buah zaitun

Seperti yang telah diketahui, buah tin dan zaitun adalah dua buah yang namanya tercantum di dalam kitab suci Alquran. Tentu saja itu bukan karena tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh kedua buah tersebut.

Jika sebelumnya manfaat dari buah tin sudah dibahas, maka kali ini kita akan membahas manfaat buah zaitun. Ketika baru dipetik, rasa ini sangat pahit. Untuk menghilangkan rasa tersebut, biasanya direndam dengan larutan garam. Jadi secara umum, buah dari zaitun ini rasanya asin dan sering digunakan sebagai acar. Buah ini sering digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu dikonsumsi secara langsung maupun setelah diolah menjadi minyak zaitun.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya membuat buah ini memiliki banyak manfaat yang tidak ditemukan pada buah lain. Lalu apa saja manfaat baiknya? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

-->

1. Mencegah kanker

buah tin dan zaitun
pngdownload

Manfaat buah zaitun yang pertama adalah dapat mencegah berbagai jenis kanker. Dengan adanya kandungan zat antioksidan dan juga karotenoid yang disebut sebagai lutein membuat buah yang satu ini mampu menangkal dan menghancurkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah tersebut, siklus hidup dari sel kanker akan terganggu.

Maka dari itu, buah ini dianggap sebagai salah satu buah yang sangat efektif untuk mengecegah berbagai jenis kanker seperti kanker lambung, kanker payudara, kanker usus besar, dan lain sebagainya. Sedulur bisa mengonsumsi buah ini rutin setiap hari secara langsung. Selain itu, bisa dijadikan asinan terlebih dahulu seperti gambar buah zaitun yang ada di atas.

2. Mencegah penyakit jantung

rasa buah zaitun
alodokter

Manfaat yang berikutnya dari buah zaitun adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Buah ini dipercaya mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Tidak hanya itu, tekanan darah juga bisa dikurangi atau diturunkan dengan mengonsumsi buah zaitun secara rutin setiap hari.

Dengan adanya kedua manfaat buah zaitun tersebut, maka bisa dipastikan jika buah ini berperan besar dalam pencegahan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Buah ini juga dipercaya bisa mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah yang menghalangi aliran darah. Hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat menipiskan darah.

3. Meningkatkan kesehatan otak

minyak zaitun
hellosehat

Dikarenakan salah satu manfaat buah zaitun adalah membantu mengurangi stres oksidatif yang dikarenakan oleh adanya peradangan, maka buah yang satu ini juga dapat melindungi jaringan organ vital otak dari kerusakan-kerusakan yang berbahaya. Buah ini memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang berkaitan dengan risiko penurunan kognitif dan juga peningkatan kognisi.

Diet yang mengandalkan olive oil atau dalam hal ini adalah minyak zaitun sebagai sumber lemak utama, juga erat kaitannya dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer. Alzheimer sendiri adalah penyakit otak yang bisa menyebabkan turunnya daya ingat, kemampuan bicara dan berpikir, serta perubahan perilaku seseorang secara bertahap. Biasanya kondisi semacam ini lebih banyak ditemukan pada orang-orang yang usianya di atas 65 tahun.

Walaupun begitu, hal itu bukan berarti orang yang usianya belum mencapai 65 tahun kebal dan tidak bisa terserang Alzheimer. Hingga saat ini, sudah ada banyak kasus para penderita Alzheimer yang ternyata usianya belum terlalu tua alias belum mencapai 65 tahun. Oleh karena itu, kita harus tetap berusaha untuk mengantisipasi terjadinya penyakit pikun tersebut.

BACA JUGA: 8 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Tulang

4. Meningkatkan kesehatan tulang

kesehatan tulang
alodokter

Manfaat buah zaitun yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang kita. Penurunan pada kualitas tulang dan massa tulang, merupakan tanda terjadinya penyakit osteoporosis. Hal ini bisa mengakibatkan peningkatan risiko patah tulang.

Dikutip dari U. S. National Institutes of Health, dibandingkan di kebanyakan negara Eropa yang lain, tingkat osteoporosis di negara Mediterania jauh lebih rendah. Hal ini mengarahkan pada spekulasi jika buah zaitun bisa melindungi diri dari kondisi tersebut.

Beberapa senyawa tanaman yang terdapat pada buah dan minyak zaitun ini juga telah terbukti mampu mencegah tulang keropos dalam penelitian pada hewan. Sementara untuk penelitian pada manusia, belum ada pengembangan secara lebih jauh hingga saat ini.

Akan tetapi, sejauh ini penelitian pada hewan dan juga data yang mengaitkan manfaat dari buah zaitun terhadap penurunan tingkat patah tulang cukup menjanjikan. Ini sudah bisa dijadikan sebagai acuan untuk menganggap jika buah ini mampu meningkatkan kesehatan tulang manusia.

5. Mencegah kerusakan pada hati

manfaat minyak zaitun
alodokter

Mempunyai hati yang sehat bisa melindungi kita dari serangan racun yang bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Sebagai salah satu langkah pencegahan, Sedulur bisa memasukkan buah zaitun ke dalam menu masakan sehari-hari.

Kandungan asam oleanolat yang ada di dalam buah ini dipercaya mampu mencegah kerusakan pada organ hati. Selain itu, minyak zaitun ini juga sangat cocok bagi Sedulur yang sedang menjalankan program diet. Sedulur bisa mengganti minyak lain yang digunakan untuk memasak dengan menggunakan minyak zaitun.

Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang biasa ditemukan juga pada kacang-kacangan dan buah alpukat. Kandungan lemak tak jenuh tunggal inilah yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, buah ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan bagi Sedulur yang memiliki riwayat penyakit jantung.

