doa penenang hati dan pikiran

Terdapat beberapa bacaan doa penenang hati dan pikiran yang bisa Sedulur baca dan panjatkan untuk menghapuskan gelisah dan galau yang tengah dirasakan. Berdoa dan kembali kepadaNya merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan kegelisahan dan membuat hati tenang.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa daftar bacaan doa penenang hati dan pikiran yang bisa jadi pegangan dan pedoman Sedulur. Salah satu hal yang dapat membuat hati tenang dan terhindar dari kegelisahan adalah dengan berdoa. Namun sebelum bahas daftar doa yang dimaksud, lebih baik kita simak manfaat membaca doa untuk ketenangan hati di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Doa Pagi Hari Dalam Islam yang Wajib Diketahui!  

Manfaat membaca doa

iStock

Sebagai umat muslim, membaca doa merupakan sebuah kebutuhan. Doa sendiri merupakan bentuk interaksi manusia sebagai hamba kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta. Dalam setiap bacaan shalat, berisi doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

Pada dasarnya, manfaat doa merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia agar dapat mengutarakan keperluannya kepada Allah SWT. Allah SWT merupakan Sang Pencipta dan Dzat Paling Tinggi yang mengatur hidup manusia.

Salah satu kebutuhan manusia yaitu mendapatkan hati dan pikiran yang tenang. Maka dari itu, salah satu doa yang sering dipanjatkan yaitu doa untuk menenangkan hati. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftar bacaan doa penenang hati dan pikiran di bawah ini.

1. Doa menenangkan hati gelisah

doa penenang hati dan pikiran
iStock

Bacaan doa agar hati tenang yang pertama yang bisa Sedulur lafalkan untuk menangkan hati yang gelisah. Doa ini juga merupakan lafal dzikir penenang hati yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT. Berikut doanya:

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).

2. Doa agar hati sabar dan tenang

iStock

Bacaan doa penenang hati dan pikiran yang kedua ini bisa Sedulur panjatkan setelah shalat fardu atau shalat sunnah. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut:

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ‘atho-ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani).

3. Doa ketika hati sedih

doa penenang hati dan pikiran
iStock

Selain doa penenang hati dan pikiran, ketika sedih hati Sedulur juga bisa membaca doa. Karena kesedihan hati sumber dari rasa gelisah, galau dan membuat pikiran tidak tenang. Bacaan doa yang bisa Sedulur panjatkan yaitu:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَس وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.”

4. Doa berlapang dada

iStock

Menjadi seorang yang ikhlas dan berlapang dada itu sangat sulit. Banyak tantangan dan cobaan yang harus dihadapi. Agar bisa menjadi seorang yang berlapang dada dan ikhlas, Sedulur bisa membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.”

5. Doa mendapatkan ketenangan hati

doa penenang hati dan pikiran
iStock

Terdapat beberapa ayat penenang hati dan pikiran yang juga dijadikan sebagai doa hati gelisah. Karena Alquran merupakan kitab suci umat muslim yang dijadikan sebagai panduan dan pedoman bagi umat muslim. Berikut ini beberapa doa penenang hati yang bersumber langsung dari Alquran.

Doa agar hati tenang yang pertama berasal dari Surat Al-Baqarah ayat 250, yaitu:

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Rabbanaa afrig ‘alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa ‘alal qaumil kafiriin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafi.” (Q.S Al-Baqarah ayat 250).

6. Doa agar hati bahagia

iStock

Selain surat Al-Baqarah, terdapat juga doa penenang hati dan pikiran yang berasal dari surat Thaha Ayat 25-28, yaitu:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

Ayat Quran di atas merupakan penggalan yang bisa dijadikan bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas. Sedulur juga bisa memohon langsung dengan melafalkan dalam hati kalimat Ya Allah tenangkan hati dan pikiranku, kemudian dilanjut dengan membaca doa di atas.

7. Doa ketenangan sejati

doa penenang hati dan pikiran
iStock

Terdapat juga doa agar hati tenang dan mendapatkan ketenangan sejati. Bacaan doa yang bisa Sedulur baca adalah:

Huwallażī anzalas-sakīnata fī qulụbil-mu’minīna liyazdādū īmānam ma’a īmānihim, wa lillāhi junụdus-samāwāti wal-arḍ, wa kānallāhu ‘alīman ḥakīmā.

Artinya: “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

8. Doa sabar untuk diri sendiri

iStock

Agar hati tenang diperlukan kesabaran diri. Untuk mendapatkan kesabaran diri dari setiap masalah, cobaan hingga musibah, Sedulur bisa membaca doa yang tercantum dalam surat Ali Imran ayat 8, bacaan doa tersebut adalah:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaitana wahablana minladunka rahmatan innaka antal wahhab.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau palingkan hati kami dari Islam setelah Engkau beri hidayah kepada kami. Limpahkanlah keimanan kepada kami dari sisi-Mu. Engkau Maha Pemberi rahmat kepada orang-orang  mukmin.”

9. Surat Ad-Dhuha untuk ketenangan hati

doa penenang hati dan pikiran
iStock

Ayat Al-Quran seperti surat Ad-Dhuha juga bisa Sedulur panjatkan untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Berikut ini bacaan surat Ad-Dhuha yang dimaksud, yaitu:

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: “Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan, Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik (nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).”

