suhu adalah

Suhu adalah ukuran panas atau dingin yang dinyatakan dalam beberapa skala temperatur dan menunjukan arah di mana energi panas akan mengalir secara spontan. Mungkin Sedulur pernah merasakan sebuah zat mengalami perubahan suhu seperti air dingin maupun panas dalam waktu tertentu. Hitungan perbedaan kadar panas dan dingin ini bisa diukur dengan menggunakan suhu, dengan alat bernama termometer.

Termometer berguna mengecek seberapa panas dan dinginnya sebuah benda. Bahkan, saat makhluk hidup seperti manusia atau hewan mengalami demam, Sedulur dapat mengeceknya menggunakan termometer. Penasaran dengan pengertian suhu secara lengkap, yuk simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Pengertian Garis Khatulistiwa Beserta Fungsi, Ciri & Iklimnya

Pengertian suhu adalah

suhu adalah
iStock

Suhu merupakan sebuah ukuran untuk mengetahui seberapa panas dan dinginnya sebuah benda. Selain itu, suhu juga berlaku untuk mengetahui tekanan udara sehingga dinamakan suhu udara. Suhu udara adalah ukuran panas-dinginnya permukaan bumi dan atmosfer bumi.  

Berdasarkan sejumlah penelitian, suhu sifatnya tidak nampak namun bisa dirasakan oleh tubuh manusia. Dalam pandangan sains, suhu banyak dibahas dalam ilmu fisika. Dimana sebagai ukuran kuantitatif dari temperatur, panas atau dingin dapat diukur menggunakan sebuah alat bernama termometer.

Sementara suhu tubuh adalah ukuran dari kemampuan tubuh untuk menghasilkan dan menyingkirkan panas yang ada di dalamnya. Kondisi semacam ini dapat dipicu karena beberapa hal mulai dari lingkungan atau dilihat dari kesehatan seseorang.

Di permukaan bumi, suhu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari lama penyinaran matahari, banyak sedikitnya awan, sudut datangnya sinar matahari, relief permukaan bumi, hingga perbedaan letak lintang. Faktor-faktor meteorologi juga berpengaruh terhadap suhu. Seperti kecepatan angin, curah hujan, kelembapan udara, penguapan, dan intensitas radiasi matahari.

Sementera itu, suhu permukaan laut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari panas matahari, keadaan awan, upwelling, arus permukaan, hingga divergensi dan konvergensi yang terutama berada pada daerah muara maupun sepanjang garis pantai.

BACA JUGA: Struktur Lapisan Bumi Beserta Pengertiannya

Alat ukur suhu adalah

suhu adalah
iStock

Untuk menjelaskan suhu pada sebuah benda secara kuantitatif, maka manusia sangat membutuhkan sebuah alat untuk mengetahuinya. Hal itu membuat sebuah alat pengukur suhu bernama termometer diciptakan. Dalam perkembangannya, ada dua jenis termometer yang cukup umum digunakan, yakni termometer padat dan termometer cair.

Termometer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah termometer ruangan. Alat ini biasanya digunakan di daerah dengan empat musim untuk mengatur suhu yang ada dalam suatu ruangan. 

Beberapa jenis termometer yang perlu Sedulur ketahui selain termometer yang digunakan dalam mengukur suhu ruangan, yaitu:

1. Termometer laboratorium 

Termometer laboratorium merupakan alat ukur suhu yang biasanya digunakan di dalam laboratorium. Termometer jenis ini digunakan untuk mendukung suatu eksperimen yang sedang dilakukan. Wujud dari termometer ini adalah berisi cairan raksa atau alkohol dengan rentang suhu yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan. 

2. Termometer digital 

Jenis termometer yang lainnya adalah termometer digital. Jenis termometer ini tidak menggunakan isian raksa maupun alkohol dalam pengukurannya. Menggunakan sifat pemuaian pada logam, termometer jenis ini dapat mengukur suhu secara tepat dan cepat. 

3. Termometer klinis 

Termometer klinis merupakan jenis termometer yang biasa digunakan para dokter untuk mengukur suhu tubuh pasien. Termometer jenis ini digunakan sebagai alat bantu untuk mendeteksi suatu penyakit yang diderita oleh seseorang.  

4. Termometer inframerah 

Jenis termometer yang lainnya adalah termometer inframerah. Jenis termometer ini sering digunakan untuk mengukur suhu pada dahi pada saat pandemi. Cara kerja termometer inframerah adalah mengukur suhu arteri tubuh tanpa menggunakan kontak langsung. 

Selain keempat jenis tersebut, ada juga alat bernama termokopel. Alat ukur suhu ini menggunakan sensor termoelektrik yang bisa mengatur suhu dengan rentang pengukuran yang luas apabila telah dikonfigurasi dengan tepat. 

