bypass internet positif

Ada beragam cara untuk bypass internet positif. Internet positif sendiri merupakan peringatan yang muncul ketika situs yang diakses Sedulur dinilai mengandung konten negatif. Akibatnya, situs yang mendapat label internet positif secara otomatis akan terblokir sehingga tidak bisa diakses.

Namun banyak warganet yang mendapati adanya situs yang dilabeli internet positif padahal tidak mengandung konten negatif. Tak heran banyak orang yang kemudian mencari cara agar dapat tetap bisa mengakses situs-situs tersebut.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk bypass internet positif. Mulai dari menggunakan ekstensi di Google Chrome, VPN, hingga menggunakan aplikasi khusus.

BACA JUGA: 20 Aplikasi Pembuka Situs Blokir Terbaik 2022, Bebas Internetan!

-->

Apa itu internet positif?

bypass internet positif
iStock

Sebelum menilik cara-cara menghilangkan internet positif, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan internet positif.

Telah disinggung sebelumnya, internet positif merupakan peringatan tentang situs tertentu yang dinilai mengandung konten negatif. Peringatan ini muncul berdasarkan klasifikasi konten negatif menurut Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Dilansir Kumparan, halaman peringatan bertuliskan internet positif umumnya hanya akan muncul jika Sedulur menggunakan jaringan internet dari Telkom atau Telkomsel. Sementara bagi pengguna jaringan internet yang lain, akan muncul peringatan dengan tulisan yang berbeda, misalnya “Internet Sehat dan Aman” dan lain sebagainya. Adapun kategori konten negatif di antaranya meliputi sebagai berikut.

  • pornografi
  • perjudian
  • pemerasan
  • penipuan
  • kekerasan
  • fitnah atau pencemaran nama baik
  • pelanggaran kekayaan intelektual
  • provokasi SARA
  • berita bohong
  • terorisme atau radikalisme
  • informasi atau dokumen yang melanggar peraturan perundang-undangan

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Aplikasi VPN Gratis Terbaik, Pakai Saat Darurat

Cara bypass internet positif

Sementara itu, berikut adalah beberapa cara menghilangkan internet positif yang bisa Sedulur gunakan untuk mengakses situs atau website yang terblokir. Perlu dicatat, gunakan cara-cara berikut ini secara bijak, misalnya hanya untuk mengakses situs terblokir yang sebenarnya tidak memuat konten negatif.

1. Cara bypass internet positif Chrome dengan extension

bypass internet positif
Freepik

Cara yang pertama adalah menggunakan extension atau ekstensi di Google Chrome. Mungkin banyak Sedulur yang tidak tahu, Google Chrome memiliki beragam ekstensi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat pengalaman yang lebih baik dalam berselancar di dunia maya. Satu di antaranya ialah ekstensi bernama Betternet Unlimited Free VPN Proxy atau umum dikenal Betternet VPN.

Cara menggunakan ekstensi satu ini juga cukup mudah, Sedulur cukup mengunjungi Chrome Web Store dan cari ekstensi tersebut. Kemudian install dan nantinya ekstensi ini akan muncul di sisi kanan atas halaman Chrome berupa simbol tameng. Ini juga cara mengatasi internet positif di Google Chrome Android yang ampuh.

Untuk mengaktifkannya, Sedulur cukup klik simbol tameng tersebut setiap kali membuka situs yang terblokir. Jangan lupa juga untuk mematikannya jika sudah selesai. Sekadar informasi, ekstensi ini juga tersedia di browser Firefox.

2. Cara bypass internet positif tanpa VPN

bypass internet positif
iStock

Cara bypass internet positif selanjutnya adalah dengan menggunakan browser bernama Puffin. Menurut sejumlah situs teknologi, Puffin telah dilengkapi dengan VPN-nya sendiri sehingga situs-situs yang terblokir otomatis langsung dapat diakses. Menariknya lagi, browser berlogo kepala burung ini bisa Sedulur gunakan di gadget Android maupun PC.

