Suhu adalah

Suhu adalah ukuran panas atau dingin yang dinyatakan dalam beberapa skala temperatur dan menunjukan arah di mana energi panas akan mengalir secara spontan. Mungkin Sedulur pernah merasakan sebuah zat mengalami perubahan suhu seperti air dingin ataupun panas dalam waktu tertentu. Hitungan perbedaan kadar panas dan dingin ini bisa diukur dengan menggunakan suhu. Dimana alat pengukur suhu baik panas dan dingin yang umum digunakan adalah termometer.

Temometer berguna mengecek seberapa panas dan dinginnya sebuah benda. Bahkan, saat makhluk hidup seperti manusia atau hewan mengalami demam, Sedulur dapat mengeceknya menggunakan termometer. Penasaran dengan pengertian suhu secara lengkap, yuk simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Pengertian Garis Khatulistiwa Beserta Fungsi, Ciri & Iklimnya

Pengertian suhu

suhu adalah
Guru Pendidikan

Suhu merupakan sebuah ukuran untuk mengetahui seberapa panas dan dinginnya sebuah benda. Selain itu, suhu juga berlaku untuk mengetahui tekanan udara sehingga dinamakan suhu udara. Suhu udara adalah ukuran panas-dinginnya permukaan bumi dan atmosfer bumi. Biasanya suhu ini menggunakan skala seperti Celcius, Fahrenheit, Reamur atau Kelvin.

Berdasarka sejumlah penelitian, suhu sifatnya tidak nampak namun bisa dirasakan oleh tubuh manusia. Dalam pendangan sains, suhu banyak dibahas dalam ilmu fisika. Dimana sebagai ukuran kuantitatif dari temperatur, panas atau dingin dapat diukur menggunakan sebuah alat bernama termometer.

Sementara suhu tubuh adalah ukuran dari kemampuan akan tubuh untuk menghasilkan dan pastinya menyingkirkan panas yang ada di dalamnya. Kondisi semacam ini dapat dipicu karena beberapa hal mulai dari lingkungan atau dilihat dari kesehatan seseorang.

BACA JUGA: Struktur Lapisan Bumi Beserta Pengertiannya

Alat ukur suhu

suhu adalah
Kompas

Suhu adalah bahasa gaul yang menjelaskan tentang seorang guru dan paham akan segala hal yang mereka pelajari. Namun di sini suhu yang dibahas merupakan satuan ukuran untuk temperatur. Suhu bisa menunjukan ukuran tentang panas dan dinginnya benda.

Untuk menjelaskan mengenai suhu pada sebuah benda, maka secara kuantitatif, maka manusia sangat membutuhkan sebuah alat untuk mengetahui suhu. Maka munculah alat pengukur suhu bernama termometer.  Dalam perkembangan pembuatan termomter, ada dua jenis alat yang cukup umum digunakan. Pertama termometer padat dan selanjutnya adalah termometer cair.

Termometer zat cair yaitu termometer yang banyak dipakai dalam keperluan di laboratorium dengan skala mulai dari -10 derajat Celcius. Lalu untuk keperluan termometer suhu badan, maka diperlukan skala antara 35 derajat Celcius dan 45 derajat Celcius.

Sementara itu, termometer zat padat merupakan alat yang biasa digunakan untuk menentukan suhu yang lebih ekstrim. Sistem perhitungan suhu ini memanfaatkan logam bimetal yang akan menangkap suhu pada sebuah benda atau ruangan untuk dikirim ke pada satuan ukurannya. Kemudian ada juga termometer termokopel dan memanfaatkan aliran listrik dalam menentukan sebuah besaran suhu.

Selain termometer di atas, ada pula termometer ruangan. Termometer ini biasanya dipakai untuk mengetahui suhu suatu ruangan. Alat ini wajar dipakai pada daerah yang mempunyai empat musim sehingga perlu dialakukan untuk pengaturan suhu pada ruangan.

Skala suhu

suhu adalah
Tribun Jogja

Dalam suhu dikenal dengan pembagian suhu yang disebut dengan skala suhu. Pada kehidupan sehari-hari, masyarakt mengenal tiga jenis skala yaitu Celcius (C), Fahreinheit (F) dan Kelvin (K). Untuk mengetahui skala suhu, maka perlu didasarkan atas dua titik. Titik tetap bawah dan titik tetap atas. Penjelasan soal titik tetap bawah, selalu menunjukan titik beku sedangkan titik tetap atas lebih banyak menjelaskan tentang titik didih.

Agar lebih memahami dua titik tetap di atas maka bisa menyimak penjelasannya  di bawah ini:

  • Skala Celcius, maka titik bawahnya adalah 0 derajat dan titik atas skala Celcius adalah 100 derajat Celcius.
  • Skala suhu Fahreinheit mempunyai titik bawah adalah 32 derajat Fahrenheit dan titik atasnya maka bisa diketahui 212 derajat Fahrenheit.
  • Skala suhu Reamur mempunyai titik bawah 0 derajat Reamur dan titik atasnya diketahui mempunyai 80 derajat Reamur.
  • Suhu Kelvin punya titik bawahnya adalah 273 dan kemudian titik atasnya 373.

Pada suhu Kelvin biasanya kerap memakai angka nol mutlak dan tidak memakai derajat. Jadi bisa diartikan tidak memiliki energi panas sama sekali pada sebuah benda.

Perbandingan skala antara keempat jenis skala suhu:

°C : °R : °F : °K = 100 : 80 : 180 : 100

°C : °R : °F : °K = 5 : 4 : 9 : 5

Rumus suhu

Tribun

Memahami pengertian suhu kurang lengkap jika tak mempelajari rumus tentang suhu. Misalnya termometer pada skala Celsius memberikan keterangan suhu sama dengan skala Fahreinheit di suhu 40 derajat. Kemudian pada termometer Reamur memberikan keterangan suhu dan sama dengan termometer skala Fahreinhet di suhu -25,6 derajat.

Selain penjelasan mengenai suhu di atas, maka jika skala berbeda tentunya akan mengukur angka berbeda pula. Tentunya pada suhu yang sama. Supaya lebih mengetahui tentang rumus konversi satuan suhu adalah sebagai berikut:

Rumus Celcius ke Fahrenheit

T(°C)=9/5 T°C+32

Rumus Celcius ke Reamur

 T(°R)=4/5 T°R

Rumus Celcius ke Kelvin

T(K)=T°C+273

Fahrenheit ke Celcius

T(°C)=5/9 T°F-32

Fahrenheit ke Reamur

T(°R)=4/9 T°F-32

Fahrenheit ke Kelvin

T(K)=5/9 (T°F-32)+273

Reamur ke Celcius

T(°C)=5/4 T°R

Reamur ke Fahrenheit

T(°F)=9/4 T°R+32

Reamur ke Kelvin

T(K)=5/4 T°R+273

Kelvin ke Celcius

T(°C)=TK-273

Kelvin ke Fahrenheit

T(°F)=9/5 (TK-273)+32

Kelvin ke Reamur

T(°R)=4/5 TK-273

Suhu sudah menjadi hal yang tak terpisahnya dalam hidup kita. Sebab, suhu kerap dipakai untuk mengetahui berapa drajat sebuah benda, berapa dingin atau panasnya benda hingga mengetahui seberapa tinggi demamnya orang.

Demikian penjelasan mengenai suhu, mulai dari pengertian, skala, satuan hingga rumus. Suhu kerap digunakan dalam keperluan sehari-hari, untuk mengetahui panas dinginnya sebuah benda hingga zat cait. Semoga ulasan di atas dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kita akan suhu dan kegunaan pada kehidupan sehari-hari ya Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!