kabel listrik

Kabel listrik adalah benda yang mengalirkan listrik. Ibarat aliran air, kabel merupakan pipa yang mengalirkan listrik ke setiap bangunan. Sebagaimana air, listrik telah menjadi salah satu energi yang penting bagi kebutuhan hidup manusia, terutama kebutuhan rumah tangga, sekolah hingga perkantoran.

Tanpa adanya kabel ini, listrik tidak akan bisa mengalir ke setiap rumah. Kebutuhan manusia akan listrik sangat ditunjang oleh ketersediaan kabel listrik itu sendiri. Namun, kabel ini tidak hanya satu jenis saja. Terdapat beberapa jenis kabel yang digunakan untuk mengalirkan listrik.

Dalam kesempatan ini, kita akan bahas bersama jenis-jenis kabel listrik yang saat ini ada dan digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan harian. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Peluang Usaha Toko Listrik, Ini Analisa Modal & Untungnya

1. Kabel NYM

Shopee

Jenis kabel yang pertama merupakan yang paling umum digunakan, yaitu kabel NYM. Kabel ini merupakan jenis yang paling umum digunakan di setiap rumah, gedung atau jenis hunian lainnya. Kabel ini biasanya dilengkapi dengan 2, 3 atau 4 inti dengan isolasi PVC sebanyak dua lapis.

Hal tersebut membuat kabel jenis ini lebih aman dari jenis lainnya. Kelebihan dari kabel NYM yaitu dapat digunakan di lingkukan yang basah maupun kering. Namun di sisi lain, kekurangan dari kebel NYM yaitu tidak dapat ditanam atau digunakan di bawah tanah.

2. Kabel NYY

kabel listrik
Tokopedia

Jenis kabel yang kedua adalah kabel NYY, kabel ini terdiri dari 2, 3 atau 4 inti dengan material tembaga yang diisolasi dengan PVC. Kabel listrik NYY sangat aman untuk ditanam di dalam tanah karena isolatornya kuat dan tebal.

Memiliki karakter warna hitam, jenis kabel ini juga tahan terhadap air. Namun, sebaiknya kamu tetap melapisi kabel listrik NYY dengan pipa tambahan, utamanya untuk aliran listrik dengan tegangan tinggi.

3. Kabel NYA

Dekoruma

Kabel listrik selanjutnya yaitu kabel NYA. Sama dengan kabel NYM, kabel jenis ini yang paling umum digunakan untuk hunian. Kabel yang merupakan bentuk paling simple dalam jenis-jenis kabel lainnya. Jika Sedulur memperhatikan bentuk kabel ini, kabel NYA merupakan kabel berinti (konduktor) tunggal dan memiliki 1 lapis isolator PVC. Pada umumnya kabel NYA memiliki ukuran 1.5 mm2 dan 2,5 mm2.

Biasanya kabel ini digunakan untuk instalasi rumah. Seperti untuk penerangan dan instalasi dalam tembok lainnya. Kelebihan kabel ini yaitu berinti tunggal dan sangat mudah untuk digunakan juga mudah untuk dirangkai sendiri. Sedulur bisa memasang sendiri kabel ini untuk kebutuhan mendadak di rumah.

Dengan spesifikasi kabel NYA, tentu harga yang ditawarkan akan cukup murah dengan kegunaan yang cukup baik. Namun, di sisi lain kelemahan kabel ini yaitu mudah cacat dan rusak serta tidak cukup tahan terhadap air dan rawan akan pergantian cuaca. Biasanya, untuk hasil pemasangan kabel yang lebih maksimal, penggunaan harus dibarengi dengan pipa PVC.

4. Kabel NYAF

kabel listrik
Alibaba

NYAF merupakan jenis kabel listrik lainnya. Kabel ini sepintas jika dilihat memiliki bentuk yang sama dengan kabel NYA. Memang secara kontruksi sama, memiliki 1 konduktor dan 1 lapis isolator. Perbedaannya adalah kabel ini memiliki konduktor serabut. Sementara kabel NYA kawat utuh.

Kabel ini kebanyakan digunakan pada alat-alat elektrik dan panel power industri. Selain itu kabel ini juga diperuntukan untuk penghubung setiap komponen listrik yang membutuhkan fleksibilitas sangat tinggi.

