intervensi adalah

Dalam dunia politik, ekonomi dan sosial budaya terdapat istilah yang sering didengar, yaitu intervensi. Menurut KBBI, intervensi adalah  campur tangan dalam perselisihan yang terjadi antara dua pihak. Sedangkan menurut  Cambridge Dictonary, intervensi adalah tindakan dengan sengaja terlibat dalam kondisi yang sulit, untuk memperbaikinya atau mencegahnya menjadi lebih buruk.

Intervensi juga dapat diartikan sebagai sebuah tindakan memasukkan satu hal di antara yang lain, seperti orang yang mencoba membantu. Seringkali intervensi bertujuan untuk membuat keadaan menjadi lebih baik. Akan tertapi, bisa juga intervensi dianggap sebagai tindakan yang merugikan salah satu pihak. Berikut pengertian intervensi, dan juga contohnya yang perlu Sedulur ketahui.

BACA JUGA : Reformasi adalah? Yuk Simak Penjelasannya Disini!

Pengertian

intervensi adalah
pixabay

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), intervensi adalah campur tangan dalam perselisihan yang terjadi antara dua pihak (golongan, orang bahkan negara) yang bertujuan untuk dapat mewujudkan tujuan tertentu terhadap pihak yang diinterferensi.

Akan tetapi, intevensi bukan berarti selalu ikut campur untuk hal yang negatif. Akan tetapi juga dapat turut campurnya suatu pihak untuk dapat membantu permasalahan dari pihak yang bersangkutan.

Pengertian intervensi menurut para ahli

merdeka.com

Agar lebih memahami tentang intervensi berikut pengertiannya menurut para ahli.

1. Parry dan Grant

Menurut Parry dan Grant Intervensi adalah ikut campurnya sebuah negara dengan cara diktator dalam kaitannya dengan negara lain dengan sebuah tujuan untuk menjaga sebuah negara atau juga untuk mengubah kondisi aktual tertentu.

2. Lauterpach

Menurut pendapat Lauterpach Intervensi adalah campur tngan sebuah negara dengan cara diktator mengenai urusan negara-negara lain dengan dimaksudkan untuk memelihara atau mengubah suatu situasi, keadaan, atau barang pada negara tersebut.

3. JG Starke

Intervensi merupakan suatu bentuk propaganda atau kegiatan lainnya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan untuk mendorong terjadinya revolusi atau perang saudara di negara lain.

4. Black’s Law Dictionary

Intervensi adalah campur tangan suatu negara dengan kekerasan atau bahkan ancaman kekerasan dalam urusan internal negara lain atau yang timbul di antara negara lain.

5. Dr. Wirjono Prodojodikoro

Menurut Dr Wirjono, dalam hukum internasional intervensi, itu tidak selalu mengacu pada semua bentuk campur tangan negara asing di dalam urusan negara lain karena campur tangan tersebut memiliki sifat menekan dengan media kekerasan atau juga ancaman untuk melakukan sebuah tindak kekerasan apabila keinginannya tersebut tidak dipenuhi. Kini, intervensi kerap kali digunakan dalam bidang politik, Kesehatan, Pendidikan, psikologi, keperawatan dan yang lainnya.

6. James Rosenau

Menurut pendapat James, intervensi dapat dibedakan dari instrumen pokitik luar negeri lainnya melalui dua factor, diantaranya yaitu :

  •  Bahwa intervensi membedakan diri dengan tajam dalam hal cara menyelenggarakan hubungan antarnegara yang konvensional.
  •  Bahwa intervensi secara sadar dilakukan untuk mengakibatkan perubahan politik yang mendasar di negara yang dijadikan sasaran intervensi.

BACA JUGA : Pengertian Informasi Beserta Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Macam-macam

intervensi adalah
pixabay

Setelah mengetahui pengertian intervensi, berikut macam-macam intervensi yang perlu Sedulur ketahui.

1.Interverensi hukum

Intervensi hukum adalah campur tangan pihak ketiga dalam suatu perkara atau hukum perdata yang sedang berlangsung di antara pihak penggugat dan tergugat.

2.Intervensi pemerintahan

Intervensi pemerintahan adalah implementasi dari beberapa Tindakan yang memang sengaja dilakukan untuk mendapat menekan pihak tertentu. Hal ini tentu dilakukan oleh aparat pemerintahan dengan tujuan untuk melancarkan jalannya proses perencanaan kerja, dimana pada umumnya bertujuan untuk dapat meraih hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Intinya dengan arti lain, sebagai usaha peningkatan kualitas kebijakan.

