iptek adalah

IPTEK adalah akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Penggunaan kata tersebut seringkali Sedulur dapati pada konteks-konteks pembahasan perkembangan teknologi atau ilmu pengetahuan.

Perkembangan IPTEK adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai macam aspek dalam kehidupan yang kita nikmati sekarang tidak lain adalah karena perkembangan tersebut.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan IPTEK? Dalam artikel ini, Sedulur akan mempelajari pengertian IPTEK adalah, manfaat, dan juga dampak-dampaknya.

BACA JUGA: 12 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Berikut Daftarnya

Pengertian IPTEK adalah

Depositphotos

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), IPTEK singkatan dari atau akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan ilmu yang mempelajari berbagai macam perkembangan teknologi dengan berdasarkan serta mempraktekkan kaidah-kaidah dalam ilmu pengetahuan.

Untuk mendapatkan definisi yang lebih valid, kita dapat membagi lagi pengertian IPTEK menjadi dua berdasarkan kata penyusunnya, yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi. Masih mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu pengetahuan merupakan gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat. 

Sedangkan kata teknologi merujuk pada ilmu pengetahuan terapan tentang metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Teknologi juga dapat memiliki maksud keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Jadi tidak heran jika kemajuan iptek adalah hal yang tidak bisa dihindari manusia ketika hidup.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Rumah Kayu Sederhana Cantik dan Menawan

Korelasi antara ilmu pengetahuan dan teknologi

Depositphotos

Telah kita ketahui bersama bahwa IPTEK adalah akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. IPTEK sendiri merupakan salah satu ilmu yang mendalami berbagai perkembangan teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan.

Nah, dari pengertian tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi memang dua aspek yang saling berdampingan. Teknologi menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah atau mencari solusi, dan ilmu pengetahuan menggunakan teknologi untuk membuat dan mencapai penemuan-penemuan baru. 

Lebih lanjut lagi, tujuan ilmu pengetahuan adalah untuk menjawab pertanyaan dan menambah pengetahuan. Di sisi lain, tujuan teknologi adalah untuk menemukan solusi dari masalah praktis.

Walaupun memang secara tersirat kedua bidang tersebut memiliki tujuan yang berbeda, tetapi justru perbedaan tersebut lah yang melengkapi kebutuhan kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan juga teknologi. 

Sebagai contoh, ilmu pengetahuan ilmiah digunakan oleh para ilmuwan NASA (National Aeronautics and Space Administration) untuk menemukan teleskop luar angkasa. Dari teknologi teleskop luar angkasa tersebut, para ilmuwan akhirnya bisa mengeksplorasi luar angkasa untuk menambah berbagai ilmu pengetahuan.

Tanpa ilmu pengetahuan, maka tidak ada teknologi. Tanpa teknologi, maka ilmu pengetahuan tidak dapat berkembang.

BACA JUGA: Cara Tambah Followers Instagram Gratis, Mudah & Aman

Manfaat IPTEK adalah

iptek adalah
Depositphotos

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa IPTEK banyak membawa manfaat bagi kehidupan kita semua. Manfaat utama dari IPTEK adalah tentu saja membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah. 

Ilmu pengetahuan memberikan manusia kesempatan untuk mencari solusi dari berbagai macam problematika, seperti dalam pendidikan, keadilan, sosial, budaya, etika, moral, dan lain sebagainya. Ilmu pengetahuan pun kemudian menciptakan bermacam-macam teknologi yang membawa segudang kemudahan bagi peradaban manusia.

Secara umum, dapat kita analisis manfaat IPTEK sebagai berikut.

  • Mempermudah hubungan komunikasi.
  • Meringankan pekerjaan manusia.
  • Membuat waktu kerja lebih efisien.
  • Membantu manusia untuk memanfaatkan dan meningkatkan berbagai sumber daya agar menunjang keberlangsungan hidup manusia.
  • Mengoptimalisasi pemanfaatan berbagai sumber daya secara berkualitas.
  • Menghasilkan banyak industri dan perusahan baru yang bergerak di banyak bidang. Secara tidak langsung hal tersebut akan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi pengangguran.
  • Mengurangi penggunaan sumber daya konvensional yang semakin langka.
  • Membawa peradaban manusia ke arah yang lebih maju dan lebih modern.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan & Cara Konsumsinya

Dampak IPTEK adalah dalam berbagai aspek

iptek adalah
Depositphotos

Sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan pemanfaatan IPTEK. Manfaat IPTEK adalah mempermudah hubungan komunikasi, meringankan pekerjaan manusia, membuat waktu kerja lebih efisien, dan lain sebagainya.

