Buat Sedulur yang mengidap penyakit  jantung, jangan pernah anggap remeh hal yang satu ini. Sebab, ada jutaan orang meninggal dunia karena terkena penyakit yang satu ini. Penjelasan itu semakin dikuatkan dengan data dari badan kesehatan dunia (WHO)  pada tahun 2019. WHO mencatat adanya 17,9 juta orang meninggal dunia karena penyakit ini. Dan 85 persen di antaranya disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Supaya terhindar dari masalah serius akibat penyakit ini, mari kita simak penjelasan lengkap terkait penyakit jantung, gejalanya dan bagaimana cara pencegahannya.

BACA JUGA : 9 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Otak Hingga Jantung

1. Pengertian penyakit jantung

penyakit jantung
pexels

Penyakit jantung adalah kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Gangguan yang ditimbulkan bermacam-macam, seperti gangguan pada pembuluh darah jantung, katup jantung atau otot jantung. Munculnya penyakit ini, bisa disebabkan karena infeksi dan bisa kelainan saat lahir. Namun bisa juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Seperti banyak mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang melakukan olahraga

Jatung merupakan otot  yang terbagi menjadi empat ruang.  Dua ruang terletak di bagian atas dinamakan dengan atrium (serambi)  kanan dan kiri. Lalu di antara dua ruang  terletak di bagian bawah yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Di antara ruang kanan dan kiri itu, terdapat  dinding otot dinamakan septum dan berfungsi sebagai mencegah darah kaya oksigen  bercampur dengan darah miskin oksigen.

Dalam organ jantung terdapat dua selaput yang bernama perikardium. Fungsinya tentu saja untuk melindungi jantung, menjaga jantung tetap pada tempatnya dan mencegah apabila terjadi luka akibat dari gesekan ketika berdenyut. Setelah membahas mengenai penyakit jantung, maka selanjutnya adalah, mengetahui ciri dari penyakit tersebut

2. Ciri-ciri penyakit jantung

penyakit jantung
pexels

Bagi kamu yang tidak memiliki  riwayat penyakit ini, wajib sekali melihat apa saja ciri-ciri dari penyakit yang satu ini. Sebab, dengan mengetahui apa saja cirinya, kamu bisa melakukan pencegahan secara dini. Gejala sakit ini sangat tergantung dari jenis penyakit yang dialami oleh si penderita. Apalagi antara penderita berjenis kelamin pria dan wanita tentu berbeda. Maka berikut ini adalah ciri-ciri penyakit jantung dari masing-masing si penderita

Ciri-ciri penyakit jantung pada wanita

Umumnya wanita sangat mudah terserang penyakit ini meski kondisinya tidak akan separah yang dialami pria. Saat wanita terkena serangan jantung, kemungkinan gejala yang dirasakan juga juga tidak selalu sama dengan apa yang dirasakan oleh pria. Pada wanita gejala yang muncul jika terserang penyakit ini, biasanya akan merasa nyeri pada dada, lalu nyeri pada bagian lengan, punggung, leher, napas terengah-engah, sakit perut, berkeringat dingin bahkan kelelahan yang berlebihan.

Ciri-ciri penyakit jantung di usia muda

Usia muda sangat mudah terkena persoalan ini. Karena pola hidup mereka yang tidak terkontrol. Seperti kebiasaan nongkrong hingga larut malam, minum-minuman keras dan makan-makan cepat saji bisa mempercepat kalangan usia terkena persoalan ini. Bahkan ditambah lagi dengan jarang melakukan olahraga, maka bisa lebih mudah terkena penyakit yang satu ini.

Ciri-ciri penyakit jantung pada remaja wanita

Tak beda jauh dari mereka yang masih usia muda, pada remaja wanita juga mudah terkena penyakit ini. Remaja wanita sangat rentan, karena pola hidup mereka yang  tidak teratur.  Apabila remaja wanita terkena sakit ini, biasanya timbul ciri yang sama seperti terjadi pada wanita dewasa.   

Meski demikian, gejala umum ciri-ciri sakit ini biasanya diawali dengan nyeri dada, sesak napas, pembengkakan di tungkai, lemas dan pingsan. Penyakit  ini juga memiliki beragam jenis lho Sedulur.  Tentu penanganannya  akan berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahannya. Daripada penasaran, berikut adalah jenis penyakit jantung.

