Pendapatan perkapita adalah sebuah istilah yang acap kali terdengar di telinga Sedulur. Istilah tersebut sering ditemui pada berita perekonomian negara atau bahkan pada saat kuliah ketika membahas studi kasus perekonomian.

Secara singkat, pendapatan perkapita adalah jumlah uang yang didapatkan per individu yang tinggal di suatu negara atau suatu wilayah geografis dengan membagi pendapatan nasional dengan penduduknya. Angka ini memiliki berbagai fungsi, namun utamanya adalah sebagai acuan kesejahteraan suatu negara atau wilayah geografis tertentu. Penasaran dengan apa yang dimaksud pendapatan perkapita adalah? Simak dulu beberapa poin informasi singkat di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Doa Penenang Hati dan Pikiran, Hapus Gelisah & Galaumu

Definisi pendapatan perkapita adalah

pendapatan perkapita adalah
The Jakarta Post

Seperti yang telah diungkapkan pada paragraf sebelumnya, Sedulur kemungkinan besar telah mendengar istilah pendapatan perkapita. Istilah tersebut biasa ada di berbagai macam berita perekonomian nasional atau juga diskursus lain yang membahas perkara ekonomi tersebut. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pendapatan perkapita?

Pendapatan perkapita adalah suatu istilah yang merujuk pada ukuran jumlah uang yang didapatkan per individu yang tinggal di suatu negara atau suatu wilayah geografis. Ia dihitung dengan membagi pendapatan nasional dengan penduduknya. Jumlah dari pendapatan perkapita tersebut dapat dimanfaatkan untuk menentukan pemasukan rata-rata individu di suatu wilayah, yang nantinya akan berguna bagi proses evaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk.

Perhitungan pendapatan perkapita agak sedikit berbeda dengan model pengukuran kesejahteraan lain, seperti pendapatan rumah tangga atau pendapatan keluarga misalnya. Pendapatan perkapita mencakup setiap individu yang berada di dalam wilayah geografis, termasuk pria, wanita, anak-anak, dan bahkan bayi yang baru lahir sekalipun. 

Sedikit berbeda dengan perhitungan tersebut, pendapatan rumah tangga akan dihitung berdasarkan berapa orang yang tinggal satu atap sebagai rumah tangga. Sedangkan pendapatan keluarga dihitung dengan mempertimbangkan orang-orang yang termasuk ke dalam satu keluarga, terkait dengan kelahiran, perkawinan, atau adopsi.

BACA JUGA: Instansi adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Fungsi pendapatan perkapita adalah

pendapatan perkapita adalah
Asialink Business

Fungsi utama dari sebuah pendapatan perkapita adalah sebenarnya telah disebutkan pada poin sebelumnya. Jumlah dari pendapatan perkapita tersebut dapat dimanfaatkan untuk menentukan pemasukan rata-rata individu di suatu wilayah, yang nantinya akan berguna bagi proses evaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk.

Dengan kata lain, pendapatan perkapita dapat menunjukkan apakah suatu wilayah dengan penduduk ini sejahtera atau tidak. Lebih daripada itu, angka pendapatan perkapita dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan keterjangkauan finansial dari suatu daerah.

Contohnya adalah penggunaan pendapatan perkapita dalam menentukan harga properti di wilayah geografis tertentu. Dari situ, dapat dilihat apakah daerah tersebut memiliki harga perumahan yang terjangkau oleh masyarakatnya atau tidak. Daerah yang terkenal mahal seperti di kota-kota besar misalnya, akan mempertahankan rasio harga perumahan rata-rata yang sangat tinggi terhadap pendapatan per kapita.

Apabila Sedulur mengelola suatu bisnis, pendapatan perkapita ini juga dapat bermanfaat bagi pertimbangan ekspansi cabang baru. Apabila suatu populasi masyarakat memiliki jumlah pendapatan perkapita yang tinggi, mungkin Sedulur dapat membuka bisnis di wilayah tersebut untuk meraup keuntungan.

Transaksi ekonomi di wilayah dengan pendapatan perkapita yang tinggi biasanya akan lebih sering terjadi, barang-barang akan terjual lebih banyak dibandingkan dengan area yang pendapatan perkapitanya rendah.

BACA JUGA: Pengertian Suhu Beserta Rumus, Alat Ukur, Skala & Satuannya

Komponen pendapatan perkapita adalah

Asialink Business

Pendapatan perkapita adalah suatu istilah yang merujuk pada ukuran jumlah uang yang didapatkan per individu yang tinggal di suatu negara atau suatu wilayah geografis. Ia dihitung dengan membagi pendapatan nasional dengan penduduknya.

