Informasi adalah

Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti. Pemberian informasi juga tak hanya bisa membuat orang paham tentang sebuah topik tertentu, tapi juga bermanfaat dalam mempengaruhi orang-orang dalam skala yang lebih besar lagi. 

Definisi lain dari informasi adalah keterangan,  pernyataan,  gagasan,  dan  tanda-tanda  yang mengandung  nilai,  makna,  dan  pesan,  baik data maupun fakta. Penggunaan kata informasi mungkin sangat biasa dalam kehidupan sehari-hari, namun apakah Sedulur sudah memahami secara lebih dalam tentang apa itu informasi dan apa saja manfaat lainnya? Jika belum, Sedulur wajib simak ulasan berikut ini!

BACA JUGA : Moral adalah: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya

Pengertian informasi

informasi adalah
Pixabay

Pengertian informasi secara umum yaitu sekumpulan fakta atau data yang telah diproses dan dikelola sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya. Sementara itu, Secara etimologis istilah “informasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang berarti ide, kode, atau garis besar. Informasi dapat disajikan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan yang lainnya. 

Perlu diketahui bahwa informasi dan data merupakan hal yang berbeda. Perbedaan data dan informasi ada pada kegunaannya. Data merupakan segala sesuatu yang disimpan dalam memori berdasarkan format tertentu. Sedangkan Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Pengertian informasi menurut para ahli

Agar lebih memahami apa itu informasi, berikut pengertian informasi adalah menurut para ahli. 

1. Raymond McLeod

Menurut pendapat Raymond McLeod, pengertian informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saatu ini atau di masa mendatang.

2. Jogiyanto HM

Jogiyanto HM berpendapat bahwa informasi adalah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. 

3. Lina Sidharta

Menurut pendapat Lina Sidharta, pengertian informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk mengambil suatu keputusan.

4. The Liang Gie

The Liang Gie mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data menjadi bentuk yang lebih bermanfaat bagi si penerima dan menggambarkan peristiwa nyata yang dapat digunakan dalam mengambil keputusan.

5. Azhar Susanto

Azhar Susanto berpendapat bahwa pengertian informasi adalah suatu hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat bagi penerimanya.

6. George R. Terry

Menurut George R. Terry, pengertian informasi adalah suatu data penting yang memberikan pengetahuan yang berguna bagi penerimanya.

BACA JUGA : Internet adalah: Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Ciri-ciri informasi adalah

informasi adalah
Unsplash

Setelah memahami defisini dan arti dari informasi. Sedulur tentu perlu tahu juga tentang ciri ciri informasi. Sebenarnya ada banyak sekali ciri-ciri informasi dan diantaranya adalah berikut ini: 

  1. Benar atau salah, dalam hal ini informasi berhubungan dnegan kebenaran atau kesalahan terhadap suatu kenyataan.
  2. Baru, informasi harus benar-benar baru bagi penerima.
  3. Tambahan, informasi bisa memperbaharui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada sebelumnya.
  4. Korektif informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap suatu informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.
  5. Penegas, informasi yang dapat digunakan untuk mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

Jenis informasi adalah

informasi adalah
Pixabay

Berdasarkan pengertian dan ciri-ciri  informasi yang sudah dijelaskan di atas, terdapat beberapa jenis informasi yang perlu Sedulur ketahui diantaranya yaitu:

1. Informasi berdasarkkan sifat

Jenis informasi berdasakan sifatnya dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya yaitu:

  • Faktual, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.
  • Opini atau konsep, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal.
  • Deskripsi, yaitu informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai sesuatu hal.

2. Informasi berdasarkan kegunaan

Jenis informasi berdasarkan kegunaan dapat dibagi menjadi dua bagian, diantaranya:

  • Informasi yang menambah pengetahuan, yaitu informasi yang isinya menambah pengetahuan baru bagi seseorang.
  • Informasi yang berdasarkan penyajian, yaitu informasi yang disampaikan dalam beberapa bentuk, misalnya artikel, audio, gambar, video, dan lainnya.

3. Informasi berdasarkan bidang kehidupan

Informasi bidang kehidupan adalah jenis informasi yang dibuat dalam beberapa kategori, seperti Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, dan sebagainya.

4. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa

Jenis informasi berdasarkan lokasi peristiwa adalah jenis informasi yang dibuat berdasarkan lokasi suatu peristiwa. Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu informasi dalam negeri (domestik), dan informasi luar negeri.