BACA JUGA : 8 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Tulang

3. Jenis penyakit jantung

penyakit jantung
pexels

Istilah terkait sakit ini meliputi beragam gangguan pada jantung antara lain adalah sebagai  berikut:

  • Penyakit arteri koroner atau biasa dinamakan dengan penyakit jantung koroner. Munculnya masalah ini bisa disebabkan karena penyempitan pembuluh darah di jantung
  • Aritmia atau semacam gangguan pada irama jantung
  • Penyakit jantung karena bawaan yang disebabkan oleh kelainan jatung yang sudah terjadi sejak lahir.
  • Kardiomiopati atau semacam gangguan yang terjadi pada otot jantung
  • Infeksi pada organ jantng yang disebabkan karena bakteri, virus dan parasit
  • Terakhir ada sakit katup jantung yaitu sebuah gangguan di salah satu atau pada keempat katup organ dalam manusia tersebut.

4. 12 tanda sakit jantung

penyakit jantung
pexels

Sakit jantung dapat dikenali melalui tanda-tanda khusus. Tanda-tanda tersebut biasanya akan dimulai dengan ciri-ciri seperti berikut ini Sedulur.

  • Sleep Apne
  • Gusi berdarah
  • Ruam pada kulit
  • Perubahan kondisi kuku
  • Keringat dingin
  • Mudah lelah
  • Batuk berkepanjangan
  • Gangguan pencernaan
  • Nyeri di dada
  • Kaki bengkak
  • Pusing
  • Masalah dalam hubungan seksual

BACA JUGA : 10 Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Jantung & Otak

5. Gejala penyakit jantung dan pencegahannya

penyakit jantung
pexels

Setelah membahas tentang jenis penyakit ini, selanjutnya adalah gejala dan cara pencegahannya. Kita tahu setiap orang sangat punya resiko terkena penyakit jantung. Maka dari itu perlu setiap orang mengetahui terkait gejala penyakit yang satu ini. Agar bisa melakukan pencegahan sejak dini. Namun bagi mereka yang sudah mengidapnya, maka wajib untuk  melakukan tindakan pemulihan secara bertahap

Nyeri dada

Awal masalah penyakit jantung biasanya ditandai dengan rasa nyeri di dada. Bilamana nyeri pada dada Sedulur tidak kunjung sembuh, mungkin bisa langsung menghubungi dokter.

Sesak napas

Gejala penyakit jantung yang satu ini, jangan dianggap remeh Sedulur. Sesak napas yang tak kunjung mereda, bisa jadi awal munculnya penyakit yang satu ini. Jadi akan lebih baik jika melakukan konsultasi ke dokter terkait.

Pembengkakan di tungkai

Pembengkakan di tungkai juga dapat menjadi awal munculnya penyakit jantung. Maka dari itu, jika muncul gejala semacam ini maka segera pergi ke rumah sakit terdekat supaya mendapat penanganan dengan baik.

Lemas

Biasanya lemas identik dengan kecapean atau keletihan setelah melakukan olahraga. Namun jika tidak kunjung mereda, maka bisa jadi awal munculnya penyakit  ini.

Pingsan

Pingsan karena keletihan adalah hal wajar. Namun jika terjadi berulangkali, maka bisa juga menjadi awal penyakit yang  satu ini.

6. Pengobatan dan pencegahan

penyakit jantung
pexels

Penanganan penyakit  ini sangat tergantung dari jenis penyakit yang diderita. Perlu metode pengobatan khusus agar penyakit jantung dapat ditangani dengan baik. Supaya terhindar dari penyakit ini, kamu bisa mulai dengan menerapkan pola hidup sehat, pemberian obat, tindakan operasi, serta transplantasi jantung. Penyakit yang satu ini bisa dicegah dengan mengindari  faktor-faktor resikonya seperti halnya di bawah ini.

  • Tidak merokok
  • Melakukan olahraga rutin
  • Mengonsumsi makanan sehat bergizi lengkap dan seimbang
  • Memeriksakan ke dokter secara berkala, bila mempunyai penyakit yang meningkatkan resiko jantung seperti tekanan darah tinggi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai penyakit jantung. Ciri-ciri jantung sehat adalah detak jantung yang normal, tekanan darah normal, kolesterol rendah dan pernapasan sehat. Semoga kita selalu menjaga kesehatan ya Sedulur agar terhindar dari penyakit ini