filosofi adalah

Sedulur tentu sering mendengar istilah filosofi.Menurut KBBI, filosofi adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi tentang hakikat atau arti dari segala yang ada, sebeb, hukum dan yang lainnya. Menurut Aristoteles, Filosofi adalah kemampuan untuk mencapai pengetahuan dan mengetahui tentang kebenaran yang sebenarnya.

Nah, agar lebih memahami tentang apa itu filosofi, berikut penjelasan mengenai apa itu filosofi dan contohnya. 

 BACA JUGA : Advertising: Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tipsnya

Pengertian

filosofi adalah

Filosofi adalah salah satu cabang ilmu yang mengkaji tentang masalah mendasar dalam kehidupan. Filosofi juga sering disebut dengan ilmu filsafat. Filosofi adalah pemikiran dengan cakupan yang kompleks dan terkadang tidak mudah untuk dimengerti.

 Secara umum, filosofi merupakan kajian masalah yang mendasar dan umum mengenai persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, bahasa dan yang lainnya. Secara luas, filosofi dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan orang saat mereka berusaha memahami kebenaran mendasar tentang diri mereka sendiri, dunia tempat tinggalnya, serta hubungan mereka dengan dunia dan satu sama lain.

Pengertian filosofi menurut para ahli

pixabay

Nah, agar lebih memahami tentang pengertian filosofi, berikut pengertiannya menurut para ahli.

1. Aristoteles

Menurut pendapat Aristoteles, pengertian filsafat atau filosofi adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik dan estetika (filsafat keindahan).

2. Cicero

Cicero berpendapat bahwa filsafat adalah ‘ibu’ dari semua seni (the mother of all the arts) dan merupakan seni kehidupan.

3. Plato

Menurut pendapat Plato, arti filsafat adalah suatu ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

4. Immanuel Kant

Immanuel Kant berpendapat, arti dari filsafat adalah suatu ilmu (pengetahuan) yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang di dalamnya tercakup empat persoalan yaitu metafisika, etika agama, dan antropologi.

5. Betrand Russel

Bertrand Russel berpendapat bahwa filsafat adalah sebuah teologi yang berisi berbagai pemikiran tentang masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak dapat dipastikan. Namun seperti sains, filsafat dapat menarik akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas

6. M.J Langeveld

Menurut pendapat M. J. Langeveld, filsafat merupakan kesatuan dari ilmu yang terdiri dari beberapa lingkup masalah; masalah lingkungan, masalah keadaan (metafisika, manusia, alam, dan lainnya). Lingkup masalah pengetahuan mencakup; teori kebenaran, teori pengetahuan, dan logika. Sedangkan lingkup masalah nilai mencakup; teori nilai etika, estetika, nilai berdasarkan religi.

 BACA JUGA : Internet adalah: Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Ciri-ciri

Pixabay

Berikut ciri-ciri pemikiran filsafat secara umum yang perlu Sedulur ketahui.

Bersifat universal

Ciri-ciri filsafat yang pertama adalah bersifat universal atau umum dan tidak bersangkutan dengan objek-objek yang khusus. Misalnya pemikiran tentang kebebasa, manusia, dan yang lainnya.

Tidak faktual

Faktual di sini diartikan sebagai sesuatu yang spekulatif dengan membuat berbagai dugaan yang masuk akal mengenai suatu hal. Akan tetapi, dugaan tersebut tidak dilengkapi dengan bukti karena telah melampaui batas dari fakta-fakta ilmiah yang telah ada.

Berhubungan dengan nilai

Menurut pendapat C. J. Ducasse, pengertian filsafat adalah upaya manusia untuk mencari pengetahuan, berupa fakta-fakta yang disebut dengan penilaian. Dalam hal inilah penilaian yang dimaksud adalah sesuatu yang baik dan buruk, susila dan asusila, dimana akhirnya filsafat menjadi suatu usaha untuk mempertahankan nilai-nilai.

Implikatif

Pemikiran filsafat selalu terdapat implikasi (akibat), sehingga diharapkan akan mampu melahirkan pemikiran baru yang dinamis serta dapat menyuburkan intelektual.