6. Meningkatkan kecantikan dan menurunkan berat badan

olive oil
rancahpost

Selain rajin menggunakan produk-produk kecantikan, menjaga kebersihan pada wajah dengan menggunakan serum dan cleanser ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan diet. Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka Sedulur juga bisa menjaga kecantikan dari dalam dan luar tubuh.

Buah zaitun ini mengandung oleic acid yang mampu menjaga agar kulit tetap sehat dan juga lembut. Selain menggunakan produk-produk kecantikan, pastikan juga Sedulur telah memasukkan buah ini ke dalam menu diet untuk menjaga kecantikan seutuhnya.

Selain mengganti penggunaan minyak kelapa dengan minyak zaitun, mengonsumsi buah zaitun sebelum makan ternyata juga bisa membuat Sedulur merasa lebih cepat kenyang. Untuk itu, rajin-rajinlah konsumsi buah ini sebelum makan, maka nafsu makan Sedulur bisa turun hingga 20%.

Ini bisa terjadi karena lemak tak jenuh tunggal yang memiliki fungsi untuk memperlambat proses pencernaan. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam buah zaituin ini nantinya akan menstimulasikan hormon cholecystokinin yang menjadi pengantar rasa kenyang menuju otak.

BACA JUGA: 15+ Manfaat Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

7. Menjaga daya ingat

harga minyak zaitun
alodokter

Seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan dan fungsi dari otak juga akan semakin menurun. Walaupun ini adalah hal yang wajar, alangkah baik jika kita meminimalisir hal tersebut. Tidak ada satupun orang yang tidak ingin fungsi otaknya tetap sehat dan bisa bekerja secara maksimal sampai lanjut usia.

Salah satu cara yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan mengonsumsi buah yang kaya akan antioksidan ini. Tingkat stres yang ada di dalam otak bisa berkurang berkat adanya senyawa alami polifenol. Stres inilah yang menjadi penyebab menurunkan kinerja pada otak yang cukup berbahaya dan bisa mengakibatkan kepikunan. Jadi, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah zaitun untuk meningkatkan kemampuan otak hingga 25%.

8. Menyehatkan rambut

minyak zaitun rambut
rancahpost

Bisa dikatakan jika salah satu manfaat minyak zaitun yang paling banyak diketahui adalah untuk kesehatan rambut. Minyak yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin E, dan vitamin A yang dinilai bisa membantu memperbaiki rambut kering dan bercabang yang diakibatkan oleh polusi dan paparan sinar matahari.

Apabila Sedulur mempunyai masalah dengan ketombe, maka bisa menggunakan minyak zaitun ini dengan campuran sari lemon. Hal ini karena asam alami yang dihasilkan oleh jus lemon berperan untuk mengikis lapisan ketombe yang umumnya dikarenakan kulit kering yang mengelupas. Sedangkan manfaat dari minyak zaitun bagi rambut yakni melembabkan lapisan kulit kepala baru yang ada di bawahnya.

Minyak ini juga dipercaya bisa menghaluskan kutikula atau lapisan pelindung rambut sehingga rambut tampak lebih lebat dan bersinar. Kandungan asam palmitat, asam oleat, juga squalene yang ada di dalam minyak zaitun juga mendukung agar rambut lebih sehat.

Bahkan, tidak sedikit produk shampoo, pomade, dan conditioner yang mengandung bahan tersebut dalam bentuk sintetis dari laboratorium. Bukan hanya itu, minyak ini juga sering digunakan untuk memanjangkan bulu mata secara alami.

Minyak zaitun ini menyerap jauh ke dalam pori-pori kulit kelopak dan akar rambut untuk merangsang pertumbuhan bulu mata dan menjadi perisai agar kekuatan batangan rambut bulu mata tetap terlindungi. Jadi minyak ini sangat cocok digunakan oleh Sedulur yang ingin memiliki bulu mata tebal.

9. Menghilangkan jerawat

minyak untuk jerawat
pexels

Walaupun kini sudah banyak perawatan profesional di klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat seperti terapi cahaya, laser resurfacing, atau cosmetic fillers, ternyata Sedulur juga bisa mengobati bekas jerawat tersebut sendiri di rumah dengan beberapa perawatan yang sederhana.

Sedulur bisa menggunakan minyak zaitun untuk membantu dalam menghilangkan bopeng dan flek yang timbul dari bekas jerawat. Caranya juga tidak susah karena Sedulur hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ini ke area bekas jerawat. Kemudian gunakan jari untuk memijat kulit secara perlahan agar penyerapan minyak oleh kulit bisa lebih baik.

Minyak zaitun ini bisa Sedulur terapkan ke area kulit antara 5 hingga 10 menit. Akan tetapi, jangan terlalu lama membiarkannya berada di kulit karena minyak ini justru akan membuat kulit wajah Sedulur terlihat berminyak.

Mungkin hanya itu beberapa manfaat buah zaitun juga minyaknya yang bisa dijelaskan pada kesempatan kali ini. Jika dilihat dari beberapa poin yang ada di atas, tentu saja Sedulur sudah paham jika ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh buah ini kan? Mulai dari sekarang, mari konsumsi buah zaitun secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Tidak hanya buahnya, minyak zaitunnya mampu memberikan banyak manfaat, terlebih lagi dalam urusan kecantikan. Sedulur tidak perlu khawatir dan bingung jika ingin membeli minyak ini. Untuk saat ini, minyak zaitun sudah banyak dijual di supermarket, minimarket, dan juga toko online. Kemudian untuk harga minyak zaitun ini berkisar antara Rp80 hingga 150 ribu saja per kilogramnya.

Selain menjaga kesehatan dengan buah, kamu juga perlu memberikan asupan gizi yang cukup kepada tubuh dengan mengonsumsi sembako yang berkualitas. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Aplikasi Super.