Tembaga sudah sangat familier di kehidupan kita. Sebab, kita bisa menemukan banyak barang yang menggunakan bahan ini di dalamnya. Manfaat tembaga juga sangat beragam dan sering dipakai dalam sebuah industri juga. Bahkan, tembaga juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho. Jadi gak heran lagi jika manfaat tembaga bagi manusia cukup banyak.

Mungkin Sedulur juga ada yang belum sepenuhnya tahu manfaat tembaga apa saja bagi kehidupan kita. Entah disadarai atau tidak, banyak barang yang Sedulur pakai bahannya terdapat tembaga di dalamnya. Mulai dari peralatan elektronik, benda-benda di rumah, bahkan mungkin sampai barang-barang di dapur.

Itulah kenapa rasanya penting untuk tahu apa saja manfaat tembaga bagi kehidupan manusia. Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja manfaatnya, yuk langsung scroll sampai bawah artikel ini!

BACA JUGA: Contoh Larutan Elektrolit Kuat & Lemah Beserta Perbedaannya

1. Untuk kontruksi bangunan

bosspanel.co.id

Jika melihat dari data di Amerika Serikat pada tahun 2019, setidaknya ada sebanyak 43 persen terkait penggunaan tembaga di dalam konstruksi bangunan. Manfaat tembaga untuk kontruksi bangunan ternyata bisa mencakup berbagai aspek. Misalnya seperti pipa saluran air, kabel-kabel, lapisan tahan cuaca, dan lain sebagainya.

Selain itu, tembaga juga sering digunakan pada bahan bangunan yang sering disentuh. Sebagai contoh seperti pagar atau teralis, gagang pintu, dan sejenisnya. Sebab, tembaga bisa memberikan tampilan yang menarik pada furniture rumah dan bisa tahan karat serta awet.

BACA JUGA: Pupuk NPK: Jenis-jenis, Fungsi, Manfaat & Cara Pakainya

2. Bahan pembuatan kabel listrik

dekoruma.com

Pada zaman yang serba maju seperti sekarang ini, listrik sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Bahkan, kalau boleh dibilang listrik memberikan banyak manfaat bagi segala aspek kehidupan manusia. Kita pun di rumah banyak menggunakan listrik untuk berbagai kebutuhan, seperti pompa air, penerangan, gawai, televisi, dan masih banyak lagi.

Nah, tembaga juga sangat penting perannya dalam pembuatan kabel listrik. Tanpanya, barang-barang kita di rumah tentu gak akan bisa dialiri listrik. Mengutip dari Kompas.com, setidaknya ada 30 persen penggunaan tembaga untuk kabel listrik. Bahan ini dipilih karena sifat tembaga yang fleksibel dan mampu menghantarkan arus listrik dan panas dengan baik. Selain itu, tembaga juga lebih aman daripada perak karena ketika dialiri listrik tegangan tinggi tidak akan terbakar.

BACA JUGA: Apa itu Erupsi: Pengertian, Jenis & Dampaknya

3. Tembaga untuk alat elektronik

hipwee.com

Jika diibaratkan, listrik seperti ‘nyawa’ di peralatan gadget atau gawai. Semua peralatan elektronik pasti membutuhkan listrik, entah langsung maupun lewat baterai. Jadi tembaga memiliki peranan penting untuk alat-alat elektronik. Tentunya hal ini tak lepas dari kawat yang terbuat dari tembaga.

Menurut Direktur International Copper Association (ICA) untuk Asia Timur dan Tenggara, Collin May, menyebutkan bahwa peralatan elektronik/listrik harus memiliki penghantar panas yang baik di era Industri 4.0. Artinya, tembaga sebagai solusinya karena menjadi penghantar panas yang baik karena memiliki tingkat konduksi 30 persen lebih tinggi ketimbang logam lainnya.

BACA JUGA: 15 Jenis Kabel Listrik untuk Rumah & Sistem Instalasinya

4. Menjadi bahan di industri otomotif

liputan6.com

Manfaat tembaga untuk industri otomotif juga sangat besar, ditambahkan dengan kemajuan teknologi saat ini. Salah satunya adalah pabrikan mobil yang memakai sistem transmisi otomatis pada kendaraan. Dalam hal ini tembaga memiliki peranan penting. Sebab komponen elektronik yang terdapat di dalamnya, tembaga punya tingkat konduksi dan campuran logam yang lebih baik untuk membuat transmisi kendaraan bisa berfungsi secara optimal.