BACA JUGA: Cuaca adalah: Pengertian, Unsur, Jenis dan Pengaruhnya

Skala dan satuan suhu

suhu adalah
iStock

Dalam mempelajari suhu, Sedulur akan menjumpai istilah skala suhu yang juga digunakan sebagai satuan suhu. Skala atau satuan suhu ini dibagi menjadi empat jenis, yaitu Celsius (C), Reamur (R), Fahrenheit (F) dan Kelvin (K). 

Untuk mengetahui skala suhu, ada dua titik yang dijadikan sebagai dasar yang penting. Dua titik tersebut adalah titik tetap bawah dan titik tetap atas. Titik tetap bawah digunakan untuk menunjukkan titik beku, sementara titik tetap atas digunakan untuk menunjukkan titik didih.

Lebih lengkapnya, Sedulur dapat memahami penjelasan berikut ini.  

Celcius 

Celcius merupakan skala pengukuran suhu dan satuan suhu yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Celcius memiliki satuan derajat celcius (°C). Sebagai perbandingan, dalam skala Celcius, air akan membeku pada suhu 0 °C dan mendidih pada suhu 100 °C. 

Fahrenheit 

Fahrenheit merupakan skala pengukuran suhu dan satuan suhu yang paling sering digunakan di Amerika Serikat. Skala Fahrenheit memiliki satuan derajat fahrenheit (°F). Dalam Fahrenheit, air akan membeku pada 32 °F dan mendidih pada 212 °F. 

Reamur 

Skala dan satuan suhu yang terakhir adalah Reamur. Skala pengukuran suhu yang dikemukakan oleh Antoine Ferchault de Reaumur pada tahun 1730 ini memiliki satuan derajat reamur (°R). Dalam skala ini, air akan membeku pada suhu 0 °R dan mendidih pada suhu 80 °R.

Kelvin 

Kelvin merupakan skala pengukuran suhu yang tidak memiliki derajat. Satuan skala kelvin adalah kevin (K). Dalam skala atau satuan suhu ini, air akan membeku pada suhu 273,15 K dan mendidih pada suhu 373,15 K. Pada suhu Kelvin, angka nol mutlak kerap kali digunakan dan simbol derajat tidak digunakan. Hal ini dapat diartikan bahwa benda tidak memiliki energi panas sama sekali.

Lebih jelasnya, berikut adalah perbandingan skala antara keempat jenis skala suhu tersebut.

°C : °R : °F : K = 100 : 80 : 180 : 100

°C : °R : °F : K = 5 : 4 : 9 : 5

BACA JUGA: Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari Secara Alami

Rumus suhu adalah

suhu adalah
iStock

Memahami pengertian suhu kurang lengkap jika tidak mempelajari rumus tentang suhu. Misalnya termometer pada skala Celcius memberikan keterangan suhu sama dengan skala Fahrenheit di suhu 40 derajat. Maka suhu tersebut akan berbeda ketika menggunakan termometer Reamur, dimana suhunya akan menjadi -25,6 derajat.

Perbedaan skala pada skala suhu akan membuat perhitungan suhu menjadi berbeda-beda. Supaya lebih mengetahui tentang rumus konversi satuan suhu, Sedulur dapat menyimak penjelasan berikut ini.

  • Rumus Celcius ke Fahrenheit

T(°C)=9/5 T°C+32

  • Rumus Celcius ke Reamur

T(°R)=4/5 T°R

  • Rumus Celcius ke Kelvin

T(K)=T°C+273

  • Fahrenheit ke Celcius

T(°C)=5/9 TF-32

  • Fahrenheit ke Reamur

T(°R)=4/9 T°F-32

  • Fahrenheit ke Kelvin

T(K)=5/9 (T°F-32)+273

  • Reamur ke Celcius

T(°C)=5/4 T°R

  • Reamur ke Fahrenheit

T(°F)=9/4 T°R+32

  • Reamur ke Kelvin

T(K)=5/4 T°R+273

  • Kelvin ke Celcius

T(°C)=TK-273

  • Kelvin ke Fahrenheit

T(°F)=9/5 (TK-273)+32

  • Kelvin ke Reamur

T(°R)=4/5 TK-273

Suhu sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup kita. Sebab, suhu kerap dipakai untuk mengetahui berapa derajat sebuah benda, berapa dingin atau panasnya benda hingga mengetahui seberapa tinggi demamnya seseorang.

Demikian penjelasan mengenai suhu, mulai dari pengertian, skala, satuan hingga rumus. Suhu kerap digunakan dalam keperluan sehari-hari, untuk mengetahui panas dinginnya sebuah benda hingga zat cair. Semoga ulasan di atas dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kita akan suhu dan kegunaannya pada kehidupan sehari-hari, ya, Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.