5. Kabel NYYHY

Shin’yu Electric

Kabel NYYHY merupakan jenis kabel listrik tunggal, kabel ini memiliki kualitas konduktor dan isolator yang baik, kuat, dan sangat terjamin keamanannya. Biasanya kabel NYYHY berwarna hitam dan digunakan sebagai penghubung alat elektrik yang memiliki daya besar pada stop kontak rumah. Kabel ini biasa digunakan pada bor, gerinda, gergaji listrik, pompa air dan lain-lain.

Untuk harga dari kabel jenis ini beragam, berikut ini daftar harga yang dijual di pasaran:

  • 2 x 0,75 Rp448.000.00
  • 2 x 1,5 Rp768.000.00
  • 2 x 2,5 Rp1.040.000.00
  • 2 x 4 Rp1.236.000.00
  • 2 x 10 Rp3.280.000.00

6. Kabel NYMHY

kabel listrik
Lazada

Jenis kabel listrik selanjutnya yaitu kabel NYMHY, secara konstruksi kabel NYMHY memiliki konduktor tembaga yang berbentuk serabut dengan isolasi PVC. Warna kabel ini bisanya berwarna putih, dengan konduktor berjumlah 1, 2 atau 3, bergantung pada kualitas dari kabelnya.

Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk penghubung antara peralatan elektrik dan stop kontak rumah yang memerlukan kabel feksibel dan berubah arah kapan pun. Kabel ini digunakan sebagai penghubung mesin cuci, kulkas, dispenser, blender dan peralatan elektronik lain pada stop kontak rumah yang tentunya dengan situasi yang berbeda-beda.

Merk kabel listrik NYMHY yang terkenal adalah Supreme dengan harga yang dibandrol Rp604.800, Kabel listrik Supreme NYMHY 2×1,5 mm Rp940.800, kabel listrik Supreme NYMHY 2×2,5 mm, Rp1.478.400.

7. Kabel NYMHYO

Shopee

Kabel NYMHYO memiliki kontruksi yang sama seperti kabel NYM, namun kabel NYMHYO memiliki konduktor serabut. Tujuan kabel jenis ini hampir sama dengan kabel NYAF, hanya saja, kabel jenis ini lebih dikhususkan untuk peralatan elektronik yang memerlukan fleksibilitas dan arus rendah.

Jenis kabel listrik biasanya digunakan untuk sound system, loudspeaker, kabel auto-video, dan jenis barang elektronik lainnya. Kelemahan kabel ini yaitu mudah panas, terutama terhadap tekanan tinggi dan arus listrik yang tinggi. Maka dari itu, saat menggunakan kabel ini Sedulur perlu ekstra hati-hati.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan Online di Android

8. Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY

kabel listrik
Tokopedia

Jenis kabel listrik yang bagus lainnya adalah jenis kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY. Kabel NYFGbY/NYRGbY dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindung tambahan seperti pipa besi. Pada kondisi normal kedalaman pemasangan di bawah tanah adalah 80 cm.

Kelebihan dari kabel ini yaitu memiliki kualitas dan daya tahan yang sangat tinggi bahkan bila digunakan untuk ditanam di bawah tanah. Namun di sisi lain, kelemahan kabel jenis ini adalah harganya yang terlampau tinggi. Terlihat dari daya tahan dan spesifikasi kabel yang sangat bagus. Selain itu, kabel ini masih tetap membutuhkan pelindung (pipa) jika ingin melewati jalan, dan kondisi-kondisi tanah yang tidak stabil.

9. Kabel NYCY

Alibaba

Jenis selanjutnya yaitu kabel NYCY. Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel, dan alam terbuka. Kabel ini dapat disimpan dalam kondisi apa pun. Kering, panas, dingin, dan basah, di dalam ataupun di luar ruangan. Harga kabel listrik per meter sangat terjangkau, dan tidak sulit menemukan jenis kabel yang satu ini.

10. Kabel NGA

kabel listrik
Wikielektronika

Jenis selanjutnya adalah kabel NGA, kabel listrik terbuat dari tembaga yang dibungkus dengan bahan isolasi karet dengan jumlah inti tunggal. Kelebihan kabel NGA adalah memiliki tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi, tahan pemanasan inti kabel, serta tingkat isolasi listrik sangat baik.

Di sisi lain, kelemahan dari kabel ini yaitu karena bahannya karet, maka kabel ini jarang sekali bertahan lama. Oleh karenanya, pada beberapa jenis kabel NGA dibungkus lagi dengan isolasi kain untuk memperkuat kekokohannya. Biasanya kabel NGA ini digunakan untuk bahan seperti earphone, handsfree, headset, beberapa jenis mos dan jenis kabel yang bergerak setiap saat lainnya.