10. Doa lainnya agar hati tenang

iStock

Berikut ini bacaan doa lainnya yang bisa Sedulur panjatkan agar mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Doa tersebut adalah:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya.”

BACA JUGA: Doa Agar Dagangan Laris, Berkah dan Kaya Menurut Islam

Keutamaan membaca doa

doa penenang hati dan pikiran
iStock

Setelah Sedulur mengetahui daftar manfaat membaca doa yang dibahas di bagian awal, Sedulur juga harus tahu apa saja keutamaan yang didapatkan oleh setiap umat manusia saat membaca doa dengan tulus. Berikut ini daftar keutamaan membaca doa itu sendiri, yaitu:

1. Bagian ibadah dan tawakal kepada Allah SWT

Keutamaan membaca doa yang pertama yaitu bagian dari sebuah ibadah dan juga tawakal kepada Allah SWT. Doa merupaka ibadah yang paling mulia. Bahkan hal tersebut disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya.

Selain itu, keutamaan dalam membaca doa juga yaitu bagian dari tawakal kepada Allah SWT. Tawakal artinya berserah atau menyerahkan diri. Dengan berdoa, setiap manusia berarti telah menyerahkan dirinya sepenuhnya kepada Allah SWT.

2. Memperlihatkan kekuasaan Allas SWT

Keutamaan membaca doa selanjutnya yaitu memperlihatkan bahwa Allah Maha Kuasa. Setiap rezeki, kebahagiaan dan kenikmatan yang didapatkan merupakan hal yang diberikan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang disampaikan dalam firman Allah SWT, yaitu:

“Siapa yang memperkenankan [doa] orang yang mengalami kesulitan dan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah SWT ada Tuhan (yang lain)?, amat sedikitlah kamu mengingat-Nya”. (QS. An Naml: 62).

3. Meningkatkan takwa

Keutamaan membaca doa selanjutnya yaitu meningkatkan takwa. Dengan takwa yang meningkat, setiap umat muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan dengan dekat dengan Allah, setiap umat dapat meningkatkan keimanannya. Kehidupan dunia dan akhirat akan tetap seimbang.

4. Terhindar dari bencana

Manfaat selanjutnya yaitu dapat terhindar dari bencana. Karena setiap dari berdoa, kita akan memohon untuk dijauhkan dari segala bentuk bencana. Sedulur juga harus tahu bahwa doa yang dipanjatkan bisa saja ditunda atau diganti dengan sesuatu yang lebih baik oleh Allah SWT.

5. Terhindar dari kemarahan Allah SWT

Keutamaan selanjutnya yaitu dapat terhindari dari kemarahan dan murka Allah SWT. Maka dari itu, kita sebagai umat beragama harus berdoa untuk meredam kemarahan Allah. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi no. 3373).

6. Dapat menenangkan hati

Keutamaan selanjutnya yaitu dapat menenangkan hati, ini juga yang menjadi topik pembahasan utama dalam artikel kali ini. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menenangkan diri saat tertimpa masalah, selain berdoa.

Dalam Islam, dipercaya bahwa berdoa adalah cara agar kita bisa hidup tenteram di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman:

Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” ( QS. Ar Ra’du : 28).

7. Menjauhkan diri dari dosa

Dengan berdoa, Sedulur juga akan terhindar dan menjauhkan diri dari segala dosa. Di sisi lain, pintu rahmat dan rezeki juga akan terbuka lebar. Hal ini sebagaimana yang disampaikan dalam sabda Rasulullah SAW, yang artinya:

“Barang siapa diantara kalian telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang Dia berikan lebih Dia senangi dari pada diminta kekuatan.” Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “sesungguhnya doa itu bermanfaat baik terhadap apa yang terjadi maupun belum terjadi, maka hendaklah kalian berdoa.” (HR. At-Tirmidzi V/552) no.3548.

8. Mengenal Allah SWT

Sebagai hambaNya, manusia harus mengenal yang menciptakannya. Dengan keimanan yang kuat, kita bisa mengenal Allah SWT. Hal ini juga yang menjadi fungis dari berdoa dan ibadah-ibadah lainnya. Ketika dipanjatkan, doa tersebut merupakan wujud dari keyakinan bahwa Allah Maha mencukupi, Maha mampu, dan Maha mengasihi.

9. Menghilangkan putus asa

Ketika merasa tidak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdoalah secara tulus kepada Allah. Dengan keimanan yang kuat, yakinlah bahwa Allah akan menghilangkan keputusasaan tersebut dan membantu mencari solusi terbaik dari masalah kita.

10. Bersyukur kepada Allah SWT

Keutamaan terakhir dari berdoa yaitu selalu bersykur kepada Allah SWT. Berdoa merupakan wujud dari rasa syukur atas rezeki yang didapatkan. Dengan berdoa, Sedulur bisa mendapatkan rezeki yang berlimpah dan akan dibukakan pintu rezeki yang lebih luas dan tidak terbatas oleh Allah SWT.

Nah itulah tadi pembahasan terkait daftar doa penenang hati dan pikiran yang bisa Sedulur panjatkan. Dilengkapi dengan keutamaan dari membaca doa itu sendiri, semoga penjelasan ini bisa membuat Sedulur semakin khusyu berdoa dan semakin rajin beribadah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.