IPTEK serta manfaat-manfaat tadi tentunya akan memberikan dampak signifikan terhadap aspek-aspek dalam kehidupan kita. Penjelasan dari dampak IPTEK adalah sebagai berikut.

BACA JUGA: 10 Ciri Ciri Sakit Ginjal Tahap Awal, Jangan Sampai Diabaikan

1. Dalam aspek informasi dan komunikasi

  • IPTEK memodernisasi dan mempermudah layanan perbankan.
  • IPTEK meningkatkan teknologi komunikasi manusia walaupun individu tersebut berada pada jarak yang jauh. Contoh IPTEK adalah di tengah suasana pandemi COVID-19 ini, sebagian kita tidak hanya dapat berkomunikasi jarak jauh tetapi juga kerja jarak jauh, dari rumah, atau dari tempat lain.
  • IPTEK mempermudah mengirim dan menerima informasi. Dengan begitu, kecepatan, keakuratan, dan juga ketepatan informasi akan lebih terjaga.

2. Dalam aspek ekonomi dan industri

  • Dari masa ke masa, pertumbuhan ekonomi semakin meninggi.
  • Produktivitas dalam dunia industri sangat terbantu dengan berkembangnya IPTEK.
  • Meningkatkan daya saing di antara masyarakat. Alhasil, mau tidak mau kita harus senantiasa memperluas wawasan dan keahlian agar tidak tertinggal dengan yang lain.

3. Dalam aspek pendidikan

  • IPTEK membuat penggunaan media massa elektronik menjadi lazim. Media massa tersebut dapat menjadi sumber ilmu dan informasi dalam dunia pendidikan.
  • IPTEK memunculkan berbagai macam metode pembelajaran yang baru yang bisa tenaga pengajar manfaatkan. Sehinggan, para pelajar lebih mudah untuk menerima serta memahami materi-materi pelajaran.
  • IPTEK di Indonesia membuat sistem pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Proses pembelajaran tidak lagi perlu bertatapan muka dan dilakukan di dalam kelas, kegiatan tersebut dapat juga dilakukan dengan jarak yang jauh sekalipun.
  • IPTEK mempermudah tenaga pengajar dalam mengolah nilai dan melakukan pengarsipan. Dulu, semua kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara yang manual, termasuk dalam penilaian dan juga penyimpanan berkas oleh tenaga pengajar atau guru. 

Saat ini, dengan semakin berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi, semua aktivitas tersebut sudah bisa dilakukan secara efisien dengan memanfaatkan komputer dan berbagai teknologi canggih lainnya demi kemudahan pekerjaan.

4. Dalam aspek politik

  • Kelas menengah baru ini muncul, dengan gaya hidup khas serta keterampilan kelas menengah yang dapat menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik.
  • Regenerasi pemimpin terus terjadi seiring dengan perkembangan IPTEK yang tiada henti.
  • Regionalisme dan proteksionisme semakin sering digalakkan untuk melahirkan kekuatan ekonomi.

5. Dalam aspek sosial dan budaya

  • Mempermudah untuk masyarakat luar mempelajari budaya kita, kita mempelajari budaya masyarakat luar, atau dengan kata lain pertukaran budaya yang cepat.
  • Mempermudah pendistribusian karya-karya anak bangsa seperti dalam aspek sosial dan budaya, seperti musik, film, fashion, maupun furniture ke negara luar. Pendistribusian tersebut kemudian akan memperkuat identitas negara.

Di atas merupakan pembahasan dari pengertian IPTEK adalah, manfaat, serta dampaknya terhadap kehidupan kita. IPTEK merupakan singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia merupakan salah satu ilmu yang mendalami berbagai perkembangan teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan. Bahkan, ilmu iptek juga berdampak dalam unsur regiliusitas pada keagamaan seseorang. Misalnya pengaruh iptek dalam Islam bisa terlihat dari syiar ajaran dari Rasulullah yang semakin luas dan mudahnya seseorang dalam beribadah seperti mengaji lewat ponsel.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.