Adapun cara menggunakan Puffin, baik di smartphone Android maupun PC adalah cukup unduh dan install aplikasinya. Selanjutnya Sedulur dapat langsung menggunakannya untuk berselancar di dunia maya.

3. Cara bypass internet positif Android

Freepik

Sebelumnya sudah dipaparkan cara menghilangkan internet positif dengan ekstensi VPN di Google Chrome. Nah, selanjutnya akan dipaparkan cara menghilangkan internet positif dengan VPN di Android. Sedulur dapat menggunakan aplikasi VPN di smartphone Android dengan cara mengunduhnya melalui Play Store.

Perlu diketahui, terdapat beragam aplikasi VPN yang tersedia. Namun tidak perlu bingung, ada beberapa aplikasi yang banyak direkomendasikan. Misalnya aplikasi VPN 1.1.1.1 dan Rocket VPN. Sedulur cukup mengunduh lalu meng-install-nya di smartphone. Kemudian aktifkan aplikasi tersebut.

4. Bypass internet positif tanpa VPN dengan Opera

iStock

Selain Puffin, Sedulur juga bisa menggunakan browser Opera untuk menghilangkan internet positif tanpa perlu memasang aplikasi tambahan untuk VPN. Sebab, Opera telah dilengkapi dengan sistem VPN-nya sendiri yang bisa langsung diaktifkan melalui pengaturan pada aplikasi tersebut.

5. Mengatasi internet positif di Google Chrome Android

Freepik

Cara menghilangkan internet positif di Android tanpa aplikasi adalah dengan mengubah proxy. Apa itu? Singkatnya, proxy merupakan server yang bergerak mengikuti permintaan klien dari server lainnya. Adapun untuk mengubah proxy, Sedulur dapat mengunjungi situs proxysite.com atau bisa juga croxyproxy di browser Google Chrome. Selanjutnya, ubah server menjadi server luar negeri, misalnya EU. Kemudian isi kolom situs yang tersedia dengan alamat situs yang ingin dikunjungi.

6. Menghilangkan internet positif dengan Google Translate

iStock

Tidak banyak yang tahu bahwa Google Translate yang dikenal sebagai mesin penerjemah juga dapat digunakan untuk menghilangkan internet positif. Caranya sangat sederhana, Sedulur cukup membuka situs Google Translate di browser. Kemudian masukkan alamat situs yang ingin dikunjungi pada kolom teks yang akan diterjemahkan dan tunggu hingga muncul hasil terjemahannya. Lalu klik link yang ada di kolom terjemahan dan situs tersebut akan dapat diakses.

7. Mengatasi internet positif iPhone

Freepik

Ada beberapa cara bypass internet positif di iPhone. Cara pertama yang cukup populer adalah mengganti DNS pada smartphone. 

Pertama, Sedulur harus menyambungkan iPhone ke jaringan internet atau WiFi. Kemudian masuk ke menu pengaturan dan pilih opsi untuk mengganti DNS dengan 4.2.2.1, 4.2.2.6. Kemudian Sedulur dapat mengaktifkan kembali WiFi pada iPhone dan buka situs yang ingin dikunjungi melalui browser.

Selain mengganti DNS, Sedulur juga bisa memanfaatkan situs pengubah proxy seperti yang dipaparkan di atas. Tak hanya itu, browser lain seperti UC Browser dan BF Browser juga patut dicoba karena keduanya juga telah dilengkapi dengan sistem VPN.

Demikian tadi cara mudah dan sederhana untuk menghilangkan internet positif. Selain ketujuh cara di atas, masih ada berbagai cara menghilangkan internet positif, misalnya bypass internet positif mikrotik dengan memasukkan kode tertentu dan lain sebagainya. Nah, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sedulur. Jangan lupa untuk tetap bijak dalam berselancar di internet, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.