Implikasi adalah

Implikasi adalah dampak yang terjadi karena sesuatu hal yang terjadi. Pemaknaan kata ini termasuk luas, terutama berhubungan dengan hasil penemuan atau penelitian. Banyaknya makna tersebut juga mempengaruhi banyaknya jenis implikasi.

Jenis implikasi yang paling dikenal adalah implikasi matematika. Dalam hal ini, implikasi diartikan sebagai satu jenis pernyataan majemuk yang dipelajari dalam logika matematika. Nah, kira-kira bagaimana pengertian implikasi adalah dan contohnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Filosofi adalah: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cabang-Cabangnya

Pengertian implikasi

implikasi adalah
iStock

Implikasi adalah suatu akibat yang muncul atau terjadi karena suatu hal. Pemaknaan kata implikasi tergolong luas dan bervariasi, namun sering berhubungan dengan penemuan atau hasil penelitian. 

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) definisi implikasi adalah suasana terlibat atau keterlibatan. Dari pengertian tersebut, maka kata imbuhan seperti mengimplikasikan atau berimplikasi dapat dimaknai sebagai membawa keterlibatan atau terlibat dengan sesuatu hal. 

Makna lain dari implikasi adalah efek atau dampak yang dirasakan karena melakukan sesuatu. Dalam ilmu matematika, implikasi merupakan bagian dari pernyataan majemuk, yaitu pernyataan gabungan dari beberapa pernyataan tunggal yang dihubungkan dengan kata hubung.

Pengertian menurut para ahli

implikasi adalah
iStock

Lebih jelasnya, berikut adalah pengertian implikasi menurut beberapa ahli. 

1. Silalahi  

Menurut Silalahi, implikasi adalah akibat yang dihasilkan oleh adanya penerapan suatu kebijakan atau program yang sifatnya bisa baik maupun tidak terhadap pihak-pihak yang menjadi sasaran kegiatan tersebut.

2. Islamy 

Menurut Islamy, implikasi adalah segala sesuatu yang telah dihasilkan akibat dari proses perumusan kebijakan. Dengan begitu, implikasi adalah konsekuensi-konsekuensi dan akibat yang muncul dengan adanya kebijakan atau kegiatan tertentu yang dilaksanakan.

3. Winarno

Menurut Winarno, ada lima dimensi yang terkandung dalam implikasi, yaitu:

  1. Implikasi kebijakan pada orang-orang yang terlibat maupun masalah-masalah publik.
  2. Kebijakan mungkin saja memiliki implikasi pada kelompok-kelompok atau keadaan-keadaan di luar tujuan kebijakan.
  3. Evaluasi berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan dan program-program kebijakan publik.
  4. Kebijakan yang ada kemungkinan mengandung implikasi pada situasi maupun keadaan sekarang dan yang akan datang.
  5. Biaya atau pengeluaran yang sifatnya tidak langsung ditanggung oleh masyarakat akibat adanya kebijakan publik.

BACA JUGA: Rasional adalah Pemikiran yang Logis, Berikut Ciri dan Jenisnya

Jenis Implikasi

implikasi adalah
iStock

Implikasi terbagi menjadi beberapa jenis. Setidaknya ada 6 jenis implikasi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya. 

1. Implikasi etik

Implikasi kerja
Readers Digest

Implikasi etik disebut juga dengan ethical implications merupakan konsekuensi dari sebuah tindakan. Analisa pada implikasi etik ini dilakukan dengan melihat sudut pandang moral. 

Hal ini karena implikasi etik berkaitan dengan kebiasaan yang dilakukan sejak dini hingga berlanjut dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Implikasi teoritis

pembelajaran
The Hans India

Implikasi teoritis adalah sebuah kontribusi yang berupa hasil penelitian terhadap teori atau penemuan terdahulu. Istilah yang kerap digunakan dalam kegiatan riset ini bisa berupa gambar atau foto yang dimanfaatkan oleh seorang peneliti untuk menguatkan hasil temuan dan penelitiannya.

3. Implikasi metodologi

implikasi adalah
iStock

Implikasi metodologi atau implikasi penelitian adalah kajian mengenai cara dan metode dari teori-teori yang digunakan dalam penelitian. Implikasi jenis ini menitik beratkan pada metode analisis dan hasil analisis, karena situasi tersebut menjadi standar metode statistik.  

4. Implikasi budaya

Tari daerah Bali
Facts of Indonesia

Implikasi budaya menganggap bahwa sikap mau menerima dan mempelajari kebudayaan dari negara lain adalah sebuah sikap yang positif. Implikasi ini menyatakan bahwa tidak perlu menutup diri dari perubahan dan perbedaan yang ada. 

