Rumah kayu sederhana cantik menjadi salah satu properti primadona akhir-akhir ini. Pasalnya, kebanyakan dari masyarakat kita semakin berani untuk mencoba hal-hal baru, salah satunya dalam desain rumah.

Rumah kayu sederhana cantik dapat memberikan kesan menyatu dengan alam dan kehangatan. Selain itu, apabila dibuat dengan tepat, rumah kayu dapat tampil dengan kesan elegan, mewah, dan mahal. Terlebih lagi mengingat iklim Indonesia yang tergolong tropis, rumah kayu akan sangat terlihat indah dengan latar belakang lingkungan sekitar yang penuh pepohonan hijau serta bermacam-macam jenis tumbuhan.

Sedulur tertarik untuk membangun rumah kayu? Yuk, coba simak 10 inspirasi rumah kayu sederhana cantik berikut ini!

BACA JUGA: 19 Inspirasi Desain Rak Buku untuk Mempercantik Hunian Anda

-->

10 inspirasi rumah kayu sederhana cantik

Dengan semakin berkembangnya berbagai macam desain hunian, bahan baku utama dari pembuatan rumah pun semakin beragam. Tidak perlu harus selalu menggunakan bahan baku konvensional untuk membangun rumah seperti semen dan batu bata, tetapi kayu pun dapat menjadi solusi untuk menciptakan hunian indah, nyaman, dan juga aman.

Lantas, ketika kita sudah mantap dengan memilih kayu sebagai bahan dasar utama pembangunan rumah kita, bagaimana dengan desainnya? Daripada berlarut-larut dalam kebingungan, simak ulasan mengenai 10 inspirasi rumah kayu sederhana cantik berikut ini!

BACA JUGA: 10 Inspirasi Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Terbaru

1. Rumah kayu sederhana cantik

rumah kayu sederhana cantik
Wallpapers.com

Rumah kayu sederhana cantik tentunya dibuat dengan mengutamakan kenyamanan untuk para penghuninya, serta desain yang enak dipandang mata. Sedulur dapat membuat rumah kayu ini dengan sederhana, dihiasi oleh teras kecil dan bangku untuk bercengkrama di depan rumah. Selain itu, Sedulur juga dapat menambahkan loteng di atas atap sebagai sarana penyimpanan barang.

2. Rumah kayu terjangkau

rumah kayu sederhana cantik
Pinterest

Ingin membuat rumah kayu unik dan cantik tetapi hanya sekedar untuk bersantai bersama keluarga atau dipakai bermain anak-anak? Buat saja rumah kayu sederhana cantik dengan harga yang terjangkau seperti ini. 

Walaupun dengan harga yang lebih murah dibanding yang lain, tetapi tentunya rumah kayu ini tetap dapat mempertahankan fungsi aslinya. Selain itu, ukurannya yang mayoritas sangat kecil, dapat dengan mudah dibangun di halaman belakang sebagai sarana hiburan keluarga.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Keramik Garasi Terbaik Anti Pecah Nan Mempesona

3. Rumah kayu papan sederhana di desa

rumah kayu sederhana cantik
Prefab Wooden Homes

Beberapa desa di Indonesia memang menggunakan rumah dari bahan dasar utama kayu sebagai rumah khasnya. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satu faktor tersebut adalah melimpahnya komoditas kayu di beberapa daerah Indonesia. 

Nah, rumah kayu papan sederhana khas desa-desa ini dapat menjadi inspirasi dalam menentukan desain apa yang akan digunakan pada rumah kayu Sedulur. Rumah dengan bahan dasar kayu seperti di desa tentunya akan mengingatkan kita akan kampung halaman dan betapa hangatnya kebersamaan keluarga.

4. Rumah kayu mungil berpanggung

rumah kayu sederhana cantik
Pinterest

Sedulur pun dapat membangun rumah kayu mungil dengan konsep berpanggung. Rumah jenis ini mirip dengan rumah adat dari daerah Jambi, yang biasa disebut juga dengan Rumah Panggung Kajang Lako. 

Selain dapat mengakomodasi para penghuninya di dalam rumah, rumah kayu mungil berpanggung ini dapat menyimpan berbagai macam barang di bawahnya, terutama barang-barang yang sifatnya outdoor. Bagaimana? Apakah Sedulur tertarik dengan bangunan rumah kayu mungil berpanggung ini?