11. Kabel AAAC

Alibaba

Jenis selanjutnya adalah kabel AAAC, yang merupakan singkatan dari All Aluminium Alloy Conductor. Dari namanya, kabel ini terbuat dari alumunium magnesium-silicon, yang merupakan campuran logam. Dari bahan tersebut, tidak perlu ditanyakan lagi daya tahan dan kekuatan kabel ini untuk menghantarkan listrik.

Kabel ini terbuat dari paduan alumunium 6201. AAAC mempunyai suatu antikarat dan kekuatan yang baik, sehinga daya hantarnya lebih baik. Biasanya, kabel ini baik digunakan sebagai penghantar dan penangkal petir.

12.  Kabel ACSR

kabel listrik
Alibaba

Jenis kabel listrik selanjutnya adalah kabel ACSR. Kabel ini merupakan singkatan dari Aluminium Conductor Steel-Reinforced. Kabel jenis ACSR adalah salah satu jenis kabel yang banyak digunakan untuk saluran transmisi tegangan tinggi. Kabel ini sangat berbahaya dan tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Kabel ini biasa digunakan untuk tiang dan menara listrik dengan aliran listrik tinggi. Oleh karena itu, jenis kabel ini tidak sembarangan dijual dan tidak digunakan oleh masyarakat umum.

13. Kabel ACAR

Dekoruma

Kabel ACAR merupakan jenis kabel listrik selanjutnya. Merupakan singkatan dari Aluminium Conduktor Alloy Reinforced. Sebetulnya, secara kontruksi dan kegunaan, kabel ini sama persis dengan kabel ACSR. Namun, kabel ACAR sengaja dirancang dengan kualitas lebih baik untuk menyalurkan listrik yang lebih besar dan dengan tarikan yang lebih kuat.

14. Kabel NFA2X/NFA2X-T

kabel listrik
Indonetwork

Ini merupakan jenis kabel listrik selanjutnya. Kabel NFA2X merupakan kabel listrik yang berbahan konduktor alumunium yang dibungkus dengan isolasi tipe XLPE (Cross Linked Polyethylene). Hampir sama dengan kabel NFA2X, kabel NFA2X-T merupakan kabel berbahan konduktor alumunium yang berisilasi XLPE. Perbedaannya, kabel NFA2X-T memiliki bagian tengah ground netral.

15. Kabel BC

Produkanda

Terakhir adalah kabel BC, bagi Sedulur yang mencari kabel listrik kecil, kabel BC adalah pilihan yang tepat. BC merupakan singkatan dari Bare Copper. Kabel BC memiliki sistem konduktansi yang unik dan agak berbeda dengan kabel lain, di mana konduktornya terdiri dari full tembaga yang disatukan sehingga menghasilkan kontruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus.

Kabel BC lebih banyak digunakan untuk ground, atau digunakan di dalam tanah. Pada gedung atau bangunan tinggi, kabel ini sangat baik untuk digunakan sebagai kabel penghantar untuk penangkal petir. Kabel ini memiliki ukuran tegangan maks = 6 sampai 55 mm / 500V.

BACA JUGA: Cara Terbaik Menghemat Listrik Token/Pulsa, Mudah Banget!

Komponen dalam kabel listrik

kabel listrik
Jawa Pos

Dalam kabel listrik, umumnya terbuat dari dua komponen, yaitu konduktor dan isolator. Dua komponen tersebut yang membuat kabel dapat mengalirkan listrik. Penjelasan lengkap tentang kedua komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Konduktor adalah bagian kabel yang terdapat di dalam kabel, biasanya berbahan tembaga atau alumunium. Bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik.
  • Isolator adalah bagian kabel yang terdapat di sisi paling luar. Biasanya berbahan thermoplastik atau thermosetting. Bagian ini berfungsi untuk membungkus bagian konduktor agar terhindar dari kontak langsung lingkungan, khususnya manusia.

Sekian daftar jenis kabel listrik yang tersedia di pasaran yang umum digunakan untuk mengaliri listrik untuk kebutuhan umat manusia. Berdasarkan daftar di atas, Sedulur bisa menggunakan jenis kabel tergantung kebutuhan Sedulur. Jangan lupa untuk mempersiapkan biaya untuk membeli kabel sesuai kebutuhan rumah Sedulur. Hitung dan ukur kabel yang diperlukan, agar tidak boros dan Sedulur bisa tetap berhemat.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.