BACA JUGA: Moral adalah: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya

5. Implikasi matematika

implikasi adalah
iStock

Implikasi matematika dapat diartikan sebagai pernyataan yang berarti majemuk, serta sering ditampilkan dalam kata “jika” atau “maka”. Dengan demikian, arti implikasi matematika adalah sebuah bagian dari pernyataan majemuk dalam logika matematika.

Implikasi matematika memiliki hubungan dengan dua proposisi, dimana hal kedua mengalami konsekuensi logis dari hal pertama. Sebagai contoh, jika A maka B, maka dapat didefinisikan dengan A ⇒ B. 

6. Implikasi manajerial

Manajerial kantor
AIR Internship

Implikasi manajerial merupakan implikasi yang mengulas tentang kesimpulan atau hasil akhir penelitian. Kesimpulan tersebut didapatkan dari kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam metode penelitian.

Bentuk umum implikasi

Secara umum, implikasi memiliki bentuk yang berupa kalimat pembuktian mengenai pernyataan logis dari bentuk “Jika pernyataan 1, maka pernyataan 2” atau jika diubah dalam bentuk huruf menjadi “Jika P, maka Q”, di mana P dan Q masing-masing memuat kalimat pernyataan yang mengandung nilai benar atau salah.

Jika Sedulur ingin tahu implikasi contohnya adalah seperti apa, sebenarnya cukup banyak yang bisa kita lihat dalam kehidupan. Hal ini karena implikasi bisa digunakan dalam berbagai macam ilmu murni maupun terapan. Lebih jelasnya, berikut adalah contoh dari dua jenis implikasi, yaitu implikasi matematika dan implikasi etika. 

1. Implikasi matematika

akibat
iStock

Simak contoh dari implikasi matematika berikut ini. 

Jika P maka Q dinotasikan dengan “P ⇒ Q”. Konotasi tersebut dapat diuraikan lebih lanjut dalam bentuk pernyataan seperti contoh berikut ini.

  • Jika P: Semua kucing suka makan tulang
  • Maka Q: Si Oren adalah kucing.

Maka P ⇒ Q, yaitu “Jika semua kucing makan tulang dan Oren adalah kucing, maka si Oren suka makan tulang

  • Jika P: Gambar ini adalah bentuk persegi panjang
  • Maka Q: Semua persegi panjang memiliki empat sisi

Maka P ⇒ Q: Jika gambar ini berbentuk persegi panjang, maka gambar ini memiliki empat sisi.

BACA JUGA: Abstrak: Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh & Cara Membuatnya

2. Implikasi etika

Implikasi etika
DW

Konsep implikasi etik secara umum digunakan oleh seseorang yang bekerja atau melibatkan diri dengan kebijakan yang ada. Berikut adalah beberapa topik yang berkaitan dengan implikasi etik, yaitu:

a. Aborsi

Aborsi menjadi topik yang hampir selalu kontroversial dalam tiap pembahasan. Kebijakan yang berkaitan dengan aborsi juga memiliki implikasi etika. Sebagian besar orang pasti sepakat bahwa aborsi adalah tindakan yang tidak benar, namun dalam beberapa hal, sebagian orang merasa bahwa aborsi perlu dilakukan.

Dalam menghadapi kasus semacam ini, maka dibutuhkan kebijakan untuk mencegah hal-hal yang tidak bermoral terjadi dengan bebas. 

b. Virus corona

Adanya virus corona yang menjadi sebuah pandemi, membuat pemerintah dan negara-negara di dunia mengambil keputusan untuk merespon dampak yang ditimbulkan dari pandemi tersebut. Salah satunya adalah kebijakan melakukan lockdown untuk mengupayakan kelangsungan hidup warganya.

c. AI (Artificial Intelligence)

Artificial intelligence merupakan sebuah program komputer yang dirancang khusus untuk memecahkan permasalahan umum yang berkaitan dengan kecerdasan manusia. Namun, apakah penciptaan program tersebut termasuk tindakan bermoral? Apalagi jika menggantikan relasi manusia dengan ilmu komputer. 

d. Perubahan iklim

Kasus perubahan iklim juga bisa menimbulkan pertanyaan penting. Apakah layak jika sebuah negara membiarkan polusi terjadi demi pembangunan? Apakah patut jika ada yang menolak revolusi industri di Afrika untuk menunda perubahan iklim? 

Nah, dari penjelasan di atas maka diketahui bahwa implikasi adalah dampak yang terjadi karena sesuatu hal yang terjadi. Banyaknya pemaknaan pada implikasi membuatnya terdiri dari beberapa jenis yang bervariasi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.