3.Intervensi keperawatan

Intervensi keperawatan adalah adanya sebuah Tindakan campur tangan dari pihak perawat dan juga dokter yang sengaja dilakukan supaya dapat membantu para pasiennya. Artinya intervensi keperawatan adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk menyembuhkan pasien atau juga meningkatkan kualitas kesehatannya.

4.Intervensi Kesehatan

Menurut pendapat Bulechek serta McCloskey, intervensi Kesehatan adalah sebuah Tindakan logis dan masuk akal yang dilakukan dengan sengaja dalam kepentingan klien atau juga pasien. Hal ini biasanya dilakukan berdasarkan perintah atau keputusan dokter atau pihak yang mempunyai wewenang dalam membuat keputusan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam dunia kesehatan tidak hanya dapat dilakukan oleh salah satu pihak dari badan kesehatan saja, seperti dokter. Akan tetapi juga dapat dilakukan oleh pihak lain yang turut serta memberikan saran atau juga mendukung terjadinya intervensi tersebut.

5.Intervensi psikologi

Intervensi adalah program yang bersifat preventif, kuratif dan juga promotif untuk membekali dan memanfaatkan kemampuan-kemampuan psikologis individu, kelompok atau organisasi dalam menyesuaikan diri dengan situasi perubahan di lingkungannya. Intervensi yang dapat dilakukan antara lain yaitu:

  1. Feedback (umpan balik).
  2. Konsultasi.
  3. Konseling.
  4. Terapi.
  5. Pelatihan atau program pengembangan individu, kelompok dan organisasi.

BACA JUGA : Moral adalah: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya

Bentuk-bentuk

iStock

Menurut pendapat pendapat Kevin J Holstri, berikut bentuk-bentuk dari intervensi.

  1. Intervensi diplomatik, umumnya dilakukan oleh seorang diplomat.
  2. Interferensi klasik, merupakan intervensi yang bersifat rahasia seperti penyadapan informasi untuk kepentingan tertentu.
  3. Pameran kekuatan kekuatan militer, merupakan sebatas untuk show up atau Latihan aksi militer tanpa harus mengirimkan ekspedisi anggota militer asli.
  4. Subversi, merupakan gerakan politik dan militer bawah tanah yang sudah terorganisir.
  5. Intervensi militer, merupakan sebuah pengiriman ekspedisi milikter untuk menunjang sebuah pemerintahan dalam sebuah negara.
  6. Gerilya, merupakan gabungan dari subvensi serta system perang jenis konvensional. Gerilya tidak selalu hasil intervensi kekuatan asing akan tetapi cukup banyak kegiatan ini yang merupakan manifestasi dari intervensi.

Tujuan intervensi

Intervensi tidak selalu berkonotasi negatif, akan tetapi juga dapat berdampak bagi negara maupun kehidupan sosial budaya dalam masyarakat. Berikut tujuan intervensi.

  • Mendorong adanya revolusi
  •  Dalam bidang Kesehatan, intervensi bertujuan untuk dapat memodifikasi perilaku, kognisi, serta keadaan emosional seseorang
  •  Memelihara bahkan mengubah keadaan, situasi ataupun barang di negara tertentu

BACA JUGA : Asimilasi: Pengertian, Ciri-ciri, Pendorong & Penghambatnya

Contoh intervensi

Ilmu Ekonomi
  • Contoh intervensi dalam pendidikan adalah banyak peserta didik yang memiliki nilai di bawah rata-rata, setelah dicari tahu ternyata intervensi atau hambatan yang dialami oleh mereka berupa kesulitan pemahaman materi sekolah.
  •  Contoh intervensi dalam ekonomi adalah  atau penentuan harga (price mixing), merupakan turut campurnya pemerintah di dalam menintervensi pasar, yaitu dengan membuat kebijakan yang bisa mempengaruhi dari sisi permintaan maupun dari sisi penawaran.

Demikianlah penjelasan mengenai intervensi adalah dan contohnya. Intervernsi sering terjadi baik di dunia pendidikan maunpun ekonomi. Nah untuk penjelasan mengenai intervensi adalah menurut pemerintah akan dibahas di artikel selanjutnya ya Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.