Buah apel memiliki ragam kandungan yang bisa bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit. Sedulur harus tau!

Kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dapat ditemukan di berbagai buah-buahan. Salah satunya adalah buah apel. Buah yang mempunyai bentuk cenderung bundar ini kaya akan kandungan mineral dan juga berbagai macam vitamin, di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serta kalium. Berbagai kandungan yang dimiliki tersebut membuat manfaat buah apel melimpah. Di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan bagi Sedulur yang sedang dalam masa diet, sampai menurunkan resiko berbagai penyakit. 

Sedulur bisa mengkonsumsi buah apel dengan cara dijadikan jus, digigit, dikupas, atau bisa juga dijadikan masker untuk menutrisi wajah. Penasaran dengan rangkuman lengkap tentang khasiat dari buah apel? 

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kurma Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

-->

1. Manfaat buah apel untuk membantu menurunkan berat badan

manfaat buah apel
pixabay

Jika sedulur rutin mengkonsumsi buah apel sebanyak 3 kali sehari selama setiap hari, maka dalam kurang lebih 3 bulan, berat badan akan berkurang. Ini karena kandungan serat dan juga air yang tinggi membuat apel menimbulkan efek kenyang lebih lama serta bisa untuk melancarkan buang air besar (BAB).

Jika Sedulur mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar, rutinlah mengkonsumsi buah apel. Manfaat buah apel melon ini juga tidak akan membuat gula darah menjadi naik. Sehingga ketika mengkonsumsi buah ini, gula darah akan menjadi seimbang dan kenyang lebih lama sehingga berat badan akan menjadi turun atau stabil.

2. Mencegah terjadinya kanker

manfaat buah apel
pexels

Mencegah dan menurunkan resiko terkena kanker adalah salah satu manfaat buah apel untuk ibu hamil. Jika ibu yang sedang hamil mengonsumsi buah apel secara teratur, maka akan menurunkan resiko terkena kanker seperti paru-paru dan kerongkongan. Tak hanya itu, ibu hamil yang cenderung sering sembelit akan lancar pencernaannya karena kandungan serat yang ada pada buah apel.

Selain ibu hamil, orang yang mengkonsumsi apel minimal sehari sekali juga dapat terhindar dari berbagai macam kanker. Ini karena apel memiliki kandungan fitonutrien yang berfungsi untuk mengurangi resiko kanker paru-paru dan kanker usus. Salah satu flavonoid yang ada dalam apel juga dapat menurunkan adanya risiko terkena kanker pankreas yang bisa saja menyerang tubuh. Pada orang dengan usia lanjut, buah ini berperan untuk mencegah serta mengurangi stroke, dementia atau pikun, serta menjaga kesehatan mata yang disebabkan oleh usia yang sudah lanjut.

BACA JUGA: Cara Membuat Es Buah Super Segar yang Mudah Dibuat

3. Menjaga kesehatan fungsi jantung

manfaat buah apel
unair

Selain mencegah terjadinya berbagai macam kanker, manfaat buah apel selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan fungsi dari jantung. Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk mencegah adanya kolesterol dalam darah sehingga kembali normal. Adanya kandungan fitonutrien, antioksidan, dan juga pektin dalam apel bisa digunakan untuk mencegah pembuluh darah arteri yang bisa menyebabkan radang dan tersumbat.

Sebuah studi yang dipresentasikan dalam Experimental Biology 2011 menyebutkan bahwa jika Sedulur rutin untuk mengkonsumsi apel minimal 1 buah sehari dan dilakukan setiap hari. Maka kolesterol jahat yang ada dalam usus akan terhambat penyerapannya, sehingga resiko penyakit jantung dapat terhindarkan.

4. Mengatasi bau mulut

manfaat buah apel
klikdokter

Manfaat buah apel hijau selanjutnya adalah untuk mengatasi bau pada mulut. Jika Sedulur sedang mengunyah apel di dalam mulut, maka bakteri akan keluar bersamaan dengan terkunyahnya apel. Selain itu, seringkali kita temukan bahwa di dalam sela-sela gigi masih terdapat sisa-sisa makanan yang masih menyangkut. Sehingga, bau mulut dapat teratasi dengan mengunyah apel di dalam mulut.

Antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah ini juga menghambat bakteri untuk tumbuh lagi serta pH dalam mulut akan menjadi seimbang. Cara untuk mengatasi bau mulut selain dengan mengunyah apel secara langsung adalah dengan menggunakan cuka apel. Sedulur cukup rutin mengonsumsi cuka apel secara langsung atau bisa juga dicampur dengan air dahulu. Selain mengatasi bau mulut, pencernaan pun menjadi lancar.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

5. Membantu pertumbuhan rambut

tribunnews

Khasiat dari buah apel yang lainnya selain untuk masalah kesehatan tubuh adalah untuk membantu menyuburkan rambut. Hal ini terkandung dalam manfaat buah apel merah yaitu annurca yang kaya akan kandungan procyanidin B2 dalam polifenol yang cukup banyak. Produksi keratin pada rambut akan dapat terstimulasi sehingga pertumbuhan rambut dapat terjadi lebih cepat. Tak hanya itu, volume rambut, ketebalan, serta keratin yang ada di dalam rambut akan menjadi meningkat sehingga rambut akan menjadi lebih sehat.

