ciri ciri sakit ginjal

Penting untuk mengetahui ciri ciri sakit ginjal, terutama bagi Sedulur yang memiliki riwayat sakit ginjal. Karena jika tidak diatasi dan semakin parah, dapat menyebabkan gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri sebuah kondisi dimana ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Kondisi tersebut akan menyebabkan berbagai komplikasi penyakit lainnya, oleh karena itu Sedulur perlu mengetahui ciri ciri sakit ginjal agar dapat melakukan pencegahan dan pengobatan dengan cepat. Pasalnya, ginjal sendiri memiliki fungsi sebagai penyaring limbah beracun dan juga menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Ketika gagal ginjal terjadi, tentu hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang dan membuat berbagai penyakit bisa diderita oleh tubuh. Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri sakit ginjal yang wajib kamu ketahui sebagai pengetahuan dasar dan awal. Yuk, mari langsung saja kita simak!

BACA JUGA: 6 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

-->

1. Gampang lelah

ciri ciri sakit ginjal
Fimela

Pertama yaitu gampang lelah. Mudah lelah merupakan ciri-ciri sakit ginjal pada wanita atau pria. Dengan menurunnya fungsi ginjal, racun dan kotoran akan menumpuk dalam darah. Ini yang menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan lemah.

Sedulur juga akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Kendati pada awalnya Sedulur merasa tubuh dan kesehatan Sedulur baik-baik saja, namun secara perlahan setelah masuk makan, Sedulur akan merasa lelah dan lemah. Jika terus dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan anemia.

2. Kulit Kering

RS Harum

Ciri-ciri sakit ginjal pada pria dan wanita selanjutnya adalah kulit kering dan gatal. Kulit yang tiba-tiba menjadi kering dan gatal terkadang bukan mengindikasikan adanya penyakit kulit. Bisa saja itu merupakan tanda ada gangguan dalam kadar mineral dan tulang yang sering mengintai pengidap gagal ginjal stadium lanjut.

Munculnya gejala kulit kering dan gatal menandakan bahwa ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Tanda sakit ginjal sebelah kanan bisa dirasakan pada kulit, karena fungsi ginjal untuk menjaga keseimbangan tubuh sudah tidak berfungsi.

3. Mengeluarkan darah ketika buang air kecil

ciri ciri sakit ginjal
Head Topics

Ciri ini bisa dikatakan merupakan ciri ciri sakit ginjal stadium awal. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring, memisahkan limbah dari darah dan kemudian diproses menjadi urine. Ketika ginjal gagal melakukan fungsi tersebut, maka proses akan terganggu sehingga membuat darah bercampur dalam urine.

Selain sebagai tanda gagal ginjal awal, kondisi ini juga bisa menjadi tanda adanya penyakit lain seperti infeksi atau batu ginjal. Jika kondisi ini terus semakin parah, kita bisa langsung konsultasi dengan dokter dan meminta obat penyakit ginjal stadium awal.

4. Urine berbusa

GenPI

Ciri ciri sakit ginjal dan cara mengatasinya bisa diketahui dengan berkonsultasi dengan dokter ahli. Namun ciri sakit ginjal selanjutnya yang umum dialami adalah urine yang berbusa. Adanya busa pada urine menandakan fungsi ginjal yang terganggu. Busa pada urine menandakan bahwa terdapat protein dalam urine. Protein yang biasa ditemukan pada urine adalah albumin, yaitu protein yang juga ditemukan pada telur.

5. Pergelangan kaki bengkak

Fimela

Gejala selanjutnya yang akan kamu rasakan jika memiliki masalah pada ginjal yaitu pergelangan kaki dan kaki yang bengkak. Hal ini bisa terjadi karena banyak mengkonsumsi makanan penyebab sakit ginjal, seperti makanan yang mengandung garam yang tinggi dan makanan yang mengandung natrium.

Penurunan fungsi ginjal menyebabkan terjadinya retensi natrium dan menimbulkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Kaki, lengan, tangan, dan wajah, merupakan beberapa bagian tubuh yang paling rentan mengalami pembengkakan ketika terjadi masalah pada ginjal.

6. Pembengkakan di area mata

Deposit Photos

Ciri ciri sakit ginjal sama disebabkan dengan pergelangan kaki yang bengkak. Atau bisa terjadi akibat ginjal membocorkan protein dalam darah yang membuat pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, salah satunya pada area mata. Tentu jika kondisi ini terjadi, Sedulur wajib langsung konsultasi ke dokter.

BACA JUGA: 12 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah, Wajib Diketahui!

7. Nafsu makan menurun

ciri ciri sakit ginjal
Deposit Photos

Ada banyak sakit yang ciri-cirinya adalah nafsu makan yang menurun, salah satunya adalah sakit ginjal. Karena ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka banyaknya racun yang menumpuk. Penumpukan racun ini dapat membuat kita tidak nafsu untuk makan. Sehingga kondisi akan semakin buruk.

8. Kram otot

Head Topics

Ciri ciri sakit ginjal yang akan kamu alami ketika sakit semakin parah adalah otot yang mengalami kram. Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat adanya gangguan ginjal. Akibatnya, beberapa nutrisi seperti fosfor maupun kalsium dapat mengalami penurunan sehingga menyebabkan kram otot.

9. Sering buang air kecil

Head Topics

Meningkatnya buang air kecil merupakan tanda sakit ginjal. Ketika kamu sering buang air kecil di malam hari dan mengganggu waktu tidur, kamu harus segera cek kesehatan ke dokter. Bukan hanya sakit ginjal, namun bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

10. Lidah terasa tidak enak

Deposit Photos

Ciri ciri sakit ginjal terakhir adalah lidah yang terasa tidak enak seperti merasakan pahit. kondisi ini dipengaruhi penumpukan limbah di dalam darah.  Perubahan rasa tersebut tak jarang juga membuat penderita bau mulut dan tidak nafsu makan. Segalanya akan mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Nah itulah tadi beberapa ciri ciri sakit ginjal, semoga penjelasan di atas bisa Sedulur jadikan sebagai pembelajaran agar Sedulur lebih menyadari lagi tentang pentingnya kesehatan tubuh, terutama tubuh bagian dalam yang memang sangat berperan dalam menjaga tubuh agar tetap bugar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.