Berhubungan dengan arti

Selain berhubungan dengan nilai, filsafat juga selalu berhubungan arti. Karena itulah para filsuf menciptakan kalimat yang logis dan Bahasa yang tepat (ilmiah) supaya ide dan gagasannya sarat dengan arti.

Cabang filosofi

iStock

Secara umum, para ahli membagi cabang ilmu filosofi menjadi beberapa cabang. Berikut penjelasannya.

Epistemilogi

Cabang ilmu filosofi yang pertama adalah epistemologi yang membahas tentang pengetahuan. Contohnya seperti asal mula metodologi, bentuk atau struktur secara Bersama-sama membentuk pengetahuan manusia (Ensiklopedia Indonesia)

Logika

Logika adalah cabang ilmu filosofi yang mempelajari tentang kecakapan dalam berpikir secara teratur, lurus, dan tepat (Wikipedia).

Etika

Etika merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang norma atau aturan yang berlaku dan digunakan sebagai pedoman berperilaku di dalam masyarakat terkait dengan sifat baik dan buruk.

Estika

Cabang ilmu filosofi yang selanjutnya adalah estika. Etika mempelajari dan membahas tentang keindahan, bagaimana keindahan dapat terbentuk, dan bagaimana keindahan itu mampu disadari dan dirasakan oleh manusia

Filsafat ilmu

Filsafat ilmu merupakan cabang filsafat yang mempelajari dan menjawab berbagai pertanyaan terkait hakikat ilmu, dan penerapan berbagai metode filsafat dalam upaya mencari akar persoalan dan menemukan asas realitas yang dipersoalkan oleh bidang ilmu tersebut untuk mendapatkan kejelasan.

 BACA JUGA : 10 Rekomendasi Meja Laptop Terbaik untuk Kerja di Rumah

Tujuan filosofi

filosofi adalah
Pixabay

Berikut tujuan filosofi yang perlu Sedulur ketahui.

  1. Supaya manusia menjadi lebih terdidik serta mempunyai pengetahuan. Selain itu juga agar individu dapat mengenal hal-hal di sekitarnya secara objektif
  2. Supaya manusia lebih bijaksana dalam menjalani kehidupannya
  3. Agar manusia mempunyai pandangan yang luas dan dapat terhindar dari sifat egois atau mementingkan diri sendiri
  4. Supaya manusia mampu berpikir, mempunyai pendapat, mandiri secara rohani dan dapat bersikap kritis

Contoh filosofi adalah

Unsplash

Filosofi digunakan secara luas dan mendasar di berbagai bidang pengetahuan. Berikut contoh filosfi yang perlu Sedulur ketahui.

Filosofi hidup

Filosofi hidup adalah pandangan yang beerhubungan dengan makna hidup atau hal yang menjadi landasan dalam kehidupannya dalam berbuat. Filosofi hidup setiap orang tentu berbeda-beda. Untuk orang yang hidup di kota besar filosofi hidupnya cenderung selalu serba cepat, sibuk, pekerja keras.

Filosofi Pancasila

Filosofi pancasila adalah sebuah pemikiran yang mendalam mengenai pancasila dan dijadikan sebagai landasan norma dan nilai. Dalam filosofi pancasila, pancasila merupakan pandangan yang diyakini paling benar, adil, bijaksana, dan mencerminkan bangsa Indonesia.

Filosofi Pendidikan

Filosofi pendidikan adalah beberapa asumsi filosofi atau pandangan dasar yang dijadikan sebagai titik tolak untuk studi dan praktek pendidikan. Melalui studi pendidikan, akan memperoleh pemahaman tentang landasan pendidikan.

Demikianlah penjelasan tentang filosofi dan cirinya.  Filosofi adalah makna yang diserap dari bahasa Belanda. Perbedaan filosofi dan filsafat adalah hanya pada pengucapan saja. Filosofi adalah kata yang diserap dari bahasa Belanda, filosofie. Sedangkan filsafat berasal dari serapan bahasa Arab, falsafa. Kata ini berakar dari bahasa Yunani, philosophia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.