Terdapat dua komponen utama dari sebuah pendapatan perkapita, yaitu pendapatan nasional dan jumlah penduduk. Apa maksud dari kedua komponen tersebut?

1. Pendapatan nasional

Mengutip dari sebuah sumber informasi, pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diperoleh semua rumah tangga keluarga dalam suatu wilayah geografis. Pendapatan nasional dihitung dengan memperhatikan faktor-faktor produksi dalam periode waktu tertentu, biasanya selama satu tahun.

Konsep pendapatan nasional pertama kali diperkenalkan oleh Sir William Petty pada tahun 1665. Ia menganggap bahwa pendapatan nasional merupakan jumlah konsumsi masyarakat dalam satu tahun penuh. 

Akan tetapi, anggapan tersebut didebat oleh beberapa ahli ekonomi yang menyatakan bahwa pengukur sejati kegiatan perekonomian suatu negara adalah Produk Nasional Bruto (Gross National Product, GNP). Produk Nasional Bruto atau PNB adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh negara di setiap tahunnya menurut harga pasar negara itu sendiri.

Beberapa konsep turunan dari pendapatan nasional ini adalah Produk Nasional Bruto, Produk Nasional Netto,Pendapatan Nasional Netto, Pendapatan Perseorangan, dan Pendapatan yang Siap Dibelanjakan.

2. Jumlah penduduk

Jumlah penduduk adalah total penduduk yang mendiami suatu negara atau wilayah. Tingkat perbandingan pendapatan perkapita dan jumlah penduduk berbanding terbalik. Dengan begitu, apabila total penduduk suatu negara tinggi maka pendapatan perkapitanya semakin rendah.

BACA JUGA: Melihat Sejarah Internet dan Perkembangannya di Indonesia

Rumus mencari pendapatan perkapita adalah

ARISE+ Indonesia

Nah, setelah mengerti definisi dari pendapatan perkapita adalah beserta kedua komponennya, pada bagian ini Sedulur akan diajak untuk mencari tahun rumus-rumus dari mendapatkan angka pendapatan perkapita tersebut. Rumus itu dapat dibagi menjadi dua; secara nominal dan secara nyata. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Secara nominal

Untuk mencari pendapatan perkapita secara nominalnya, Sedulur dapat menggunakan rumus di bawah ini.

Pendapatan perkapita = Harga Produk Nasional Bruto (PNB) yang berlaku : Jumlah penduduk

Berikut merupakan contoh cara mencari pendapatan perkapita secara nominalnya.

  1. Di tahun 2019, negara Pink Black memiliki Produk Nasional Bruto dengan jumlah 3.600 triliun. Negara tersebut memiliki total penduduk sebanyak 180 juta orang. Maka, pendapatan perkapita negara Pink Black tersebut adalah:

3.600 triliun : 180 juta = 20 juta

Maka, pendapatan perkapita negara Pink Black pada tahun 2019 adalah 20 juta/orang/tahun.

2. Secara nyata

Untuk mencari pendapatan perkapita secara nyata, Sedulur dapat menggunakan rumus di bawah ini.

Pendapatan perkapita = Produk Nasional Bruto (PNB) harga konstan : Jumlah penduduk

Berikut merupakan contoh cara mencari pendapatan perkapita secara nyata.

  1. Pada tahun 2020, negara Black Pink memiliki penduduk sebanyak 200 juta orang, dengan acuan perhitungan Produk Nasional Bruto (PNB) tertinggi adalah PNB tahun 2018 yaitu 3.200 triliun. Maka, pendapatan perkapita negara Black Pink pada tahun tersebut adalah:

3.200 triliun : 200 juta = 12 juta

Maka, pendapatan perkapita negara Black Pink pada tahun 2018 adalah 12 juta/orang/tahun.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai pendapatan perkapita adalah. Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas, pendapatan perkapita adalah suatu istilah yang merujuk pada ukuran jumlah uang yang didapatkan per individu yang tinggal di suatu negara atau suatu wilayah geografis. Ia dihitung dengan membagi pendapatan nasional dengan penduduknya.

Pendapatan nasional dan jumlah penduduk menjadi dua elemen utama yang digunakan untuk mencari jumlah pendapatan perkapita. Rumus pencariannya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu secara nominal dan secara nyata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan umum, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.