BACA JUGA : Asimilasi: Pengertian, Ciri-ciri, Pendorong & Penghambatnya

Fungsi informasi

informasi adalah
Pixabay

Fungsi informasi adalah sebagai berikut: 

  • Menjadi sumber pengetahuan baru

Fungsi informasi yang pertama adalah menjadi sumber pengetahuan baru bagi penerimanya. Informasi valid yang didapatkan oleh seseorang dapat menjadi pengetahuan baru dan menambah wawasan di bidang tertentu. Misalnya seperti informasi mengenai cara mengatasi kesehatan yang dari konten yang berasal dari internet.

Meski informasi tersebut sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas, akan tetapi bisa jadi seseorang belum mengetahui informasi tersebut, dan menjadi pengetahuan baru baginya.

  • Menghapus ketidakpastian

Informasi yang kurang valid dapat menimbulkan kebingungan dan ketidakpastian. Untuk itu diperlukan informasi yang lengkap, valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

  • Sebagai sumber berita

Suatu informasi tentang hal tertentu dapat digunakan sebagai sumber berita yang disampaikan kepada khalayak. Contohnya, informasi tentang Kualifikasi Piala Asia yang didapatkan dari media Televisi, Radio, dan situs berita online

  • Sebagai media hiburan

Selain menjadi sumber berita, informasi juga berfungsi sebagai media hiburan bagi khalayak. Contohnya informasi tentang objek wisata yang sedang vira, atau makanan yang sedang hits di kalangan masyaratakat.

  • Sebagai media sosialisasi kebijakan

Informasi adalah komponen yang sangat penting dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Salah satunya adalah untuk menyampaikan suatu kebijakan dari pemerintah atau lemabaga lain  kepada masyarakat yang dilakukan dengan cara sosialisasi.

  • Untuk mempengaruhi khalayak

Penyampaian informasi mengunakan media massa umumnya dilakukan untuk mempengaruhi khalayak. Misalnya informasi mengenai suatu produk melalui iklan televisi yang bertujuan agar masyarakat mengenal dan tertarik untuk produk tersebut. 

  • Menyatukan pendapat

Di era digital yang selalu mengguankan media sosial seperti sekarang ini, sangat mudah untuk menyampaikan pendapat ke ruang publik. Akan tetapi, tidak semua pendapat tersebut sesuai dengan fakta yang ada.

Adanya informasi yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan dari sumber terpercaya akan bermanfaat untuk menilai setiap pendapat yang dikemukakan di ruang publik apakah sesuai dengan informasi tersebut.

BACA JUGA : Faktur adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Manfaat informasi adalah

pixabay

Berikut manfaat informasi yang perlu Sedulur ketahui: 

  • Meminimalkan risiko seseorang mengambil keputusan yang salah.
  • Memberikan gambaran yang valid dan faktual sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.
  • Menyajikan tren atau kecenderungan tentang suatu hal yang akan terjadi di masa mendatang.
  • Mengurangi potensi keresahan dan kecemasan akibat kondisi yang tidak pasti dan belum tentu terjadi.
  • Menjadi dasar dalam menentukan solusi alternatif dari sebuah permasalahan.
  • Mengefektifkan alur kerja dalam sebuah organisasi, lembaga maupun pemerintahan.
  • Mempertahankan citra positif perusahaan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.
  • Membantu menyusun materi promosi agar lebih jelas dan terarah.
  • Menjadi dasar pertanggungjawaban atas sebuah keputusan atau tindakan yang sudah dilakukan.
  • Memberikan bukti valid (bukan kesan, opini, atau isu) kepada pihak lain.

Contoh informasi

Unsplash

Contoh informasi adalah sebagai berikut: 

  • Indonesia gagal masuk semi final piala AFF karena regulasi yang tidak sesuai dengan AFC.
  • Novel berjudul Gadis Kretek akan diangkat menjadi film yang dibintangi Putri Marino dan Dian Sastro.
  • Penggunaan MyPertamina bagi beberapa jenis kendaraan ketika akan mengisi BBM

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian informasi adalah dan contohnya.  Beberapa fungsi informasi adalah sebagai sumber berita sekaligus media hiburan bagi masyarakat. Sedangkan bagi pemerintahan, informasi berfungsi untuk mensosialisasikan kebijakan yang telah dibuat. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.