BACA JUGA: 22 Inspirasi Taman Minimalis untuk Percantik Halaman Hunian

5. Rumah kayu minimalis

GMBOEL

Konsep minimalis masih menjadi favorit kebanyakan orang. Salah satunya adalah mereka yang sedang mencari inspirasi rumah kayu. Unsur-unsur minimalis dapat diterapkan pada bangunan rumah kayu agar semakin cantik. Tentunya, fungsi-fungsi utama dari sebuah rumah tidak boleh dikorbankan hanya karena mengedepankan unsur minimalis.

6. Rumah kayu pinggir pantai

Trip.com

Memiliki tanah di dekat pantai? Yuk, coba bangun rumah kayu dengan nuansa laut dan pantai yang kental. Suasana alam pinggir laut serta deburan ombak akan selalu menjadi penghias dari bangunan rumah kayu tersebut. Modelnya pun dapat Sedulur buat bermacam-macam, khas rumah-rumah di Hawaii, Maladewa, atau dapat mencontoh beberapa bangunan pinggir pantai yang ada di daerah Kepulauan Nusa Tenggara.

BACA JUGA: 22 Inspirasi Desain Plafon Rumah, Bikin Hunian Semakin Cantik

7. Rumah kayu sekitar bukit

Architectural Designs

Dari pantai, sekarang kita menuju ke daerah perbukitan. Rumah kayu pun ternyata cocok loh, untuk dibangun di wilayah bukit. Pasalnya, bahan dasar utama kayu yang digunakan akan memberikan kehangatan tersendiri bagi para penghuninya. Selain itu, warna coklat dari kayu akan sangat menyatu dengan hamparan langit yang biru dan juga pepohonan yang luas.

8. Rumah kayu mewah ala Amerika

Vartur Real Estate

Model rumah kayu sederhana cantik berikutnya adalah model ala Amerika. Sedulur pastinya pernah menonton serial film Twilight. Cerita dalam film tersebut berlatar belakang pohon-pohon pinus menjulang dengan matahari yang jarang terlihat. Apabila Sedulur memperhatikan, terdapat beberapa rumah kayu model Amerika yang nampak mewah dan khas di sepanjang film tersebut. 

Nah, model rumah tersebut kemudian dapat menjadi inspirasi desain rumah kayu sederhana cantik yang akan Sedulur bangun. Rumah kayu mewah ala Amerika tersebut tentunya akan memberikan penampilan yang sangat berbeda dari kebanyakan rumah kayu lainnya.

9. Rumah kayu serba hitam

Archiline Wooden Houses

Bosan dengan warna kayu yang serba coklat? Bagaimana jika kayu-kayu tersebut diwarnai menjadi hitam? Pasti dari luar penampilannya akan sangat mencolok, ya! Tetapi tunggu dulu, rumah kayu serba hitam ini tentunya akan menambah kesan elegan dari bangunan tersebut. Tentunya juga akan menjadi salah satu bangunan yang paling unik di lingkungan sekitar Sedulur. Tertarik untuk mencoba ide ini?

10. Rumah kayu modern dengan batu alam

ArchDaily

Jika Sedulur ingin variasi-variasi lain dari sebuah bangunan rumah kayu minimalis modern, tidak ada salahnya untuk mencoba menambahkan aksen batu-batu alam ke setiap sudut rumah. 

Pasalnya, kayu dan batu alam adalah salah satu pasangan yang cocok, baik itu di alam maupun pada saat digunakan untuk membangun rumah. Batu alam kemudian dapat menambah kesan elegan dari rumah kayu campur batu yang Sedulur bangun.

Itulah 10 inspirasi rumah kayu sederhana cantik dan menawan bagi Sedulur. Inspirasi tersebut meliputi rumah kayu sederhana, rumah kayu dengan harga terjangkau, rumah kayu khas pedesaan, rumah kayu model panggung, rumah kayu minimalis, rumah kayu pinggir pantai, rumah kayu sekitar bukit, rumah kayu ala Amerika, rumah kayu serba hitam, serta rumah kayu modern bernuansa batu alam.

Semoga artikel ini dapat menambah ide serta inspirasi dalam pembangunan hunian Sedulur dan keluarga, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.