Abstrak adalah

Pernah mendengar kata abstrak? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) abstrak adalah ikhtisar atau bagian karangan laporan dan sebagainya. Namun dalam perngertian lain abstrak adalah  sebuah ringkasan singkat dari sebuah karya dan umumnya lebih panjang. Beberapa contoh yang masuk bagian abstraksi adalah disertasi atau makalah penelitian.

Dalam beberapa karya tugas akhir mahasiswa seperti tesis, skripsi, hingga disertasi maka akan ditemukan bagian abstrak. Agar lebih memahami pengertian abstrak adalah dan contohnya, yuk simak artikel mengenai pengertian abtraksi di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: Cara Membuat Footnote Mudah & Cepat dengan Gambarnya

Pengertian abstrak

abstrak adalah
Pixabay

Abstrak adalah sebuah ringkasan bersifat singkat berasal dari makalah penelitian, tesis, hingga artikel ilmiah ataupun karya ilmiah. Jika Sedulur mahasiswa dan sedang membuat skripsi atau tesis, maka akan membuat bagian abstrak. Umumnya bagian abstrak merupakan karya ilmiah dan dibuat asli oleh sang penulis.

-->

Membuat abstrak maka penulis pun harus membuat konsep dan ide penulis, tanpa harus berdasarkan referensi pada sumber lainnya. Konsep abstrak adalah menjelaskan sekaligus merangkum hasil dari isi utama. Mulai dari tujuan penelitian, manfaat, hasil penelitian hingga sebagainya. Batas kata dalam menyusun abstrak pada skripsi atau disertasi hanya mencapai 250 kata. Sedulur dapat menuliskan dalam satu paragraf saja.

Baru kemudian Sedulur coba kembangkan lagi menjadi beberapa paragraf, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Sedulur.

BACA JUGA: Cara Membuat Daftar Pustaka Mudah & Rapi, Beserta Contoh

Fungsi halaman abstrak

abstrak adalah
Pixabay

Menyusun disertasi, makalah, skripsi pasti akan menemukan bagian abstrak. Bentuk abstrak adalah berisi tentang ringkasan singkat dan biasa diambil dari artikel, jurnal ataupun disertasi. Abstrak mempunyai dua fungsi utama. Pertama adalah mempemudah pembaca ketika memahami isi akan materi tulisan ilmiah ataupun makalah.

Struktur abstrak adalah sangat komplek sehingga kehadirannya mampu membantu pembaca dalam menentukan relevansi dengan penelitia mereka sendiri Sedulur. Abstraksi skripsi adalah bagian penting dalam penyusunan tugas akhir oleh mahasiswa, sehingga fungsinya mempermudah ketika menyampaikan informasi mengenai kata kunci untuk pembaca.

Pembaca umumnya tidak punya waktu dalam membaca keseluruhan isi skripsi, sehingga abstrak dapat memberikan kemudahan buat pembaca. Struktur abstrak adalah sebuah tulisan ilmiah dan sering dicantumkan dengan kata kunci pada database akademik. Maka dengan demikian, pencarian menjadi lebih mudah dan cepat.

Ciri abstrak pada karya ilmiah

abstrak adalah
Pexels

Membuat skripsi membutuhkan namanya abstrak, sehingga dengan ini pembaca akan mudah menemukan kata kunci dan melihat seberapa relevansinya dengan penelitian mereka. Ketika Sedulur menyusun Struktur abstrak adalah harus tahu tentang ciri-cirinya. Berikut di bawah ini ciri dalam membuat abstrak yang Sedulur wajib tahu.

  • Ciri pertama sebuah karya tulis mempunyai abstrak adalah bagian tersebut akan mengikuti kronologi dari tulisan.
  • Hadirnya sebuah transisi secara logika di antara informasi saat disampaikan.
  • Ciri ketiga bagian abstrak tidak akan menambah informasi baru, melainkan hanya sebuah ringkasan laporan ataupun tulisan.
  • Hadirnya abstrak pada karya tulis ilmiah seperti tesis, skripsi hingga disertasi supaya dapat dipahami pembaca.

Jenis-jenis abstrak

abstrak adalah
Pixabay

Halaman skripsi, makalah dan karya tulis lain akan selalu ditemukan bagian abstrak. Abstrak merupakan bagian ringkasan dari isi serta tujuan skripsi. Kehadirannya dapat memudahkan pembaca mengetahui kata kunci mengenai isi dari karya tulis tersebut. Terdapat empat jenis abstrak yang wajib Sedulur ketahui.

Pertama ada abstrak kritis, kedua abstrak bersifat deskriptif, ketiga mengenai abstrak informatif, hingga terakhir adalah abstrak sorot. Agar lebih memahami pengertian dari masing-masing jenis abstraksi ini, bisa dilihat di bawah ini.

Abstrak kritis (critical abstrak)

abstrak adalah
Pixabay

Bentuk abstrak adalah pertama abstrak kritis yang mana bagian ini menggambarkan tentang temuan dan informasi utama, baru bagian penilaian atau komentar mengenai validitas, reliabilitas ataupun kelengkapan mengenai sebuah studi. Seorang peneliti nantinya akan mengevalusi makalahnnya baru sering membandingkannya dengan karya lain di subjek sama.

BACA JUGA: Tips dan Cara Membuat Artikel yang Baik, Menarik & Berkualitas!