Tak hanya menjadikan rambut cepat tumbuh, apel juga banyak digunakan oleh pabrik shampo untuk menjadikan rambut tampak berkilau dan bercahaya. Jika Sedulur membuatnya sendiri, caranya cukup mudah, lho. Cukup campurkan ekstrak lemon, tepung jagung, dan cuka apel dan jadikan sebagai masker rambut. Biotin yang terkandung dalam apel juga mampu menguatkan rambut sehingga akar rambut akan lebih sehat dan tidak mudah rontok.

6. Pencegahan alami penyakit alzheimer

unsplash

Mencegah penyakit alzheimer adalah salah satu manfaat apel pink atau lebih dikenal dengan sebutan apel fuji. Penyakit otak yang bisa menyebabkan penurunan daya ingat ini bisa dicegah dengan cara berhenti merokok dan melakukan olahraga secara rutin. Selain itu, konsumsi makanan bergizi seimbang seperti apel juga bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit ini.

Fungsi otak akan menjadi turun apabila Sedulur sering mengkonsumsi makanan yang digoreng atau sering merokok dan menghirup polusi udara. Racun negatif tersebut akan diserap oleh otak sehingga otak akan turun daya kerjanya. Mengonsumsi apel secara rutin bisa mengatasi hal tersebut dan juga untuk meningkatkan kecerdasan pada otak. Cara untuk mencegah penyakit alzheimer dengan apel ini cukup mudah lho, Sedulur. Yaitu dengan mengkonsumsi langsung apel yang mentah beserta dengan kulitnya. Jangan lupa untuk membersihkan apelnya terlebih dahulu ya, Sedulur.

BACA JUGA: Manfaat Buah Bit yang Baik Untuk Kesehatan Otak & Jantung

7. Sebagai pengganti kafein

pexels

Manfaat apel untuk wanita dan pria ini adalah untuk mengganti kafein. Kafein banyak terkandung pada kopi, yang berfungsi membuat kita terjaga. Selain kopi, apel juga bisa membuat Sedulur terjaga lebih lama, lho. Padahal, tidak ada kandungan kafein sama sekali dalam buah apel. Kenapa bisa membuat kita terjaga? Itu karena adanya kandungan gula alami atau glukosa, yaitu sebanyak rata-rata 13 gram dalam satu buah apel yang membuat Sedulur terjaga lebih lama.

Biasakan mengonsumsi apel satu buah pada saat pagi hari, maka Sedulur tidak akan mengantuk dan bisa juga digunakan untuk menjaga agar saluran pencernaan tetap lancar. Terutama dalam apel merah, terdapat kandungan glukosa alami yang lebih banyak sehingga ketika mengkonsumsinya akan terjaga lebih lama dari apel lainnya.

8. Menghidrasi kulit dan menyembuhkan jerawat

beautynesia

Manfaat buah apel untuk wajah ini adalah untuk menghidrasi kulit serta membantu untuk menyembuhkan jerawat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencuci lalu memotong sebuah apel serta mengoleskan jus atau ekstraknya ke seluruh wajah. Tunggu hingga mengering, lalu cuci dengan air bersih. Produksi minyak akan menjadi seimbang dan juga efektif sebagai pelembab yang bagus.

Selain menjadi pelembap, apel juga bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah atau menjadi exfoliator. Jika Sedulur ingin menghilangkan noda, jerawat, serta bintik hitam yang ada pada wajah karena mengganggu penampilan, caranya cukup mudah. Tumbuk apel secukupnya, kemudian oleskan pada wajah setelah dicampur dengan krim susu. Lakukan cara ini secara rutin selama seminggu dua kali agar hasil yang didapatkan bisa terlihat.

Itu tadi adalah kebaikan dan manfaat buah apel untuk orang sakit maupun sehat. Jangan lupa untuk membuang bijinya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi apel, karena biji dari apel mengandung sianida yang bisa membahayakan tubuh. Jika Sedulur rutin mengkonsumsi apel, maka tubuh akan menjadi semakin sehat. Semoga bermanfaat!

Selain mengkonsumsi apel yang memiliki segudang manfaat, Sedulur juga bisa membeli makanan berkualitas untuk kesehatan tubuh di Aplikasi Super. Mulai dari sayur-sayuran, daging beku, juga kebutuhan dapur lainnya bisa Sedulur temukan. Yuk, install dulu Aplikasi Super sekarang!