
  5. Berperan sebagai Hub. Access point bisa berfungsi untuk mengkoneksikan jaringan lokal dengan kabel menggunakan jaringan wireless atau nirkabel

Kelebihan accsess point

  • Jika sudah terkoneksi dengan banyak PC maka akan semakin mudah dalam melakukan pengaturan, serta computer pengguna akan dapat mengetahui pengguna bisa tahu jika suatu ruang terdapat computer maupun hardware yang memberikan sinya AP untuk dapat masuk ke dalam sebuah jaringan
  • AP memungkinkan penggunanya untuk tidak menggunakan PC yang berjalan 24 jam untuk melayani jaringan dengan software khusus
  • Dari segi keamanan, tingkat keamanan dalam AP akan lebih terjamak

Kekurangan AP

Kekurangan dari AP adalah jaringan wireless AP mempunyai kelemahan di bagian konfigurasi dan enskripsi yang digunakan oleh Wired Equivalent Privacy.

BACA JUGA : Pola Aliran Sungai: Pengertian, Jenis, Bentuk & Prosesnya

Perbedaan access point dan wireless router

Freepik

Nah, agar lebih mengetahui perbedaan antara keduanya, yuk simak ulasannya berikut ini. 

Wireless router

Freepik
  1. Wireless Router dapat menghubungkan beberapa jaringan wireless yang berbeda atau beda subnet
  2. Wireless Router dapat menjadi DHCP server, dimana biasanya memerlukan server untuk service DHCP ini
  3. Wireless Router dapat membelokkan paket data yang ditujukan ke server tertentu (Port Redirect)
  4. Wireless Router dapat memetakan port service yang ada di pc/server ke port yang berbeda (Port Forwarding)
  5. Wireless Router dapat digunakan untuk Internet Sharing atau akses internet ke beberapa komputer
  6. Wireless Router dapat melakukan NAT, yang mana IP Public internet dari ISP beda dengan IP lokal komputer. NAT dapat dianggap
  7. Seperti firewall, karena jaringan lain di internet tidak dapat secara langsung mengakses komputer anda, namun harus melalui Router dahulu.
  8. Wireless Router dapat menggantikan sebuah server jaringan yang menyediakan akses internet sharing atau bandwidth manager
  9. Wireless Router dapat melakukan Traffic Shaping / Bandwidth Management

Access point

Freepik
  1. Berfungsi sebagai pintu gerbang bagi pengguna jaringan wireless untuk masuk ke dalam jaringan.
  2. AP tidak dapat menjadi server DHCP
  3. AP tidak memiliki fasilitas Port Forwarding
  4. AP tidak memiliki fasilitas Port Redirecting
  5. APt tidak dapat menggantikan sebuah server jaringan / Internet sharing
  6. AP tidak memiliki fitur NAT, yang artinya tidak dapat menghubungkan 2 jaringan yang berbeda.
  7. AP semakin lambat respon dalam jaringan jika banyak user yang masuk / menggunakan jaringan
  8. AP tidak memliki fitur bandwidth Management / Traffic Shaping

BACA JUGA : Mengenal Fungsi Generator Beserta Prinsip Kerja & Jenisnya

Access point terbaik

access point
Freepik

Berikut contoh access point dapat Sedulur gunakan.

1. EnGenius ENS202EXT

amazon

EnGenius ENS202EXT menjadi salah satu AP yang mempunyai jangkauan akses dengan jarak jauh terbaik dan juga berkualitas. AP ini dapat Sedulur gunakan dengan leluasa untuk mendapatkan akses jaringan apapun dengan kualitas terbaik karena merupakan jenis AP outdoor.

EnGenius ENS202EXT mempunyai kelebihan dalam mengakses nirkabel jarak jauh sebesar 11G 2.4GHz di luar ruangan, selain itu, AP ini juga mampu memberikan daya tahan yang luar biasa untuk melindungi komponen interior di dalam rumah.

2. Ubiquiti Unifi AP Outdoor +

Amazon

Ubiquiti Unifi AP Outdoor + menjadi salah satu AP yang mempunyai jangkau luar ruangan terbaik dan harganya pun terbilang cukup mahal. Salah satu penyebab harga yang mahal dari Ubiquiti Unifi AP Outdoor + ini adalah komponen serta materialnya yang keras dan juga tahan lama.

Selain itu, Ubiquiti Unifi AP Outdoor + ini dapat memberikan tambahan antena dalam bentuk daya ganda yang mencapai 1000 mW dan itu juga menjadi kelebihan dari produk ini. Berkat antena power gandanya, jarak yang dapat ditempuh oleh AP ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya jenis access point satu ini dapat mengirim sinyal hingga jarak 5 km.

3. TP-Link CPE510

TP-Link

Salah satu produk access point outdoor buatan TP-Link ini cocok banget buat Sedulur yang ingin hemat biaya. TP-Link CPE510  dapat diakses menggunakan aplikasi administrasi terpusat, sehingga sangat ideal sekali untuk bisa mencakup sistem point to point, point to multipoint dan juga WiFi. Tak hanya untuk pengguna rumahan saja,

TP-Link CPE510 ini juga cocok dipakai untuk bisnis juga lho Sedulur. Hal ini karena kinerjanya yang profesional dan mudah dalam penggunaannya. TP-Link CPE510 ini menggunakan desain perangkat keras dari perusahaan dan mengusung chipset Qualcom Atheros tingkat perusahaan. Kelebihan lainnya yaitu antenanya pun mempunyai gain yang tinggi serta sudah menggunakan bahan yang berkualitas.

4. Mikrotik RBSXTG-5HPnD-SAr2

mikrotik

Biasanya access point merupakan produk dari Mikrotik. Sehingga tak heran jika produk dari Mikrotik ini dapat menciptakan access point yang terbaik. Hal ini dibuktikan dengan produk access point dari Mikrotik ini sudah menjadi yang favorit bagi masyarakat.

Jika Sedulur ingin memasang access point dari Mikrotik RBSXTG-5HPnD-SAr2 ini harus memenuhi persyaratan akan dipasang outdoor atau indoor. Dengan adanya antena omni (omnidirectional) yang terpasang pada Mikrotik RBSXTG-5HPnD-SAr2 membuatnya akan bekerja secara optimal.

5. EnGenius AC1750 Dual Band

amazon

Jika Sedulur kini sedang mencari access point dengan jangkauan ruangan terbaik dengan kecepatan transmisi stabil, EnGenius AC1750 Dual Band ini  dapat menjadi solusinya. Pasalnya EnGenius AC1750 Dual Band ini akan memberikan kecepatan transmisi hingga mencapai 1075Mbps lho.

Jadi, Sedulur dapat menginstal access point tunggal di luar ruangan maupun di dalam ruangan dengan kebutuhan jaringan yang stabil. Selain itu, Sedulur juga sudah tidak perlu merubah segala desain interior di dalam rumah, karena EnGenius AC1750 Dual Band mampu menjangkau seluruh bagian rumah.

Demikianlah penjelasan mengenai access point, cara kerja dan juga access point vs router. Fungsi dari AP sangat banyak sekali, diantaranya yaitu menjadi sebuah penghubung dengan jenis perangkat yang berbeda seperti jaringan nirkabel dan juga kabel.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.