Abstrak deskriptif

abstrak adalah
Pexels

Umumya kerap menunjukkan tentang jenis informasi dan kerap ditemukan pada unsur karya tulis. Abstrak pada jenis ini tidak akan membuat penilaian mengenai pekerjaan. Intinya abstraksi deskriptif adalah lebih menggambarkan akan penelitan yang sudah dirangkum. Total kata dari abstraksi adalah ratusan saja dan abstraksi desktripsi hanya sekitar 100 kata atau bahkan kurang.

Abstrak informatif

abstrak adalah
Pexels

Tidak seperti abstraksi pada umumnya, abstraksi informatif tidak mengkritik atau bahkan mengevaluasi tentang sebuah karya tulis. Abstrak informatif bertindak untuk menjadi pengganti pada pekerjaan itu sendiri. Maka dapat diartikan sang peneliti akan menyajikan dan menjelaskan tentang semua argumen utama dan hasil penting kemudian dilengkapi dengan bukti penelitian.

Jenis abstraksi ini kerap ditemukan pada abstraksi pada jenis deskriptif yang berisi tentang tujuan, metode sampai dengan ruang lingkup. Panjang kata atau batas kata penyusunan abstrak informatif biasanya tidak akan lebih dari 300 kata.

Abstrak sorot

Pexels

Biasa dinamakan dengan abstrak highlight dan ditulis khusus agar menarik perhatian para pembaca ataupun peneliti. Umumya abstrak highlight tidak akan mampu berdiri sendiri alias bebas dari artikel terkait. Sehingga abstrak jenis ini tidak banyak dipakai pada penulisan akademik. Seperti karya ilmiah, makalah, skripsi hingga disertasi.

Abstrak sorot sebenarnya lebih banyak digunakan pada banyak organisasi pada banyak organisasi di dunia. Biasnya bisa menjadi dasar dalam memilih tentang penelitian yang hendak diusulkan untuk sebuah presentasi dalam bentuk poster ataupun platform presentasi lisan hingga lokakrya.

Unsur abstrak

Pixabay

Ada beberapa hal ketika Sedulur akan menyusun abstrak pada skripsi, disertasi hingga tesis. Unsur abstrak adalah sebagai berikut Sedulur.

  • Tentang alasan untuk menulis: Apa pentingnya Sedulur membuat penelitian ini?
  • Masalah: masalah yang ingin diselesaikan oleh sang peneliti? Apa ruang lingkup peneliti?
  • Metodologi: setiap penelitian pasti menggunakan beberapa metodologi dalam penelitiannya.
  • Hasil : abstrak pada karya ilmiah umumnya mencakup mengenai data spesifik dan menunjukan hasil proyek.
  • Implikasi: mengenai sebuah perubahan seperti apa yang perlu diterapkan sebagai hasil pada temuan di penelitian? Lalu bagaimana penelitian ini dapat menambah pengetahuan mengenai topik ini.

Cara menyusun abstrak pada skripsi

Pexels

Sebelum kamu membuat abstraksi maka diperlukan dahulu beberapa unsur yang harus Sedulur tahu. Lantas apa saja beberapa unsur dalam membuat abstrak ini. Yuk simak ulasannay di bawah ini

Pembatasan abstrak berasal dari unsur

Dalam menyusun abstrak mengundung beberapa unsur logis, mengenai penelitian relevan untuk memecahkan mengenai latar belakang masalah. Mempunyai unsur tentang kesimpulan ataupun hasi tentang kesimpulan hingga penelitian tersebut. Mempunyai unsur ringkas, padat, singkat namun harus tetap jelas.

Membuat abstrak melalui struktur

Ketika Sedulur akan menyusun struktur pada abstrak maka bagian font di judul harus mempunyai ukuran atau font size 14. Capital, align, centre dan harus di bold. Kemudian pada sub judul abstrak  harus sama seperti judul,tap ukuran harus diganti menjadi 12. Pada bagian nama penulis abstrak maka tidak diperlukan penulisan gelar.

Kamu hanya perlu mencantumkan tentang nama, nomor urut, superscript, align centre hingga cetak bold lalu punya ukuran font 12. Berlanjut pada bagian struktur email maka ketua penelitian harus ditulis ABSTRAK menggunakan align centre dan punya ukuran kata 12. Kemudian pada keseluruhan isi abstrak perlu memakai struktur align justify atau biasa dinamakan rata kanan.

Maksimal dalam pembuatan isi abstrak maksimal 250 kata dan font size 12. Struktur pada bagian kata kunci maka Sedulur akan menggunakan align justify atau rata kanan kiri serta menggunakan font size 12.

Itulah beberapa tahapan ketika Sedulur  membuat abstrak. Beberapa hal di atas, perlu Sedulur ketahui agar abstrak pada karya tulis sedulur dapat dijadikan rujukan oleh pembaca lan. Tanpa adanya abstrak, maka karya tulis akan terasa hambar dan kurang nyaman untuk dijadikan sumber referensi penyusunan skripsi Sedulur.  

Skripsi, disertasi, makalah hingga karya tulis ilmiah umum menggunakan abstrak untuk memudahkan para pembaca lain. Sehingga struktu abstrak adalah rangkaian isi mengenai kesimpulan dari isi skripsi hingga disertasi Sedulur.

Contoh abstrak

Popmama

Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri hingga fungsi tentang abstraksi, maka berikutnya adalah mengetahui contoh abstraksi adalah maka bisa menyimak beberapa karya tulis ilmiah yang pernah terbit. Mulai dari skripsi, tesis, hingga disertasi.

Demikian ulasan mengenai pengertian abstrak adalah semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan saat menyusun abstrak pada karya tulis ilmiah kita.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!