gerbang logika

Sedulur yang akrab dengan berbagai topik sistem elektronika tentunya telah mendengar istilah gerbang logika atau logic gate. Ya, logic gate merupakan salah satu unsur penyusun sistem elektronika. 

Logic gate menjadi penting keberadaannya di tengah perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Tanpanya, sistem elektronika tidak bisa saling berkesinambungan menjalankan operasi digital.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini Sedulur akan diajak untuk mengintip sedikit lebih dalam mengenai gerbang logika kombinasi agar Sedulur memahaminya dengan lengkap. Yuk, simak ulasannya hingga akhir!

BACA JUGA: 60 Pantun Selamat Pagi yang Lucu, Bikin Semangat Beraktivitas

Pengertian gerbang logika

gerbang logika
Depositphotos

Seperti yang telah kita disinggung di awal, gerbang logika adalah salah satu unsur penting dalam terbentuknya sebuah sistem elektronika.

Sistem elektronika dapat diartikan sebagai sebuah sistem elektronik yang saling terhubung melalui sinyal digital. Sinyal digital tersebut berasal dari aljabar Boolean, operasi logika matematika yang dilakukan pada satu atau lebih input digit biner yang menghasilkan output biner tunggal. 

Sifat sinyal digital yang menggunakan aljabar Boolean tersebut adalah putus-putus, dilambangkan dengan notasi 1 dan 0. Notasi 1 (true) berarti terdapat sebuah sinyal digital pada sistem elektronika, sedangkan notasi 0 (false) melambangkan tidak ada nya hubungan pada suatu sistem elektronika. Masuk keluarnya sinyal-sinyal tersebut berada di gerbang logika.

Gerbang logika adalah penyusun dari sebuah sistem elektronika, dimana cara kerjanya adalah dengan menggunakan prinsip aljabar Boolean. Setiap masukan (input) atau keluaran (output) dibangun oleh voltase atau arus. Voltase tersebut kemudian terhubung pada sakelar. Logic gate terdapat pada seluruh sistem elektronika, seperti smartphone, TV, laptop, kulkas, dan lain-lain.

Maka dari itu, tidak heran banyak yang menyebutkan bahwa soal gerbang logika merupakan sakelar terhadap sistem elektronika. Dengan adanya sakelar, maka sistem elektronika tersebut dapat digunakan secara optimal.

BACA JUGA: Pengertian Visi & Misi Beserta Fungsi, Manfaat & Perbedaannya

Fungsi gerbang logika

Depositphotos

Dari penjelasan di atas, Sedulur mungkin sudah sedikit mendapatkan gambaran seperti apa fungsi dari dari gerbang logika. Logic gate berfungsi untuk melakukan operasi logika dasar untuk membentuk jalur sinyal digital yang saling terintegrasi satu sama lain dan membentuk sebuah  sistem elektronika. 

Jalur-jalur sinyal digital tersebut haruslah terhubung satu sama lain agar perangkat elektronik ini dapat beroperasi dengan semestinya. Gerbang logika pun juga berfungsi sebagai pemerintah atau penterjemah suatu perangkat elektronik.

Gerbang logika bentukan terdiri dari chip yang tertanam di perangkat elektronik. Chip itu biasanya mengandung banyak komponen, seperti dioda atau transistor. Nah, di situlah letak gerbang logika. Terdapat jutaan gerbang logika dalam satu dioda atau transistor, tetapi mereka beroperasi dengan perannya masing-masing.

BACA JUGA: 40 Contoh Kartu Ucapan Wisuda yang Berkesan & Penuh Makna

Tabel kebenaran

Depositphotos

Tabel kebenaran merupakan sebuah tabel yang dipakai untuk menganalisis nilai kebenaran dari suatu pernyataan. Dalam kasus gerbag logika, tabel kebenaran dapat diartikan sebagai sebuah tabel yang berisi berbagai macam kombinasi variabel masukan (input) yang menghasilkan keluaran (output) yang logis menurut operasi aljabar Boolean.

