Pupuk NPK merupakan salah satu penyubur tanaman terbaik yang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama petani. Jenis ini mengandung beberapa unsur hara mikro dan makro, yaitu Nitrogen, Phospat atau Fosfor, dan Kalium. Sehingga, jika disingkat menjadi NPK.

Ketiga komposisi pupuk NPK itu bisa membantu pertumbuhan vegetatif, terutama daun. Karena memiliki manfaat yang berlimpah, vitamin tanaman ini sangat laris di pasaran. Untuk Sedulur yang sedang ingin terjun di dunia agrikultur atau mengenal lebih dalam tentang vitamin tanaman ini, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: 18 Tanaman Pilodendron: Jenis, Harga & Cara Merawatnya

1. Pengertian pupuk NPK

pupuk npk
Lazada

Pupuk NPK adalah jenis yang mempunyai kandungan tiga unsur hara makro, yaitu Nitrogen (N) Fosfor (P) dan Kalium (K). Selain unsur tersebut, beberapa produsen kerap menambahkan unsur hara mikro lainnya seperti boron, besi, klorida, mangan, kalsium, sulfur, tembaga, magnesium, seng, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk meracik sebuah formulasi yang disesuaikan dengan fungsinya. 

-->

Bentuk produk yang banyak beredar di pasaran pun cukup beragam. Vitamin tanaman yang berbentuk padat bisa berupa tablet, briket, pelet, bubuk, serta granul. Sedangkan bentuknya yang cair muncul dengan berbagai tingkat kelarutan. Setiap jenis merek mempunyai perbedaan komposisi kandungan dan tergantung dari kebutuhan tanaman yang akan diberikan vitamin.

2. Kegunaan pupuk NPK

pupuk npk
Kompas

Manfaat dari pupuk NPK cair dan padat pada dasarnya adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman supaya bisa berkembang dengan maksimal. Setiap unsur hara yang terletak di dalamnya mempunyai peran yang berbeda dalam membantu tanaman untuk tumbuh. Ketiga unsur hara makro primer tersebut adalah yang paling banyak dibutuhkan oleh tanaman.

  • Unsur N (Nitrogen). Unsur hara N berguna sebagai penyusun asam nukleat, asam amino (protein), klorofil, dan nukleotida. Hal ini bisa membuat tanaman menjadi lebih subur dan hijau. Selain itu, pertumbuhan tanamannya pun akan menjadi cepat dan kandungan proteinnya meningkat pada hasil panennya.
  • Unsur P (Phosphor). Unsur hara P berguna untuk menyalurkan dan menyimpan energi untuk semua aktivitas metabolisme tanaman. Adapun dampak positif dari unsur ini adalah terpacunya perkembangan jaringan, pertumbuhan akar, serta merangsang pembentukan bunga dan pematangan buah. Selain itu, unsur ini juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan terhadap berbagai penyakit.
  • Unsur K (Kalium). Fungsi dari unsur hara K salah satunya adalah sebagai aktivator enzim yang ikut serta dalam proses metabolisme tanaman. Tak sampai di situ saja, unsur ini juga bisa membantu proses penyerapan hara dan air dalam tanah. Kemudian, unsur ini juga bisa digunakan untuk membantu menyalurkan hasil asimilasi dari daun menuju seluruh jaringan tanaman.

BACA JUGA: 9 Manfaat Keladi Tikus, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker

3. Jenis pupuk NPK

Demfarm

Dikutip dari Katadata, jenis vitamin tanaman ini sangat beragam. Karena beragam, kandungan yang ada di dalamnya pun berbeda satu sama lain. Beberapa jenis vitamin tanaman ini pun beredar banyak di pasaran, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Zamrud 16:16:16. Jenis ini mempunyai bentuk granul yang bisa larut dalam air. Kandungannya dapat cepat diserap oleh tumbuhan. Adapun beberapa kandungan dalam jenis ini adalah fosfat 16%, nitrogen 16%, kalium 16%, magnesium 2%, dan kalsium 3%.
  • Mahkota 16:16:16. Jenis yang satu ini memiliki kandungan unsur hara N 16%, P2O5 (fosfat) 16%, K2O (kalium) 16%, dan CaF2 (kalsium) 2,9%. Jenis ini diketahui mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman.
  • Kebomas 16:16:16. Kebomas ini mempunyai bentuk granul dengan warna merah bata. Jenis ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu sekitar 2 hingga 4 mm. Kandungan yang terdapat di dalamnya adalah N 16%, P 16%, dan K 16%. 
  • Petro Nitrat 16:16:16. Jenis ini mempunyai berbagai keunggulan di antaranya adalah mengandung notral, memiliki kandungan Nitrat, Pospor, dan Kalium yang seimbang. Adapun komposisi unsur hara makro yang terdapat di dalamnya adalah  16% N, 16% P, dan 16% K. Petro nitrat juga merupakan pupuk NPK untuk bunga dan jenis tanaman lainnya.
  • Phonska. Jenis ini mempunyai kandungan N sebanyak 15%, P sebanyak 15%, K sebanyak 15%, dan S atau sulfur sebanyak 10%. Phonska mempunyai spesifikasi berbentuk granula berwarna merah muda. 
  • Ria Plus. Fungsi dari jenis ini adalah untuk membantu menambah jumlah anakan serta membuat daunnya menjadi lebih hijau dan subur. Sehingga, jenis yang satu ini sangat cocok untuk menambah unsur hara pada tumbuhan. 
  • Mutiara 16:16:16. Kegunaan pupuk NPK Mutiara adalah untuk mempercepat pertumbuhan pada tanaman. Jenis ini menjadi yang paling banyak digunakan oleh para pencinta tanaman. Bentuk dari Mutiara adalah granul berwarna biru dan dikemas dalam plastik. 

4. Cara menggunakan pupuk NPK

Rumah123

Hal lain yang tidak kalah penting dari jenis dan kegunaan pupuk NPK adalah cara menggunakannya. Vitamin pada tanaman ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu metode kocor dan metode tabur. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing caranya.

Metode kocor 

  • Siapkan timba yang berisi air bersih. 
  • Tambahkan pupuk sesuai dengan takaran yang disarankan.
  • Aduk sampai larut. 
  • Masukkan larutan yang telah diaduk ke dalam alat kocor. 
  • Aplikasikan di sekitar akar tumbuhan.

Metode tabur 

  • Pertama, buat lubang parit atau pemupukan pada sekitar akar tumbuhan.
  • Sendok dan takar pupuk sesuai dengan yang sudah ditentukan.
  • Taburkan pada lubang pemupukan atau parit yang telah dibuat.
  • Setelah ditabur, tutup lubangnya menggunakan tanah.
  • Hal ini penting untuk dikerjakan supaya tidak hanyut terbawa oleh air serta menguap karena paparan sinar matahari.
  • Atur waktunya dan selingi menggunakan vitamin tanaman organik jika diperlukan.

Telah diketahui sebelumnya bahwa jenisnya cukup beragam. Selain komposisi atau kandungannya, yang membedakan masing-masing jenisnya adalah harga jualnya. Jika dilihat dari beberapa jenis yang banyak dijual, pupuk NPK harganya berkisar antara 11 sampai 15 ribuan per kilo. 

Demikian ulasan mengenai pupuk NPK, mulai dari pengertian, jenis, hingga cara menggunakannya dengan benar. Tumbuhan yang Sedulur tanam dijamin tumbuh subur jika rutin menyiram dengan vitamin ini dengan takaran yang tepat dan merawatnya setiap hari. Semoga berhasil!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.