5. Sebagai alat untuk permurnian air

kumparan.com

Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu manfaat tembaga untuk pertanian. Salah satunya adalah untuk pemurnian air. Tembaga sulfat adalah bahan yang sering digunakan oleh para petani sebagai bahan pembasmi alga di dalam air. Hasilnya, air menjani lebih jernih dan bersih.

6. Manfaat tembaga untuk kesehatan

kompas.com

Tembaga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mineral tembaga atau cuprum. Fungsinya untuk mendukung kinerja pembuluh darah, sistem saraf, sistem imun, pertumbuhan tulang, dan membantu pembentukan sel darah. Mineral tembaga ini bisa kamu dapatkan dari makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, kentang, jamur, dan masih banyak lagi.

Selain itu, tembaga juga banyak dimanfaatkan untuk pelapis antimikroba. Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), masker kain disinfektor berbasis lapisan tembaga bisa membantu untuk mematikan virus Corona jenis baru penyebab COVID-19. Caranya dengan memutus RNA dari virus yang menempel pada masker.

BACA JUGA: Arsitek: Pengertian, Tanggung Jawab & Skill yang Dibutuhkan

7. Bahaya tembaga bagi kesehatan

jovee.id

Meskipun bagi kesehatan tembaga punya banyak manfaat baik, tentu jika berlebihan ada efek buruknya. Bahaya tembaga bagi kesehatan jika terlalu berlebihan contohnya keracunan kronis yang bisa menimbulkan penyakit Wilson’s, yaitu terjadinya proses degeneratif pada otak dan sirosis pada hati. Kemudian penyakit pada paru-paru atau vineyard sprayer lung.

Sedangkan untuk penyakit Wilson’s, hal ini dikarenakan terjadi penumpukan tembaga pada organ tubuh seperti otak, kornea mata, dan hati. Sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkan kadar tembaga yang berlebihan itu.

8. Karakteristik logam tembaga

copperleluhur.com

Tembaga adalah logam yang berwarna merah keemasan dan fleksibel atau mudah dibentuk seperti untuk membuat kabel. Tembaga juga menjadi konduktor panas yang sangat baik dan punya beberapa karakteristik seperti bisa didaur ulang, tahan lama atau tidak berkarat, dan antibakteri. Selain itu, tembaga ternyata logam yang paling ramah lingkungan. Setidaknya 80 persen tembaga masih bisa didaur ulang dan digunakan kembali sampai sekarang.

BACA JUGA: Pengertian Produksi: Fungsi, Tujuan, Faktor, dan Tahapannya

9. Daerah penghasil tembaga

kompas.com

Tembaga memiliki banyak manfaat bagi segala aspek kehidupan. Itulah kenapa negara penghasil tembaga juga sangat banyak di dunia. Bahkan, Indonesia juga menjadi salah satu penghasil tambang terbesar, lho. Berikut ini adalah beberapa negara penghasil tembaga terbesar di dunia.

  1. Escondida, Chili: 1.400.000 ton per tahun
  2. Grasberg, Indonesia: 700.000 ton per tahun
  3. Collahuasi, Chili: 610.000 ton per tahun
  4. Buenavista del Cobre, Meksiko: 525.000 ton per tahun
  5. Morenci, Amerika Serikat: 520.000 ton per tahun
  6. Cerro Verde II, Peru: 500.000 ton per tahun
  7. Polar Division, Rusia: 450.000 ton per tahun
  8. Antamina, Peru: 450.000 ton per tahun
  9. Las Bambas, Peru: 400.000 ton per tahun
  10. El Teniente, Chili: 399.000 ton per tahun

Itulah tadi berbagai manfaat tembaga yang perlu Sedulur ketahui. Mungkin banyak dari kamu yang belum menyadari bahwa di sekitar kehidupan kita banyak yang menggunakan tembaga untuk berbagai keperluan. Nah, sekarang Sedulur gak perlu bingung lagi dengan manfaat tembaga untuk kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!