BACA JUGA: Arti Lauhul Mahfudz dan Sifatnya yang Disebut Dalam Al Quran

Simbol dan jenis gerbang logika

gerbang logika
Logan Thrasher Collins

Sebelumnya telah kita ketahui bersama pengertian dari logic gate, beserta dengan fungsi serta definisi dari tabel kebenaran. Logic gate sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam sistem elektronika. Ia memungkinkan sinyal-sinyal digital untuk lewat dan dianalisis untuk menyambungkan berbagai bagian agar sebuah sistem elektronika atau perangkat elektronik dapat beroperasi.

Sebagai penyusun sistem elektronika, logic gate memiliki beberapa jenis dan simbol yang melambangkan karakteristiknya masing-masing. Terdapat jenis contoh gerbang logika AND, OR, NAND, NOR, NOT, XOR, dan XNOR. Berikut ini adalah ulasan singkatnya untuk Sedulur.

BACA JUGA: 1 Kodi Berapa Buah? Pengertian & Konversi Satuan Matematika

1. AND

Jenis rangkaian gerbang logika yang pertama adalah gerbang AND. Gerbang AND harus mendapatkan dua atau lebih input untuk menghasilkan satu output. Terdapat hasil khusus dari output gerbang jenis ini. 

Apabila semua atau salah satu input-nya merupakan bilangan biner 0, maka output-nya akan menghasilkan bilangan biner 0 juga. Lalu, apabila semua input adalah bilangan biner 1, maka output-nya akan menghasilkan bilangan biner 1.

2. OR

Jenis logic gate yang kedua adalah gerbang OR. Sama seperti gerbang AND, gerbang OR juga membutuhkan dua input untuk mengeluarkan satu output. Terdapat hasil khusus dari output gerbang jenis ini.

Apabila semua atau salah satu input-nya merupakan bilangan biner 1, maka output-nya akan menghasilkan bilangan biner 1 juga. Lalu, apabila semua input adalah bilangan biner 0, maka output-nya akan menghasilkan bilangan biner 0.

3. NAND

Jenis logic gate yang ketiga adalah gerbang NAND. Gerbang NAND ini merupakan perpaduan antara gerbang AND dan gerbang NOT. Karena itu, hasil output yang dihasilkan dari gerbang NAND adalah kebalikan dari hasil gerbang AND.

4. NOR

Jenis logic gate yang keempat adalah gerbang NOR. Gerbang NOR ini merupakan perpaduan antara gerbang OR dan gerbang NOT. Karena itu, hasil output yang dihasilkan dari gerbang NOR adalah kebalikan dari gerbang OR.

5. NOT

Jenis logic gate yang berikutnya adalah gerbang NOT. Gerbang NOT ini memiliki peran sebagai pembalik keadaan. Pembalik keadaan yang dimaksud di sini adalah apabila input bernilai 1 maka output-nya akan bernilai 0. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya.

6. XOR

Jenis logic gate yang keenam adalah gerbang XOR. Gerbang logika XOR harus mendapatkan dua atau lebih input untuk menghasilkan satu output. Apabila input berbeda (contohnya: input A = 1, input B = 0) maka output yang dihasilkan pastilah bilangan biner 1. Di sisi lain, jika input merupakan bilangan biner yang sama, maka ia akan menghasilkan output dengan bilangan biner 0.

7. XNOR

Jenis logic gate terakhir yang akan kita ulas adalah gerbang XNOR. Gerbang jenis XNOR ini membutuhkan dua input untuk mengeluarkan satu output. Apabila input berbeda (contohnya: input A = 1, input B = 0) maka output yang dihasilkan pastilah bilangan biner 0. Di sisi lain, jika input adalah bilangan biner yang sama, maka ia akan menghasilkan output dengan bilangan biner 1.

Nah Sedulur, di atas merupakan penjelasan dari gerbang logika. Ulasan di atas telah meliputi pengertian, jenis-jenis, fungsi, serta simbol yang berkaitan. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan seputar dunia elektronika, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.